Time Together (Setiap Moment Memiliki Makna)

B612-2015-10-26-13-27-33

hi ^^

setiap moment memiliki makna.

pasti. itu sudah pasti. bukan kebetulan, tapi memang sudah seperti itu.

bagi kalian yang sering ngumpul atau hang-out bareng teman-temen ataupun keluarga di luaran sana, entah untuk ketemuan doang, minum coffee, jalan bareng, nonton, nge-date bareng pacar, family time, selfie bareng, dsb. merupakan suatu moment yang suatu hari nanti akan sangat kita rindukan saat kita telah cukup berumur dan sudah tidak bersama dengan mereka lagi. karena itu, inilah alasan kenapa kita harus mengabadikan moment-moment tersebut, entah moment bahagia ataupun duka. karena setiap moment yang telah kita lalui dan jalani pasti memiliki makna.

makna terbesar saat hadirnya moment-moment tersebut ialah kebahagiaan. lebih tepatnya bahagia ketika bersama-sama. bahagia itu bukan orang lain. tapi diri kita sendiri. namun, bisa berbagi kepada sesama merupakan suatu kebahagiaan yang tak dapat tuk tergantikan. yang bisa membuat kita bahagia hanya diri kita sendiri, karena hanya kita yang tahu dan mengerti apa yang benar-benar membuat kita bahagia secara alami.

setiap moment memiliki makna.

makna terindah saat moment-moment tersebut dibuat ialah kebersamaan. karena yang namanya ‘kebersamaan’ itu sama halnya dengan ‘kesempatan’ yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya selagi mereka masih di sisi kita. kebersamaan itu indah. kenapa indah? kita bersama bukan hanya karena kita satu karakter dan satu watak, tapi yang namanya kebersamaan itu ialah berkumpulnya beberapa watak dan karakter yang berbeda-beda. karena perbedaan itulah yang membuat kita merasa cocok satu sama lain, bahkan saling melengkapi satu sama lain. karena perbedaan itu indah. ia diciptakan untuk menyempurnakan. persepsi saya, sempurna itu karena berbeda bukan setipe.

saat kita menciptakan suatu moment alangkah baiknya jika kita mengabadikannya. caranya? misalnya berfoto. karena foto adalah kenangan yang dapat kita lihat kembali saat kita tua nanti. *tentunya bukan foto selfi-nya yang dibanyakin yah, tapi foto saat berkumpul bersama hehe, karena kita semua gak akan tahu kapan waktu untuk kita akan berhenti dan kitapun berhenti untuk bernapas~~*^^

di atas udah liat sebuah foto kan? jangan nebak saya yang mana deh -_- hehe bukan mau ‘pamer’ tempat atau jenis makanannya sih hehe cuman mau nunjukkin sebuah moment kebersamaan kita yang bagi saya cukup bermakna. saat kita berkumpul bersama seperti itu, bukan apapun jenis makanannya yang penting sebenernya, ya walaupun kita juga perlu untuk makan sih cuman di atas ‘makan’ itu tadi kebersamaan adalah hal yang paling terpenting. kebersamaan tak akan bisa tergantikan oleh waktu. suatu waktu kita bisa berkumpul dengan orang-orang kelompok A, misalnya. beberapa tahun kemudian kita berkumpul juga dengan orang-orang kelompok B, dan beberapa tahun kemudian lagi kita berkumpul pula dengan orang-orang kelompok C. begitu seterusnya silih berganti. hidup kita setiap hari selalu menjadi hari yang baru, moment baru dan kenangan baru. di mana hari-hari yang telah berlalu tidak akan pernah terulang kembali. kita tidak pernah tahu, setelah kita berkumpul dengan orang-orang kelompok C dan seterusnya, apakah orang-orang dari kelompok A dan B masih hidup atau tidak? jika masih hidup kita masih berkesempatan untuk kembali mengulang kebersamaan seperti waktu yang telah berlalu. dan jika tidak maka kita hanya bisa mengingat kenangan bersama mereka. ingat ya, waktu akan terus berjalan. tidak akan pernah mundur kebelakang. ia akan terus maju kedepan. sampai tiba saatnya ia harus berhenti berputar. waktu memang tidak dapat kita ulang, tapi kebersamaan yang telah kita buat saat lalu, dapat kita buat lagi kini jika kita ingin, ya.. jika ingin…

so, sayangilah orang-orang yang saat ini masih setia berdiri di sampingmu, terus mendukungmu tanpa pernah mengenal kata lelah dan menyerah, yang membantumu dengan nafkah dan melindungimu dengan gagah. selagi mereka masih di sisi kita, buatlah moment yang indah, menarik dan penuh kenangan. ada banyak hal di dunia ini yang dapat kita jadikan sebuah moment. dan pastinya setiap moment memiliki makna… ^^

Surah ar-Ra’d ayat 11

Ada suatu penggalan dalam salah satu surat cinta Allah dalam surah ar-ra’d ayat 11 yg dapat kita jadikan suatu renungan yg artinya berbunyi: “sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yg ada pada diri mereka sendiri”.

