Be Missed My Lovely Dog, Novhy

 

be missed my lovely dog, Novhy…

My lovely…

My little friend…

How are u?

What you happened?

My lovely…

My little friend..

My beloved twin..

Are u happiness now?

Are u seeing me?

Do you know what I’m doing now?

Yes, I missing you..

My lovely..

My little friend..

My dog..

Novhy..

yups, sekarang lagi kangen. kangen sama temen masa kecil. satu-satunya temen yang aku anggap kembaran (karena waktu kecil aku pengen banget punya kembaran). tapi sayangnya aku gak terlahir kembar. bahkan sekarangpun jadi terobsesi juga punya anak kembar. haha. temenku yang penurut. baik. dan selalu mengikutiku kemanapun aku pergi~~

kenangan banget. sumpah. temenku itu aku masih inget warnanya coklat kekuningan. aku pelihara (waktu itu minta sama tante, istri adeknya bapak). untung sodaranya banyak, jadi boleh kuminta satu. hehe. sebelumnya aku pernah bilang kan, kalo aku terobsesi sama binatang berbulu halus. seperti kucing, kelinci ataupun anjing. guk guk. hehe. aku pelihara Novhy, dari dia umur satu bulan. masih unyu kan. masih kecil banget. jahat juga aku pisahin dia dari ibunya. tapi yah mau gimana aku suka banget sama dia~~

singkat cerita, dengan sedikit ‘merengek’ akhirnya aku diijinkan ‘bawa pulang’ Novhy. tapi janjinya aku harus rawat Novhy. siap bos. hehe. dan sejak saat itu, Novhy resmi jadi milikku dan kuberi dia nama Novhy. ini udah lama banget waktu aku berumur 3 tahunan sih. masih belum sekolah. hehe. masih kecil. masih gak tau kalo melihara anjing, khusus orang Islam itu dilarang karena dapat menyebabkan najis. yah orangtua aku juga gak ada ngelarang. karena mereka juga gak tau. pengetahuan agama mereka kurang soalnya. dan aku juga hanya berpikir, novhy itu imut, lucu. aku cuman mau melihara. mau jadiin temen aja. karena aku kecilnya gak punya temen~~ *merana banget masa kecil aku, temen aja gak punya~~ haha.

aku seneng banget waktu itu. dapet temen baru. aku bener-bener rawat dia. rajin aku kasih makan, di minumin susu, main bareng, tidur bareng, sampe aku pernah tidur di novhy *maafff teman~~. hari berganti minggu, minggu berganti bulan, dan bulanpun berganti tahun. di tahun berikutnya novhy udah dewasa. badannya juga gede banget. dia gendutttt. hehe. lucu aku ngeliatnya. sampe aku peluk-peluk dia. kuajak tidur bareng. bahkan karena keseringan dirumah daripada ditanah, novhy tumbuh menjadi anjing yang elegan. haha. jadi dia itu gak mau kalau disuruh tidur di tanah. dia sukanya tidur di kasur, ditempat yang nyaman. di tempat yang bersih. wah. sombong juga lu novh.. haha. kalah yang punya 😀

aku pelihara novhy, dari hari ke hari dia semakin tumbuh dan tumbuh. besar, penurut dan lincah. bahkan dia juga selalu ikut kemanapun kami pergi. lucunya itu ya kayagini. aku selalu jadi buntutnya bapakku. sementara novhy selalu jadi buntutku. lucu aja. coba deh bayangin gimana jadinya kami bertiga jalan bareng. saling buntut-membuntut. ekor-mengekor. lucu kan haha.

sampai suatu ketika. aku dan bapak jualan rambutan di pinggir jalan. aku ikut cuman mau liat mobil waktu itu. hehe namanya juga masih kecil pasti suka liat mobil yang jalan-jalan. aku juga kaget pas liat novhy tiba-tiba nyamperin kakiku. dia ngelus-ngelus kakiku. maju-mundur. hehe geli. aku pikir novhy minta di elus, akhirnya aku kasih tanganku. ceritanya mau ngelus dia. eh malah tanganku yang dijilatin sama dia. aku kaget akhirnya aku laporin sama bapak. bapak bilang mungkin dia mau ngomong sesuatu sama kamu. lah aku heran, gimana caranya anjing ngomong. yang sering kudengar cuma kata-kata guk guk guk. aku gak pernah dengar dia ngucapin kata yang lain selain itu.

