You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition

“You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition”…

seneng banget sama kalimat ini. indah banget. beautifull of the word. ku abadikan ini kalimat dalam hidupku. dalam hatiku. jadi salah satu passion (semangat) juga dalam menjalani keseharianku. apalagi saat sedih. ini kalimat cukup menghibur. saat aku pikir aku gak berguna, kalimat ini menyadarkanku bahwa kita meskipun gak sempurna tapi kita makhluk langka yang luar biasa…

“You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition”…

kau tidak sempurna, tapi kau edisi terbatas~~. indah banget. sejak kalimat ini muncul. aku merasa kalau kalimat ini sangat cocok ditujukan kepada wanita. apalagi kalau ia sedang sedih. galau. bimbang. karena kan fitrah wanita yang selalu ingin tampil cantik. dilirik orang. diperhatikan lawan jenis. sosok lemah yang begitu menginginkan hidup dalam kesempurnaan. bahkan selalu mencoba berbagai cara untuk menjadi sempurna terutama di mata lawan jenis. tujuannya agar bisa menarik perhatian si lawan jenis. menarik hatinya dan membuatnya jatuh cinta.

“You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition”…

satu kalimat indah yang hadir untuk menghibur kita para wanita. kalimat itu mengatakan bahwa, meskipun kita tidak sempurna atau mungkin jauh dari kata sempurna, tapi kita adalah makhluk terbatas. maksudnya makhluk yang langka. di mana saat seorang wanita sedang bersedih, karena ia tak secantik wanita lain. yang memiliki tubuh yang bagus bak model, mata besar, hidung mancung, kulit putih, tinggi yang semampai, rambut panjang, dan lain sebagainya. gak perlu bersedih kawan. kita dikatakan langka kenapa? harus tau juga alasannya. mungkin karena kita, sebagai muslimah rajin sholat, taat, sholehah, hafal Qur’an, gak sembarangan jalan di luar rumah, selalu menjadi pribadi yang menundukkan pandangan. maksudnya gak sembarangan dalam melihat dan melirik. terutama melirik lawan jenis. sebab itulah kita dikatakan langka. karena mereka (lawan jenis) mungkin susah menemukan sosok yang bercirikan atau berkarakteristik seperti kita. wanita sholehah. aamiin. sehingga kita dikatakan sosok yang langka. sosok yang selalu dicari. dan dirindukan. meskipun kita tidak sempurna.

don’t be sad, Ukhti..

You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition”…

jangan sedih. jelas kan dengan menjadi sosok wanita sholehah. kita sudah sangat dirindukan. diidamkan siapa saja lelaki sholeh yang ingin beristrikan wanita sholehah 🙂 indah sekali rasanya. ini sedikit kisah pengalaman juga sih hehe. flashback story on my islamic high school. hehe. ketika aku pernah mencoba segala macam cara untuk tampil cantik. berdandan dan lain sebagainya. untuk tampil memukau terutama di hadapan seseorang yang sangat aku suka~~. ingin sekali aku dilirik. walau sekali aja. tapi nyatanya apa? bukan perhatian yang aku dapatkan. tapi rasa ilfiil karena penampilanku tersebut. penampilan terburuk menurutku selama aku tampil dihadapan orang banyak. bukannya membuatku terlihat lebih cantik. tapi justru tambah jelek. karena cantiknya di buat-buat. oleh make up. bahkan make up itu juga gak rapi. yang ada justru tampak menor. haha mungkin saat itu aku terlihat seperti hantu. makanya mereka kabur semua dan ilfiil sama aku. yang membuatku sedih untuk waktu yang cukup lama~~.

setelah sadar akan hal itu, keesokan harinya. aku pergi tanpa make up sama sekali. bahkan bedak tipis pun tidak. tapi salah juga. yang ada buat aku terlihat pucat, dekil dan gelap. bukannya alami. natural. akhirnya aku merenung sendiri. jalan sendiri. sedih banget rasanya. niatnya mau menarik perhatian seorang ikhwan yang kusuka. tapi nyatanya dia ngelirik aja enggak. jadi ngerasa sejelek itu juga aku. akupun jalan sendiri, waktu itu menuju masjid dengan suasana hati yang masih dalam keadaan gundah gulana. karena sedih.