Bicara tentang perubahan. Entah itu nasib atau sikap dan sifat. Jadi, seseorang itu dapat berubah karena 2 faktor, pertama karena orang lain dan kedua karena dirinya sendiri. Orang yg berubah karena orang lain, berarti mereka ingin menyeimbangkan antara diri mereka dengan orang lain. Menyatukan. Biar lebih klop. Ibarat kata lebih serasi. Tapi ini kadang tidak begitu valid, karena jika orang yg diikutinya sudah tidak bersamanya lagi, maka ia akan kembali ke sikap awalnya atau bahkan lebih buruk lagi. Sementara itu, orang yg berubah karena dirinya sendiri berarti orang yg sangat sadar diri. Entah sadar karena banyak kekurangan dalam dirinya atau apapun itu. Yang jelas suatu keinginan besar ingin berubah itu berasal dari hati bukan paksaan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, seseorang itu dalam melakukan hal apapun tidak dapat dengan paksaan tetapi harus berasal dari hati mereka sendiri. Karena sesuatu yang dilakukan dengan paksaan hasilnya tidak akan maximal. Berbeda dengan yang dari hati yg hasilnya cenderung membuat puas dan bangga. walaupun tak seberapa, tetapi murni dari hati. Sehingga terlihat lebih natural bukan tertekan baik mental maupun batin. Kelihatan kok bedanya. Itu pasti. Coba deh diteliti. Teliti yg benar benar jeli. Bukan abal abalan. Jadi, seseorang itu bukan tidak bisa berubah. Tetapi belum berubah, belum ada faktor yg mendorongnya untuk berubah. Hanya saja, seseorang itu belum bisa berubah tetapi belum bisa mengendalikan dirinya sendiri. Sehingga, tergantung orang itu ingin berubah apa tidak. Berubah kearah mana. Arah yang lebih baik atau justru sebaliknya. Saya nulis ini, bukan tanggapan saya sendiri. Tetapi dari beberapa tanggapan teman teman dan atas dasar surat cinta Allah diatas, sehingga bukan murni pendapat saya. Saya hanya mencoba untuk menyimpulkan. Terimakasih sudah membaca. Aku harap jangan pernah bosan dengan ini. Mungkin ini tidak cocok menjadi status di sosial media. Tetapi, artikel lebih tepatnya. renungan juga for us. untuk kita semua.

Memilih Cinta-Nya

hari ini aku lagi duduk santai, setelah beberes rumah. nah, kan kalo lagi santai itu biasanya aku buka-buka social media, kali ini aku buka yang jarang banget aku buka, Facebook.

agak terenyuh dengan status salah satu seorang teman.

jujur ya, aku agak berkaca-kaca nulis tentang ini.

jadi, hari Sabtu kemaren tepatnya tanggal 17 Juni 2017, kami kehilangan salah satu teman laki-laki dari angkatan kami di kampus. calon guru Bahasa Arab. agak gemeteran sih nulisnya. begitu banyak orang yang sayang sama dia, tapi Allah lebih sayang sama dia. Begitu banyak orang yang mencintai dia, tapi Allah lebih cinta sama dia.

memang. yang bernama perpisahan pasti jika bisa memilih, maka akan memilih untuk tidak berpisah. dan perpisahan yang paling menyakitkan adalah kematian. yang hidup pasti akan mati.

begitu banyak rasa sakit yang ditinggalkan akibat kematian. tapi, bagaimanapun juga kita harus bisa bangkit, tegar, dan ikhlas, demi orang yang sudah meninggal.

teman kampus yang sudah pergi mendahului kami, adalah seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab, dia punya tunangan yang juga berasal dari jurusan yang sama. 2 bulan lalu, ketika kami sedang menjalani tugas KKN, di bulan yang ke-2, kami mendapat kabar, dia masuk rumah sakit dengan penyakit Jantung. rupanya dia juga sempat sakit ketika masa PPL, tapi nge-drop banget ketika KKN. setelah aku cari tau, ternyata dia mengidap penyakit jantung udah dari kecil, penyakit turunan dari ayahnya, miris sekali, hatiku langsung yang ciut gimana gitu, sedih, masih muda loh orangnya.

