Review Dr. Oz Indonesia – Khasiat Kulit Buah

hi ^^

i’m back again with review informasi tentang kesehatan 🙂

seperti yang sudah diketahui bahwa salah satu acara tv favorit aku adalah Dr. Oz Indonesia. dan disana aku banyak dapet informasi seputar kesehatan, yang menurut aku ini akan sangat bermanfaat, oleh karena itu aku memutuskan untuk membaginya kepada kalian yang mungkin melewatkan acara ini. semoga bermanfaat.

Di episode kali ini, di awali dari Dr. Reisa Broto Asmoro yang membahas tentang manfaat kulit buah-buahan. Dr. Reisa sudah menyiapkan buah Jeruk, apel, pisang, dan kiwi. Yang Selama ini yang kita tau dan kita perhatikan, banyak orang yang makan buah-buahan tersebut dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Terkecuali buah apel, tidak sedikit orang yang juga makan tanpa mengupas kulitnya. Salah satunya aku 😀 sebenernya itu karena males ngupas sih, abis kulit apel kan tipis gitu :D.

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa mengupas kulit buah adalah cara terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan dengan alasan kebersihan. Membersihkan kulitnya pun bermacam-macam cara. Cara terbaik adalah dengan mencucinya menggunakan sabun khusus buah, lalu dibilas dengan menggunakan air yang sudah matang. Baru setelahnya boleh dikonsumsi.

Dr. Reisa menjelaskan bahwa ternyata di dalam kulit-kulit buah-buahan tersebut banyak sekali mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan yang bahkan melebihi dari daging buah itu sendiri. Tidak percaya? Saya juga pertamanya enggak percaya 😀 mari kita simak penjelasan Dr. Reisa mengenai manfaat dari kulit buah yang bisa dikonsumsi. Terdapat 4 jenis buah-buahan yang dapat dikonsumsi bersama buahnya.

  1. Apel

Kulit Apel mengandung senyawa pektin yang membantu mengontrol kolesterol dan gula darah. Kulit apel juga kaya akan anti-oksidan, seperti Quarcetin. Dalam penjelasan Dr. Reisa, banyak studi yang sudah mengatakan bahwa quarcetin dapat membantu melawan sel kanker dan baik untuk memperbaiki ingatan (biar gak cepat lupa). Selain itu, kulit apel juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat dalam kulit apel adalah 4,4 gram per-butir dan 2,1 gram ada di dalam kulitnya. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi apel dengan kulitnya sekaligus.  *oohh, pantes aja para pelajar di luar sana banyak yang sarapan dengan buah apel, ternyata salah satu manfaatnya adalah baik untuk ingatan, pantes mereka yang diluar sana cerdas, sarapannya yang bergizi begini, apalah dayaku yang kalo sarapan pakenya mie sama nasi :D*

  1. Pisang

Pisang mengandung potasium yang berfungsi untuk metabolisme tubuh, seperti otak, otot, dan saraf. Pisang mengandung potasium  yang baik untuk menghilangkan pegal-pegal dan serotonin yang membantu perasaan bahagia. Serotonin berfungsi untuk mengatur kerja usus (nafsu makan), serta untuk regulasi suasana hati (penstabilan mood). Kulit pisang kaya akan kandungan unsur gizi yang cukup lengkap, antara lain: karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, dan beberapa vitamin seperti B dan C, serta air. *pantes aja kadang kalo lagi lelah atau kehabisan energy gitu, makan pisang energy kembali ada, dan lagi-lagi pisang adalah salah satu sarapan rutin yang dikonsumsi oleh pelajar-pelajar luar, mungkin karena inilah mereka gak ngantuk pas belajar, lah aku makannya mie kalo sarapan, pantes aja ngantuk pelajaranpun jarang masuk ke otak 😀

Dr. Reisa juga menjelaskan, mengonsumsi kulit pisang bisa dengan mengolahnya terlebih dahulu, misalnya menjadi jus. Caranya, bersihkan kulit pisang lalu langsung blender sampai halus.

