Review Dr. Oz Indonesia – Bahaya Makan Mie dengan Nasi

ceritanya ini adalah draft yang udah lama banget bersarang, daripada dibuang sayang mending di posting, siapa tau bermanfaat πŸ™‚

Hi.. aku dari tadi malem kan travelling ke yutub πŸ˜€ nah aku gak sengaja nemu dr. Oz. Tau kan itu program apaan? Dr. Oz merupakan salah satu program acara di stasiun trans tv yang dibawakan oleh dr. Ryan Thamrin *ni dokter boleh juga, ganteng kok hehe*. Jadi pas aku gak sengaja nemu ya udah aku klik aja salah satu judul videonya, nah yg aku nemu ini dengan bintang tamunya Arumi Bachin, yang akan membahas tentang bahaya makan mie dengan nasi *omegat makan mie dengan nasi itu kebiasaan aku kalo gak ada makanan lain, jadi gimana dong nasib tubuh aku selama ini??? Jadi pengen tau*.
Dr. OZ Bilang, makan mie dengan nasi itu bahaya. kenapa? Karena mie mengandung β€˜karbohidrat’ dan mie juga mengandung karbohidrat, gak ada protein, dan lemak baik yang terkandung di dalamnya, karena selain karbohidrat yang menambah energi, kita juga membutuhkan protein dan lemak, tentunya lemak baik untuk tubuh kita.
Nah, di sini Dr. Ryan mendiskusikannya bersama Dr. Mangatas SM Manalu, SpPD, spesialis penyakit dalam Tentang bahaya makan mie dengan nasi yang hanya mengandung karbohidrat untuk tubuh di masa yang akan datang. Kata Dr. Mangatas, zaman sekarang ini kita tidak boleh makan hanya karena β€˜enak’nya suatu makanan, tetapi harus mempertimbangkan apakah gizi dari makanan tersebut cukup untuk kita. Nah, sementara gizi yang cukup itu ada karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dsb. kalau seandainya seseorang makan mie dengan nasi, maka karbohidrat dengan karbohidrat yang utamanya. Sementara nasi, untuk porsi kecil seperti porsi β€˜restoran padang’ sudah mengandung 400 kalori lalu di tambah dengan mie instan mengandung 300-350 kalori, maka sekali makan mie dengan nasi kita akan mengonsumsi total kalori
750-800 kalori per porsinya.
Menurut Dr Mangatas lagi, secara normal ketika kita mengonsumsi suatu makanan dan makanan itu dicerna maka akan menjadi gula yang akan menyebabkan pankreas menghasilkan hormon insulin. Jadi, jika kita makan banyak dengan kadar kalori yang tinggi, maka insulin juga akan melonjak tinggi. Jika insulin naik maka lama kelamaan akan menimbulkan diabetes. jadi, mengonsumsi nasi putih dengan mie instan bisa menyebabkan diabetes.
Menurut Dr. Ryan, walaupun kita diet protein dan lemak, makan yang mengandung karbohidrat di tambah karbohidrat, malas beraktivitas, jarang berolahraga, maka karbohidrat tadi akan di pecah lagi menjadi lemak dan terjadi penumpukan lemak yang tidak hanya di hati karena kalau lemak jahat di metabolisme oleh sistem pencernaan, maka lemak itu akan dikirim ke hati. Dan juga, selain itu lemaknya akan berkumpul di perut yang dapat menyebabkan β€˜obesitas’. Jika lingkaran perut lebih dari setengah badan maka akan memicu berbagai macam penyakit, salah satunya β€˜diabetes’, seperti yang dikatakan oleh Dr Mangatas tadi.
Kebiasaan makan yang sederhana seperti ini perlahan-lahan harus mulai dirubah, walaupun anda ingin mengonsumsi karbohidrat, lengkapi dengan kebutuhan lain seperti yang mengandung protein, lemak baik, vitamin dan mineral.
Nah, itulah tadi yang dikatakan oleh Dr. Ryan dan Dr. Mangatas tentang bahayanya mengonsumsi mie dengan nasi, karena sesama karbohidrat bila dicerna akan menjadi gula yg menyebabkan pankreas mengandung insulin sehingga lama kelamaan akan menimbulkan penyakit diabetes atau yang kita kenal dengan kencing gula/manis.

