Kebersamaan special KKN (edisi refreshing) part 1, pengantar cerita

Manusia adalah makhluk sosial yang hidupnya bergantung kepada oranglain. Manusia, berbeda tapi juga memiliki kesamaan. Aku pribadi, adalah orang yang sangat tidak suka jika dibandingkan dengan orang lain, seperti dibandingkan dalam hal kemampuan. Karena menurut aku manusia diciptakan berbeda bukan untuk dibandingkan. Tapi, untuk saling memahami, melengkapi, belajar antara satu sama lain. Karena adanya perbedaan, membuat ikatan persatuan yg kuat dalam kebersamaan. 

Dalam hal berteman, gak perlu minder sama kemampuan kamu. Tunjukkin aja apa yang kamu bisa, dan jangan pernah memaksakan diri sendiri. Kalau kamu ingin berubah, bekerja keraslah. Jangan menuntut orang lain untuk bisa memahami kamu, tapi kami tidak mau memahami orang lain. Ingat satu kunci hidup ini. 

Perlakukanlah orang lain, sebagaimana kamu ingin diperlakukan 


Terkadang, dalam hal pertemanan ada timbul yang namanya sifat iri. Menurut aku, gapapa sih. Iri itu wajar, berarti kamu masih punya malu. Kalo masih punya malu bersyukur artinya kamu masih punya iman. Tapi, irinya yang wajar aja jangan sampai jadi dengki yang bikin kamu ngelakuin sifat buruk yang sangat tercela. 

Akupun juga begitu. Di kelompokku kkn ada yg pinter bahasa inggris, namanya Reza. Jujur banget aku iri lah ya, secara kami jadi tutor bimbel sekelompok, ketika ada tugas bahasa inggris dengan perasaan hati gimana aku serahin ke Reza. Sedih plus iri sih ya. Karena aku sendiri gak paham-paham bahasa inggris itu sih yang bikin aku sebel. Padahal bahasa inggris kan bahasa nasional, aku justru bisanya bahasa yang lain. Sedih tapi ya udahlah ya.. 

Ada lagi temen aku pinter banget otaknya dalam hal ngomong depan umum pemikirannya tertata, kata-katanya Bagus, mereka adalah Dyah, Fajar (ketua), Bede. Wah mereka sangat membuat aku iri.  Aku bahkan pernah merasa gak enak hati sama si bede karena kami sempat jadi rekan kerja. Dia nyuruh aku ngomong depan teman-teman, tapi setelah dorong-dorongan akhirnya dia yang ngomong, tentu saja dengan ekspresi wajahnya yang sulit diartikan. Mungkinkah dia kecewa? 

Selama kkn aku paling iri banget sama satu orang dan sempat bikin aku ngerasa gagal jadi cewek. Dia cowok. Yayalah gimana aku gak merasa gagal jadi cewek, lah dia cowok tapi dia gak hanya bisa keahlian cowok, dia juga bisa keahlian cewek! Serakah amat sih 😀 perfect. Biasanya cowok kayak gini banyak yang suka. Dan banyak yang rebutan buat dijadiin suami, bukan sekedar pacar. Kenapa yok? 😀😀😀 selain pinter keahlian cowok sama cewek, dia ini ngaji pinter, tilawah atau tartil kemaren sempat jadi tutor ngajarin tilawah masyarakat, selain itu juga dia hapal beberapa bagian dari al-quran dan ceramah juga. Sempat sedikit ada yang nyangkut gitu di aku kalo aja gak inget betapa baiknya itu orang mungkin bisa keterusan sampe suka, untung inget dia jail 😀😀😀 jadi aman 😀 aku gak berpaling hati kok beb 😀. *curcol again*

Daripada iri, lebih baik kita belajar dari kelebihan orang lain. Iri aja gak bakalan ngubah kamu jadi bisa. Tapi kamu harus belajar, biasain baru deh kamu punya talenta baru. 

Menurut aku, menjadi berbeda itu bukanlah sebuah kekurangan yang bikin kita jadi minder. Tapi sebuah keunikan yang dengannya seharusnya kita manfaatkan untuk mempelajari kelebihan orang lain, bukankah karena itu kita berteman? 

Bersyukur punya temen-temen yang berbeda kemampuannya berarti kita punya kesempatan buat belajar dari banyak orang yang berbeda. Bukankah dalam hidup kita selalu belajar? 

Tapi inget juga, yang kita pelajari hanya hal baiknya yang buruk misal dari kelakuan mereka jangan diikutin, jadiin aja sebagai bahan buat introspeksi diri, untuk memastikan kita juga tidak memiliki sifat buruk mereka. 