2 bulan di rumah sakit umum daerah, akhirnya dia dirujuk ke salah satu rumah sakit yang ada di Jakarta, untuk melakukan proses operasi Cangkok Jantung. dia di operasi pada hari Jum’at siang ba’da jum’atan. waktu itu adalah operasinya yang pertama. setelah selesai, dia mengalami masa-masa kritis. sebagai temannya, tentu kami banyak mengirim doa agar dia bisa melewati masa kritisnya.

tepat pada hari Sabtu siang, kami dapat info dari grup kampus, kalau dia dikabarkan meninggal. percaya enggak percaya sih sebenernya. detik itu juga, aku bukan keingetan sama yang meninggal. tapi aku keingetan sama tunangannya. kebetulan tunangannya mudik ke banjarmasin. banyak pikiran dalam kepalaku. saat itu mulutku dan juga temen-temen cuma bisa keluar kata “kok bisa?” itulah dua kata pertanyaan dari mulut kami.

dia dan tunangannya, sudah berpacaran kurang lebih 4 tahun, kalau tidak salah ingat, tahun kemarin mereka bertunangan, dan si cowok berencana melamar tunangannya setelah dia sehat kembali, aku tau ini dari screen shoot yang pernah diposting sama tunangannya di facebook. tapi, ternyata, Allah berkata lain. kematian lebih dulu melamar dia sebelum dia sempat melamar tunangannya. tapi, Insyaallah Allah sudah mencatat niat baikmu itu kawan.

aku kepikiran selalu sama tunangannya. gimana keadaannya? apa yang dia rasakan? pastilah kacau. terlebih posisinya di kota yang berbeda. setelah mendengar kabar itu, dia kembali ke Samarinda, untuk bertemu terakhir kali dengan kekasihnya. aku sendiri merasa sedih sekali. gimana kalau jadi tunangannya?

setelah itu, tunangannya rajin posting kenangan dia sama kekasihnya di facebook. kadang screen shoot, kadang poto, kadang juga kata-kata kerinduan. beneran terenyuh banget. yang aku tau, tunangannya ini adalah orang yang cengeng dan manja. aku gak bisa ngebayangin gimana dia bertahan untuk tegar dan ikhlas.

setiap kali baca status tunangannya di facebook, air mata mengalir sendiri, aku iba sekali. aku kasihan sama tunangannya. tapi aku salut ketika dia bilang dia mau bangkit demi memenuhi impian kekasihnya. subhanallah, semoga kelak Allah satukan kalian di Surga-Nya.

teruntuk Hamdan, walau aku gak terlalu kenal sama kamu, aku percaya kalau kamu adalah orang yang baik, aku senang kamu berniat menghalalkan Helda. aku yakin Allah sudah mencatat niat baikmu, semoga Allah satukan kalian di Surga-Nya, semoga tenang di sana ya Hamdan…

teruntuk Helda, aku lebih kenal kamu daripada Hamdan yang sabar ya, Allah sayang dan Cinta sama Hamdan, lebih besar dari rasa sayang dan cintamu pada Hamdan, ayo bangkit, jangan rapuh, kuatkan dirimu demi impian Hamdan, dan aku yakin Allah sudah siapkan yang terbaik untuk kamu, Insyaallah jika memang kalian berjodoh, tidak di dunia Insyaallah kalian dijodohkan di akhirat, yang kuat, kami mendukungmu…

biarkan jiwa memisah raga terpisah
namun Allah meridhai

biarkan cinta terputus tak ku memiliki
namun Allah meridhai

di atas sajadah ini kutulis kenangan
kumemilih cinta yang sejati
di atas sajadah ini kuucapkan salam
perpisahan untukmu di sana

“Ali Sastra – Memilih Cinta-Nya”

 

Soundtrack Skripsi

Namaste (hai) ^^ Aap Kaisey Hain?? (apa kabar??)

ngeliat judul, udah jelas sekali kalau aku bakalan ngebahas lagu lagi 😀

percaya atau enggak, aku kalau ngerjain skripsi dari zaman masih proposal dulu, cuman pake 1 lagu, enggak ganti-ganti. lagu apakah itu? ya, lagu India lah, masa Korea 😀

ada satu lagu India yang aku suka pake banget, musiknya enak banget, kayak sendu-sendu galau gimana gitu :D, lagunya juga enak, yang nyanyi juga enak banget suaranya, terus lagunya enggak cepat jadi bisa apal dalam waktu singkat 😀 duluan kelar ngapalin lagunya malah ketimbang ngerjain skripsinya 😀

