[Think About] Masalah

​

Hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang

.

Subhanallah wabihamdihi subhanallah hil azhim

.
Dalam hidup, yang namanya masalah selalu aja datang bahkan tanpa diundang sekalipun! Bahkan ada juga yang sampe ibarat kata “belom tuntas masalah kemarin datang lagi masalah baru”. Kok ya kayaknya hidup itu tanpa ada masalah berasa hambar. Kalo ibarat sayur kurang garem kurang gurih kurang enak tentunya kurang nagih *oke ini saya muahaha* kalo ibarat film ato drama kurang adegan romantis, mewek, sedih, gelisah, galau, meranah πŸ˜€ *mencintai karena Allah maksudnya haha* tu kurang afdol gitu kayak zombie serasa mayat idup hihi. But wait, kita harus ambil postivenya bro, sist, buibu, pakbapak *ala ustadzah * *benerin jilbab* kenapa masalah itu ditujukan kepada kita? Kenapa Allah memberi kita pelajaran melalui “masalah” terlebih dahulu? Tentu saja agar kita dapat mengambil “secercah pelajaran, menjadi lebih dewasa dan lebih bijak”. 

Kalo menurut kacamataku, *emang daku pake kacamata??!* Allah menghadirkan masalah di hidup kita itu karena berkaitan “tujuan diciptakannya manusia”. Emang apa tujuannya kakak? Allah jelas jelas menjawab ketika malaikat bertanya untuk apa manusia diciptakan, dengan tegas “untuk menjadi khalifah di bumi”. Khalifah=pemimpin. Baik bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Oleh sebab itu, dikarenakan salah satu sifat pemimpin itu adalah bijak dan dewasa saat menghadapi konflik (menurut akuhh) makanya diperlukanlah masalah agar kita tahu bagaimana mencari jalan keluarnya (solusi). 

So, setiap ada masalah mau gede mau kecil itu sama kok! yang kecil masalahnya udah diselesein pake kepala dingin, yang gede masalahnya juga diselesein pake kekeluargaan dan tentunya ketika masalah itu sudah “terlanjur” besar seperti ibarat nasi sudah menjadi bubur,  gak akan pernah bisa selesai kalo salah satu pihak gak mengalah dan masing masing instrospeksi diri.

Emang sih pasti bakal canggung lagi tapi ingat no pain no gain πŸ˜€ dengan sabar dan “mengalah” tadi insyaallah kelar dah tuh masalah πŸ™‚ tinggal selanjutnya terus berbuat baik kepada sesama..

Yuk mareeee kita senantiasa bersama sama mengangkat kedua tangan sambil ngucapin rasa syukur terus bilang aamiin πŸ˜‰

[Think About] Dream Pray Action

​Dream…

Pray…

Action…
-> step 1 : Dream as mimpi. Bermimpi setinggi langit. Bermimpi sebesar mungkin. Katanya jangan takut bermimpi yang tinggi dan besar karena kita punya Allah Yang Maha Besar.
-> step 2 : pray as doa. Setelah bermimpi. Masukin dalam daftar list. Mulai dari yang terbesar sampe yang terkecil. Kemudian berdoa. Ngadu minta dikabulin. Be like doa, sholat, sholawat, puasa, shadaqoh. Alhamdulillah kalo bisa sambil ngafalin quran (aamiin).
-> step 3 : action as berusaha. Nah, kalo mimpi udah. Doa udah. Sekarang saatnya ikhtiar atau berusaha. Berdoa boleh tapi diiringi dengan usaha katanya. Usaha juga macem2 bentuknya yang penting niat karena Allah. Katanya kalo kita ngejar dunia, akhirat gak bakal kita dapetin. Tapi kalo kita ngejar akhirat, kemana mana dunia nempel. Yang penting yakin.
*terkadang. Kita sebagai manusia selalu menganggap mimpi yang terlalu besar itu mustahil bakal tercapai. Tapi yah namanya juga manusia kadang banyakan suudzonnya daripada huznudzonnya. Belom apa apa udah pesimis aja (termasuk aku dulu). 

Cerita dikit boleh ya? 

Dulu waktu kecil aku pernah bermimpi jadi pengusaha. Namanya juga anak kecil ditanya mimpi yang paling gede apaan aku mendadak bloon jadilah jawabnya ngasal pengusaha gitu. Yah pengusaha apa aja dah gitu (masih bingung apa usaha yang pas). 

Sekitaran aliyah (klo gak salah ingat) aku pernah nyoba usaha jualan bros dan gantungan kunci dari kain planel. Jait sendiri. Masih inget, tengah malem orang pada tiduran aku mah berkutat sama kain planel dan kawan kawannya, kena lem. Belom lagi lemnya yang super pedes kerasa dimata. Bentuk pola. Yaa begitu.. Bikin 20 biji semalem. Ikhtiar gitu yah coba dijual lah kalo gak laku dipake sendiri aja xD (bukti pesimis belom dijual udah ngomong ga laku). 