Selama 70 hari tinggal bareng sama kelompok kkn, satu persatu kami memahami karakter diri masing-masing. Apa yang disuka dan tidak disuka orang lain. Banyak banget hal yang kami lakukan untuk menjadi dekat. Selain karena proker yang mengharuskan kami saling bertukar rekan, kami juga melakukan refresing ke beberapa tempat, untuk lebih saling mengenal lagi. Kenapa refreshing ke suatu tempat?  Karena kami satu sama lain ingin tau bagaimana teman-teman kami ketika di luar, ditempat terbuka, di alam dan lainnya terhadap orang lain disekitarnya. Apakah mereka lebih loyal daripada dirumah, atau lebih cuek atau gak ada bedanya sama sekali. 

Kesempatan ini kami gunakan selain untuk refresing otak yang mumet dan badan yang lelah karena proker, juga moment tepat untuk saling mengenal lagi satu sama lain. Saling belajar lagi satu sama lain. Bahkan ada hal yang gak terduga, karena orangnya selama dirumah gak pernah seperti itu, tapi ketika diluar dia jauh berbeda. Mungkin bisa dibilang lebih kekeluargaan dan lebih ramah lingkungan. 

Satu pelajaran yang aku dapatkan adalah meskipun nanti sudah berkeluarga sendiri aku tetap harus menjalin hubungan baik dengan teman-temanku dan refresing sesekali barangkali sikap mereka berubah lagi, hal ini juga bisa ditetapkan ke keluarga kita loh. Terlebih lagi yang udah menikah dan menjadi orang tua, membawa anak-anak keluar dari rumah itu penting, karena mereka juga perlu belajar dari alam, belajar lingkungan sekitar untuk menambah wawasan. 

So, quality time, entah itu bareng temen atau keluarga sangat sangat penting, selain untuk membina hubungan baik juga untuk saling belajar satu sama lain lagi, lagi, dan lagi. Terlebih ketika kamu quality time bareng temen lama yang jarang ketemu, ketika kalian bersama pasti ada saja hal-hal yang mengejutkan satu sama lain dan saling mempelajari satu sama lain. Asal diingat hanya pelajari hal baik, dan jadikan hal buruk sebagai bahan introspeksi diri kita masing-masing. 

Okeee,, cerita refresingnya lanjut ke postingan selanjutnya yaaa..  Bye bye.. 

April 10 Favorite Song’s (KKN STORY) 

Hai hai hai, i’m back 😀

Dalam hidup, terkadang ada beberapa hal yang ngebuat kita bersemangat, istilah ngetrend dari anak muda zaman sekarang adalah moodboster. Moodboster itu banyak banget loh, salah satunya si doi. Tapi, kali ini aku bukan mau ngebahas doi atau siapapun. Tapi akan membahas tentang lagu. Lagu favorite di Bulan april kemaren yang sempat aku playlist dan di ulang-ulang berkali-kali tapi gak bosen-bosen dengernya. 

Bagi aku lagu itu bukan hanya sekedar penyemangat tapi terkadang ketika aku gak bisa lagi mengungkapkan perasaan lewat kata-kata sendiri maka aku akan memilih lagu yang mewakili perasaanku. Hampir dalam waktu 24 jam aku pasti ada dengerin lagu, yang paling parah adalah aku pernah nge-play lagu yang bener-bener aku suka semalaman. Dari sebelum tidur sampai bangun tidur. Padahal kan percuma, pas aku tidur siapa yang dengerin coba? 😀😀😀

Bicara tentang lagu, berarti bicara tentang musik. Fakta menyatakan bahwa mendengarkan musik dapat membuat dirimu rileks dan nyaman. Berdasarkan fakta ini dan apa yang aku rasakan selama mendengarkan musik memang benar. Terkadang juga menurut aku bisa membuat cerdas. Ketika musik digunakan untuk belajar atau mengetik sesuatu, gunakan musik yang hanya instrumental artinya just musik tanpa lagu 😀 berdasarkan pengalaman aku, mendengarkan musik instrumental sambil ngetik bikin kreatif loh. Soalnya dengan sendirinya entah secara sadar atau tidak kita bakalan nulis kata-kata yang disesuaikan dengan musik instrumental tersebut. Makanya kadang aku lebih banyak punya lirik lagu sendiri ketimbang puisi 😀 mau dibikin jadi lagu tapi gak bisa main musik 😀 *curcol dikit*

Oke. Kalo gitu langsung aja ya, 10 lagu favorite kami selama Bulan mei selama kkn, check it out>>>