awalnya aku sempat suudzon kalau itu lagu galau, karena kan musik sama nadanya itu loh 😀 tapi setelah aku searching artinya, ternyata itu lagu romantis 😀 langsung deh aku kebayang 6 tahun terakhir, pokoknya ngebayangin si dia yang sekarang udah aku pasrahin banget 😀 kebayang masa-masa SMA, masa-masa yang zaman lagi suka-sukanya banget gitu 😀 tenang-tenang, udah move on kok, jadi biasa aja 😀 kalo dibayangin lucu sih 😀 kok dulu begitunya banget ya naksir ama orang 😀 mau tau apa judulnya???? lanjut atuh bacanya 😀

judulnya Har Taraf Tu Hi yang nyanyi namanya Shaan ft Mahalaxmi Iyer, lagu ini udah lama banget, udah lebih dari 10 tahun 15 tahun malah sekarang, lagu ini rilis tahun 2002, jadi soundtrack film Rishtey. akupun bahkan baru tau kalau ada film ini 😀 nanti lah kelar skripsi baru dicari filmnya, penasaran aku kok soundtracknya romantis begini. nah kalau gitu, aku langsung share lirik sama terjemahannya juga ya, terus belakangan seperti biasa aku komentarin 😀 soalnya ini lagu nostalgia aku banget 😀 malah ngerjain skripsi jadi relax banget 😀

Har taraf tu hi Dikhe, tu hi tu dil mein rahe

kya kahoon, teri bina ek pal bina kate

yeh meri saanson mein bhi, teri hi khushboo rahe

tu lahoo banke sanam jism mein mere bahe

chaahta hoon itne tujhe 2X

saans leti hoon yaraa, main tera naam lekar

keh doongi is jahaan se, tu hi hai mera dilbar

zindagi mil gayi hai, bas tere dil mein rahkar

aur rab se kya maangoon, haath apne uthaakar

yeh tera dil hai sanam, jo mere seene mein hai

tujhse hi zinda hoon main, keh rahi hain dhadkanein

chaahti hoon itne tujhe 2X

meri chaahat ke rang se maang teri bharoonga

pyaar ki had se zyaada pyaar tujhko karoonga

tere gham saare lekar, har khushi tujhko doonga

door mujhse na jaana, main to jee na sakoonga

jaan se badhke hai tu, meri jaan tu jaan le

jaan bhi de doonga main, maangke tu dekh le

chaahta hoon itne tujhe 2X

nah loh 😀 ngerti enggak? nih aku kasih tau sekalian komentarin ah 😀

setiap arah hanya menampakkan dirimu, hanya kau yang ada di dalam hatiku
~~ kalo dulu, bener kalau awalnya ini tentang si dia, kalau sekarang mah dimanapun, kemanapun, bagaimanapun, keingetan skripsi mulu, enggak bisa inget yang lain :D~~

apa yang harus kukatakan, tanpamu ku tak dapat melewatkan waktu sedetikpun

~~ kalau yang dulu bener lagi ini, pokoknya dulu itu super lebay deh, kalau sekarang mah emang sedetikpun gak bisa ngelewatin skripsi pokoknya keingetan melulu, gimana yah 😀

di dalam napasku ini pun, hanya ada keharumanmu

~~ eh iya, jadi inget dulu waktu sekolah sering modus dekat dia, cuman karena penasaran dia pake farfum apa, kalau sekarang mah wangi kertas HVS itu keciuman banget, iya keciuman bakal direvisi lagi, revisi lagi 😀

kau bagaikan darah yang mengalir di dalam tubuhku, sayang

~~ jadi inget jaman alay dulu, apa-apa dia, dikit-dikit ngomongnya aku gak bisa tanpa dia, sekarangpun, dikit-dikit kemana-kemana ngomongin skripsi, aku dan skripsi itu udah kayak daging sama darah satu kesatuan gitu 😀

aku sangat mencintaimu

~~ kalau dulu bener aku sangat mencintai dia 😀 kok cinta sama temen seperjuangan sih, aneh ya 😀 kalau sekarang cintaku hanya untuk skripsi 😀

kau adalah nafasku sayang, ketika ku sebut namamu

~~ kalau dulu bener, apa-apa dia memang, kalau sekarang mah udah beda, apa-apa skripsi sampe mual 😀

akan kukatakan pada dunia, hanya kau kekasihku seorang

~~ kalau dulu, aku menganggapnya demikian, bener juga sih aku ngasih tau seluruh dunia, buat status mulu di mana-mana, semuanya tentang dia, kalau sekarang kekasihku cuman skripsi, pacarannya sama kertas 😀

