Kebiasaan Agustus-an

Haiii assalamualaikum ^^

Udah Bulan agustus aja ya, bentar lagi tahun baruan nih, jadi khawatir waktu yang dijalanin selama ini kurang bermanfaat, karena terasa cepat berlalu. 

Bulan yang identik dengan kemerdekaan ini. Ada banyak kebiasaan yang ada di dalamnya yang sering dilakukan sama rakyat di Negara Indonesia, tujuannya tentu saja untuk ikut memeriahkan hari kemerdekaan indonesia. Banyaknya kebiasaan-kebiasaan yang ada, ternyata sudah mendarah daging sejak dahulu, kapan awal mulanya ada lomba di bulan agustus, neng lupa πŸ˜€ waktu pelajaran IPS sama sejarah sering kabur ke kantin sih πŸ˜€πŸ˜€, so kali ini neng mau share seputar kebiasaan di bulan agustus yang ada di sekitar rumah neng. Yuk langsung aja kita mulai, cus… 

Kebiasaan agustus-an. 

Di Indonesia, kebiasaan di Bulan ini di awali dengan upacara menaik-turunkan bendera merah putih. Maksudnya, pagi hari upacara menaikkan bendera merah putih, sorenya upacara penurunan bendera merah putih. Hal ini biasanya berlaku di Istana Negara. Selain di sana, hanya menaikkan bendera saja yang ada upacaranya, pas diturunkan ya diturunin biasa πŸ˜€ seorang diri.

Setelah selesai melaksanakan upacara, selanjutnya selama beberapa hari akan digelar berbagai jenis lomba untuk memeriahkan suasana kemerdekaan baik dikota maupun pedesaan. Selain, lomba ada juga karnaval atau pawai kemerdekaan yang biasanya diikuti oleh anak-anak sekolahan. Pokoknya kalau sudah 17-an, pasti heboh dan rame dengan segala macam kegiatan.

Kali ini, neng cuma mau bahas seputar lomba aja. Dulu, waktu zaman masih SD-SMP, sering banget ikut lomba. Entah disekolah ataupun sekitar lingkungan rumah. Neng sering ikut lomba balap karung, bawa kelereng pake sendok, ambil koin dalam tepung, masukkan air dalam botol pake gelas bolong, dan makan kerupuk. Kalau jenis lombanya sih banyak, tapi disesuaikan sama kategori umur. 

Nah, untuk itu ini adalah tahun ke-empat neng dan keluarga menggelar lomba di depan rumah, neng sekeluarga jadi panitia. Pusing pertama mikirin jenis lombanya, terus ngategoriin umurnya. Tapi terbayarkan dengan tawa ceria anak-anak. Jadi ikut happy πŸ™‚

Jenis lombanya banyak. Gak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Lomba yang kami buat, dibagi menjadi 3 kategori. Anak-anak, remaja, dan dewasa. Untuk jenis lombanya sendiri rinciannya seperti berikut. 

1. Kategori anak-anak

  • Lomba balap karung
  • Lomba kelereng
  • Lomba ambil koin dalam tepung
  • Lomba masukin benang dalam lubang jarum
  • Lomba makan kerupuk
  • Lomba masukkan pensil dalam botol

2. Kategori remaja

  • Lomba balap karung
  • Lomba futsal pake daster (untuk cowok) 
  • Lomba joget balon
  • Lomba karaoke
  • Lomba tarik tambang

3. Kategori dewasa

  • Lomba joget balon
  • Lomba make up tutup mata (berpasangan untuk perempuan) 
  • Lomba karaoke
  • Lomba panjat pinang (laki-laki) 
  • Lomba tumpeng agustus (suami istri) 
  • Lomba fashion show (waria)*

*peserta yang mendaftar harus waria, ini kami laksanakan di hari terakhir menjelang pembagian hadiah*

Nah, setelah perencanaan matang, informasi sudah disebar, biasanya kita cari dana untuk hadiahnya. Donaturnya sih gak jauh-jauh tinggal panggil, ayahhhhh πŸ˜€ 

pengalaman jadi panitia selama tiga tahun berturut-turut, heboh banget lombanya. Paling seru itu kalau sudah lomba futsal pake daster dan fashion show, penontonnya kadang greget pengen ikutan juga πŸ˜€. Gak mustahil juga ada drama mewek ala anak-anak, Ya  gapapa sih lelah yang penting baik peserta maupun panitia semuanya pada happy dalam ikut memeriahkan hari kemerdekaan Negara kita tercinta ini. 

Kalau didaerah kalian, kebiasaan agustusannya apa? gimana dengan pengalaman lombanya? Boleh dong di share di kolom komentar. 

Udahan ya, bingung mau nulis apaan lagi πŸ˜€ bye,, 

Advertisements

24 thoughts on “Kebiasaan Agustus-an

  1. Haha…ini ni buat yg lg nyiapin Agustusan, bs jd referensi.

    Klau sy sjak thn 2010 sampe thn 2016 sllu ngurusin acara 17an. Prnh jd ktua panitia, pntia inti, koord seksi acra bhkn yg handle upcara scra tknisnya, hadeuhh…lumayan lah pnglmannya. Tp thn ini sy absen sma skli. Alasannya, krn kesibukan profesi, prsiapan PLPG dan tetek bengeknya.

    Oya, tiap 17an, entah knp, pnjat pinang sllu ada…seru sih ya..

    Ok, itu ajah komennya, mbak Siti yg ketce…

    Like

  2. Disini kurang lebih hampir sama,dulu sih sempat diadain karnavalan dengan wakil setiap RT.Tapi tahun kemarin gak ada,dan tahun ini juga sepertinya tak ada.Mengingat warga kebanyakan sibuk di ladang.Paling ntar lomba-lomba khusus anak.Sama acara kuda lumping atau panjat pinang di lapangan desa.

    Liked by 1 person

  3. Wah aku ga pernah ngerasain jadi panitian 17an πŸ˜‚ pasti seru ya! Btw aku malah jarang banget lihat di daerah sekitar tempat tinggal ku ada panjat pinang, paling cuma lomba2 yang biasa aja. Terus malem 17an ini yg biasanya ada bancaan sambil doa bersama warga sekampung πŸ™‚

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s