Televisi vs Youtube

haloo i’m back again πŸ˜€

“mud, acara televisi favorite kamu sekarang apa?”

“mud, kalo nonton tv, biasanya channel apa?”

“mud, kenapa sih suka nonton youtube?”

“mud, lu lebih suka tv apa youtube sih?”

bentar ya aku ketawa sedikit πŸ˜€

jadi begini, tumben banget sepupu aku kepoin aku. biasanya juga suka-suka aku mau ngapain aja πŸ˜€ bahkan ya, saking kepo-nya dia tulisan aku di blog ini, dibaca semua, sama dia, beberapa video gak jelasku ku pun ditontonnya di youtube πŸ˜€ katanya, dia sih heran, kok aku gak pernah terlihat nonton TV di rumah, tapi kok tau ada pilem ini pilem itu, update juga lagi sama pilem india kesukaan emak-emak πŸ˜€ ahh,, itu kan pas kebeneran, dia ada di rumah, pas aku gak nonton TV, pas dia enggak ada biasa juga aku nonton tv, eh enggak bisa dibilang nonton sih, ngintip mungkin lebih tepatnya, karena cuma curi-curi doang nontonnya πŸ˜€ nontonnya apa liatnya sih πŸ˜€

nah, pas juga kalau dia dirumah, pas banget aku lagi nonton youtube, yang ada merknya TRANSTV atau ANTV πŸ˜€ lah dia tambah heran, kan ada TV kenapa nontonnya di youtube πŸ˜€ jadi, sini dek sai, aku jelasin pertanyaan yang bikin kamu bingung tujuh keliling itu πŸ˜€

begini. aku bukannya enggak suka nonton tv, tapi karena acara yang aku sering nonton itu suka kelewatan, suka gak ketonton karena ada kesibukan lain, yang ujung-ujungnya beberapa hari kemudian baru aku nonton πŸ˜€ aku itu tipe orang yang kalau bosen suka nyari hiburan lewat nonton, misalnya nonton komedi. aku dari zaman sekolah dulu sampai sekarang masih hoby kok nonton komedi, dulu bahkan sempet gak pernah ketinggalan waktu ada acara lenong, lupa di channel mana πŸ˜€ udah lama banget soalnya.

walaupun, pada hakikatnya, aku emang gak terlalu suka sih nonton di tv, kenapa? karena, kalo nonton film atau sinetron atau drama, udah di seru-serunya, udah di bagian tegang-tegangnya, eh malah iklan yang muncul. udah itu iklannya lama banget, semakin tinggi rating acara tv nya, semakin banyak juga iklannya. pusing aku nonton iklan, itu-itu aja yang diulang. πŸ˜€ jujur ya, aku adalah salah satu dari entah sekian banyak atau sedikit orang yang gak suka ada iklan. nah, itu deh yang bikin aku beralih nontonnya di youtube aja, kalaupun ada iklan juga paling 5 detik, kalau iklannya panjang bisa dilewatin πŸ˜€ seneng dong rasanya πŸ˜€

belom lagi, ada beberapa acara tv yang aku gak terlalu ngerti acara apaan, pokoknya gak sesuai bangetlah sama maunya aku. πŸ˜€ aku paling deh, gak terlalu suka sama sinetron-sinetron Indonesia, ceritanya ribet banget. panjang banget. gak ngerti deh kapan habisnya. beda banget sama drama korea yang bisa abis dengan 16 atau 20 episode, sinetron Indonesia kadang bisa ratusan, bahkan ribuan episode, yang awalnya menarik jadi bosen karena terlalu panjang.

dulu, aku suka nonton acara TBNH (Tukang bubur naik haji) bagus sih sinetronnya, awalnya sampe berapa ratus gitu, episodenya aku juga tungguin sampe jam berapapun. emang ciri khasnya dunia perfilman kali ya, semakin tinggi ratingnya semakin juga tengah malem banget tayangnya, kagak tau apa waktu itu aku masih bocah yang keesokan harinya harus sekolah berangkat pagi-pagi πŸ˜€ kan makin lama makin kesel nunggunya karena gak tayang-tayang. lama-lama gak lagi deh aku tonton.