Sesederhana apapun makanan yang kita konsumsi sehari hari, kita harus tetap memperhatikan dan mempertimbangkan asupan gizi untuk tubuh kita. Gak ada salahnya jika kita memilih makanan yang memiliki kecukupan gizi untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan adalah yang utama di atas segalanya.

sekian, semoga bermanfaat πŸ™‚

Review Dr. Oz Indonesia – Manfaat dan Bahaya Kuning Telur

Hah? Kuning telur selain punya manfaat ada bahayanya juga? penasaran, yuk intip penjelasan Dr. Oz, tentang fakta-fakta β€˜si kuning telur’. Check it out>>>>>

sebelum membahas bahayanya, lebih baik kita mengetahui manfaat kuning telur telebih dahulu. apa saja manfaatnya? ini dia.

Manfaat Kuning Telur:

  1. Meningkatkan fungsi otak. Otak manusia selain dibangun oleh sel juga oleh sistem syaraf. kuning telur mengandung asam amino seperti AA, DHA, Klorin. klorin ialah sejenis mineral yang akan membangun beberapa struktur dari sel-sel otak dan syaraf.
  2. menguatkan tulang dan gigi. kuning telur mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, D, E, K, dan B6 yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi terutama bagi ibu hamil, menyusui atau anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
  3. meningkatkan stamina. setelah diteliti kuning telur yang juga mengandung kolesterol dibutuhkan untuk membangun sel penyusun hormon pria (testosteron).
  4. penunda lapar (kenyang lebih lama). mengonsumsi telur (putih dan kuningnya) lebih baik daripada sehelai gandum. banyak masyarakat yang khawatir dengan telur karena mengandung kolesterol. kandungan kolesterol dalam telur sebanyak 180-200/butir. sementara, kebutuhan tubuh manusia akan kolesterol hanya 350 mg/hari (sekitar 1-2 butir telur per hari).

lalu bagaimana dengan mengonsumsi telur mentah yang dikatakan oleh sebagian orang adalah sehat? benar atau salah? jawabannya adalah salah. karena mengonsumsi telur mentah akan berbahaya karena masih mengandung Salmonella, Toxoplasma, Sitomegalovirus.

selanjutnya, kuning telur juga bermanfaat untuk wanita, terutama dalam hal kecantikan. seperti apa? yaitu membuat masker kuning telur. bagaimana cara membuatnya?

  1. pisahkan 3 butir kuning telur
  2. kocok hingga rata
  3. oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu secara merata.
  4. diamkann hingga 20-30 menit

masker kuning telur berfungsi untuk menunda penuaan dini (anti aging) pada kulit wajah. ketika menggunakan masker, ada daerah-daerah tertentu yang harus di hindari, yaitu daerah kelopak mata dan area bibir. masker kuning telur juga berfungsi untuk menutrisi kulit dan mempercepat mengeringkan jerawat, mengecilkan pori-pori serta mengangkat komedo. masker kuning telur cocok untuk jenis kulit berminyak dan kulit kering, karena dapat menutrisi dan melembabkan kulit wajah.

nah, itulah tadi yang telah dibahas oleh Dr. Ryan dalam acara Dr. OZ mengenai kuning telur, manfaat ataupun bahayanya. yang dapet gue ambil dari nonton acara ini, bahwa cantik itu tidak harus mahal. yang terpenting merawat, menjaga, dan senantiasa membersihkan wajah secara teratur dapat membantu dalam proses cantik alami.

Hari Ter-MaGer untuk Belajar

hi ^^

i’m Back again.

sebenernya ini malem aku bingung mau ceritain tentang apa -_- *mungkin ada yang punya saran?*

seharian ini, entah kenapa tiba-tiba menjadi hari Ter-Ma-Ger dalam hidupku.

biasanya, meskipun mager aku tetep ada kayak semacam ‘gangguin’ tidur tenangnya keponakan aku, atau apalah-apalah gitu πŸ˜€ tiba-tiba hari ini aku mager banget nget nget.

seharian ini, bawaannya cuman pengen nempel sama kasur, scroll up-down akun-akun sosial media, tidur, sampai menjelang maghrib πŸ˜€ entahlah ini dinamakan Ma-Ger atau Nge-Bo :D.

padahal, aku hari senin harus ujian komprehensif. ujian dimana mata pelajaran keislaman dan keilmuan di uji dihadapan 4 orang dosen. pertamanya sih aku semangat banget buat ikutan kompre, begitu dapat nama dosen yang nguji tiba-tiba jadi mager buat belajar πŸ˜€ *tepok jidat*

entahlah.