  1. Kiwi

Mengonsumsi buah kiwi dengan kulitnya, kita akan mendapatkan serat 3 kali lipat daripada mengonsumsi daging buahnya saja. Buah kiwi sendiri mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk, papaya, dll. Adapun manfaat dari kulit buah kiwi adalah:

  1. Mengandung anti-oksidan 3 kali lebih tinggi daripada buahnya.
  2. Penawar keracunan makanan
  3. Sebagai bahan makanan anti penuaan
  4. Jeruk

Buah jeruk memiliki banyak vitamin, seperti Vitamin C, E, A, dan dalam kulitnya terdapat tambahan vitamin B. adapun manfaat mengonsumsi kulit jeruk yakni:

  1. Anti kolesterol
  2. Mengatasi perut mulas
  3. Menyehatkan pencernaan.

Salah satu cara untuk mengonsumsi kulit jeruk adalah dengan menyerut kulit jeruk bagian luar, kemudian mencampurkannya dengan berbagai bahan makanan favorit kita.

sekian, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Love Yourself

Love Yourself as Much as You Want Your Soulmate to Love You

Elizabeth Daniel-

haiiiii 😀

and then, I’m Back Again 😀 semoga enggak bosen ya sama postingan-postingan aku yang…. yaa begitulah, tiada kurang dan tiada lebih selain isinya curhatan seorang mahasiswi labil yang masih belom menemukan tujuan hidup yang jelas mau jadi apa -_- tapi berusaha untuk jadi diri sendiri kok 🙂 *puter lagu kun anta*

entah kalian sadar atau enggak 😀 inspirasi aku dalam menceritakan semua curahan hatiku disini salah satunya adalah lagu. sebuah lagu yang entah itu good if you hear it atau memang berkaitan langsung sama diriku. kehidupanku. ada? ada banget, walaupun yang kebanyakan gak abis satu lagu sih 😀 hanya di lirik-lirik tertentu yang ah… ini aku banget.. 😀 makanya enggak heran kan kalo kadang judul postingan pun judul lagu.

kalo kalian gimana?

contohnya judul lagu di atas 😀 tau enggak lagunya siapa? yupsss, Justin Bieber 😀 secara personal sih aku bukan penggemar beratnya Justin Bieber, Justin Timberlake, atau Justin yang lain :D, aku suka juga sekedarnya saja. bukan yang sering mereka bilang dengan istilah ‘kepo’ seperti para fans-fans diluaran sana 😀 aku suka karena lagunya bagus, ada beberapa lagu tertentu yang memang bagus dan recomended buat di dengerin, salah satunya ini, Love Yourself.

Love Yourself sendiri, aku baru tau setahun ini 😀 kenapa? karena aku baru mulai membuka hati untuk mendengarkan lagu barat 😀 itupun juga sampe sekarang masih suka pilih-pilih 😀 tergantung liriknya dan yang terpenting nadanya sih, karena aku kan gak begitu ngerti artinya 😀 ntar apa kata orang rumah kalo aku nyanyi lagu barat tiba-tiba 😀

Dear Self, i’m sorry for all the mean things i said i love you

Love Yourself.

aku baru sadar, kalo mencintai diri sendiri itu sangat amat penting. dan yang terpenting adalah salah satu langkah awal menuju sukses. bagaimana bisa dicintai orang lain, jika dirimu saja tidak mencintai diri sendiri. kurang lebih seperti itu.

kadang. ada hal-hal tertentu yang membuat kita lalai dan lupa untuk lebih mencintai diri sendiri terlebih dahulu. salah satu faktornya adalah galau. entah itu karena patah hati, putus cinta, cinta bertepuk sebelah tangan, beranggapan tidak diperdulikan oleh orang lain, dan banyak lagi alasan-alasan galau yang lain. seringnya, galau membuat diri kita lupa untuk mencintai dan menghargai diri kita sendiri. kenapa? terkadang ada yang ketika galau jadi males makan, mager mau ngapa-ngapain, ogah ngurusin diri, yang lebih parah udah males hidup!. ada? ada lah 😀 di luar sana banyak 😀

aku sendiri pun pernah dalam fase-fase galau yang membuatku berfikiran ‘lebih baik aku tidak ada lagi di dunia ini’ 😀 itu adalah pemikiran terbodohku yang pernah menghinggapi kepala ini 😀 tapi ada hal-hal yang menyadarkanku, bahwa memaksa diri untuk mati bukanlah sebuah pilihan yang bagus. yang ada malah dosa. tapi, apapun masalahnya kita harus berani hadapin itu. ini hidup kita. apapun yang kita lakukan. terima resikonya. itulah jalan hidup.

jika kamu berupaya untuk mencintai diri sendiri tapi gak tau caranya gimana, gak ngerti harus mulai dari mana. nih, aku kasih tau caranya sumber langsung dari pinterest yaa 😀

Love yourself enough to set boundaries. your time and energy are precious. you get to choose how you use it. you teach people how to treat you by deciding what you will and won’t accept.

