Be Missed My Lovely Dog, Novhy

 

be missed my lovely dog, Novhy…

My lovely…

My little friend…

How are u?

What you happened?

My lovely…

My little friend..

My beloved twin..

Are u happiness now?

Are u seeing me?

Do you know what I’m doing now?

Yes, I missing you..

My lovely..

My little friend..

My dog..

Novhy..

yups, sekarang lagi kangen. kangen sama temen masa kecil. satu-satunya temen yang aku anggap kembaran (karena waktu kecil aku pengen banget punya kembaran). tapi sayangnya aku gak terlahir kembar. bahkan sekarangpun jadi terobsesi juga punya anak kembar. haha. temenku yang penurut. baik. dan selalu mengikutiku kemanapun aku pergi~~

kenangan banget. sumpah. temenku itu aku masih inget warnanya coklat kekuningan. aku pelihara (waktu itu minta sama tante, istri adeknya bapak). untung sodaranya banyak, jadi boleh kuminta satu. hehe. sebelumnya aku pernah bilang kan, kalo aku terobsesi sama binatang berbulu halus. seperti kucing, kelinci ataupun anjing. guk guk. hehe. aku pelihara Novhy, dari dia umur satu bulan. masih unyu kan. masih kecil banget. jahat juga aku pisahin dia dari ibunya. tapi yah mau gimana aku suka banget sama dia~~

singkat cerita, dengan sedikit ‘merengek’ akhirnya aku diijinkan ‘bawa pulang’ Novhy. tapi janjinya aku harus rawat Novhy. siap bos. hehe. dan sejak saat itu, Novhy resmi jadi milikku dan kuberi dia nama Novhy. ini udah lama banget waktu aku berumur 3 tahunan sih. masih belum sekolah. hehe. masih kecil. masih gak tau kalo melihara anjing, khusus orang Islam itu dilarang karena dapat menyebabkan najis. yah orangtua aku juga gak ada ngelarang. karena mereka juga gak tau. pengetahuan agama mereka kurang soalnya. dan aku juga hanya berpikir, novhy itu imut, lucu. aku cuman mau melihara. mau jadiin temen aja. karena aku kecilnya gak punya temen~~ *merana banget masa kecil aku, temen aja gak punya~~ haha.

aku seneng banget waktu itu. dapet temen baru. aku bener-bener rawat dia. rajin aku kasih makan, di minumin susu, main bareng, tidur bareng, sampe aku pernah tidur di novhy *maafff teman~~. hari berganti minggu, minggu berganti bulan, dan bulanpun berganti tahun. di tahun berikutnya novhy udah dewasa. badannya juga gede banget. dia gendutttt. hehe. lucu aku ngeliatnya. sampe aku peluk-peluk dia. kuajak tidur bareng. bahkan karena keseringan dirumah daripada ditanah, novhy tumbuh menjadi anjing yang elegan. haha. jadi dia itu gak mau kalau disuruh tidur di tanah. dia sukanya tidur di kasur, ditempat yang nyaman. di tempat yang bersih. wah. sombong juga lu novh.. haha. kalah yang punya 😀

aku pelihara novhy, dari hari ke hari dia semakin tumbuh dan tumbuh. besar, penurut dan lincah. bahkan dia juga selalu ikut kemanapun kami pergi. lucunya itu ya kayagini. aku selalu jadi buntutnya bapakku. sementara novhy selalu jadi buntutku. lucu aja. coba deh bayangin gimana jadinya kami bertiga jalan bareng. saling buntut-membuntut. ekor-mengekor. lucu kan haha.