aku juga bingung mau cerita tentang apa. tiba-tiba apa yang mau aku ceritain hilang entah ke negara mana πŸ˜€ perginya tanpa pamit pula πŸ˜€ tapi intinya aku cuma mau bilang kalo aku ‘M-A-G-E-R’ males gerak. yang namanya males mau dipaksa gimanapun juga gak bisa πŸ˜€ ini aja aku ngetik postingan ini sambil tiarapan cantik di atas kasur kesayangan, selimutan sambil makan cemilan.

padahal aku masih punya kerjaan revisi skripsi πŸ˜€ udah mager belajar buat ujian, ngeliat file skripsi tambah mager πŸ˜€

tiba-tiba, aku merasa oon karena nggak tau harus ngapain.

temen-temen mungkin ada yang punya solusi buat orang yang terlanjur ‘Ma-Ger’? kalau ada bisa kali disumbangin di kolom komentar Tips dan sarannya πŸ˜€

udah yah, aku kan lagi mager, kalo diterusin ngetik bisa-bisa jadi mikir panjang dan postingan yang pure curhatan ini pun bakal tambah panjang πŸ˜€

bye-bye ^^

lepaskan Saja, Let’s Move On

Lepaskan saja bila kau tak bisa bertahan

Kuyakin mampu kau cari kekasih sejatimu

Dia bukan satu-satunya yang ada di dunia

Kuyakin kau bisa hidup bahagia tanpa dirinya

– Raffi Ahmad ‘Lepaskan Saja’

Hari ini, pukul 05.41 pagi, seorang sahabat dekatku mengirim lagu ini via whatsapp πŸ˜€

Lagunya sangat-sangat menghibur sekali, thankyou latifahku sayang 😘

Awalnya sih enggak galau sama sekali begitu denger lagu ini kok aku mendadak mewek πŸ˜€ tapi meweknya bukan karena broken heart tapi kayak semacam ‘menangisi kebodohanku selama ini yang udah sia-siain waktu bertahun-tahun untuk sesuatu yang gak penting lagi’ πŸ˜€.

Setelah dengar 1 putaran lagu ini, setelah meweknya puas pastinya, tertawalah diriku πŸ˜€ sambil buka instagramnya si dia wkwk, tenang-tenang bukan mau mewek lagi kok, akunya malah sambil ngakak liat instagramnya.

Kata sahabatku itu, kalo memang sudah tidak sanggup mempertahankan, lepasin aja. Masih ada yang lebih baik dan lebih pantas kok.

Berkali-kali sahabatku memujuk diriku ini agar bertahan sampai wisuda, sampai bisa bicarakan empat mata, tapi sudah terlanjur malas.

Emang sih udah lama pengen menyerah, tapi gak tau apa yang bisa bikin aku menyerah.

Suatu waktu aku ingat, sudah sangat sering aku mendengar kabar tentang dirinya sejak SMA dulu, tapi aku tahan alasanku karena aku percaya dia. Terakhir aku dengar kabar dia seperti itu lagi semester 6 kemarin.

Taulah kan yak πŸ˜€ 6 tahun kutanam ini rasa, pengen buka hati untuk orang lain gak bisa karena selalu bayangan dia yang muncul di hati ini. Tiba-tiba selalu ada kabar, dia dekat sama ini dan hampir akan jadian πŸ˜€ aishh aku loh duluan ketemu dia πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Dan setelah itu aku bertekad, sekali lagi aku dengar kabar seperti itu. Sudahlah. Lepasin aja. Toh dia bukan satu-satunya. Akhirnya kejadianlah, dan aku rasa sudah waktunya aku menyerah.

Kalo ditanya sedih atau enggak, jawabannya pasti tau lah ya, sedih.

Tapi, kalau sedihnya aku sampe baperin bisa-bisa enggak selesai skripsi adek πŸ˜€

Untung ada sahabatku, dia menghibur. Sambil ngasih tips2 move on juga.

Move on tuh gak gampang ya, yg 1 tahun aja kadang susah move on nya, apalagi yang 6 tahun kan. Tapi namanya juga usaha.

So, aku coba move on dengan tips-tips yang dikasih sama sahabatku. Ekstrim sih tipsnya, tapi bener juga kalo misalnya gak dilawan gak bakal bisa move on. Ini dia,,,

1. Jangan denger lagu galau, tapi denger lagu yang mendukung keputusanmu

Kata sahabatku, kalau niat move on tapi masih sering dengar lagu galau yang berhubungan sama dia, sama perasaan, hasil terbesarnya pasti gagal move on. So, katanya kalo emang beneran niat move on, dengerin aja lagu yang mendukung keputusanmu boleh juga lagu ceria yang gak ada sangkut pautnya sama perasaanmu. Sekarang udah ada kok lagu yang mendukung keputusanmu salah satunya lagu di awal tadi.