1. Ipank – Rantau den pajauah

Ini adalah lagu minang. Haha. Gak nyangka sih ini ada di posisi pertama. Gak nyangka suka sama lagu minang. Kenapa bisa suka? Mungkin karena kebiasaan. Iyah kebiasaan di puterin mulu dari awal kkn sampe akhir kkn sampe apal lagu masuknya kapan 😀 meskipun sampe sekarang gak apal-apal sama liriknya. Awalnya aku gak begitu suka. Karena aku gak tau dan gak paham ini lagu apa. Tapi ujung-ujungnya aku googling akibat penasaran 😀 oya lagu ini musiknya enak banget beneran kayak musik malaysia gitu dan karena aku juga penyuka musik malaysia jadi aku terusin dengerin lagu ini. Lagu ini ceritanya sepasang kekasih yang mana cowoknya ini kan pedagang trus mungkin karena kehendak orangtua si cewe gak mungkin ngelawan. Pokoknya tentang rantauan sama penderitaan begitu sih. Sedih ya,, tapi ini lagu asik buat belajar, asik buat pengantar tidur, asik pas lagi galau, asik buat perjalanan, asik buat ngapa-ngapain pokoknya de best hehe. Setelah pulang dari kkn, saya puter lagi lagu ini dengan alasan kangen posko, bukan kangen yg sering nyetel loh ya 😀 saya puter lagu ini dari ba’da isya sampe bangun tidur sampe keesok-esokkan harinya, seminggu full nonstop, tapi anehnya gak juga hapal 😀. Kenangan tentang lagu ini selama kkn adalah sempet dijadiin taruhan pokoknya siapa yg hapal ditraktir sama yg punya mp3nya, si temen aku yang super bikin baper cewek2. Lah, aku dengan oonnya kuikutin tapi gak hapal juga bahkan sampe keluar dari posko. Pernah ketika rapat kegiatan, kan lagi serius2nya, entah tangannya temen gue jahil apa memang itu alarmnya dia, lagu ini ke-stel. Alhasil rapat pun berubah jadi karaoke. Semua anggota sibuk nyanyi dengan gayanya masing-masing tentu saja cuman kata2 “nanana” karena gak apal lirik kami cuma masuk ke dalam musiknya. Rileks abis itu lanjutin rapat. Pokoknya banyak kenangan dengan lagu ini selama kkn. 

2. Riski Febian – Penantian Berharga

Posisi kedua, ya lumayan sering juga diplay selama kkn. Penantian berharga. Gak tau siapa yang mulai 😀. Jujur ya di hp aku, lagu2 pop Indonesia itu banyak. Aku suka ngoleksi lagu lama, ada beberapa juga yang baru. Lagu ini sering kami play kalo lagi masak, biar semangat gitu. Kalo di posko, yang masak 2, yg lainnya jadi penghibur entah itu nyanyi atau joget 😀 aku pribadi, sejak sebelum kkn udah suka sama lagu-lagunya riski febian, aku sempat cover yg kesempurnaan cinta 😀. Sempat ngerebutin si iki sama adek sepupu aku yg berakhir adek sepupu aku ngambek tau aku duet sama riski di smule 😀 maapkeun sayahhhh 😀 lagu ini sedikit mewakili perasaan aku, semenjak keluar dari asrama 2014 lalu, aku gak pernah lagi yang namanya 24 jam full tinggal sama temen. Dan aku merindukan moment itu, aku sangat menantikan itu. Jadi ketika tiba waktu kkn lagu ini jadi sountrack tersendiri karena bisa tinggal bareng temen full 24 jam selama 70 hari 😀.

3. Armada – Asal Kau Bahagia 

Lagu ini sering kami puter di kamar. Terus karaokean di dalem kamar. Entah sih gak ada yg lagi galau, cuman kan lagi ngehits lagunya. Mungkin mewakili perasaan salah satu anggota perempuan kami. 

4. Dude Herlino feat Asmirandah – Bunga Bunga Cinta

Ini soundtrack film dalam mihrab cinta. Setelah kami nonton filmnya, ternyata aku sendiri punya lagu ini, jadi sering di puter di kamar pas lagi dandan paling sering. Makanya kadang lama dandan kami karena sambil nyanyi. Sempat kami buat rekaman lagu ini. Ini bener2 mewakili perasaan salah satu anggota team kami yang sesuatu sama warga disana 😀.

5. JAZ – Dari Mata

Kalo ini salah satu lagu favorite buhan cowo di kelompok kami. Kelompok kami rawan olokkan. Liat yg perhatian dikit, diolokin. Baik dikit, diolokin. Nolong dikit, diolokin. Apalagi kejadian diajak jalan “nyari baju seragam kelompok” juga diolokin. Walhasil lagu ini pun ngetrend kalo ada member yang diolok, plus lengkap seekspresi buhan cowok yg total ngelawak. Kami yang buhan cewe cuman bisa bengong dan ketawa sebelum akhirnya ikut-ikutan. 