Promosi. Itu pertama kali bagiku sulit. Iyah.. Cari orang yang tertarik. Waw. Sebisa mungkin nih aku mau enggak mau puter otak nyari warna yang ngejreng gitu biar keliatan menarik/menarik perhatian calon konsumen. Ehh besoknya dicoba nawarin ketemen deket dulu. Lah dia mau. Senengnya hatiku. Lama-lama ada yang pesen. Alhamdulillah, aku sempet balik modal waktu itu untung 36 ribu. Yah alhamdulillah. 

Rupanya bikin bros gitu enggak cocok buat ikhtiarku. Jadilah berhenti karena udh ga ada yang minat lagi. Syedih pastinya. Lanjut galau lagi. Terus nyoba-nyoba gambar. Gambar baju. Iyah katanya bagus. Jadilah kalo bikin baju bikin design sendiri akunya xD. 

Emang kadang rezeki itu datangnya enggak keduga dari mana. Dulu gak pernah mimpi usaha WO (Wedding Organizer). Etlah sekarang malah rezeki disitu. Ya udah dengan niat bismillah karena Allah bisa sambil dakwah juga. Apalagi kalo biasa pasang henna, pengantennya di ajak ceritaan kadang mah aku kasih pencerahan. Iyah ceramah saya. Dan lagi bahasa. Sebisa mungkin pakenya yang asik gitu. 

Nah, si acil juga aku kompakin kayagitu xD yahh maap sih aku emang suka ngomporin beliau xD biar samaan gitu kasih pencerahan xD kan kalo mereka suka. Mereka puas dengan pelayanan. Sebisa mungkin seramah tamah mungkin. Yah tadi, emang diniatin dakwah juga (dari dalem hati kecilku sih enggak tau kalo hatinya acil gak pernah nanya soalnya xD) semoga diberkahin lah πŸ™‚
*aku masih bermimpi keliling dunia ya Allah.. Khususnya negara Arab dan.. Lombok from indonesia…
*bismillah hayuk dream. Pray. Action.
Betewe aku kok dari tadi ngebungkus parsel kagak kelar yah xD bungkusnya gimana si xD *curcol*

Salam Hangat

-SH-

[Think About] Bakat dan Minat

mana yang lebih utama? 

Bakat atau minat?

Mari kita telaah πŸ™‚

.

.

Ketika seseorang memiliki bakat, namun ia tidak memiliki minat, selamanya ia akan malas untuk belajar, hingga akhirnya bakatnya pun terpendam…

.

.

Tapi, ketika seseorang itu memiliki minat terhadap sesuatu, meski ia tak berbakat sekalipun, selama ia memiliki minat dan niat tentunya, insyaallah bakatnya akan terasah. Kenapa? Karena sebenarnya bakat itu bisa dipelajari…

.

Coba kita lihat mereka diluar sana yang memiliki kekurangan dalam bentuk fisik. Jika tanpa ada niat, minat, serta kemauan akankah mereka bisa sukses? Bahkan tak sedikit dari mereka yang dapat menunjukkan prestasi mereka. Semua pasti bisa jika ada niat untuk belajar. Belajar tanpa kenal lelah, belajar tanpa kenal waktu, dan belajar tanpa kenal usia πŸ™‚ belajar dulu, belajar lagi, dan belajar terus πŸ™‚ bismillah…

Dan…

Satu lagi…

Jangan pernah puas dengan ilmu yang sudah kita miliki..

Agar tiada kata malas belajar dalam diri kita..

Karena semakin kita belajar semakin pula kita merasa bodoh …

[Think About] Sesuatu di balik sesuatu

​Ada hal yang harus kita syukuri dibalik hal yang kita sesali karena sejatinya, bahagia itu sederhana… Sesederhana berfikir positif dan bersyukur… lalu terakhir… sesederhana senyumanmu yang terkadang membuat hati ini sendu karena menahan rindu, ya.. Rindu bertemu denganmu hai Hamba Allah yang sholeh ^^ *ehh nyeleweng dikit wkwk*

.

.

===========================

.