setelah dia jilatin tanganku, dia menggonggong tuh di depanku sambil duduk. guk guk guk. berkali-kali. aku juga jadi mikir yang sama kayak bapak. oh mungkin dia lagi ngasih tau sesuatu ke aku. cuman ya namanya juga aku. manusia yang gak paham sama bahasa binatang jadi aku cuman bisa guk guk balik deh ke novhy. seolah-olah mainan. sahut-sahutan sama novhy. ribut banget pokoknya. tapi setelah itu aku gak ngerti. karena novhy gonggongnya makin kenceng dan makin cepet. bahkan dia gak cuman duduk aja tapi sambil lari bolak-balik. aku sempet tanya dia mau apa. dia cuman guk guk sambil lari. terus aku liatin dia. aku diemin. eh ternyata dia balik lagi dan melakukan hal yang seperti tadi lagi. berkali-kali pokoknya. sampe aku capek mainan sama dia.

entah apa, mungkin novhy lelah guk guk sambil marathon wkwk. maksudnya bolak balik hehe. waktu itu aku juga lelah. jadi aku milih baring sambil meluk guling. karena aku gak bisa tidur kalo gak ada guling. hehe. aku pun sempet intip novhy yang jalannya pelan. aku juga sempet liat dia loncat-loncat. main sendiri. diam. tanpa berkata-kata. gak guk guk gitu. dia cuman main. dan diem. duduk. rebahan. duduk lagi. jalan-jalan bolak balik lagi. sambil ngibas-ngibasin ekornya yang mungil. maksudnya pendek hehe. aku cuman senyum aja liat novhy waktu itu. seneng aja liat novhy mainan sendiri. sedih juga. karena aku lelah. aku ngantuk. dan aku mau tidur.

pas udah mau merem. aku masih sempet liat novhy. terakhir aku liat dia jalan pelan sambil duduk terus nyebrang. gak jauh lah dari pondok tempat aku jualan. waktu itu emang lagi hening sih. jalanan lagi sepi. mungkin itu juga alasan novhy milih nyebrang pelan-pelan. eh, tanpa di duga dan disangka-sangka ada sebuah mobil. aku lupa mobil apa. gak liat jelas. karena aku udah mau merem aja. udah gak kuat nahan ngantuk. dia jalannya laju banget. om supirnya itu asem. mentang-mentang jalannya sepi. sendirian aja. seenaknya aja ngebut-ngebut. gimana coba nasip orang kalo ada orang atau nenek-nenek yang nyebrang tiba-tiba dia lewat? gak kebayang kan? yang ada ilang nyawa orang. woyyy om gak liat apa novhy lagi nyebrang??????

tiba-tiba terdengar BRUKKKKKKKKKKKKKKKK!!! sumpah kaget aku sama bapak. langsung bangun. langsung seger mataku. udah gak ngantuk lagi. aku heran. aku pikir mobilnya tadi masuk jurang. ehhh ternyata malah berenti pas ditengah-tengah jalan. karena rasa penasaran yang cukup tinggi, akhirnya aku datengin tuh mobil. aku penasaran omnya nabrak apaan. aku juga sempet ngeliat sekitar. nyari novhy. aku pikir dia udah masuk hutan. ya udah aku putusin buat liat ke depan mobil omnya. penasaran mau liat apa yang ditabrak.

sumpah kaget banget aku pas ngeliat. aku gak bisa ngomong apa-apa lagi. lemes rasanya pas ngeliat. aku cuman bisa teduduk sambil nangis. sambil ngomelin omnya juga. hiks, saat itu aku liat novhy udah dalam posisi terbaring bermandikan darah. novhy langsung meninggal ditempat. dia ninggalin aku untuk selamanya. dia mati tepat di depanku. pas banget dipelukanku. karena sebelumnya pas aku nyusulin novhy masih gerak. pas dia udah gak gerak lagi. aku liat tetesan airmata novhy. ternyata novhy nangis. liat itu aku jadi nangis juga. nyaring banget. anjing kesayanganku. temen kecilku. temen yang udah aku anggap kembaran itu. sekarang dia udah pergi selamanya. hiks… sedih rasanya. aku gak punya temen lagi. saat itu aku cuman bisa ngomelin omnya yang udah nabrak novhy.