aku memutuskan untuh sholat dhuha. ambil air wudhu biar tenang. supaya dikasih ketenangan sedikit. biar rasa sedih itu sedikit berkurang nantinya. akhirnya aku sholat sebanyak 4 rakaat. lalu aku berdo’a sambil nangis juga sih. meratapi diriku yang tak cantik seperti akhwat yang lain. lama banget mungkin aku sekitaran sejam ada di masjid. sejak sebelum istirahat sampai jam pelajaran kedua masuk lagi. karena waktu itu aku masih sekolah. kelas satu aliyah. akupun melepaskan pakaian sholat (mukenah) melipatnya, dan menaruhnya kembali di tempatnya semula. lalu aku menghadap kaca. ceritanya mau benerin jilbab. naluri wanita gak mau keluar kalo semuanya gak rapi dulu 🙂 aku ubah jilbabku menjadi lebih besar. terlihat seperti wanita muslimah yang menutup aurat dengan benar. pas selesai make jilbab seperti itu. gak tau kenapa aku terpana sendiri. semacam. wah aku cantik juga ternyata seperti ini. gak usah dandan berlebihan. cukup jilbab besar dan bedak tipis. aku udah terlihat cantik. dan mulai saat itu aku pasang niat, kalau aku dandan lagi. aku mau yang natural aja. dan itu terlihat cantik hanya untuk diriku dan Allah. aku gak mau lagi terlihat cantik dengan tujuan yang lain. aku mau istiqomah. alhamdulillah aku berhasil istiqomah waktu itu 🙂 puas banget ya rasanya, saat sesuatu yang kita lakukan berhasil dengan dasar niat baik dan benar.

innamal a’malu binniyat…

segala sesuatu itu harus berdasarkan niat. niat lurus. niat baik dan benar. indah rasanya. saat tampil cantik untuk diri sendiri. merasa gak ada beban. hehe. memang benar segala sesuatunya kalau kita lakukan dengan landasan niat yang benar akan indah hasilnya. luar biasa. dan bangga. namun, kita tentu gak boleh jadi makhluk yang cepet puas. karena kalau kita udah puas. namanya juga manusia, pasti berhenti sampai di situ saja. jangan yah 🙂 kita masih muda. jalan kita masih panjang. waktu kita masih banyak. dan kita juga gak tau kapan Allah akan memanggil kita. maka dari itu gunakanlah waktu sebaik-baik yang kamu bisa. jadikan dia berharga. seperti uang yang sangat kita butuhkan dalam keseharian untuk kita hidup. sewaktu-waktu, kita gak bisa menebak kapan itu. waktu itu akan berubah menjadi seperti pedang. yang bisa membunuh kita. dan membuat kita celaka. sahabat, waktu yang sudah kita lalui, kita jalani, semuanya gak akan kembali, gak akan terulang lagi. semua terjadi hanya sekali. maka dari itu kita hanya bisa merenung waktu yang sudah kita buang percuma. dan tidak melakukan hal percuma untuk kedua kalinya. karena waktu kita sangat berharga.

time is money. mungkin itu kalimat yang tepat. waktu yang sudah kita lewati. semenyesal apapun kita, gak akan bisa mengulang kembali waktu itu. apalagi membelinya dengan uang. kita gak akan pernah bisa. karena waktu dari Allah. milik Allah. dan Allah bebas menghentikannya kapan saja. makanya kita harus menjaga waktu seperti halnya kita menjaga uang, jangan sampai waktu itu berubah menjadi pedang yang membunuh kita dengan perbuatan kita sendiri.

banyak kisah yang berbasis pengalaman diri sendiri. tentu tidak hanya diri saya pribadi, kalian semua. baik laki-laki ataupun perempuan. semuanya pasti punya masa lalu. punya kisah. punya cerita. punya story. punya history. punya pengalaman. yang kedepannya suatu saat/suatu hari nanti, someday. bisa kita jadikan sorot balik (flashback) untuk kita jadikan contoh di kehidupan masa depan. menceritakan segala yang telah kita lalui kepada anak dan cucu kita nanti. mengambil hikmah dari hal tidak benar yang telah kita lakukan. dan mengambil pengalaman dari hal benar yang kita lakukan. kita tentu ingin tumbuh menjadi pribadi yang baik. semakin baik. lebih baik. kedepannya. oleh sebab itu, pengalaman adalah guru terbaik untuk mengajarkan kita dan membimbing diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. istiqomah. dan membanggakan. tidak hanya membanggakan diri sendiri, tetapi juga orangtua dan keluarga.