Jadi, intinya kalo kita ingin hidup kita itu bahagia, entah itu bahagia dulu, bahagia lagi atau bahagia terus, kita emang kudu sering-sering bersyukur.. Atas apa? Tentu saja atas nikmat yg telah diberikan-Nya, dan kudu didampingi untuk berfikir positif atau berprasangka baik.. Pokoknya mah kalo omongan orang gak penting gak usah dimasukin ke hati anggap aja kereta lewat yg beneran lewat doang bukan kereta lewat tapi pake acara mampir dikit terus ngomongin hal yang nyakitin saudaranya πŸ™‚ 

coba deh kalo selalu huznuzhon terus diiringi sama banyak-banyak bersyukur dan tidak lupa sahabat yang bernama “memaafkan” jangan sampai ketinggalan insyaallah deh ringan banget rasanya ya walaupun kenyataannya berat sih mungkin.. Entah beratnya karena utang ato mikirin si dia yang gak pasti ehhh πŸ˜€ 

dan jangan lupa sering-sering deh perhatiin alam, alam semesta loh ya bukan manusia yg bernama alam πŸ˜€ perhatiin aja… Dimana kau melihat keindahan syukurilah DIA memberi kita mata yang dapat melihat keindahan alam bukan yang cuma bisa liat kesalahan orang lain πŸ˜€

pejamkan kedua mata.. Rentangkan kedua tangan, tarik dan hembuskan nafas perlahan biarkan sejenak sembari membiarkan angin menyentuh wajahmu dan rasakan betapa bahagianya hidup dengan mensyukuri nikmat-Nya atas diri kita πŸ™‚

Hal membahagiakan yg perlu diingat semasa pkl part 1

​katanya, kenangan indah enggak boleh dilupakan kan? Termasuk juga enggak sama kenangan yang suka bikin senyum-senyum sendiri??

suatu hari (lupa tanggalnya yg pasti hari selasa tahun 2016) alhamdulillah ya, kupas tuntas materi lagi πŸ˜€ kalo ngupas tuntas itu bahagia banget rasanya apalagi yg dikupas mah sejarah islam wihhhh panjang penjelasan… Panjang jua lehernya murid berebut jawab pake metode tanya jawab πŸ˜€

Dan setelah selesai….
Me: minggu depan ulangan harian ya?

Murid: apa bu? Knp minggu depan ? 

Me: pilih, mau lisan apa tertulis ulangannya?

Murid: (serentak) tertulis bu….

*ada 1 yg beda*

Me: R, km knp? Pilih lisan?

Murid: iyadong bu, saya suka beda sendiri πŸ˜€

*ada lg yg nanya*

Murid: bu kayaapa klo saya mau dua duanya πŸ˜€

Me: loh nak, gak boleh… Harus pilih satu aja… Hidup di dunia aja cuman sekali… Kamu aja pasti enggak mau diduain πŸ˜€ kan… Enggak boleh serakah ah by πŸ˜€

Murid: loh kenapa bu…

Me: kasih kesempatan yg lain jangan semua opsinya kamu embat sendiri… Enggak boleh belajar korupsi ah..

Murid: yah terserah ibunya deh…

Temennya: iyalah kan ibunya guru..

Temennya lagi: ingat ya, guru selalu benar…

Me: enggak juga kadang hoby khilaf kalo sama murid πŸ˜€

Temennya murid: ibunya selalu benar karena ibunya cewe cuyy xD

Me: oh kalo itu hukum alam enggak bisa diganggu gugat πŸ˜€

Murid: ibu ini seneng banget dih becanda…

Me: mumpung nak..

Murid: mumpung kenapa bu?

Me: mumpung belum ada undang2 dasar yg bunyinya melarang bercanda antara guru dan murid :p oke fix ulangan yah minggu depan…

Murid: okee bu…

Me: lisan aja yah ulangannya lebih gampang πŸ˜€

Murid: gampangan tertulis bu..

Me: lisan aja lebih enak…

Murid: lebih leluasa tertulis bu..

Me: lebih asik lisan loh…

Murid: enggak penting asiknya sih bu yg penting nyamannya πŸ˜€

Me: ehh asik dan nyaman sama2 penting loh…

Murid: ya udah bu kalo gitu ulangannya setengah lisan setengah tertulis..

Me: ooo tidak bisa kalian harus belajar memilih yg bijak biar gak salah pilih πŸ˜€

Murid: ya udah bu fix tertulis…

Me: lisan gin..

Murid: tertulis bu… Fix…

Me: lisan soalnya satu loh, kalo tertulis 10…

Murid: banyak banget bu? Tapi gapapa deh bu…

Me: alasan?

Murid: karena kita cinta menulis…..

Me: kita atau kamu aja???

Murid: ibu ah dari pertama masuk hobinya skakmat mulu πŸ˜€ gantian kenapa bu…

Me: yahhh gimana ya… Abis kalian sih doyannya juga mancing saya buat skakmat kalian πŸ˜€

Murid: yaudah kalo ibu sukanya skakmat kita main catur aja deh…

Me: enggak.. Saya gak pandai…

Murid: lah kenapa bu?