habis omnya minta maaf sama bapakku. dia bantuin kami ngubur novhy. hiks. sedih liat novhy dimasukkin dalem tanah. gak terima rasanya. karena baru main sama novhy. malah ditinggal pergi selamanya. setelah itu bapakku bilang. mungkin tadi yang novhy jilatin tanganku, mungkin dia mau ngucapin selamat tinggal. cuman karena dia gak bisa ngomong. dia cuman bisa gonggong. emang sih. dia juga agak gelisah ku liat. yah, bapak bilang ikhlasin aja. biar novhynya juga tenang dan bahagia di alam sana. doain aja novhynya kata bapak. akupun nurutin kata-kata bapak.

semenjak novhy meninggal. aku jadi murung. sedih banget. siapa sih yang gak sedih kalo kesayangannya meninggal? gak ada kan? semua pasti sedih kan? begitu juga aku. bahkan, padahal aku punya adik cowok. yang nyata bisa diajak main dan ngobrol. yang tentunya aku lebih paham bahasanya daripada bahasa novhy. tapi ya mau gimana. rasa sayang mengalahkan segalanya. aku cuman bisa sedih. nangis. dan meratapi novhy. itu terjadi selama seminggu. dan aku juga kasian liat anak-anaknya novhy. waktu itu novhy baru aja ngelahirin. jumlahnya 3 ekor. warnanya mirip novhy semua. jadi makin sedih liat warna mereka yang sangat mirip. umur mereka juga baru seminggu. kasian. baru seminggu mereka udah piatu.

dan sejak kejadian itu, aku udah gak mau pelihara anjing lagi. aku takut kejadian yang sama terulang lagi. akhirnya anak-anaknya novhy aku kasih semua ke tetanggaku. biar diurus sama mereka 🙂. maaf ya nov… aku trauma. aku masih shock liat kamu meninggal di pangkuanku.. aku harap kamu bahagia dan kita bisa ketemu di akhirat nanti.. aamiin 🙂 sumpah kangen banget sama novhy.

begitulah. ketika kita memiliki binatang peliharaan. yang merupakan hewan kesayangan. yang kita cintai. yang kita sayangi. kita rawat dan selalu kita jaga. bahkan, rasa cinta dan sayang itu mampu mengalahkan segalanya. rasanya gak mau ngelepas pergi. siapa sih yang bisa begitu aja dengan mudahnya melepaskan sesuatu yang dia cintai dan sayangi? bahkan udah dirawat, dibesarin. ibarat dirawat dari kecil sampe tua sama-sama. gak ada kan yang bisa dengan mudah dan cepet ngelepasin pergi? itu gak mudah dilakuin. move on itu gak gampang. nah, terkadang hikmah dari rasa sayang itu kita rasakan sekali. rasanya tenang banget kalo udah menyayangi ciptaan Allah. seperti anjing tadi. meskipun dia menimbulkan najis, haram, dan mencegah malaikat rahmat dalam menaburkan rahmatnya, tapi dia tetep ciptaan Allah 🙂 yang juga punya hak untuk kita cintai dan sayangi sebagai peliharaan ciptaan Allah. aku kecil dan keluarga, dulu kami sama sekali gak tahu tentang anjing. makanya kami adem ayem aja pas melihara mereka. aku juga gak tahu kenapa gak boleh 🙂 tapi seiring berjalannya waktu, banyak kajian ilmu agama yang aku dengar dan pelajari. aku juga belajar tentang anjing. dan memang benar. kalo orang Islam dilarang melihara anjing karena katanya malaikat rahmat gak mau masuk ke rumah. astagfirullah… maafin aku ya Allah… dulu gak tau.. sekarang udah gak lagi melihara hewan itu. karena udah tau kalau di larang.

Islam itu indah. selain mengajarkan cinta dan kasih sayang. baik terhadap sesama manusia maupun terhadap ciptaan Allah yang lain seperti pepohonan, binatang, dll, Islam juga mengajarkan tentang adab dan kesopanan. tentang etika. yang membuat kita menjadi pribadi yang baik. banyak banget ajaran Islam yang kalau kita terapkan, akan membuat diri kita tumbuh menjadi pribadi dewasa yang sholeh dan sholehah. semoga selalu dalam bimbingan Allah, dan semoga selalu istiqomah 🙂

Islam is religions straight. he teach love and affection. not only to fellow man, but also the creation of God others, like the trees, a and so forth…

 

Advertisements

24 thoughts on “Be Missed My Lovely Dog, Novhy

  1. Menurut mahdzab maliki anjing tidak najis…so harus berpikir terbuka…krn masalah khilafiyah perbedaan pendapat adalah rahmah…wAllohu a’lam…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s