hidup ini indah. bila kita banyak merenung dan berfikir. aku teringat salah satu kata-kata Allah dalam salah satu surat Cinta-Nya. maaf lupa juga surah dan ayat ke berapa. yang aku ingat hanya kata-katanya saja. indah. dan memberi kekuatan. saat orang lain berfikir kita bodoh atau apapun itu. ketika kita hanya bisa merenung dan berfikir. karena yang tampak dihadapan mereka kita hanya mematung. padahal nyatanya kita merenung dan berfikir. merenung tentang kehidupan yang telah kita lalui, lihat dan saksikan. tentunya lebih indah dan lebih bermakna ketimbang bergosip ria bersama teman-teman sejawat. menceritakan aib dan keburukan orang lain.

sungguh beruntung bagi kaum yang berfikir…”

arti dari ayat diatas memberi kekuatan. benar ya. ketika kita sedih. Wudhu, Sholat dan Al-Qur’an adalah obat yang paling mujarab dan ampuh untuk membuat kita tenang setelah mengingat Allah kembali. sungguh luar biasa. itu yang saya rasakan. bahkan ketika dalam keadaan berfikir. disini maksudnya merenung. tentang kehidupan. kenapa kita diciptakan. untuk apa kita diciptakan. apa yang telah kita lakukan. sebaiknya apa yang harus kita lakukan. dan lain sebagainya, banyak fikiran yang membuat kita semakin waktu, semakin hari, semakin rindu pada Yang Maha Cinta, Allah SWT. indah banget rasanya. beautifully…

Indah itu. saat cinta kita terbalas. indah itu saat cinta kita diterima. indah itu saat kita menemukan makna hidup. indah itu saat rasa Cinta dan Sayang mampu mengalahkan segalanya. siapa yang memberi rasa itu? kita sudah tahu. Allah SWT. maka dari itu, sebagai rasa syukur karena hingga detik ini kita masih diberi waktu. diberi nafas. untuk hidup kita gunakan sebaik mungkin. untuk melakukan hal yang baik dan bermanfaat. tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain 🙂 indah bukan kalau kita bisa bermanfaat untuk sesama makhluk ciptaan Tuhan? 🙂 rasa itu pasti berbeda dengan yang kita rasakan saat kita tidak bisa menjadi makhluk yang bermanfaat di muka bumi ini…

time is money. then keep was he like you keep the money. life is so beautiful. a lot of experience can we make a lesson to be a better one…

Be Missed My Lovely Dog, Novhy

 

be missed my lovely dog, Novhy…

My lovely…

My little friend…

How are u?

What you happened?

My lovely…

My little friend..

My beloved twin..

Are u happiness now?

Are u seeing me?

Do you know what I’m doing now?

Yes, I missing you..

My lovely..

My little friend..

My dog..

Novhy..

yups, sekarang lagi kangen. kangen sama temen masa kecil. satu-satunya temen yang aku anggap kembaran (karena waktu kecil aku pengen banget punya kembaran). tapi sayangnya aku gak terlahir kembar. bahkan sekarangpun jadi terobsesi juga punya anak kembar. haha. temenku yang penurut. baik. dan selalu mengikutiku kemanapun aku pergi~~

kenangan banget. sumpah. temenku itu aku masih inget warnanya coklat kekuningan. aku pelihara (waktu itu minta sama tante, istri adeknya bapak). untung sodaranya banyak, jadi boleh kuminta satu. hehe. sebelumnya aku pernah bilang kan, kalo aku terobsesi sama binatang berbulu halus. seperti kucing, kelinci ataupun anjing. guk guk. hehe. aku pelihara Novhy, dari dia umur satu bulan. masih unyu kan. masih kecil banget. jahat juga aku pisahin dia dari ibunya. tapi yah mau gimana aku suka banget sama dia~~