Me: saya gak suka main main nak, dimainin itu enggak enak πŸ˜€

Murid: ibunya juga dari pertama masuk ngajarin kita baper ya ternyata wkwk 

Me: enggak kok.. Saya cuman mengajarkan kalian untuk lebih romantis, lebih peka, dan berperasaan… Assalamualaikum…

Murid: nah kan ibunya hoby juga ngegantungin percakapan dan memutus percakapan sebelah pihak.. Waalaikumsalam deh bu…

[Think About] Silahkan Coba Lagi


Dalam hidup terkadang ada hal yang kita gak bisa sekali coba langsung berhasil, saat itulah kesabaran kita di uji.. 
“Silahkan coba lagi” bukanlah kalimat yang menyatakan anda “sial” tapi sebuah kalimat tersurat yang memiliki makna tersirat untuk “tidak menyerah”,,

Terkadang, diri minder, lemah, pasrah ketika tidak berhasil melakukan sesuatu dalam sekali coba. Kita melakukan sesuatu juga tujuannya harus jelas. Dan yang terpenting kita punya dua strategi. Strategi tersurat (strategi utama yang sudah dirancang hingga matang) dan strategi tersirat (strategi cadangan yang akan digunakan sesuai kondisi dan situasi ketika strategi utama tidak mempan) 😊

Selain itu, sukses juga tidak terjadi dengan sendirinya. Ada faktor pendukungnya. Keadaan Lingkungan, kondisi ruangan, efektivitas waktu, dan yang paling utama dukungan dan kerjasama dari orang2 terdekat πŸ˜ƒ dan yg terpenting diri menguasai dan memahami strategi, lingkungan, kondisi, waktu, karakter, untuk mencapai tujuan..

Walaupun hidup hanya sekali, tapi diri butuh berkali kali agar berhasil, disitulah alasan kamu harus “belajar” bisa digunakan πŸ˜€ intinya, belajar itu enggak boleh nyerah sesulit apapun itu, santai dan rileks aja.. 

5 hal yang bikin mendadak bete

Hello everybody ^^

Assalamualaikum…

How are u today? Semoga sehat semuanya ya…


Aku mau tanya. Pernahkah, di dalam hidup/sepanjang hidup kalian sekarang, mengalami hal-hal yang suka bikin ‘bete mendadak’ ? Pernah gak? Kalo jawabannya sering mari kita tos πŸ˜€πŸ˜€ biasanya apa aja yang bikin kalian bete mendadak? 

Aku itu orangnya sebenernya cukup moody-an sih, tapi gak terlalu sering berubah juga moodnya. Aku bahkan usahain untuk gak ngegalau ria kalo di siang hari πŸ˜€ *kalo malem aku gak masalah ngegalau ria* karena kalo siang kan kita banyak beraktivitas, jadi gak enak dong ya diliat kalo ngegalau ria πŸ˜€ so, aku pasti berusaha keras untuk gak galau atau nyembunyiin bete, cuman kadang lebih sering keliatan sih haha.

Ada banyak banget hal, yang menurut aku suka bikin ‘bete mendadak’ padahal, awal-awalnya nggak lagi bete-bete banget sih, cuman karena beberapa hal yang mendadak terjadi, mendadak juga bete kebangetannya plus sekesel-keselnya plus hujatannya langsung muncul bertubi-tubi, haha. Kalo kalian gimana?

Nah, kalo yang ini adalah 5 hal yang bikin bete mendadak versi aku nih:

1. Saat aku mendadak,  tiba-tiba butuh banget sesuatu tertentu, dan detik itu juga aku cari dan hasilnya nihil. giliran enggak dicari ada banget sesuatu itu keliatan. Biasanya sih kalo nyariin barang. Lebih sering ini bikin greget sampai ngebongkar lemari juga enggak ketemu. Giliran gak dicari, dia malah keliatan. Ihh kan bete banget yak, kok bisa gitu ya? Emang waktu kita cari itu barangnya sembunyi apa gimana ya πŸ˜€

2. Saat aku ada di ruangan 1 dan aku niatnya mau ngambil sesuatu atau barang tertentu di ruangan 2, ketika aku nyampe di ruangan 2, seketika itu juga aku mendadak lupa mau ngapain dan ngambil apaan. Dan aku balik lagi ke ruangan 1 rencananya, pas di depan pintu aku ingat barang yang mau diambil, nah kembali lagi lah aku ke ruangan 2, dan disana mendadak lupa lagi. Biasanya adek atau ponakan aku selalu bilang. Balik lagi aja kak, siapa tau apa ingat. Dan hal seperti ini, kadang aku sampai bolak balik 3 kali. Betein banget gak tuh, greget banget dih beneran. Kalo kalian gimana?