Anna Taylor

dan ini adalah langkah awal untuk mulai mencintai dirimu sendiri:

1. Fix What Needs to be Fixed

pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah tanya dirimu sendiri terlebih dahulu. apa yang membuatmu berhenti atau belum mencintai dirimu sendiri? renungkan jawabannya dan tanya kembali dirimu apa yang akan terjadi selanjutnya jika kamu mengubah atau menerima apapun jawabanmu. intinya adalah kamu harus mem-fix-kan apa yang harus kamu butuhkan untuk langkah awal mencintai dirimu sendiri.

2. You aren’t perfect

pikirkan dan renungkan. bahwa diri anda tidak sempurna. jika dirimu menunggu sampai menjadi sempurna untuk bisa lebih mencintai dirimu, maka yang akan kamu dapatkan hanyalah menunggu selamanya. karena sampai kapanpun, kamu tidak akan pernah menjadi sosok yang sempurna. so, karena kamu merasa tidak sempurna, pikirkan siapa yang akan mencintai diri anda selain anda sendiri?

3. Get to Know yourself

selanjutnya adalah cari tau siapa dirimu yang sebenarnya dan apa yang kamu inginkan/harapkan. temukan apa yang kamu yakini dan cari tau apa yang menjadi nilai-nilai tertentu dalam dirimu.

4. Forgive Yourself

ini penting. memaafkan diri sendiri. pergilah dari masa lalu. lepaskan semua perbuatan burukmu. kurangi atau hilangkan rasa malu-mu. terkadang ada suatu kejadian yang mana membuat kita berpikiran ‘aku tidak akan memaafkan diriku sendiri’. pernah berpikir seperti itu? memaafkan diri sendiri itu sebut saja dengan move on. dari dirimu yang masih jahiliah ke yang lebih baik lagi. tiga hal yang di bold di atas, harus benar-benar kamu lakukan jika memang kamu ingin berubah menjadi lebih baik. dan yang terpenting adalah selalu terbuka untuk memaafkan diri sendiri. karena dalam hidup ada proses yang disebut perubahan.

5. Practice Self Care

luangkan waktu untuk melakukan sesuatu untuk diri sendiri. misalnya melakukan perawatan diri adalah salah satu bentuk self care karena kita mencintai diri kita. satuhal yang harus diketahui adalah mencintai diri sendiri dan merawat diri adalah satu hal yang berjalan beriringan.

6. Don’t Give Up

apapun yang kamu lakukan dan rasakan, jangan pernah menyerah. terutama untuk diri dan hidupmu. walaupun kamu sedang merasa frustasi atas satu hal, jangan pernah berpikiran ‘aku harus menyerah’ tapi, lakukan dengan semangat, karena apa yang kamu lakukan sekarang, hasilnya akan kamu dapatkan di masa depan.

itulah tadi beberapa cara awal untuk mulai mencintai diri sendiri. percaya kepada diri sendiri. optimis bahwa kita pasti bisa melakukan apa yang ingin kita lakukan.

hiduplah seperti apa yang kamu inginkan. jangan terintimidasi oleh orang lain yang membuatmu tertekan. karena hidupmu adalah urusanmu sendiri. cintai dirimu dan jangan biarkan orang lain menyakitinya. karena kamu berhak untuk bahagia.

dan yakini jika kita telah banyak mencintai diri kita sendiri, kedepannya orang lain pun akan sangat mencintai kita.

jika saat ini, masih ada orang yang menyakitimu, kembali tanyakan dirimu sendiri, sudah seberapa banyak kah kau mencintai dirimu sendiri? karena tidak mustahil bahwa hidup di dunia ini adalah hukum alam.

sekian dan terimakasih.

semoga bermanfaat.

Cause if you like the way you look that much, Oh baby you should go and love yourself

And if you think that I’m still holdin’ on, to somethin’ You should go and love yourself

Justin Bieber ‘Love Yourself’

 

 

 

Beautiful Life (Bahagia, itu dari Diri Kita Bukan Orang Lain)

Hi ^^

I’m Back Again..

Sebelum mulai cerita, mungkin aku mau nyanyi dulu kali ya 😀

Bersyukur kepada Allah..

Bersujud sepanjang waktu..

Setiap langkahku, setiap nafasku..

Di iringi oleh Rahmat-Nya..

Alhamdulillah Wasyukrulillah

Bersyukur pada-Mu Ya Allah..

Kau Jadikan kami Saudara

Indah dalam Kebersamaan…

1452929988457

Yups, aku demen sama lagu yang dinyanyiin ka Rachel Amanda bareng sama Oppick, Oppick merupakan penyanyi lagu religi Indonesia favorit aku selain Sulis dan Hadad Alwi. sewaktu aku masih kecil, aku juga banyak ngoleksi mp3 Oppick, Sulis, dan Hadad Alwi. Lagu yang tadi aku nyanyiin itu judulnya ‘Alhamdulillah’ / bersyukur. Kenapa? aku ngerasa bersyukur banget sama Allah karena akhir-akhir ini aku ngerasa bahagia.