singkat cerita, dengan sedikit ‘merengek’ akhirnya aku diijinkan ‘bawa pulang’ Novhy. tapi janjinya aku harus rawat Novhy. siap bos. hehe. dan sejak saat itu, Novhy resmi jadi milikku dan kuberi dia nama Novhy. ini udah lama banget waktu aku berumur 3 tahunan sih. masih belum sekolah. hehe. masih kecil. masih gak tau kalo melihara anjing, khusus orang Islam itu dilarang karena dapat menyebabkan najis. yah orangtua aku juga gak ada ngelarang. karena mereka juga gak tau. pengetahuan agama mereka kurang soalnya. dan aku juga hanya berpikir, novhy itu imut, lucu. aku cuman mau melihara. mau jadiin temen aja. karena aku kecilnya gak punya temen~~ *merana banget masa kecil aku, temen aja gak punya~~ haha.

aku seneng banget waktu itu. dapet temen baru. aku bener-bener rawat dia. rajin aku kasih makan, di minumin susu, main bareng, tidur bareng, sampe aku pernah tidur di novhy *maafff teman~~. hari berganti minggu, minggu berganti bulan, dan bulanpun berganti tahun. di tahun berikutnya novhy udah dewasa. badannya juga gede banget. dia gendutttt. hehe. lucu aku ngeliatnya. sampe aku peluk-peluk dia. kuajak tidur bareng. bahkan karena keseringan dirumah daripada ditanah, novhy tumbuh menjadi anjing yang elegan. haha. jadi dia itu gak mau kalau disuruh tidur di tanah. dia sukanya tidur di kasur, ditempat yang nyaman. di tempat yang bersih. wah. sombong juga lu novh.. haha. kalah yang punya 😀

aku pelihara novhy, dari hari ke hari dia semakin tumbuh dan tumbuh. besar, penurut dan lincah. bahkan dia juga selalu ikut kemanapun kami pergi. lucunya itu ya kayagini. aku selalu jadi buntutnya bapakku. sementara novhy selalu jadi buntutku. lucu aja. coba deh bayangin gimana jadinya kami bertiga jalan bareng. saling buntut-membuntut. ekor-mengekor. lucu kan haha.

sampai suatu ketika. aku dan bapak jualan rambutan di pinggir jalan. aku ikut cuman mau liat mobil waktu itu. hehe namanya juga masih kecil pasti suka liat mobil yang jalan-jalan. aku juga kaget pas liat novhy tiba-tiba nyamperin kakiku. dia ngelus-ngelus kakiku. maju-mundur. hehe geli. aku pikir novhy minta di elus, akhirnya aku kasih tanganku. ceritanya mau ngelus dia. eh malah tanganku yang dijilatin sama dia. aku kaget akhirnya aku laporin sama bapak. bapak bilang mungkin dia mau ngomong sesuatu sama kamu. lah aku heran, gimana caranya anjing ngomong. yang sering kudengar cuma kata-kata guk guk guk. aku gak pernah dengar dia ngucapin kata yang lain selain itu.

setelah dia jilatin tanganku, dia menggonggong tuh di depanku sambil duduk. guk guk guk. berkali-kali. aku juga jadi mikir yang sama kayak bapak. oh mungkin dia lagi ngasih tau sesuatu ke aku. cuman ya namanya juga aku. manusia yang gak paham sama bahasa binatang jadi aku cuman bisa guk guk balik deh ke novhy. seolah-olah mainan. sahut-sahutan sama novhy. ribut banget pokoknya. tapi setelah itu aku gak ngerti. karena novhy gonggongnya makin kenceng dan makin cepet. bahkan dia gak cuman duduk aja tapi sambil lari bolak-balik. aku sempet tanya dia mau apa. dia cuman guk guk sambil lari. terus aku liatin dia. aku diemin. eh ternyata dia balik lagi dan melakukan hal yang seperti tadi lagi. berkali-kali pokoknya. sampe aku capek mainan sama dia.