2. Kalau dia muncul di beranda media sosialmu, biarin aja jangan terpengaruh untuk stalk

Kata sahabatku, jangan coba-coba stalking dia meskipun dia ada like atau komentar. Biarin aja, tanamkan prinsip ‘dia bukan siapa-siapa kenapa aku harus sibuk dengan dia’. Kecuali kamu sudah lebih kuat dan rasamu sudah hilang, sudah menganggap dia teman biasa dan kamu yakin itu. Baru kamu boleh stalk. Oh iya tips ini pernah aku coba sebelumnya. Jadi emang gak ada stalk untuk waktu 4-5 tahun. Begitu nemu di beranda, dia sempat like juga, nyoba stalk eh ternyata biasa aja dan ikutan senyum ‘kamu sukses ya sekarang, kamu keren, pasti bangga nih yang jadi istrimu nanti’ dan yang ada cuma perasaan teman biasa.

3. Jangan buang barang-barang yang bersangkutan sama dia

Ininih yang aku bilang ekstrim dan gak biasa. Yang aku tau kalo mau move on kudu buang barang yang bersangkutan sama dia atau hapus semua kontaknya dia. Tapi justru yang temanku bilang sebaliknya. Katanya cuma anak kecil yang mau move on pake acara buang barang-barang atau hapus kontak. Kamu harus tunjukin seberapa dewasa kamu dan seberapa baik-baik saja dirimu. Simpen aja. Jadikan kenang-kenangan. Suatu saat bisa kamu bilang ke anak kamu ‘nak ini hadiah dari teman ibu dulu, karena kami udah gak ketemu lagi’. Gak usah hapus kontak. Apalagi kalau dia temen sekelas. Ntar kalo ada reuni baru tau rasa loh gak tau kabar apa-apa πŸ˜€.

4. Jangan lampiaskan sakit hatimu dengan mencari pasangan yang baru

Jangan tanamkan prinsip ‘orang lain harus merasakan apa yang aku rasakan’ itu bukan pilihan yang Bagus. Tapi pilihan yang terburuk. Menyakiti orang lain hanya karena kita pernah disakiti namanya dzolim. Tapi tanamkanlah prinsip ‘orang lain tidak perlu merasakan sakit yang aku rasakan tapi mereka harus merasakan kebahagiaan yang aku rasakan’. So, jangan balas sakitmu dengan mencari hati yang baru, kata sahabatku itu namanya pelampiasan.

5. Udah, Ikhlasin aja

Nah ininih yang terpenting dari semuanya. Udah, ikhlasin aja. Kalau emang kamu niat move on, lepas si dia dengan keikhlasanmu. Jangan ketidakrelaan dengan alasan ‘pas lagi sayang-sayangnya’. Dulu aku berfikir ‘aku bahagia kalau kamu bahagia’ kemudian berubah menjadi ‘aku sedih ketika kamu bahagia’ dan setelah melewati beberapa pencerahan sekarang menjadi ‘kamu bahagia atau tidak, bukan urusanku, karena dalam drama hidupku pemeran utamanya bukan kamu, tapi aku’. Itu sedikit menguatkan dan meyakinkan aku untuk ikhlas melepasnya. Kalau kita ikhlas insyaallah move on pun semakin cepat, sebaliknya kalau rada gak ikhlas gitu resiko gagal move on bakal muncul.

6. Lakukan hal yang bermanfaat

Daripada waktumu habis untuk nangisin si dia, mending lakukan kegiatan yang bikin kamu gak melulu kepikiran sama dia. Bentuknya banyak kok. Kata sahabatku yang pernah dia coba itu:

a. Nonton (jangan film yang bikin baper misalnya drama korea romantis, nontonnya film kartun atau comedy lainnya).Β 

b. Baca buku (buku apa aja boleh sih asal jangan novel romantis, kamu bisa mulai dengan baca buku motivasi, sadarkan dirimu terlebih dahulu).Β 

