Tonton “MY VLOG” di YouTube (Shazvlog #1 – berburu diskon)

MY VLOG: http://www.youtube.com/watch?v=QpwuOpw3FTg&list=PLvhFEFq86fERdHmeXYh-LUvhIbacPvop_

Waktu record shootnya semangat banget, ngeditnya lama ampe berjam2, terus di upload jadi vlog perdana elahh malah ngakak pas nontonnya, dan aku baru sadar ternyata di dalam video ini aku bawel amat yak ngomong mulu tanpa jeda, oke.. Don’t forget for like, comments, and subscribe thankyou ^^
Lagi males nulis blog dulu, lagi suka langsung ngomong bikin video, thankyou ^^

Terimakasih, mama :)

Saat ini, apa yang sudah kita berikan untuk ibu tercinta kita?
💐🎁💓💓

Assalamualaikum ^^

Tanggal 22 Desember, aku yakin kita semua (masyarakat) tau kalo di tanggal ini, memperingati apa. Walaupun gak memungkinkan juga sih, ada yang gak inget alias lupa, atau bahkan gak tau sama sekali. Ada. Pasti ada. Walaupun sedikit.

Seluruh masyarakat yang ada di bumi ini, memperingati tanggal ini dengan sebutan hari ibu, aku pengen nanya deh, selama ini, dari lahir sampai sekarang, apa yang sudah diberikan pada ibu tercinta?

Kalau aku jujur ya, dari lahir sampai sekarang belum bisa ngasih apa-apa sama mama, terkecuali ngerepotin mama. Terkadang aku mikir, kapan dan gimana caranya aku bisa ngasih sesuatu ke mama?

Tapi aku pikir kembali. Apakah cinta kepada orangtua terutama ibu, hanya diucapkan ketika peringatan hari ibu saja? Apakah sayang kepada ibu berpatokan pada memberikan sesuatu atau hadiah saja? Hmm.. Rasanya tidak.
Kita tidak perlu menunggu peringatan hari ibu datang, hanya untuk mengungkapkan rasa sayang dan cinta kepada ibu.

Kita juga tidak harus memberikan sesuatu atau hadiah kepada ibu.

Namun, kita bisa mengungkapkan rasa cinta dan sayang kepada ibu setiap hari, tidak harus menunggu peringatan hari ibu datang.

Terkadang. Ada saja yang kita temukan. Di media sosial manapun, sibuk dan asik berkoar-koar menyampaikan sejuta kata-kata cinta dan sayang untuk ibu, tapi.. Begitu ibunya manggil atau minta tolong dalam bentuk apapun, contoh kecilnya beli gula ke warung. Dengan malesnya ngeluarin banyak alesan. Ya sakit perut lah, sakit kepala lah, lagi sibuk belajar lah, dan lain sebagainya. Amat sangat berbeda antara apa yang dia tuliskan di akun media sosial dengan kenyataan yang ada.

Kita tidak boleh begitu. Hidup kita, emang sih di zaman serba canggih ini sulit sekali untuk pisah walaupun sejenak sama gadget dan media sosial. Dikit-dikit curhatnya ke media sosial. Kita mungkin gak sadar, kita yg curhat sih biasa aja tapi, orang yang baca kadang jengkel, kesel, sebel, gereget, semuanya diadukan di media sosial. Padahal kita sendiri tau, kalo media sosial itu kalo salah dipergunakan dia akan menjadi jahat. Ya namanya juga dunia maya, hanya baca tulisan dan lihat gambar ataupun video, mana kita tau kan kenyataannya gimana?

Oke balik lagi ya.

Yah gitu deh anak-anak zaman sekarang. Bilang sayang sama ibu di media sosial, tapi kenyataannya berbeda. Walaupun gak memungkinkan ada juga sih yang beneran hehe.

Oh iya, aku nulis begini bukan berarti aku udah bilang selamat hari ibu ya ke mama aku. Belom. Bahkan sama sekali. Karena emang aku gak biasa ngucapin yang kayak ginian. 

Bagi aku (yang tinggalnya misah sama orangtua) setiap hari telpon dan sms, setiap hari nanya kabar, udah makan apa belum, ngapain aja seharian. Bahkan, sama sekali gak pernah bilang sayang ke orangtua aku. Karena bagiku, bukan kata-kata yang terpenting. Tapi action atau perbuatan atau apa yang kita lakukan.