dulu, zaman aku masih SMP atau SMA lupa, channel favorite aku tu TRANSTV πŸ˜€ apalagi kalo hari Sabtu sama Minggu. beuh. aku rela bangun subuh nuntasin kerjaan di rumah cuman buat nonton acara-acara di TRANSTV πŸ˜€ dulu zaman ada acara Ceriwis, ala Chef Farah Quin, Griya Unik, apa lagi ya ada acara yang temanya vacation-vacation gitu, pokoknya acara TRANSTV yang khusus hari sabtu sama Minggu, seneng banget kalau ada acara itu. sekarang kalau nonton di TRANSTV, sukanya hari Minggu, itupun juga nontonin Janji suci Raffi Ahmad sama Nagita Slavina, entah kenapa aku suka aja nontonnya. kalo kelewatan langsung deh cus ke youtube (itu deh yang aku lakuin beberapa hari ini menjelang tidur dan bangun tidur :D). sejak zaman awal, aku gak pernah suka tuh acara Katakan Putus, entahlah gak suka aja. karena aku selalu bertanya-tanya, pernah nonton sekali “ini acara sebenernya pentingnya di mana sih? apa coba untungnya buat remaja kayak aku :D” gitu deh.

nah, kalau sekarang Channel yang paling aku suka itu ANTV πŸ˜€ kenapa? jelas aja dari pagi ampe malem serial india semua yang ditayangin. tau aja aku suka banget sama India πŸ˜€ sampe acara Pesbuker sama Topik pun aku tontonin juga :D.

sedikit cerita. dari dulu aku emang suka banget nonton India, waktu zaman masih Tayang di MNCTV kan, terus mulai juga tayang Sinetron Indonesia ala-ala India di INDOSIAR, terus akhirnya sampe beneran ada di ANTV, full dari pagi sampe malem, walaupun kondisinya masih sama. masih gak suka sama Iklan. setiap nonton India, yang ada moment nangisnya aku ikutan nangis, enggak tau, terlalu terbawa suasana kayaknya πŸ˜€ belum lagi kan pemainnya yang Macho-Macho berotot gitu kayak preman tapi untung ganteng meski udah berumur gak kalah ganteng ama yang muda πŸ˜€ ulala semakin lah aku di depan nonton Channel ANTV πŸ˜€ Pesbuker itu, semenjak dia Rajin datangin artis-artis India, gak pernah aku lewatin tu acaranya πŸ˜€ demi apa tjoba. demi pengen liat “kayaapa sih orang India ngomong Bahasa Indonesia” wkwk. dan ternyata lucu banget πŸ˜€

aku tuh semua tentang India suka banget. dari Filmnya, lagunya, culturenya, pakaian khasnya yang pake saree itu aku beneran deh pengen banget pake saree, saking pengennya dulu selendang nenek aku jadiin aja saree πŸ˜€ nama-nama makanannya, yang suatu saat nanti pengen aku tjoba, Insyaallah kalau punya kesempatan bisa pergi ke India. bahkan saking demi apanya lagi, aku kepengen kalau nikah nanti gak usah pake adat yang banjar, bugis, jawa, atau apalah, tapi adat India aja yang di padukan sama adat Pakistan. aku suka banget perpaduan itu πŸ˜€ aku curhatin ini ke nenek aku, terus aku disuruh nikah aja sama orang India, wes dengan senang hati lah kalau ada yang mau πŸ˜€ catet ya, kalau ada yang mau nek πŸ˜€ πŸ˜€ *apa banget yah* dan lagi, demi apanya juga aku hafalin tu tarian India, tapi agak susah eh, soalnya gerakannya cepet banget, yang gerakan biasa aja aku ngos-ngosan apalagi yang begitu, gak ada bakat-bakatnya deh kalo jadi penari kayaknya πŸ˜€