telah kutemukan kehidupan, setelah tinggal di dalam hatimu

~~ kayaknya yang ini kebalik deh, yang ada dia yang tinggal di hati aku, kalau aku kayaknya enggak deh, udah nyewa di hati aku 6 tahun, gak bayar uang sewa lagi dia, makanya baru-baru ini aku usir, lelah karena di gratisin mulu, udah tau sekarang apa-apa mahal 😀 kalau sekarang yang ada di hatiku itu hanya skripsi, skripsi, dan skripsi, no yang lain 😀

dan apa yang kupinta kepada Tuhan, ketika kuangkat kedua tangan untuk berdoa, ini adalah hatimu sayang, yang ada di dalam dadaku, aku hidup karenamu, detak jantungku mengatakan, aku sangat mencintaimu

~~ kalau dulu, aku selalu berdoa seperti itu, pokoknya meminta dirimu kepada Allah untuk jadi bagian dari hidupku, buta banget deh dulu kalau bilang aku hidup karenamu, itu gombal banget 😀 padahal aku ngelewatin banyak hal yang nyakitin hati, dia dengan siapa dengan siapa pun, aku diemin aja dengan prinsip selama janur kuning belum melengkung, laki-laki masih bebas untuk memilih, perempuan mah nunggu dipilih, jadi pasrah aja terima nasib, sampai tiba waktu di mana aku mulai menyerah dan memasrahkan dirinya, dengan siapapun dia tidak perduli, yang terpenting adalah sekarang aku bahagia banget udah ngusir dia dari hati, sekarang beban di hati perlahan mulai hilang, dan masih belum tau kapan baru pengen buka hati kembali, tapi ya kalau jodoh gak bisa ditolak juga kan? kalo sekarang doaku cuman pengen skripsi lekas di ACC terus sidang dan lulus, udah itu aja 😀 cita-citaku cuman pengen lulus dengan nilai cumlaude kalau nyampe 😀

akan kupenuhi belahan rambutmu dengan warna cintaku, akan kucintai dirimu dengan cinta yang melampaui batas, dengan membawa seluruh dukamu, akan kuberikan setiap kebahagiaan padamu, jangan pergi jauh dariku, aku tidak bisa hidup, kau berarti lebih daripada jiwaku, ketahuilah hal ini sayangku, bahkan akan kuberikan nyawaku, bila kau meminta dan lihatlah, aku sangat mencintaimu

~~ dulu, kata-kata diatas pernah aku tulis dengan cara yang berbeda tentu dengan maksud yang sama, pokoknya apapun rela-relain deh demi dia, bahkan hal kecil yang dia lakuin sama aku itu bikin bahagia banget, pokoknya dulu itu aku tanpamu hampa banget emang :D, kalau sekarang udah beda, mikirnya ya buat skripsi ajalah, abis tu buat keluarga, ntar juga kalau jodoh udah nyampe paling ngetok pintu rumah sendiri kan 😀 be possitive thinking 😀

nah, itu deh tadi artinya, baper kan???? pastinya kalau ingat masa lalu 😀 soalnya akupun begitu, pertama kali baca artinya langsung deh kayak keputer kejadian-kejadian 6 tahun terakhir, sayang banget sih sebenernya kalau dilepas, nanam sama ngerawatnya udah lama banget soalnya, dari zaman masih belum ngerti apa-apa sampe udah bisa bedain mana yang bener dan mana yang salah, pupuknya juga udah pake macem-macem, ujung-ujungnya layu juga, yah.. bungaku gak bertahan sampai selamanya.. setiap hari selalu disiram, tapi emang ada suatu waktu aku nyiramnya pake air yang salah, mungkin itu sebabnya bungaku gak bisa bertahan. bungaku tumbuhnya lama, lama banget baru mekar, pas udah lewat yang mekar-mekarnya banget, setahun kemudian dia mulai layu, aku pikir udah gak bisa diselametin, ya udah aku kubur aja dengan harapan, ketika bunga yang susah payah aku tumbuhkan dengan sangat-sangat baik, kemudian mati, suatu saat nanti aku berharap dia akan tumbuh kembali, bersemi kembali, mekar kembali, meskipun dengan wangi yang berbeda, dengan jenis bunga yang baru, ya semogalah.