sampai suatu ketika. aku dan bapak jualan rambutan di pinggir jalan. aku ikut cuman mau liat mobil waktu itu. hehe namanya juga masih kecil pasti suka liat mobil yang jalan-jalan. aku juga kaget pas liat novhy tiba-tiba nyamperin kakiku. dia ngelus-ngelus kakiku. maju-mundur. hehe geli. aku pikir novhy minta di elus, akhirnya aku kasih tanganku. ceritanya mau ngelus dia. eh malah tanganku yang dijilatin sama dia. aku kaget akhirnya aku laporin sama bapak. bapak bilang mungkin dia mau ngomong sesuatu sama kamu. lah aku heran, gimana caranya anjing ngomong. yang sering kudengar cuma kata-kata guk guk guk. aku gak pernah dengar dia ngucapin kata yang lain selain itu.

setelah dia jilatin tanganku, dia menggonggong tuh di depanku sambil duduk. guk guk guk. berkali-kali. aku juga jadi mikir yang sama kayak bapak. oh mungkin dia lagi ngasih tau sesuatu ke aku. cuman ya namanya juga aku. manusia yang gak paham sama bahasa binatang jadi aku cuman bisa guk guk balik deh ke novhy. seolah-olah mainan. sahut-sahutan sama novhy. ribut banget pokoknya. tapi setelah itu aku gak ngerti. karena novhy gonggongnya makin kenceng dan makin cepet. bahkan dia gak cuman duduk aja tapi sambil lari bolak-balik. aku sempet tanya dia mau apa. dia cuman guk guk sambil lari. terus aku liatin dia. aku diemin. eh ternyata dia balik lagi dan melakukan hal yang seperti tadi lagi. berkali-kali pokoknya. sampe aku capek mainan sama dia.

entah apa, mungkin novhy lelah guk guk sambil marathon wkwk. maksudnya bolak balik hehe. waktu itu aku juga lelah. jadi aku milih baring sambil meluk guling. karena aku gak bisa tidur kalo gak ada guling. hehe. aku pun sempet intip novhy yang jalannya pelan. aku juga sempet liat dia loncat-loncat. main sendiri. diam. tanpa berkata-kata. gak guk guk gitu. dia cuman main. dan diem. duduk. rebahan. duduk lagi. jalan-jalan bolak balik lagi. sambil ngibas-ngibasin ekornya yang mungil. maksudnya pendek hehe. aku cuman senyum aja liat novhy waktu itu. seneng aja liat novhy mainan sendiri. sedih juga. karena aku lelah. aku ngantuk. dan aku mau tidur.

pas udah mau merem. aku masih sempet liat novhy. terakhir aku liat dia jalan pelan sambil duduk terus nyebrang. gak jauh lah dari pondok tempat aku jualan. waktu itu emang lagi hening sih. jalanan lagi sepi. mungkin itu juga alasan novhy milih nyebrang pelan-pelan. eh, tanpa di duga dan disangka-sangka ada sebuah mobil. aku lupa mobil apa. gak liat jelas. karena aku udah mau merem aja. udah gak kuat nahan ngantuk. dia jalannya laju banget. om supirnya itu asem. mentang-mentang jalannya sepi. sendirian aja. seenaknya aja ngebut-ngebut. gimana coba nasip orang kalo ada orang atau nenek-nenek yang nyebrang tiba-tiba dia lewat? gak kebayang kan? yang ada ilang nyawa orang. woyyy om gak liat apa novhy lagi nyebrang??????

tiba-tiba terdengar BRUKKKKKKKKKKKKKKKK!!! sumpah kaget aku sama bapak. langsung bangun. langsung seger mataku. udah gak ngantuk lagi. aku heran. aku pikir mobilnya tadi masuk jurang. ehhh ternyata malah berenti pas ditengah-tengah jalan. karena rasa penasaran yang cukup tinggi, akhirnya aku datengin tuh mobil. aku penasaran omnya nabrak apaan. aku juga sempet ngeliat sekitar. nyari novhy. aku pikir dia udah masuk hutan. ya udah aku putusin buat liat ke depan mobil omnya. penasaran mau liat apa yang ditabrak.