entah apa, mungkin novhy lelah guk guk sambil marathon wkwk. maksudnya bolak balik hehe. waktu itu aku juga lelah. jadi aku milih baring sambil meluk guling. karena aku gak bisa tidur kalo gak ada guling. hehe. aku pun sempet intip novhy yang jalannya pelan. aku juga sempet liat dia loncat-loncat. main sendiri. diam. tanpa berkata-kata. gak guk guk gitu. dia cuman main. dan diem. duduk. rebahan. duduk lagi. jalan-jalan bolak balik lagi. sambil ngibas-ngibasin ekornya yang mungil. maksudnya pendek hehe. aku cuman senyum aja liat novhy waktu itu. seneng aja liat novhy mainan sendiri. sedih juga. karena aku lelah. aku ngantuk. dan aku mau tidur.

pas udah mau merem. aku masih sempet liat novhy. terakhir aku liat dia jalan pelan sambil duduk terus nyebrang. gak jauh lah dari pondok tempat aku jualan. waktu itu emang lagi hening sih. jalanan lagi sepi. mungkin itu juga alasan novhy milih nyebrang pelan-pelan. eh, tanpa di duga dan disangka-sangka ada sebuah mobil. aku lupa mobil apa. gak liat jelas. karena aku udah mau merem aja. udah gak kuat nahan ngantuk. dia jalannya laju banget. om supirnya itu asem. mentang-mentang jalannya sepi. sendirian aja. seenaknya aja ngebut-ngebut. gimana coba nasip orang kalo ada orang atau nenek-nenek yang nyebrang tiba-tiba dia lewat? gak kebayang kan? yang ada ilang nyawa orang. woyyy om gak liat apa novhy lagi nyebrang??????

tiba-tiba terdengar BRUKKKKKKKKKKKKKKKK!!! sumpah kaget aku sama bapak. langsung bangun. langsung seger mataku. udah gak ngantuk lagi. aku heran. aku pikir mobilnya tadi masuk jurang. ehhh ternyata malah berenti pas ditengah-tengah jalan. karena rasa penasaran yang cukup tinggi, akhirnya aku datengin tuh mobil. aku penasaran omnya nabrak apaan. aku juga sempet ngeliat sekitar. nyari novhy. aku pikir dia udah masuk hutan. ya udah aku putusin buat liat ke depan mobil omnya. penasaran mau liat apa yang ditabrak.

sumpah kaget banget aku pas ngeliat. aku gak bisa ngomong apa-apa lagi. lemes rasanya pas ngeliat. aku cuman bisa teduduk sambil nangis. sambil ngomelin omnya juga. hiks, saat itu aku liat novhy udah dalam posisi terbaring bermandikan darah. novhy langsung meninggal ditempat. dia ninggalin aku untuk selamanya. dia mati tepat di depanku. pas banget dipelukanku. karena sebelumnya pas aku nyusulin novhy masih gerak. pas dia udah gak gerak lagi. aku liat tetesan airmata novhy. ternyata novhy nangis. liat itu aku jadi nangis juga. nyaring banget. anjing kesayanganku. temen kecilku. temen yang udah aku anggap kembaran itu. sekarang dia udah pergi selamanya. hiks… sedih rasanya. aku gak punya temen lagi. saat itu aku cuman bisa ngomelin omnya yang udah nabrak novhy.

habis omnya minta maaf sama bapakku. dia bantuin kami ngubur novhy. hiks. sedih liat novhy dimasukkin dalem tanah. gak terima rasanya. karena baru main sama novhy. malah ditinggal pergi selamanya. setelah itu bapakku bilang. mungkin tadi yang novhy jilatin tanganku, mungkin dia mau ngucapin selamat tinggal. cuman karena dia gak bisa ngomong. dia cuman bisa gonggong. emang sih. dia juga agak gelisah ku liat. yah, bapak bilang ikhlasin aja. biar novhynya juga tenang dan bahagia di alam sana. doain aja novhynya kata bapak. akupun nurutin kata-kata bapak.