Walaupun aku gak tinggal bareng Orangtua kandung aku, tapi aku tetap bisa bahagia kok tinggal sama keluarga angkat aku, dan keluarga angkat ini gak jauh-jauh kok, masih punya hubungan sama mama gue, beliau adalah tantenya mama. Aku ngerasa bersyukur karena bahagia. Aku yakin Allah pasti memberikan kita kebahagiaan, cuman caranya berbeda-beda di setiap orang.

IMG20160116155016.jpg

aku, udah tinggal sama beliau lama banget, akrabnya sih aku sapa ‘nenek’ dari usia aku 5 tahun, waktu itu tahun 2000, aku udah di anter mama ke Samarinda, tempat tinggal nenek. Kenapa aku di anter mama? Karena, di daerah tempat gue tinggal (bukit Soeharto) dulunya belum ada sekolahan, padahal usia aku bentar lagi harus masuk sekolah. Maka dari itu, mama anter aku ke Samarinda, dan tinggal sama nenek, tujuannya biar bisa sekolah. Karena aku yang dari kecil udah suka sama yang namanya belajar, aku dulu sering main sekolah-sekolahan sama mama dan adik aku. Oya, aku belum cerita, kalo aku punya seorang adik yang usianya lebih muda 2 tahun dari aku, karena kita gedenya gak tumbuh bareng, kita gak pernah berantem atau apalah. Karena gak serumah, otomatis yang ada rasa kangen yang segunung. Saat pertama-pertama aku tinggal sama nenek, itu aku kangen banget sama keluarga dan aku sampe nangis, tapi segera di bujuk nenek, dan lama kelamaan aku pun terbiasa tinggal sama nenek. Sampai sekarang tahun 2017, dan aku udah kuliah semester 8.

Balik lagi. Tak terasa, 16 tahun sudah sejak kedatangan diriku ke Samarinda, waktu itu di usia yang sangat kecil, 5 tahun saat memutuskan untuk berpisah dari kedua orangtua dan adik yang sangat aku cintai. aku tinggal sama nenek hingga sekarang. Seseorang yang aku panggil ‘nenek’ walaupun aku tau sebenernya kalau beliau bukanlah ‘nenek kandung’ aku.

Setiap waktu. Setiap tahun. Setiap bulan. Setiap minggu. Setiap jam. Setiap menit. Bahkan setiap detik yang berlalu selalu aku habiskan dengan ‘membuntuti’ nenek kemana-mana. Habsy, Sholawat, ngaji, TPA. Begitulah keseharian aku sejak kecil hingga sekarang. Sejak kecil aku udah di tanamkan pelajaran agama sejak dini. Karena aku masih kecil, enak buat di asupin ajaran yang bener. Biar terbiasa dengan agama sampai tuanya. Dengan hasil didikan nenek itu, aku pun tumbuh secara islami, sobat. Mau ngapain aja selalu berlandaskan islami :D.

Waktu yang terus berjalan, membuat aku ngerasa gak ‘kerasaan’ aja tahun-tahun yang udah berlalu, karena emang aku gak ngelakuin banyak hal. aku pernah dengar ceramah agama, kalo kita hidup dengan ‘gak ngerasa’ dengan waktu yang udah berlalu, itu artinya kita kurang ngelakuin hal-hal baik yang membuat waktu terasa untuk di kenang. Bener, sedari kecil aku hanya menjalani waktu sekolah, sekolah, dan sekolah. Gak ada hal lain yang aku lakuin di rumah, selain ngebuntutin nenek kemana-mana. Itu, sebabnya aku ngerasa waktu cepat berlalu, tanpa ada banyak hal bermanfaat yang aku lakuin.

Sekarang aku sadar, makin kesini usia aku makin bertambah tua, walaupun rillnya dari Allah jatah usia aku hidup di dunia makin berkurang setiap harinya. Dan aku juga bertambah dewasa di usia 21 tahun ini. aku udah di awal kepala 2, udah saatnya bagi aku untuk ‘berproses’ menjadi makhluk yang lebih baik. aku harus banyak berbuat baik selama sisa umur ini. Karena aku gak tau sampai kapan Allah memberikan jatah umur pada aku untuk hidup di dunia ini.