3. Ketika aku buru-buru mau berangkat (kuliah atau kemanapun itu) karena udah telat pake banget, ketika aku udah ada diatas kendaraan aku atau udah separuh jalan, dan tiba-tiba mendadak ingat kalo ada sesuatu yang penting dan ketinggalan, *biasanya sih hape, karena hape bagaikan nyawa kedua, ceileh*  ini ngebuat aku mau enggak mau kudu ngambil dulu, yg ngeselin kalo kamar aku ada di lantai 2. Kan sebel yah musti ngelewatin tangga dulu. Butuh waktu. Dan menguras waktu banget kan yak?. Andai aja pintu kemana saja bisa ada dikehidupan nyata yah πŸ˜€

4. Masih berkaitan dengan point 3, kasusnya sama yaitu telat dan buru-buru, dan ketika aku lari-larian di dalem rumah, ada aja musibahnya πŸ˜€ ya kejedot pintu, keguling dari anak tangga ke 5 *ini sering*, ketabrak meja, ketendang kursi, dan yang gak kalah ekstrim it’s kaki aku mendadak keseleo *aku gak tau kenapa, tapi ini sering terjadi, barangkali ada yang tau? Aku biasanya mendadak keseleo dan kram ketika naikin standartnya motor* dan kesemutan serta kram tanpa sebab yang ngebuat aku seketika lumpuh dan terduduk πŸ˜€ ini beneran betein banget πŸ˜€ jadi kebuang waktu beberapa detik buat nenangin kaki doang πŸ˜€

5. Ketika aku lagi nyantai/gak sibuk dan enggak ada orang/keluarga yang minta aku buat nolongin mereka, tapi saat aku lagi sibuk-sibuknya ngerjain tugas atau laporan sampe tingkat hampir stress, disaat itu juga keluarga aku, dikit-dikit minta aku buat nolongin mereka, dan itu enggak cuman satu jenis pekerjaan… Sebel kan pastinya πŸ˜€

Nah itu dulu deh yang seingat aku sekarang. Mungkin kalian ada yang mau nambahin?

Sebenarnya itu ada banyak banget hal yang bikin mendadak bete, cuman tiba-tiba aja aku mendadak lupa πŸ˜€ mungkin kalo ada yg ngerasa punya sesuatu yg ngebetein parah juga bisa ditambahin di kolom komentar πŸ˜€ dan yang aku sebutin di atas itu adalah pengalaman pribadi semua, terutama yang point ke 3 dan 4, ih itu betein banget dehhh greget mah rasanya πŸ˜€πŸ˜€

Salam hangat

-SH-

Tentang Bisnis

assalamualaikum ^^

Apa yang kalian pikirkan tentang bisnis jasa?

Aku adalah seorang perempuan yang berusia 21 tahun. Saat ini, aku masih berstatus ‘sendiri’ hehe dan masih tercatat sebagai mahasiswa di salah satu kampus islam (negeri) di kota samarinda, kalimantan timur. Ya.. Jujur aja, dari semester 1-6 aku lalui dengan ‘biasa’ saja, tanpa ada yg istimewa dan baru di semester 7 ini aku bener2 ingin menikmati hidup sebagai seorang mahasiswa pada umumnya πŸ˜€ telat yah, lebih baik sih daripada enggak sama sekali haha πŸ˜€.

Dua Tahun lalu, di usiaku yg ke 19 lebih 4 bulan πŸ˜€ (bilang aja 20 napa 😁), aku dan acil/tanteku berdiskusi untuk mencoba mencari penghasilan sendiri. Awalnya kami bingung mau ngapain, terus aku kan orangnya emang suka design. Macem-macem sih yg aku design, dan di hari itu (tepatnya kapan, udah lupa), aku lagi iseng2 aja gambar design henna di sebuah kertas, terus rajin nonton video tutorial hijab dan make up juga di instagram (kalo sekarang udah nonaktif akunnya, ganti yg baru) dan diintip sama acilku, pertamanya gak sadar, keduanya kaget, ketiganya si acil ikutan nonton wkwk πŸ˜€

Selang beberapa hari kemudian, kami mendapatkan kesimpulan tentang membuka layanan jasa. 

Jasa apa yg kami pilih?

Ya, Kami memilih jasa pernikahan. Bukan berarti jadi penghulu loh ya haha.

Kami, memilih untuk menjadi Wedding Organizer. Yang ngurusin segala macemnya orang mau nikah, biasanya sih sistemnya paketan πŸ˜€ dan kebetulan, menjadi tim atau bagian dari WO adalah mimpi aku waktu SD loh, jadi ini yang kewujud πŸ˜€.