Aku emang tipe orang yang gak bisa bilang sayang. Tapi aku mengungkapkannya melalui apa yang aku lakukan.

Jadi, apa yang udah aku kasih selama ini ?

Gak ada apa-apa ya kecuali ngerepotin hehe. Tapi, yang pasti doa selalu terhaturkan. Dan aku dan adikku berniat untuk berangkatin mereka (kita berempat) ke tanah suci dengan usaha kita sendiri. Semoga terlaksana. Mohon doanya. Hehe.

Cinta gak harus berkata-kata.

Sayang gak harus bilang.

Yang terpenting dari semua itu, ada doa yang terselip disetiap perbuatan.

Semoga kami diberi kekuatan dan kesehatan, untuk bisa senantiasa bersama dalam ketaatan.

Untuk mamaku 😃 ma, ini pertama kalinya ya..

Mama… 

Aku adalah anak perempuan mama satu-satunya. Walaupun mama gak pernah bilang, tapi aku tau kok kalo mama sayang sama aku.

Ma, aku minta maaf ya, selama ini aku udah ngerepotin mama. Selalu ngeluh tentang masalahku ke mama. Selalu bikin mama khawatir dengan anaknya yang jauh disini.

Ma, aku sayang dan cinta sama mama. Tapi aku nggak tau gimana cara ngucapinnya mama. Aku cuman tau berdoa untuk mama.

Untuk semua yang udah mama berikan. Mama udah nguras tenaga, waktu, dan biaya, buat aku agar aku bisa sekolah sampai jadi sarjana kalo perlu doktor ya ma. Padahal aku tau, mama sangat bekerja keras untuk memenuhi segala kebutuhan kami, aku, bapak, dan adik. Tapi, tetep saja aku terkadang masih suka main-main, gak serius dengan apa yang aku lakukan.

Tapi mama, aku akan mencoba yang terbaik apapun yang aku lakukan. Aku berharap suatu saat nanti aku bisa menjadi seperti yang mama dan bapak harapkan.

Ma, aku belom bisa ngasih apa-apa.

Dan aku malah mau minta lagi. Minta doa dan restunya ma untuk perjalanan hidup aku.

Ma, terimakasih sudah memberikan aku kepercayaan mama. Aku akan tetap menjaga kepercayaan mama. 

Mama, sehat selalu ya panjang umur. Doaku selalu tertuju padamu, dan juga bapak.

Rabbighfirlii waliwalidayya warhamhuma kama robbayani shoghiro.. Aamiin..

Love u mama ❤

Salam hangat,

-SH-

Study tips and organizing part 1

Assalamualaikum ^^

Readers, kalian ada yang punya hobi sama nggak sama aku? *ceilah*

Entah, sejak kapan aku juga nggak tau ya, tiba-tiba sekitaran 5 bulanan ini aku punya hobi baru… 

Hobi baru aku adalah belajar.

Berawal dari rasa suka biasa. Karena aku fikir, belajar itu harus, wajib, dan penting, demi kecerdasan umat manusia.

Lalu, tanpa aku sadari, lama-lama rasanya be like “semua ilmu pengetahuan mau aku pelajari” ahaha rakus ya? Maaf..

Tapi, setiap ada niat, ada kemauan dan keinginan, ketika mulai ‘membiasakan’ untuk cinta belajar, ada aja kendalanya, entah kenapa ini pasti 😀 

Dan kendala yg aku rasakan ketika berniat belajar ilmu baru, atau sekedar mengulang (mengingat) kembali pelajaran waktu sekolah *eh semoga aku gak kerajinan* adalah dilanda sebuah penyakit, bukan penyakit bahaya kok, tapi kalo dibiarin emang bisa bikin bahaya sih 😀 

Nama penyakitnya adalah bingung. 😀

Iya, jadi aku bingung harus mulai belajar dari mana.