6. Anji – Dia

Ini juga sering di play. Pernah salah satu member cowok bawa gitar, trus kami nyanyi2 dengan lagu ini. Pokoknya selama kkn kayaknya kami lebih sering nyanyi terutama di pagi hari mulai ba’da sholat subuh sampe jam 9 pagi itu nonstop trus lanjut lagi dari ba’da isya sampe jam 10-11 malem gitu. Sambil ngerjain proker sambil dengerin lagu sambil nyanyi sambil joget. 

7. Ikke Nurjanah – Memandangmu

Jangan heran kenapa ada lagu dangdut disini. Jadi, kami ber-8 dari 10 anggota, adalah penyuka musik dangdut juga, tapi yang kayak ginian sih musiknya. Selain ini kami juga rutin nyetel lagu2nya siti badriah, zaskia gotik, dan Ayu Tingting. Setiap pagi pas lagi masak. Jadi sambil joget gitu pokoknya. 

8. priya Saraiya feat Divya Kumar – Sun Sathiya

Ini lagu India. Kata temen aku ini sountrack filem. Lah iya, aku tau cuman gak inget filem apa 😀 kalo lagu India aku pasti punya yg sountrack filem, lumayan banyak koleksi India aku. Karena aku emang penggemR India juga 😀 entah disengaja atau tidak kebetulan apa gimana setiap lagu ini te-play, pasti bertepatan sahabat terdekat aku di posko lagi ngulek 😀 jadi lagu ini sempet dijadiin viral soundtrack temen aku yg kami bilang “film pendek ulekan dahsyat latifa”. Soalnya dia hebat, gak pernah meneteskan air mata kalo ngulek bawang. Kalo kami belum di ulek aja baru liat bawangnya dikupas udah netes duluan 😀 jadi yah begitulah insiden kenapa si latifa jadi penanggung jawab ngulek bumbu 😀😀😀

9. Rossa – Hijrah Cinta

nah, kalau yg suka denger lagu galau itu buhan ceweknya. Gak tau sih alasan kenapa lagu ini di play, kata mereka suka aja. Mengingatkan kepada alm. Ust.  Jefri dan ustadzah pipik, di filem apa gitu. Aku sendiri gak pernah nonton 😀 jujur ya aku jarang nonton film Indonesia. Terakhir aku nonton film Indonesia itu judulnya danur, film horor yang bikin aku ngambek sama temen2ku selama dua hari, karena udah tau aku gak suka horor malah diajak nonton horor. Lagu ini sering di play di kamar sih 😀

10. De Meises – Dengarlah Bintang Hatiku

Berawal dari aku baru sembuh dari sakit. Posisi di dapur sambil minum air hangat, karena badan udah enakan jadi mulai mood nyanyi 😀 ceritanya temen aku utak-atik playlist aku, mau hibur aku katanya 😀 ketemu lagu ini dia dengerin, berkali-kali dengan full volume. Otomatis kedengeran sampe ruang tamu, tempat dimana member lain pada ngumpul. Pas didengerin berulang-ulang aku ngasih ide ke temenku buat bikin balasannya lagu ini dan kita berhasil, lalu kita nyanyiin versi kita, otomatis kita hentikan musiknya. Setelah itu kita revisi lagi liriknya. Pas gak sengaja noleh, udah ada temen kita yg suka bikin baper cewek-cewek berdiri nyender di pintu dengan mukanya yg super konyol, liat aja bikin aku ngakak 😀 dengan posisinya yg masih pake sarung, baju koko, kopiah, dan kacamatanya berdiri sambil nyanyi pas musik kami berenti karena lagi sibuk revisi “ehhh kenapa di matikan, dengarlah Bintang hatiku” gitu kan nakal dia malem2 😀 trus kami nyalain lagi dan ujung-ujungnya temen gue tadi minta catetin liriknya dan minta mp3nya berakhir di puter terus-terusan sama dia sampe keluar dari posko. 

Yah itulah tadi 10 lagu favorite kami selama di posko kkn. Seru. Malahan kami lebih sering nyanyi, joget ketimbang makan 😀 ngapain aja sempet banget gerak. 

Pokoknya ada banyak kegiatan seru kami di posko bahkan ada kejadian lucu juga dalam proses kami memahami satu sama lain selama di posko, ntar aku ceritain di postingan selanjuutnya. Ya… 

Untuk favorite lagu di Bulan mei nyusul ya.. 

Bye bye…