etdah, lagunya nih bikin nostalgia aja, nulis inipun aku lagi dengerin lagu ini loh. pagi-pagi ngajak galau, bukannya ngajak ngopi, oh iya lupa kan lagi puasa :D, aku dengerin lagu diatas bukan lagi galau kok, tapi lagu itutu bikin relax banget di aku 😀 jadi, lagu ini tu dipandangnya pake dua konteks, masa lalu sama masa kini. kalau didengerin ampe sedalam mungkin, efeknya ya bakalan keinget sama masa lalu, bagiku loh ya, soalnya aku pengalaman, pas denger dan tau arti dari lagu Har taraf Tu Hi ini. tapi, kalau didengerin buat temen ngetik ya efeknya cuman nyampe, skripsi, bakalan nostalgia kampus tempat menuntut ilmu, temen-temen seperjuangan, dosen-dosen yang membimbing, dan mengharuskan untuk sesegera mungkin mengerjakan skripsi ini, biar bisa lekas sampai ke masa depan, jalan juga masih panjang 😀

jadi, inti dari tulisan ini apa sih? sebenernya gak ada yang penting deh disini, curcolan lagi kan ujung-ujungnya 😀 tapi intinya aku cuma mau bilang, aku suka banget lagu ini, pas banget sama suasana hati dulu dan sekarang, semoga bertahan sampai ke masa depan juga.

sebenernya ya, jujur lagu ini salah satu godaan skripsi loh dari sekian banyak, aku mah ngetik banyakan ikut nyanyinya ketimbang ngetiknya 😀 ya abis gimana, mending denger lagu kali ah ketimbang denger suara-suara yang enggak jelas kan 😀 ntar postingan selanjutnya aku bakal nulis tentang godaan ngerjain skripsi deh, yang bikin aku lambat pake banget nyelesainnya ampe keburu males juga 😀 oke???

kalo kalian, ketika ngerjain skripsi, tugas, atau belajar, senengnya dengar lagu atau enggak? apa ada lagu tertentu yang kalian play terus menerus? alasannya kenapa? boleh kok di share di kolom komentar, pasti aku respon 🙂

bye bye ^^

dhandyawad aur phir milenge ^^ (terimakasih dan sampai bertemu kembali) ^^

 

 

Televisi vs Youtube

haloo i’m back again 😀

“mud, acara televisi favorite kamu sekarang apa?”

“mud, kalo nonton tv, biasanya channel apa?”

“mud, kenapa sih suka nonton youtube?”

“mud, lu lebih suka tv apa youtube sih?”

bentar ya aku ketawa sedikit 😀

jadi begini, tumben banget sepupu aku kepoin aku. biasanya juga suka-suka aku mau ngapain aja 😀 bahkan ya, saking kepo-nya dia tulisan aku di blog ini, dibaca semua, sama dia, beberapa video gak jelasku ku pun ditontonnya di youtube 😀 katanya, dia sih heran, kok aku gak pernah terlihat nonton TV di rumah, tapi kok tau ada pilem ini pilem itu, update juga lagi sama pilem india kesukaan emak-emak 😀 ahh,, itu kan pas kebeneran, dia ada di rumah, pas aku gak nonton TV, pas dia enggak ada biasa juga aku nonton tv, eh enggak bisa dibilang nonton sih, ngintip mungkin lebih tepatnya, karena cuma curi-curi doang nontonnya 😀 nontonnya apa liatnya sih 😀

nah, pas juga kalau dia dirumah, pas banget aku lagi nonton youtube, yang ada merknya TRANSTV atau ANTV 😀 lah dia tambah heran, kan ada TV kenapa nontonnya di youtube 😀 jadi, sini dek sai, aku jelasin pertanyaan yang bikin kamu bingung tujuh keliling itu 😀

begini. aku bukannya enggak suka nonton tv, tapi karena acara yang aku sering nonton itu suka kelewatan, suka gak ketonton karena ada kesibukan lain, yang ujung-ujungnya beberapa hari kemudian baru aku nonton 😀 aku itu tipe orang yang kalau bosen suka nyari hiburan lewat nonton, misalnya nonton komedi. aku dari zaman sekolah dulu sampai sekarang masih hoby kok nonton komedi, dulu bahkan sempet gak pernah ketinggalan waktu ada acara lenong, lupa di channel mana 😀 udah lama banget soalnya.