Kalo ditanya susah atau enggak bangun bisnis ini, apalagi kan kami mulai dari nol banget. Dari enggak ada yang tau sama sekali. Jawaban aku, namanya juga bangun bisnis ya, enggak ada yang gampang pastinya dan untuk pertama kalinya, kita enggak bisa narik untung gede karena harus balikin modal. Dan nambah-nambah apa-apa yang masih diperlukan. Yah, namanya juga usaha. Harus sabar. Tenang. Kalem. Gak gegabah. Yang penting yakin aja, setiap manusia rezekinya udah ditentuin sama Allah, dan enggak akan mungkin tertukar. Itusih prinsip kami yang pertama dalam membangun bisnis, adalah yakin.

Tahun 2k17 ini, adalah tahun ke-3 bisnis kami berdiri, *masih seumur jagung banget kan* dan alhamdulillahnya, udah mulai banyak yang ngelirik2 yah walaupun yang nge-PHP-in juga gak kalah banyak sih*ntar aku bikin postingan baru aja tentang suka dukanya bisnis ini*. Tapi enggak papa, kata acil aku yang penting pertama orang tau dulu, orang udah liat hasil kerjaan kita, orang udah tau pricelist dan paketan apa yg kita tawarkan, masalah jadi enggaknya terserah yang punya hajatan πŸ˜€. Benar juga, yang bisa aku ambil dari kata2 acilku ini adalah maknanya ikhlas. Jadi prinsip kedua bisnis kita ini, ikhlas. Karena kan tadi kita udah yakin kalo rezeki udah diatur dan gak ketukar, so kita ikhlas aja kalo ada orang yang udah mulai tanya-tanya harga πŸ˜€ walaupun aku sih kadang suka gedeg kalo ada orang yg PHP πŸ˜€.

Selanjutnya, tentang promosi. Kita, kalo promosi yang koar2 semacam “ayo dong sekarang kita udah buka bla bla melayani paket nikahan, tasmiyah, bla bla” di social media itu enggak ya. Paling paling kita cuman posting hasilnya aja sih di facebook, bbm, wa, line, dan instagram. Pernah ya, someday, aku tanya acilku, kenapa dia enggak kayak orang2 promosi sana sini, apalagi di grup seperti yang orang lakuin kalo punya bisnis. Terus acilku nanya, kamu gedeg apa enggak kalo notif fb isinya orang jualan semua? Ehh iya gedeg sih πŸ˜€ nah, kata acilku, khawatir orang-orang pada gedeg kalo liat kita promosi melulu. Jadi bilang acil, biar aja berjalan alami seperti air mengalir. Gak perlu koar-koar ke social media manapun. Jadi, prinsip selanjutnya adalah alami. Biarkan aja orang lain tau bisnis kita enggak dari media sosial. Bisnis kita. Usaha kita. Wadah kita dalam menuangkan apresiasi kita. Terserah aja, kita mau buat bisnis kita itu imagenya seperti apa. Lebih baik, orang mengenal karya kita terlebih dahulu sebelum mengenal siapa kita, daripada mengenal kita sebelum karya kita. Biarkan orang lain tau dengan sendirinya, karena kita udah yakin, dan ikhlas, maka biarkanlah semuanya mengalir apa adanya dengan alami.

Kemudian tentang customer. Nah ini dia, kita itu emang harus punya kata-kata yang manis, senyuman malaikat, hati yang baik, dan yang pastinya kita enggak boleh punya sifat sombong. Customer itu bagian terpenting, kalo enggak ada customer, gimana caranya bisnis kita bisa berjalan dan berkembang. Ya kan? Dan customer yang kami hadapi itu bermacam-macam. Tabiat, watak, sifat, dan karakternya. Ada yang enak di ajak kerjasama, tenang udah kayak air mengalir. Dan ada juga yang harus berapi-api dulu. Menguji kesabaran haha. Itulah kita harus punya self-control yg baik sih. Ada customer yang cerewetnya subhanallah, nawar ini, nawar itu. Minta ini, minta itu. Dan ujung-ujungnya enggak deal. Ini kan ngeselin banget ya haha. Tapi, diambil baiknya aja itu berarti dalam berbisnis selain yakin, ikhlas, dan alami, kita juga harus bersyukur. Syukurin aja kalo enggak jadi deal, daripada urusannya enggak kelar-kelar ya kan? See. Ada banyak jalan menuju roma. Inget aja, rezeki udah diatur dan enggak akan tertukar. So, pasti akan ada datang customer yang pas banget sama maunya hati kita 😘.