C. Hang out (menjalin hubungan baik dengan teman-teman atau keluarga yang sempat terabaikan, boleh sekedar refresing, olahraga, nge-mall, atau ke pengajian biar tobat).Β 

d. Makan sesuatu yang bikin hatimu senang (kadang ada beberapa makanan tertentu yang bikin kita senang, contohnya cokelat dan ice cream, tapi sewajarnya aja ya karena kebanyakan ngonsumsi gula tidak baik untuk kesehatan)Β 

e. Bermain dengan anak kecil atau binatang peliharaan (ini nih sebenarnya buat pengalihan pikiran, tapi kalau lagi bareng anak kecil atau binatang peliharaan jangan sampai ketika kamu marah atau kesal atau badmood mereka yang jadi korban)Β 

Atau bisa juga kamu lakukan atau buat kegiatan tertentu yang menurut kamu bermanfaat. Misalnya nulis atau bikin video Do It Yourself πŸ˜€ *ini sih aku banget*

Itu tadi beberapa tips dari sahabatku yang sedang aku coba jalankan. Bukan satu persatu, tapi sekaligus. Kalo satu-satu move on nya gak kelar kata latifah πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€. Bener juga sih.

Terakhir, Dan sedikit aku juga suka semacam komentarin lirik lagu πŸ˜€ jadi aku akan coba game iseng ini untuk kesekian kalinya πŸ˜€ itung-itung hiburan. Aku pake lirik lagu di atas aja πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Kau Tak selamanya tangisi kepedihanmu, hingga kau harus lewati semua waktumu, terdiam meratapi kepedihanmu

Iya Sih bener juga πŸ˜€ untuk apa berlama-lama nangisin dan meratapi rasa sakit sampai gak inget waktu. Gak ada manfaatnya selain menguras tenaga. Ujung-ujungnya bikin sakit badan. Masih banyak hal yang bisa kamu lakuin dan bikin manfaat untuk orang lain. Orang yang kamu tangisin bahkan gak tau kalo kamu nangisin dia, sedikitpun mereka tidak perduli. Jadi kenapa kamu harus repot-repot menangis?

Selalu Kutemui wajahmu yang tak bersinar, seolah kau tak mampu hidup kembali, cobalah kau lawan rasa itu.Β 

Jangan Tunjukin wajah kusutmu dihadapan orang banyak, salah satunya si dia. Apalagi melakukan hal-hal konyol seperti tak ingin hidup lagi. Β Kamu harus menunjukkan bahwa kamu baik-baik saja. Lawan aja rasamu yang tidak ingin berpisah dari si dia. Belajar mengikhlaskan dia yang tidak seharusnya. Ingat kamu berhak untuk bertemu seorang yang lebih baik.

Lepaskan Saja bila kau tak bisa bertahan

Ambil Keputusan sekarang juga. Bila menurutmu masih sanggup dan pantas untuk dipertahankan, maka pertahankanlah. Bila sudah tidak sanggup lagi, maka lepaskanlah. Ingat masih banyak yang lebih baik.

Ku yakin mampu kau cari kekasih sejatimu

Jangan berusaha untuk mencari. Tapi berusahalah menjadi orang yang memang pantas untuk dicari.

Dia bukan satu-satunya yang ada di dunia

Bangun Dan sadarkanlah dirimu dari mimpi yang panjang. Dia bukan satu-satunya di dunia ini. Masih banyak yang seperti dia bahkan jauh lebih baik daripada dia, salah satunya adalah jodohmu. Ingat, barangkali dia tidak baik untukmu, tapi baik untuk orang lain. Dan untuk dirimu, pasti bakal dapat yang lebih baik. Buka matamu dan lihatlah dunia dengan hatimu. Maka akan kamu temukan orang-orang yang lebih baik daripada dia.

Kuyakin kau bisa hidup bahagia tanpanya

Ketika Kamu sudah sadar, bahwa dia bukan satu-satunya. Selama kamu belum mendapatkan pasangan, coba dan rasakanlah. Sendiri terkadang lebih bahagia daripada punya pasangan yang statusnya belum pasti. Ada banyak cara yang bisa bikin kamu terbiasa dan bahagia tanpa dirinya. Ingat kamu pantas dicintai oleh orang yang mencintaimu.

Sekian,,, maaf yaa kalo kepanjangan karena emang curhatan sih πŸ˜€ dan lagi maaf kalo bagian terakhirnya gak penting, itu hanya sekedar untuk memotivasi dan menguatkan diri saya untuk bangun dari mimpi panjang yang tidak begitu penting, tapi cukup memberikan pelajaran untuk hidup kedepannya.

Hai kamu, terimakasih ya πŸ˜€ semoga kita masing-masing dapat pasangan yang baik.