walaupun, pada hakikatnya, aku emang gak terlalu suka sih nonton di tv, kenapa? karena, kalo nonton film atau sinetron atau drama, udah di seru-serunya, udah di bagian tegang-tegangnya, eh malah iklan yang muncul. udah itu iklannya lama banget, semakin tinggi rating acara tv nya, semakin banyak juga iklannya. pusing aku nonton iklan, itu-itu aja yang diulang. 😀 jujur ya, aku adalah salah satu dari entah sekian banyak atau sedikit orang yang gak suka ada iklan. nah, itu deh yang bikin aku beralih nontonnya di youtube aja, kalaupun ada iklan juga paling 5 detik, kalau iklannya panjang bisa dilewatin 😀 seneng dong rasanya 😀

belom lagi, ada beberapa acara tv yang aku gak terlalu ngerti acara apaan, pokoknya gak sesuai bangetlah sama maunya aku. 😀 aku paling deh, gak terlalu suka sama sinetron-sinetron Indonesia, ceritanya ribet banget. panjang banget. gak ngerti deh kapan habisnya. beda banget sama drama korea yang bisa abis dengan 16 atau 20 episode, sinetron Indonesia kadang bisa ratusan, bahkan ribuan episode, yang awalnya menarik jadi bosen karena terlalu panjang.

dulu, aku suka nonton acara TBNH (Tukang bubur naik haji) bagus sih sinetronnya, awalnya sampe berapa ratus gitu, episodenya aku juga tungguin sampe jam berapapun. emang ciri khasnya dunia perfilman kali ya, semakin tinggi ratingnya semakin juga tengah malem banget tayangnya, kagak tau apa waktu itu aku masih bocah yang keesokan harinya harus sekolah berangkat pagi-pagi 😀 kan makin lama makin kesel nunggunya karena gak tayang-tayang. lama-lama gak lagi deh aku tonton.

dulu, zaman aku masih SMP atau SMA lupa, channel favorite aku tu TRANSTV 😀 apalagi kalo hari Sabtu sama Minggu. beuh. aku rela bangun subuh nuntasin kerjaan di rumah cuman buat nonton acara-acara di TRANSTV 😀 dulu zaman ada acara Ceriwis, ala Chef Farah Quin, Griya Unik, apa lagi ya ada acara yang temanya vacation-vacation gitu, pokoknya acara TRANSTV yang khusus hari sabtu sama Minggu, seneng banget kalau ada acara itu. sekarang kalau nonton di TRANSTV, sukanya hari Minggu, itupun juga nontonin Janji suci Raffi Ahmad sama Nagita Slavina, entah kenapa aku suka aja nontonnya. kalo kelewatan langsung deh cus ke youtube (itu deh yang aku lakuin beberapa hari ini menjelang tidur dan bangun tidur :D). sejak zaman awal, aku gak pernah suka tuh acara Katakan Putus, entahlah gak suka aja. karena aku selalu bertanya-tanya, pernah nonton sekali “ini acara sebenernya pentingnya di mana sih? apa coba untungnya buat remaja kayak aku :D” gitu deh.

nah, kalau sekarang Channel yang paling aku suka itu ANTV 😀 kenapa? jelas aja dari pagi ampe malem serial india semua yang ditayangin. tau aja aku suka banget sama India 😀 sampe acara Pesbuker sama Topik pun aku tontonin juga :D.

sedikit cerita. dari dulu aku emang suka banget nonton India, waktu zaman masih Tayang di MNCTV kan, terus mulai juga tayang Sinetron Indonesia ala-ala India di INDOSIAR, terus akhirnya sampe beneran ada di ANTV, full dari pagi sampe malem, walaupun kondisinya masih sama. masih gak suka sama Iklan. setiap nonton India, yang ada moment nangisnya aku ikutan nangis, enggak tau, terlalu terbawa suasana kayaknya 😀 belum lagi kan pemainnya yang Macho-Macho berotot gitu kayak preman tapi untung ganteng meski udah berumur gak kalah ganteng ama yang muda 😀 ulala semakin lah aku di depan nonton Channel ANTV 😀 Pesbuker itu, semenjak dia Rajin datangin artis-artis India, gak pernah aku lewatin tu acaranya 😀 demi apa tjoba. demi pengen liat “kayaapa sih orang India ngomong Bahasa Indonesia” wkwk. dan ternyata lucu banget 😀

aku tuh semua tentang India suka banget. dari Filmnya, lagunya, culturenya, pakaian khasnya yang pake saree itu aku beneran deh pengen banget pake saree, saking pengennya dulu selendang nenek aku jadiin aja saree 😀 nama-nama makanannya, yang suatu saat nanti pengen aku tjoba, Insyaallah kalau punya kesempatan bisa pergi ke India. bahkan saking demi apanya lagi, aku kepengen kalau nikah nanti gak usah pake adat yang banjar, bugis, jawa, atau apalah, tapi adat India aja yang di padukan sama adat Pakistan. aku suka banget perpaduan itu 😀 aku curhatin ini ke nenek aku, terus aku disuruh nikah aja sama orang India, wes dengan senang hati lah kalau ada yang mau 😀 catet ya, kalau ada yang mau nek 😀 😀 *apa banget yah* dan lagi, demi apanya juga aku hafalin tu tarian India, tapi agak susah eh, soalnya gerakannya cepet banget, yang gerakan biasa aja aku ngos-ngosan apalagi yang begitu, gak ada bakat-bakatnya deh kalo jadi penari kayaknya 😀

