Kebersamaan special KKN (edisi refreshing) part 1, pengantar cerita

Manusia adalah makhluk sosial yang hidupnya bergantung kepada oranglain. Manusia, berbeda tapi juga memiliki kesamaan. Aku pribadi, adalah orang yang sangat tidak suka jika dibandingkan dengan orang lain, seperti dibandingkan dalam hal kemampuan. Karena menurut aku manusia diciptakan berbeda bukan untuk dibandingkan. Tapi, untuk saling memahami, melengkapi, belajar antara satu sama lain. Karena adanya perbedaan, membuat ikatan persatuan yg kuat dalam kebersamaan. 

Dalam hal berteman, gak perlu minder sama kemampuan kamu. Tunjukkin aja apa yang kamu bisa, dan jangan pernah memaksakan diri sendiri. Kalau kamu ingin berubah, bekerja keraslah. Jangan menuntut orang lain untuk bisa memahami kamu, tapi kami tidak mau memahami orang lain. Ingat satu kunci hidup ini. 

Perlakukanlah orang lain, sebagaimana kamu ingin diperlakukan 


Terkadang, dalam hal pertemanan ada timbul yang namanya sifat iri. Menurut aku, gapapa sih. Iri itu wajar, berarti kamu masih punya malu. Kalo masih punya malu bersyukur artinya kamu masih punya iman. Tapi, irinya yang wajar aja jangan sampai jadi dengki yang bikin kamu ngelakuin sifat buruk yang sangat tercela. 

Akupun juga begitu. Di kelompokku kkn ada yg pinter bahasa inggris, namanya Reza. Jujur banget aku iri lah ya, secara kami jadi tutor bimbel sekelompok, ketika ada tugas bahasa inggris dengan perasaan hati gimana aku serahin ke Reza. Sedih plus iri sih ya. Karena aku sendiri gak paham-paham bahasa inggris itu sih yang bikin aku sebel. Padahal bahasa inggris kan bahasa nasional, aku justru bisanya bahasa yang lain. Sedih tapi ya udahlah ya.. 

Ada lagi temen aku pinter banget otaknya dalam hal ngomong depan umum pemikirannya tertata, kata-katanya Bagus, mereka adalah Dyah, Fajar (ketua), Bede. Wah mereka sangat membuat aku iri.  Aku bahkan pernah merasa gak enak hati sama si bede karena kami sempat jadi rekan kerja. Dia nyuruh aku ngomong depan teman-teman, tapi setelah dorong-dorongan akhirnya dia yang ngomong, tentu saja dengan ekspresi wajahnya yang sulit diartikan. Mungkinkah dia kecewa? 

Selama kkn aku paling iri banget sama satu orang dan sempat bikin aku ngerasa gagal jadi cewek. Dia cowok. Yayalah gimana aku gak merasa gagal jadi cewek, lah dia cowok tapi dia gak hanya bisa keahlian cowok, dia juga bisa keahlian cewek! Serakah amat sih πŸ˜€ perfect. Biasanya cowok kayak gini banyak yang suka. Dan banyak yang rebutan buat dijadiin suami, bukan sekedar pacar. Kenapa yok? πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ selain pinter keahlian cowok sama cewek, dia ini ngaji pinter, tilawah atau tartil kemaren sempat jadi tutor ngajarin tilawah masyarakat, selain itu juga dia hapal beberapa bagian dari al-quran dan ceramah juga. Sempat sedikit ada yang nyangkut gitu di aku kalo aja gak inget betapa baiknya itu orang mungkin bisa keterusan sampe suka, untung inget dia jail πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ jadi aman πŸ˜€ aku gak berpaling hati kok beb πŸ˜€. *curcol again*

Daripada iri, lebih baik kita belajar dari kelebihan orang lain. Iri aja gak bakalan ngubah kamu jadi bisa. Tapi kamu harus belajar, biasain baru deh kamu punya talenta baru. 

Menurut aku, menjadi berbeda itu bukanlah sebuah kekurangan yang bikin kita jadi minder. Tapi sebuah keunikan yang dengannya seharusnya kita manfaatkan untuk mempelajari kelebihan orang lain, bukankah karena itu kita berteman? 

Bersyukur punya temen-temen yang berbeda kemampuannya berarti kita punya kesempatan buat belajar dari banyak orang yang berbeda. Bukankah dalam hidup kita selalu belajar? 

Tapi inget juga, yang kita pelajari hanya hal baiknya yang buruk misal dari kelakuan mereka jangan diikutin, jadiin aja sebagai bahan buat introspeksi diri, untuk memastikan kita juga tidak memiliki sifat buruk mereka. 

Selama 70 hari tinggal bareng sama kelompok kkn, satu persatu kami memahami karakter diri masing-masing. Apa yang disuka dan tidak disuka orang lain. Banyak banget hal yang kami lakukan untuk menjadi dekat. Selain karena proker yang mengharuskan kami saling bertukar rekan, kami juga melakukan refresing ke beberapa tempat, untuk lebih saling mengenal lagi. Kenapa refreshing ke suatu tempat?  Karena kami satu sama lain ingin tau bagaimana teman-teman kami ketika di luar, ditempat terbuka, di alam dan lainnya terhadap orang lain disekitarnya. Apakah mereka lebih loyal daripada dirumah, atau lebih cuek atau gak ada bedanya sama sekali. 

Kesempatan ini kami gunakan selain untuk refresing otak yang mumet dan badan yang lelah karena proker, juga moment tepat untuk saling mengenal lagi satu sama lain. Saling belajar lagi satu sama lain. Bahkan ada hal yang gak terduga, karena orangnya selama dirumah gak pernah seperti itu, tapi ketika diluar dia jauh berbeda. Mungkin bisa dibilang lebih kekeluargaan dan lebih ramah lingkungan. 

Satu pelajaran yang aku dapatkan adalah meskipun nanti sudah berkeluarga sendiri aku tetap harus menjalin hubungan baik dengan teman-temanku dan refresing sesekali barangkali sikap mereka berubah lagi, hal ini juga bisa ditetapkan ke keluarga kita loh. Terlebih lagi yang udah menikah dan menjadi orang tua, membawa anak-anak keluar dari rumah itu penting, karena mereka juga perlu belajar dari alam, belajar lingkungan sekitar untuk menambah wawasan. 

So, quality time, entah itu bareng temen atau keluarga sangat sangat penting, selain untuk membina hubungan baik juga untuk saling belajar satu sama lain lagi, lagi, dan lagi. Terlebih ketika kamu quality time bareng temen lama yang jarang ketemu, ketika kalian bersama pasti ada saja hal-hal yang mengejutkan satu sama lain dan saling mempelajari satu sama lain. Asal diingat hanya pelajari hal baik, dan jadikan hal buruk sebagai bahan introspeksi diri kita masing-masing. 

Okeee,, cerita refresingnya lanjut ke postingan selanjutnya yaaa..  Bye bye.. 

6 komentar di “Kebersamaan special KKN (edisi refreshing) part 1, pengantar cerita

  1. Setuju, kalau ada orang lain yang punya kemampuan lebih baik dari kita emang seharusnya jadi motivasi buat kita untuk jadi lebih baik lagi, sukses terus ya dan salam kenal

    Suka

  2. kadang kkn bisa jadi ajang menemukan tambatan hati dan yang tadinya punya si A berubah menjadi si B πŸ˜…πŸ˜‡

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s