semenjak novhy meninggal. aku jadi murung. sedih banget. siapa sih yang gak sedih kalo kesayangannya meninggal? gak ada kan? semua pasti sedih kan? begitu juga aku. bahkan, padahal aku punya adik cowok. yang nyata bisa diajak main dan ngobrol. yang tentunya aku lebih paham bahasanya daripada bahasa novhy. tapi ya mau gimana. rasa sayang mengalahkan segalanya. aku cuman bisa sedih. nangis. dan meratapi novhy. itu terjadi selama seminggu. dan aku juga kasian liat anak-anaknya novhy. waktu itu novhy baru aja ngelahirin. jumlahnya 3 ekor. warnanya mirip novhy semua. jadi makin sedih liat warna mereka yang sangat mirip. umur mereka juga baru seminggu. kasian. baru seminggu mereka udah piatu.

dan sejak kejadian itu, aku udah gak mau pelihara anjing lagi. aku takut kejadian yang sama terulang lagi. akhirnya anak-anaknya novhy aku kasih semua ke tetanggaku. biar diurus sama mereka 🙂. maaf ya nov… aku trauma. aku masih shock liat kamu meninggal di pangkuanku.. aku harap kamu bahagia dan kita bisa ketemu di akhirat nanti.. aamiin 🙂 sumpah kangen banget sama novhy.

begitulah. ketika kita memiliki binatang peliharaan. yang merupakan hewan kesayangan. yang kita cintai. yang kita sayangi. kita rawat dan selalu kita jaga. bahkan, rasa cinta dan sayang itu mampu mengalahkan segalanya. rasanya gak mau ngelepas pergi. siapa sih yang bisa begitu aja dengan mudahnya melepaskan sesuatu yang dia cintai dan sayangi? bahkan udah dirawat, dibesarin. ibarat dirawat dari kecil sampe tua sama-sama. gak ada kan yang bisa dengan mudah dan cepet ngelepasin pergi? itu gak mudah dilakuin. move on itu gak gampang. nah, terkadang hikmah dari rasa sayang itu kita rasakan sekali. rasanya tenang banget kalo udah menyayangi ciptaan Allah. seperti anjing tadi. meskipun dia menimbulkan najis, haram, dan mencegah malaikat rahmat dalam menaburkan rahmatnya, tapi dia tetep ciptaan Allah 🙂 yang juga punya hak untuk kita cintai dan sayangi sebagai peliharaan ciptaan Allah. aku kecil dan keluarga, dulu kami sama sekali gak tahu tentang anjing. makanya kami adem ayem aja pas melihara mereka. aku juga gak tahu kenapa gak boleh 🙂 tapi seiring berjalannya waktu, banyak kajian ilmu agama yang aku dengar dan pelajari. aku juga belajar tentang anjing. dan memang benar. kalo orang Islam dilarang melihara anjing karena katanya malaikat rahmat gak mau masuk ke rumah. astagfirullah… maafin aku ya Allah… dulu gak tau.. sekarang udah gak lagi melihara hewan itu. karena udah tau kalau di larang.

Islam itu indah. selain mengajarkan cinta dan kasih sayang. baik terhadap sesama manusia maupun terhadap ciptaan Allah yang lain seperti pepohonan, binatang, dll, Islam juga mengajarkan tentang adab dan kesopanan. tentang etika. yang membuat kita menjadi pribadi yang baik. banyak banget ajaran Islam yang kalau kita terapkan, akan membuat diri kita tumbuh menjadi pribadi dewasa yang sholeh dan sholehah. semoga selalu dalam bimbingan Allah, dan semoga selalu istiqomah 🙂

Islam is religions straight. he teach love and affection. not only to fellow man, but also the creation of God others, like the trees, a and so forth…

 

Flashback Story (When I’m Born)

hyyyy,,,,

di postingan kali ini, aku mau cerita tentang born progress. proses kelahiranku, sampai pemberian namaku. sebelumnya maaf ya kalau agak panjang. karena ini adalah throwback story of my self. hehe. tiba-tiba kangen waktu masih bocah soalnya 😀

IMG20150828140022.jpg10 Oktober 1995, 21 tahun silam (hampir 22 malah) 🙂 aku dilahirkan di dunia. Di salah satu Kota di Kalimantan Selatan, Barabai. Dari Rahim seorang Ibu yang luar biasa 🙂 sesosok (?) bayi yang mungil, tidak terlalu putih, rewel dan cengeng itupun di beri nama ‘Siti Hasmah’, yang artinya aku juga kurang faham hehehe. suatu ketika aku pernah bertanya pada mama (panggilan saya pada ibu, sosok malaikat tanpa sayap yang telah menghadirkan aku ke dunia ini):

” ma, kok namaku Siti Hasmah? artinya apa?”