ada sedikit cerita nih, jadi waktu KKN kemaren, aku sama temenku Dyah itu sama-sama suka India, dia bahkan lebih hafal tentang India daripada aku, dia inilah yang meracuni aku untuk lebih suka India. saking demi apanya lagi, kita berdua ini yang sering banget ngedance India di Posko, konser pake lagu India di Posko, bahkan kalau waktu piket kami pun, pas lagi masak, sambil muter lagu India, sambil juga kami joget-joget sambil masak, gak kebayang kan betapa mantapnya masak sambil joget India gimana rasa masakannya 😀 sampe akhirnya satu cowok, si Reza pun ikutan juga, anggota yang lain cuman bisa geleng-geleng kepala liat trio yang enggak jelas ini 😀

kok jadi nyeritain India sih 😀 sorry yah aku kalau nyeritain India, suka lupa kalau aku tinggal di Indonesua, suka senyum-senyum sendiri kayak orang jatuh cinta gitu, seneng banget kalau ngobrolin India, apalagi kalau ketemu temen yang juga suka India beuhhh udah kayak waktu ngobrolin Korea, non-stop :D.

oke kembali ya. jadi, kalau misalnya ditanya aku suka nonton tv apa enggak, suka sih cuman jarang aja, jarang banget malah, aku lebih bisa tahan gak nonton tv ketimbang gak nonton laptopku sayang :D. trus kalau ditanya lagi aku lebih suka tv atau youtube, jujur aja aku jawabnya youtube, karena pertama enggak ada iklan. kalaupun ada, paling 5 detik, kalau panjang bisa dilewatin, kalau di tv kebanyakan iklan, pusing kepala nungguinnya, rusak remot tv gara-gara sering aku gonta ganti channelnya kalau ada iklan. 😀

terus ya, kalau Youtube itu enggak cuman bisa nonton acara yang udah tayang di Tv aja, tapi bisa juga nonton Channel-channel pribadi orang lain. aku sendiri sering banget nonton Channel pribadi lokal sama luar. kalau lokal aku sering nonton Channelnya Teman Tapi Menikah, ada Sekala yang lucu banget. Gita Savitri Deviyang rajin ngevlog dari jerman. Ricis Official, Nada Syifa, Nanda Arsyinta, Arief Muhammad, Rio Ardillah, banyak sih gak nentu gitu, kalau menarik aku tonton 😀 kalau yang dari luar aku paling suka nonton channelnya Studywithjess, channel ini pokoknya tentang tips-tips belajar, Sea Lemon, channel ini biasanya nampilin DIY notebook atau school suplies gitu. pokoknya channel-channel luar yang kontennya tentang Study sama DIY gitu atau room decor, ada juga OKBabyini vlog-vlog pasangan muda sama bayinya aku tonton dari mereka abis nikah sampe udah punya anak 2 terakhir kemaren, anaknya lucu-lucu banget, gimana sih anak bule yah 😀 lupa tapi mereka tinggal dimana.

jadi, kalau di Youtube itu, selain nontonin program Tv yang aku ketinggalan nontonnya, kalau bangun tidur, itu gak pernah absen alias wajib pake banget nonton Channel yang tentang Study sama DIY-DIY barang-barang imut buat ke sekolah gitu. bahkan sekarang aku bisa buat Notebook sendiri juga belajar dari mbak Sea Lemon 😀 enggak perlu beli buku tulis lagi, bikin sendiri aja sesuai selera 😀 aku kan gak suka bahasa Inggris, tapi yang aku tonton kalau bangun tidur itu ngomongnya pake bahasa Inggris 😀 jadi kadang suka kebayang mereka ngejelasin pas lagi ngerjain tugas rumahan, jadi ala-ala juga ngomong bahasa Inggris 😀

tentang program acara Tv, Channel terserah ya, yang penting dia tayangin tema ini, pasti aku suka tonton.

a. India

b. Kuliner

c. Culture dan Sejarah

d. Kesehatan

e. Jalan-jalan

f. Comedy

dah, itu deh tema-tema program Tv yang sering dan suka aku tonton. kalau kelewatan nonton di Tv biasanya nonton di Youtube. yang demi apa banget itu tema India, enggak mau banget kayaknya ketinggalan 😀

nah, kalau kalian, lebih suka TV atau Youtube?