Dalam berbisnis. Kita enggak bisa sendiri. Harus ada orang lain. Yang ikut mensukseskan bisnis kita. Tanpa mereka kita bukan apa-apa. Tanpa usaha, niat cuma sekedar mimpi. Dan tanpa duit, bisnis pun enggak kebangun πŸ˜€ karena semuanya berawal dari modal. πŸ˜€πŸ˜€. Nah, untuk itu kami punya tim disini, dan sebagai boss (acilku), aku asistennya dia πŸ˜€ sebagai pimpinan bisnis, juga enggak boleh pelit2 sama anak buah πŸ˜€ dan juga enggak boleh sensitif yang dikit-dikit marah, apalagi anak buahnya juga harus punya inisiatif πŸ˜€. Untuk itu, prinsip disini adalah saling percaya. Boss percaya anak buah, begitu juga sebaliknya. Kalo ada masalah cepet diomongin, cepet diselesein. Kalo ada uneg-uneg tentang sikap (anak buah ataupun boss) disampaikan aja buat jalan instropeksi diri. Kita memang yang punya bisnis. Tapi, kita juga enggak boleh terlalu bossy, walaupun tegas itu harus. Kalo enggak mau dikhianatin anak buah #pengalamansist…

Udahhh itu aja, dulu..

Next aku bakalan ceritain suka duka aku sebagai asisten sekaligus bagian dari tim (henna artits) yang gak kalah serunya sama cerita si boss tentang clientnya, karena clientnya boss client aku juga *yayalah kan satu paket* πŸ˜€, jadi ditunggu aja. Buat yang mau tau mungkin bisa vote di komentar 😜 #apabangetdah πŸ˜€

Sekian dan terimakasih, udah mampir dan baca apalagi like dan komen πŸ˜€

Salam hangat

-SH-

P.s : nih beberapa (kalo semua kebanyakan πŸ˜€) poto2 hasil karya di bisnis kami dan doakan usaha kami “Zhafira Wedding Partner Samarinda” sukses terus ya.. πŸ˜€ 

My Resolution in 2k17 :)

hello everybody ^^

Assalamu’alaikum ^^

How are you today? Hehe..

Sorry, udah lama gak update tulisan lagi…

Dan gak kerasa.. Ternyata udah 2 minggu berlalu semenjak kedatangan tahun baru, 2017.

Welcome, 2017. Hehe.


Telat banget ya?? Gapapa deh, daripada enggak posting sama sekali di bulan ini hehe :).

Oya, sebelumnya aku mau cerita…

Ini tuh bukan blog pertama aku, karena aku sebelumnya sempet punya blog yang lumayan eksis lah πŸ˜€ tapi, entah kenapa bisa.. Kan itu aku sengaja emang instal aplikasi wordpress di hape, tujuannya biar aku lebih mudah aja update apapun dan dimanapun, dan aku kan pernah gak nyadar ehhh.. Bukan gak nyadar sih, aku tau kok..gimana sih ceritanya, hape aku dipinjem ama ponakan dan aku tau kalo dia pinjem, cuman aku gak tau ponakan aku ngapain aja..

Someday, aku pengen update cerita di blog lewat hape aku kan, nah pas aku buka aplikasi blog aku, itutuh semacam kayak log in gitu deh *aku lupa poto* aku pikir tekeluar dengan sendirinya, nah terus kan aku masukkin lagi uname ama password, dan itu gak bisaaaaa.. Ahhh sempat frustasi sih, karena di blog itu statistik aku udah banyak.. Dan lalu aku utak atik, ternyata my sites is deleted.. Omaigat… Aku sedih… Ponakan aku…… Jadilah, aku bikin blog baru sekarang… Mana masih sayang sama blog yang lama.. Hiks…

Ok.

Move on.

Aku pikir, enggak usah sedih terlalu lama apalagi sampe nangis darah lebay gitu, apaan yah itukan blog, tulisan, sites, *tapi ceritanya itulohhh kaka kenangan2 aku,, kenangan tentang teman2 aku, kenangan tentang keluargaku, kenangan tentang doi…* dan… Lalu aku mulai membuat blog yang baru, dan aku berpikir untuk mulai dari awal lagi, kesian blog aku yg lama umurnya ngepas setahun… Ohhh dia segalanya.. Ohhh enggak juga, masih ada Allah.. Jadi gitu deh temen2 kenapa situs aku yg lama gak bisa dibuka, dan kenapa aku bikin blog baru…

So, di postingan pertama di tahun 2017, ini, aku mau nulis tentang resolusi. Goals/tujuan. Harapan. Untuk satu tahun ke depan. Aku tuh orangnya gak muluk-muluk kok beneran πŸ˜€ aku gak minta dan gak berharap banyak hal. Kecuali si doi balas rasa ini aja πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ *plakkkk*

Jadi, buat kalian2 yang penasaran *ceilehhh pede amet, kayak banyak fans aja lu* #bodoamat sama resolusi apa yang ingin aku capai di tahun 2k17 ini, yuk maree langsung aja di scroll-down sist bro πŸ˜€πŸ˜€