” yang jelas itu bagus aja artinya. kalo ditanya arti, mama juga kurang tau. waktu kamu lahir mama gak spontanitas ngasih kamu nama, karena mama bingung. masih milih nama yang bagus. tapi 5 hari belom ketemu juga, karena mama bingung. banyak pilihan. nah, pas mama lagi bingung-bingungnya, gak sengaja dengar qori’ah ngaji, namanya Siti Hasmah, waktu zaman mama dulu. makanya mama kasih kamu dengan nama yang sama seperti beliau, supaya kamu juga ngajinya pinter nak”

alhamdulillah, ucapku. hehe. kenapa? walaupun diberi nama yang sama dengan nama seorang Qari’ah yang terkenal di zaman mamaku, tapi mengetahui fakta dari penjelasan mama, jujur sama sekali gak bikin aku sebel kok sama mama. justru aku seneeeeeeeeeeeeeeeeng banget *hehe panjang banget, excited effect ~~, soalnya meski kami belum tahu banget (bahkan sampai sekarang) tentang arti namaku yang sebenernya, tapi justru di balik itu tersimpan sebuah harapan dari mama, yaitu ingin aku menjadi Qari’ah. subhanallah, harapan mama. do’a mama. disaat memberiku nama.

someday, lagi duduk santai sama bapak, biasa aku kecilnya deket banget sama bapak hehe. kemana-mana selalu ngebuntut bapak, gak dirumah. ke pasar. ke sawah. pokoknya kemanapun hehe. mungkin sebutan dulu anak bapak kali wkwkw 😀, waktu santai itu aku sempet nanya sama bapak:

” pak, kenapa waktu aku lahir bukan bapak yang kasih nama? bapak gak nyiapin nama untukku?”

” nyiapin kok sebenernya. cuman kan gimana, kamu lahirnya di Banjar, bapak di Samarinda. bapak aja gak ada, waktu kamu lahir. jadi ya keduluan mamamu yang kasih nama. terus kan langsung di tasmiyahin sama nenekmu di sana. jadi namanya bapak simpen aja. siapa tau kamu punya ade cewek nanti”

” beneran pak? emang namanya siapa?”

” Halimatus Aisyah”

” wah cantik banget namanya. mungkin kalo ada bapak, akulah yang punya nama itu”

yups, cantik banget bapak nyiapin nama untuk aku. hufttt… seandainya ada bapak di Banjar waktu aku lahir pasti aku udah jadi pemilik nama cantik itu.. *yah mau gimana, bapak kerja. mama juga tanda-tanda mau ngelahirin aku gak keliatan katanya, tiba-tiba sakit perut langsung lahiran bahkan 5 menit sebelum susternya (yang mau bantu ngelahirin) dateng *ahhhhhh, bu suster telat~~ aku keburu lahir bu~~ hehe. jadi aku adalah bayi mandiri wkwk. bayi yang waktu itu lahir sendiri. mungkin waktu itu aku gak sabar mau liat dunia hahaha.