Nah, aku cerita lagi. Ketika aku mulai masuk kuliah. aku kan tinggal di asrama, nah aku udah gak islami-islami banget lagi. Apalagi setelah ketular ‘virus’ KPOP sama temen sekamar aku. KPOP itu adalah pencinta segala hal-hal yang berbau dengan ‘Korea’ 😀 pokoknya semenjak itu, keseharian aku gak pernah lepas dari yang namanya virus ‘ngepoin’ kehidupan bias 😀 bahkan sekarang saking sukanya dengan para bias, aku pernah membuat blog  yang mereview hal-hal yang bias gue suka, tapi udah aku hapus. dulu tujuan aku buat blog khusus KPOP adalah berharap bisa berbagi informasi dengan kalian. Ketika aku mendapatkan sebuah informasi, aku gak mau menikmatinya sendirian. Makanya aku mau bagiin informasi-informasi yang aku dapetin kepada kalian dengan mereview. Itu juga gak sembarangan kok, ada sumbernya, dari wawancara yang mereka lakukan jadi, berdasar fakta yang terucap dari mulut mereka. Alasan, aku ingin berbagi adalah karena aku ingin bahagia. aku bahagia hanya dengan berbagi bersama orang lain. tapi sekarang aku pikir berbagi gak harus tentang Korea Kan? so, aku buat Blog ini, untuk berbagi lebih banyak hal, tidak hanya seputar Korea atau hal yang aku alamin secara pribadi.

Bahagia itu bentuknya banyak sobat. Dan orang lain gak akan tau style bahagia kita itu seperti apa. Hanya diri kita yang tau, karena hanya diri kita yang paling mengerti dan paham tentang kita. Untuk itu, mumpung masih muda, yuk kita cari tau, hal apa yang membuat setiap orang bahagia dalam dirinya masing-masing. Banyak kok bentuknya, ada yang bahagia dengan hobi. Ada yang bahagia dengan berbagi. Dan ada yang bahagia dengan berkeluarga. Banyak kok, kita tinggal menemukan hal-hal yang membuat kita bahagia dengan cara mencari yang cocok dengan kita sesuai keinginan hati kita.

Tentang rencana masa depan aku. Selain sukses lulus kuliah 😀 aku (masih) sangat ingin menjadi penulis dan sutradara. Maka dari itu, 4 tahun terakhir yang aku lalui ini selalu aku berusaha sisihkan waktu buat nulis. Entah nulis apapun itu. Yang terpenting bagi aku adalah membiasakan diri terlebih dahulu. Baru aku bisa menikmati feeling dalam menulis itu. Selain bahagia dengan berbagi bersama orang lain, aku juga bahagia dengan menulis. Hal yang paling sering aku tulis adalah imajinasi bersama bias, tentu bukan di blog, tapi di lembaran HVS biasa. Entah itu berupa fanfiction dengan episode-episode yang panjang atau sekedar khayalan menikah dengan bias. Ya, itulah hal-hal yang aku tulis. Selalu. tapi sekarang udah mulai berkembang semenjak aku berniat dakwah lewat tulisan :D, sudah mulai belajar menulis tentang novel dengan genre religi, semoga kesampaian yah 😀 target besar aku adalah sampai difilmkan :D.

aku punya mimpi menjadi sutradara. Setelah banyak menonton drama korea, akupun mulai menulis untuk calon naskah novel. Jujur, aku udah buat beberapa tapi rata-rata baru separo jalan. aku adalah orang yang mudah bosan. Jadi ketika aku mulai bosan,aku akan menulis hal baru. Untungnya, sebelum menulis naskah itu, aku selalu menulis ponit-point pentingnya terlebih dahulu hingga part terakhir. Sehingga, ketika suatu saat gue mau ngelanjutin lagi gue gak perlu khawatir lupa ceritanya, karena udah gue tulis point/inti cerita di setiap episodenya. cuman yah gak tau. entah kenapa Writer Block selalu tiba-tiba melanda.

Resolusi terbesar aku di tahun 2018 nanti, yang aku ingin itu tercapai pada tahun 2019-2020 ialah berhasil menerbitkan novel-novel dari beberapa naskah aku. Doain aku ya. Dan aku harap novel-novel aku bisa di filmkan, seperti penulis favorit aku, Asma Nadia. aamiin. doa dulu aja kali dicatet sama Allah.

Selagi kita masih diberi nafas, umur, dan waktu, gunakanlah waktu itu dengan sebaik-baiknya. Tentu bukan membuang-buang waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Tapi lakukanlah hal-hal baik/bermanfaat yang bisa kau lakukan. Bukan hanya untuk dirimu tapi juga manfaat untuk orang lain. Karena, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

 

IMG0172AIMG0231AIMG0219AIMG0238A