1. Membanggakan keluarga

Yaps, jadi resolusi pertama aku ditahun ini adalah, aku mau banggain keluarga aku. Kenapa kok keluarga, gak kedua orangtua doang? Karena, aku maunya bikin bangga, bikin semua orang tersenyum bangga dan bahagia itu enggak cuman kedua orangtua aku aja, tapi juga adek dan anggota keluarga aku yang lain. Karena, walaupun memang kedua orangtua adalah prioritas aku, tapi tetep aja anggota keluarga yang lain pun tetap ingin aku bisa banggain mereka juga, entah banggain dalam hal apa kata mereka. So, jadi rencana aku ditahun ini aku mau bikin bangga seluruh anggota keluarga aku yey…. πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜‰πŸ˜˜

2. Bisnis semakin lancar dan karyawan nambah

Next yah, jadi resolusi kedua aku ditahun ini adalah bisnis yang kami (aku dan acil/tante) bangun, semakin sukses, semakin ramai, semakin banyak yg suka, dan banyak yang pake, serta karyawan untuk timnya nambah, dan juga dijauhin dari segala orang2 yang tidak jujur dan tidak tulus dalam tim kami, serta terkhusus aku, bisa punya asisten yang waktunya selalu ready kapanpun aku perlu dia, ketika aku mendadak enggak bisa ngelakuin kerjaan. Doain yah semuanya. 😊😊😊 

3. Lulus dengan nilai Cumlaude

Haha. Aku tau dan sadar kok. Aku tuh orangnya gak pintar2 amat. Walaupun aku suka belajar, tapi kan itu tentang managementnya. Tapi, apa salahnya sih ya berharap, mumpung masih gratis. Gak disuruh bayar. πŸ˜€

4. Menjadi orang yang berguna

Selanjutnya, aku mau jadi orang yang berguna dan bermanfaat. Tentu saja dengan menjadi diriku sendiri. Karena aku gak mau orang2 yang berteman sama aku enggak tulus, dan mereka hanya berteman disaat mereka membutuhkan aku dan ketika aku yg membutuhkan mereka pergi ngilang ke negeri antah berantah, sumpah sakit yah punya temen begini #pengalamanbuk maka dari itu, aku berharap bisa melakukan suatu hal yang berguna, dan hal itu berdampak baik pada diriku dan juga orang lain, sesuai sabda Rasul saw. 

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”

5. Menjadi lebih baik

Selain, menjadi bermanfaat untuk orang lain, aku juga ingin menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya, jadi lebih dewasa, lebih bisa memilih mana yang baik mana yang enggak, lebih bisa bedain mana yang benar dan mana yang salah, serta lebih bisa untuk mengikhlaskan si doi *apaandah*. πŸ˜€

Dah, itu aja kali yak resolusi aku ditahun ini, semoga tercapai satu persatu, lancar, jaya, aman, damai, sentosa, walaupun enggak mungkin sih dalam hidup mulus aja jalannya, karena jalan tol yang mulus aja, kadang ada kerikil kecil ditengah jalan, yang bikin ban kendaraan jadi bocor atau kempes dan akhirnya telat dalam melakukan aktivitas. Begitu juga dengan hidup. Enggak ada hidup yang mulus aja jalannya, pasti ada halangannya. Rintangannya. Hambatannya. Dan kalo kita enggak ngelewatin itu semua, kita enggak akan pernah ngerasain gimana caranya nikmatin hidup. Karena hidup itu, terlalu mulus gak asik terlalu banyak kerikilnya juga sakit sih.

So, sebelum mencapai tujuan. Resolusi. Harapan. Mimpi. Yang udah kita rajut di awal tahun, tentu saja kita harus berusaha di samping berdoa. Jadi semacam, dream. Pray, action. Gitu. Silahkan rajut harapanmu di awal tahun, dan semangat untuk selalu berusaha mencapai harapan tersebut, dan tidak lupa selalu kamu jadikan list dalam doa, disetiap akhir waktu sholatmu.

Akhirnya, selamat tahun baru 2k17. Selamat menjalani perjalanan baru. Cerita baru. Pelajaran baru. Dengan semangat baru. Untuk mencapai harapan yang sudah di-list. Jangan lupa untuk tetap semangat menjalani aktivitas. Jangan terlalu sering menyendiri, karena gak terlalu bagus juga. Dan berhenti untuk mengkhawatirkan orang yang tidak mengkhawatirkanmu, karena kamu adalah kamu. Mereka adalah mereka. Beda jalan. Beda tujuan. Beda rasa. Beda pemikiran. Maka, Beda pula cara mewujudkan impiannya. 

Salam hangat

-SH-