Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Assalamu’alaikum ^^

Hola ^^

Sebagai manusia, dalam keseharian yang kita jalani, kadang kita seringkali suudzon. Seringkali memiliki pikiran negatif kepada orang lain. Pikiran negatif adalah pikiran yang buruk, pikiran yang tidak-tidak, pikiran yang bukan-bukan. Pikiran negatif jangan dipelihara. Pikiran negatif seperti ini harus kita hilangkan, jika tidak hal ini akan membawa pengaruh buruk dalam hidup kita.

Pikiran negatif itu seperti sugesti negatif terhadap diri kita. Seringkali, Baru bangun tidur, ketika melihat schedule hari ini atau mengingat apa yang harus dilakukan hari ini, Belum terjadi, kita sudah membayangkan hal-hal yang buruk. Kegagalan. Ketidak berhasilan. Kekhawatiran. Dan lain sebagainya. Ketika pikiran negatif selalu kita tanamkan dalam diri kita, lama-kelamaan apa yang kita pikirkan, sesuatu yang negatif, sesuatu yang buruk itu akan terjadi, sesuai dengan pikiran kita.

Bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif dalam diri kita?

Berikut, Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan pikiran negatif.

  1. MENGINGAT HAL POSITIF YANG PERNAH DIALAMI

Setiap manusia pasti pernah mengalami hal yang baik, hal yang postif, hal yang menyenangkan. Ketika, pikiran negatif mulai hadir dipikiran kamu, cobalah untuk mengingat kembali pengalaman positif, pengalaman manis yang pernah dialami. Sehingga, ketika kita selalu mengingat pengalaman positif tersebut maka kita pun akan termotivasi dan berpikiran negatif. Jangan pernah menjadi orang yang pesimis. Ingatlah pengalaman positif yang pernah anda alami.

2. PERCAYA BAHWA SEMUA YANG AKAN DIALAMI BAIK-BAIK SAJA

Selalu sugestikan dalam pikiran kamu bahwa ” semua akan baik-baik saja “. Ketika memiliki ujian, cobaan, atau masalah dan kita selalu mengatakan ” semua akan baik-baiak saja ” artinya kita sedang berusaha menenangkan diri sendiri. Setiap manusia pasti mampu mengatasi masalahnya sendiri, tapi yang bikin kita nggak mampu adalah diri kita sendiri. Malas berjuang. Nggak mau keluar untuk menyelesaikan masalah. Padahal jika kamu mau berjuang untuk menyelesaikan masalah, kamu pasti mampu untuk menyelesaikan masalah. Oleh sebab itu, tanamkan dalam pikiran kamu bahwa ” Saya mampu ” untuk menyelasaikan masalah.

3. INGAT HAL BAIK YANG HARUS DISYUKURI

Ingatlah, Allah memberikan banyak hak baik, banyak rezeki, kesehatan, kenikmatan, maka hal itu harus kita syukuri. Jangan berpikiran negatif untuk kedepan. Biasanya yang membuat kita berpikir negatif adalah kata-kata kita sendiri. Bagaimana jika saya sakit besok? aduh, besok pasti saya gagal. Saya khawatir dengan masa depan saya. STOP. STOP untuk berkata hal-hal yang negatif. Hal seperti ini harus segera diatasi. pikiran-pikiran negatif muncul jika kita tidak bersyukur. Lihat dan pikirkan betapa banyak orang diluar sana yang tidak seberuntung diri kita. Tanamkan dalam diri kita pikiran positif. Syukuri atas segala Rezeki, kesehatan, maupun kenikmatan yang nggak bisa dimiliki oleh semua orang. Lambat laun, tanpa disadari pikiran negatif akan menghilang secara perlahan.

4. INGAT ORANG-ORANG YANG ANDA PERJUANGKAN

Ingat orang-orang yang harus kamu perjuangkan. Orang-orang yang membutuhkanmu. Siapa mereka? mereka adalah keluarga, anak, istri, ataupun suami. Ingatlah, merekalah yang harus kamu perjuangkan, yang harus kamu banggakan. Kalau setiap hari kamu berpikir negatif, bagaimana caranya bisa membanggakan meraka?. Buang semua pikiran negatif. Saya pasti bisa, saya pasti berhasil membanggakan keluarga saya. Ingat setiap diri kita berharga untuk keluarga kita. Ingat, bahwa ada orang-orang yang harus kamu perjuangkan, harus kamu banggakan, dan harus kamu bahagiakan.

5. INGAT BAHWA ALLAH MAHA BAIK

Allah nggak akan memberi ujian, cobaan, atau masalah kepada kita melebihi batas kemampuan yang kita miliki. Ketika manusia diberikan masalah, jangan serta merta menyalahkan Allah, artinya Allah Sayang sama kita. Adanya masalah berarti Allah Sayang dan cinta sama kita, Allah ingin mendidik kita menjadi pribadi yang hebat dan luar biasa. Karena manusia yang luar biasa dan hebat tidak terlahir dari ketenangan, tapi terlahir dari gelombang, ujian, cobaan, ataupun masalah yang datang silih berganti.

Jadi, sebenernya segala kejadian buruk atau hal negatif lainnya yang terjadi pada kita disebabkan oleh kita sendiri. Disebabkan oleh pikiran dan sugesti kita sendiri. Ketika Kita mensugestikan hal yang negatif, itulah yang akan terjadi. Oleh karena itu, Kita harus menghilangkan pikiran negatif itu dari dalam diri kita. Berubah memang nggak bisa sekaligus. Sekali coba langsung berhasil. Nggak. Semua ada tahapannya. Begitu juga dengan menghilangkan pikiran negatif. Nggak bisa sekali coba langsung hilang. Apalagi kalau kita sudah terbiasa untuk berpikir negatif pasti akan membutuhkan waktu untuk mengubahnya menjadi pikiran positif.

Untuk berubah jadi lebih baik, Semua ada prosesnya. Semua ada tahapannya. Sekali mencoba. Gagal. Coba lagi. Jangan menyerah. Percaya deh, hidup kita nggak selamanya diliputi kegagalan, ada masanya kita berhasil. Mulailah dengan perlahan. Mulailah tahapan-tahapan dari yang mudah. Karena sesuatu hal yang jelek, hal yang negatif jika kita sudah biasa melakukannya pasti akan sulit untuk dirubah. Bisa berubah, asal dipaksa. Dan nggak ada salahnya memaksakan diri untuk melakukan perubahan yang positif. Semangat terus ya, Semoga bermanfaat dan kita bisa mengurangi pikiran-pikiran negatif yang menyelimuti dunia ini ^^

4 thoughts on “Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

  1. Sip. Tips nya keren skli.

    Tp satu pertanyaan, klau hal buruk udah bnar2 terjadi, diselingkuhin psangan misalnya, bgmn? Ap pikiran positif ttp harus dimiliki? Menganggap itu gak pernah ada, misalnya? 🙂

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s