ada sedikit cerita nih, jadi waktu KKN kemaren, aku sama temenku Dyah itu sama-sama suka India, dia bahkan lebih hafal tentang India daripada aku, dia inilah yang meracuni aku untuk lebih suka India. saking demi apanya lagi, kita berdua ini yang sering banget ngedance India di Posko, konser pake lagu India di Posko, bahkan kalau waktu piket kami pun, pas lagi masak, sambil muter lagu India, sambil juga kami joget-joget sambil masak, gak kebayang kan betapa mantapnya masak sambil joget India gimana rasa masakannya πŸ˜€ sampe akhirnya satu cowok, si Reza pun ikutan juga, anggota yang lain cuman bisa geleng-geleng kepala liat trio yang enggak jelas ini πŸ˜€

kok jadi nyeritain India sih πŸ˜€ sorry yah aku kalau nyeritain India, suka lupa kalau aku tinggal di Indonesua, suka senyum-senyum sendiri kayak orang jatuh cinta gitu, seneng banget kalau ngobrolin India, apalagi kalau ketemu temen yang juga suka India beuhhh udah kayak waktu ngobrolin Korea, non-stop :D.

oke kembali ya. jadi, kalau misalnya ditanya aku suka nonton tv apa enggak, suka sih cuman jarang aja, jarang banget malah, aku lebih bisa tahan gak nonton tv ketimbang gak nonton laptopku sayang :D. trus kalau ditanya lagi aku lebih suka tv atau youtube, jujur aja aku jawabnya youtube, karena pertama enggak ada iklan. kalaupun ada, paling 5 detik, kalau panjang bisa dilewatin, kalau di tv kebanyakan iklan, pusing kepala nungguinnya, rusak remot tv gara-gara sering aku gonta ganti channelnya kalau ada iklan. πŸ˜€

terus ya, kalau Youtube itu enggak cuman bisa nonton acara yang udah tayang di Tv aja, tapi bisa juga nonton Channel-channel pribadi orang lain. aku sendiri sering banget nonton Channel pribadi lokal sama luar. kalau lokal aku sering nonton ChannelnyaΒ Teman Tapi Menikah, ada Sekala yang lucu banget.Β Gita Savitri Devi,Β yang rajin ngevlog dari jerman. Ricis Official, Nada Syifa, Nanda Arsyinta, Arief Muhammad, Rio Ardillah,Β banyak sih gak nentu gitu, kalau menarik aku tonton πŸ˜€ kalau yang dari luar aku paling suka nonton channelnyaΒ Studywithjess, channel ini pokoknya tentang tips-tips belajar,Β Sea Lemon, channel ini biasanya nampilin DIY notebook atau school suplies gitu. pokoknya channel-channel luar yang kontennya tentang Study sama DIY gitu atau room decor, ada jugaΒ OKBaby,Β ini vlog-vlog pasangan muda sama bayinya aku tonton dari mereka abis nikah sampe udah punya anak 2 terakhir kemaren, anaknya lucu-lucu banget, gimana sih anak bule yah πŸ˜€ lupa tapi mereka tinggal dimana.

jadi, kalau di Youtube itu, selain nontonin program Tv yang aku ketinggalan nontonnya, kalau bangun tidur, itu gak pernah absen alias wajib pake banget nonton Channel yang tentang Study sama DIY-DIY barang-barang imut buat ke sekolah gitu. bahkan sekarang aku bisa buat Notebook sendiri juga belajar dari mbak Sea Lemon πŸ˜€ enggak perlu beli buku tulis lagi, bikin sendiri aja sesuai selera πŸ˜€ aku kan gak suka bahasa Inggris, tapi yang aku tonton kalau bangun tidur itu ngomongnya pake bahasa Inggris πŸ˜€ jadi kadang suka kebayang mereka ngejelasin pas lagi ngerjain tugas rumahan, jadi ala-ala juga ngomong bahasa Inggris πŸ˜€

tentang program acara Tv, Channel terserah ya, yang penting dia tayangin tema ini, pasti aku suka tonton.

a. India

b. Kuliner

c. Culture dan Sejarah

d. Kesehatan

e. Jalan-jalan

f. Comedy

dah, itu deh tema-tema program Tv yang sering dan suka aku tonton. kalau kelewatan nonton di Tv biasanya nonton di Youtube. yang demi apa banget itu tema India, enggak mau banget kayaknya ketinggalan πŸ˜€

nah, kalau kalian, lebih suka TV atau Youtube?

4 thoughts on “Televisi vs Youtube

Leave a Reply