Agak nyesel sih, kenapa cinta belajarnya baru sekarang? Udah deket lulus, udah deket wisuda? Kenapa gak dari dulu? Waktu sekolah, waktu masih di dunia yang bener2 harus fokus belajar, gak nyabang kayak sekarang, mikirin belajar jalan, mikirin kerjaan juga iya, apalagi mikirin kapan jodoh datang dan nikah 😀 itumah pasti hihi 😀

Sedikit cerita ya, dulu aku agak sedikit bandel loh. Tapi, bukan bandel yang kabur dari sekolah pada saat jam pelajaran loh ya 😀 

Satu bentuk kebandelan aku waktu sekolah adalah ribut disaat guru menjelaskan. Jadi, ketika guru jelasin di depan kelas, entah aku juga sibuk jelasin ke temen sebangku aku 😀 tentu saja, dengan penjelasan yang berbeda arah dan tujuannya alias gak penting 😁 dan ada kejadian yang cukup memalukan, ketika masih kelas satu mts, gara2 kebandelanku itu aku dilempar pake penghapus papan tulis pas aku lagi asik ngobrol ama sebangku, hadehhh mana yg ngelempar penghapus guru matematika, pelajaran yg tak akan pernah bisa kumengerti dengan mudah, parahnya lagi, beliau waktu itu statusnya selain guru matematika aku adalah emaknya gebetan aku, oh my god untung aku mts dulu cewek ama cowok kelasnya dipisah, jadi gak malu2 amat lah ama gebetan haha 😀😀

Nah, ternyata kebandelan aku kan emang udah dari jaman aku mts, berlanjut sampe sma bahkan zaman kuliah (sekarang), dan aku baru sadar, bahwa sesuatu yg kita anggap baik, padahal gak ada baik2nya, kalo dibiasakan akan susah sekali dihilangkan. Dan tau tidak, kebandelanku bertambah di zaman kuliah, semenjak terciptanya gadget android, aku gak cuman ngobrol doang pas ada dosen, tapi juga main gadget! Facebook-line-instagram-blog-facebook, gitu aja terus ampe dosennya keluar, dan begitu ampe rumah baru sadar kalo hari itu aku kuliah kupu2 (kuliah-pulang) gak dapet ilmu apa2.

Nah, kan malamnya nyesel tuh, ceritanya gak mau diulangin lagi dihari2 berikutnya, eh besoknya turun kuliah gitu lagi, sampe heran sama diri aku sendiri, kok gak bisa berubah gitu ya?

Nyesel deh sekarang. Eh tempo hari waktu awal PKL, pelajaran anak sma kan udah pernah aku pelajarin (pelajaran agama islam) tapi kok kayak aku baru pernah dengar atau baca materi itu sekali, padahal udah dari zaman sekolah bahkan di pengajian di rumah, sering banget dibahas. Ininih salah satu motivasi aku, kenapa aku punya pikiran ‘harus belajar’.

Bingung kan mulainya dari mana?

Nah, ada beberapa point tips nih.

1. Pelajaran kesukaan

Tips yang pertama, kalo kamu mengalami penyakit bingung sama kayak aku terutama dalam belajar ya, adalah mulai dari pelajaran kesukaan dulu. Karena, sesuatu yg kita mulai dari yg kita sukai akan terasa lebih enjoy dan santai.

2. Materi favorit

Nah, kalo gak bisa nentuin pelajaran kesukaan. Dicoba deh tips yg kedua, yaitu mulai belajar dari materi favorit. 

3. ATK

Nah, jangan lupa alat tulis, note dsb disediakan juga ya, kalau kalau ada hal yg penting bisa langsung ditandai dan dicatat, dan jika ada hal yg kurang dimengerti bisa ditandai dan ditanyakan kepada yg lebih tau (guru, dosen, keluarga, teman).

4. Time management

Nah, harus liat liat waktu juga ya. Karena ada waktu-waktu belajar tertentu yang produktif dan efektif untuk kamu belajar dan ada yg tidak. Setiap orang, waktu belajar efektifnya berbeda2, jadi saran dari aku kenali diri kamu sendiri, dan cari waktu efektif belajarmu (waktu dimana pelajaran cepat masuk dan paham) lalu belajarlah, gak usah lama2 cukup 1 jam, lalu istirahat 15 menit dan jangan lupa minum air mineral (putih) ya biar gak dehidrasi, dan fresh kembali. Selanjutnya terserah kamu mau lanjut belajar atau udahan. Yg terpenting cukup diingat saja, setiap satu jam waktu belajar, ada 15 menit waktu untuk istirahat / break. Agar, otak kita tidak lelah, dan kita dapat kembali konsentrasi dalam belajar.

Sekian dulu ya, kapan2 aku kasih tips belajar lagi. 

Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

-SH-


📝📝📑