waktu bayi, kata orang-orang (keluarga besar mama di Banjar) aku punya julukan “Siti Karaoke” *aseeeeemmmmm lu pikir aku lahir langsung nyanyi~~~. julukan itu bukan berarti aku lahir langsung bisa nyanyi. bukan loh ya. sama sekali bukan itu. haha. tapi julukan itu di kasih, karena aku waktu masih di Banjar (ketika waktu baru lahir) akunya ‘penangisan’ (bahasa Banjar) alias cengeng. udah itu aku nangisnya kenceng banget sampe tetangga kiri kanan denger semua. *ehh busettt aku kaget dengernya akhirnya aku cuman bisa ngakak wkwk~~. nenek aja sampai bingung mau nenangin. mama udah takut karena selain aku nangisnya gak berenti-berenti. di sanping rumah nenek pas itu ada rumah yang anak dari pemilik rumah itu gak waras. alias gila. dan waktu aku cengeng nangis kenceng itu pas orang gila itu lagi musim ngamuk-ngamuknya. mamaku serem dan takut. akhirnya aku dibawa kabur mama seayunannya 😀 ke tempat Uwa (sebutanku untuk kakaknya mama). aku dan mama akhirnya tinggal di rumah Uwa selama seminggu. setelah rada aman, mama mutusin bawa aku ke Samarinda (sebenernya gak Samarinda tapi Kilo tepatnya di Batuah) buat nemuin aku sama bapak, karena mama capek dengar aku siang malam gak berenti nangis *ehhh sumpah nyusahin banget yah aku wkwk~~. mama harap aku berenti nangis pas ketemu bapak. akhirnya aku dan mama pergi di anter nenek. waktu itu umurku baru 2 bulan. wkwk masih bayi udah betingkah yah aku 😀

kami naik bis. bahkan di bis itu aku gak tenang. nangisku malah tambah kenceng dan yahh akhirnya mama sama nenek gak tidur semaleman buat jagain aku *eh sumpah nyusahin banget ya wkwk~~.

keesokan harinya (karena perjalanan yang harus ditempuh itu semaleman), kami bertiga sampai ke Batuah di kilo 23 (ke Rumah nenek juga, adenya neneknya bapakku). Nenek di Batuah seneng banget. bapak aku juga seneng banget. terus aku di peluk deh. dan tangisanku ilang deh. aku udah gak cengeng lagi. ternyata aku cengeng karena kangen bapak. gegara semenjak lahir sampai 2 bulan aku gak pernah liat sosok bapak. namanya juga anak sama bapak. feeling anak itu pasti kuat sama bapaknya, jadi dia pasti tau kalau yang nge-gendong itu bapak kandungnya atau bukan.

dan semenjak hari itu, aku udah gak pernah nangis lagi kata mama. aku nangisnya paling kalau lapar, haus, buang air besar atau buang air kecil. karena udah gak cengeng lagi nenekpun balik ke Banjar. yah. waktu itu aku gak tau sih. gak tau sedih itu gimana. gak tau cara merasakannya. karena aku masih bayi. wkwk. mungkin semenjak deket sama bapak aku merasa lengkap haha. dan akhirnya kebawa deh sampe aku gede deketnya tetep sama bapak. sayang banget sama bapak. mama juga. mereka berdua gak pernah marahin aku. kata mama aku kecilnya suka bereksperimen haha seperti main di lumpur *eh busett jorok banget aku, gak elegan ahh~~ haha.

seneng banget. punya mama dan bapak yang lengkap. sampai kurang dari 2 tahun aku punya adik. cowok. namanya Muhammad Husaini. iyaloh kami bedanya gak nyampe 2 tahun. kurang 4 bulan lah. oh ya, throwback lagi. aku kecil obsesi banget loh sama yang namanya binatang berbulu kayak kucing sama anjing. mereka itu udah kayak temen-temenku. dulu waktu kecil aku gak punya kucing. yang kupunya anjing, namanya Novhy. ntar aja yah kuceritain, gimana dia jadi hewan kesayangan ku. my lovely dog. ntar yah, ntar dipostingan khusus Throwback juga.

setiap anak yang terlahir ke dunia, fitrahnya suci. maka dari itu, berilah mereka dengan nama yang baik yang didalamnya terdapat doa dan harapan setiap orangtua. tau kan? dalam Islam Nama itu adalah doa. jadi kasih nama itu dengan nama yang baik. pelajaran ini, dengan namaku sekarang aja aku udah seneng. inspirasi banget dari orangtuaku. mereka gak langsung kasih aku nama dengan sembarang nama. tapi dipikir dulu. selain indah. artinya juga harus bagus. relate. dan mengandung doa 🙂. pelajaran ini bagi setiap orangtua. baik yang udah jadi orangtua, calon orangtua, atau yang belum pernah jadi orangtua sama sekali 🙂

for your children, give them the name of the good, the meaningful and contain prayers and give also a good educationn to guided his life 🙂