sumpah kaget banget aku pas ngeliat. aku gak bisa ngomong apa-apa lagi. lemes rasanya pas ngeliat. aku cuman bisa teduduk sambil nangis. sambil ngomelin omnya juga. hiks, saat itu aku liat novhy udah dalam posisi terbaring bermandikan darah. novhy langsung meninggal ditempat. dia ninggalin aku untuk selamanya. dia mati tepat di depanku. pas banget dipelukanku. karena sebelumnya pas aku nyusulin novhy masih gerak. pas dia udah gak gerak lagi. aku liat tetesan airmata novhy. ternyata novhy nangis. liat itu aku jadi nangis juga. nyaring banget. anjing kesayanganku. temen kecilku. temen yang udah aku anggap kembaran itu. sekarang dia udah pergi selamanya. hiks… sedih rasanya. aku gak punya temen lagi. saat itu aku cuman bisa ngomelin omnya yang udah nabrak novhy.

habis omnya minta maaf sama bapakku. dia bantuin kami ngubur novhy. hiks. sedih liat novhy dimasukkin dalem tanah. gak terima rasanya. karena baru main sama novhy. malah ditinggal pergi selamanya. setelah itu bapakku bilang. mungkin tadi yang novhy jilatin tanganku, mungkin dia mau ngucapin selamat tinggal. cuman karena dia gak bisa ngomong. dia cuman bisa gonggong. emang sih. dia juga agak gelisah ku liat. yah, bapak bilang ikhlasin aja. biar novhynya juga tenang dan bahagia di alam sana. doain aja novhynya kata bapak. akupun nurutin kata-kata bapak.

semenjak novhy meninggal. aku jadi murung. sedih banget. siapa sih yang gak sedih kalo kesayangannya meninggal? gak ada kan? semua pasti sedih kan? begitu juga aku. bahkan, padahal aku punya adik cowok. yang nyata bisa diajak main dan ngobrol. yang tentunya aku lebih paham bahasanya daripada bahasa novhy. tapi ya mau gimana. rasa sayang mengalahkan segalanya. aku cuman bisa sedih. nangis. dan meratapi novhy. itu terjadi selama seminggu. dan aku juga kasian liat anak-anaknya novhy. waktu itu novhy baru aja ngelahirin. jumlahnya 3 ekor. warnanya mirip novhy semua. jadi makin sedih liat warna mereka yang sangat mirip. umur mereka juga baru seminggu. kasian. baru seminggu mereka udah piatu.

dan sejak kejadian itu, aku udah gak mau pelihara anjing lagi. aku takut kejadian yang sama terulang lagi. akhirnya anak-anaknya novhy aku kasih semua ke tetanggaku. biar diurus sama mereka 🙂. maaf ya nov… aku trauma. aku masih shock liat kamu meninggal di pangkuanku.. aku harap kamu bahagia dan kita bisa ketemu di akhirat nanti.. aamiin 🙂 sumpah kangen banget sama novhy.

begitulah. ketika kita memiliki binatang peliharaan. yang merupakan hewan kesayangan. yang kita cintai. yang kita sayangi. kita rawat dan selalu kita jaga. bahkan, rasa cinta dan sayang itu mampu mengalahkan segalanya. rasanya gak mau ngelepas pergi. siapa sih yang bisa begitu aja dengan mudahnya melepaskan sesuatu yang dia cintai dan sayangi? bahkan udah dirawat, dibesarin. ibarat dirawat dari kecil sampe tua sama-sama. gak ada kan yang bisa dengan mudah dan cepet ngelepasin pergi? itu gak mudah dilakuin. move on itu gak gampang. nah, terkadang hikmah dari rasa sayang itu kita rasakan sekali. rasanya tenang banget kalo udah menyayangi ciptaan Allah. seperti anjing tadi. meskipun dia menimbulkan najis, haram, dan mencegah malaikat rahmat dalam menaburkan rahmatnya, tapi dia tetep ciptaan Allah 🙂 yang juga punya hak untuk kita cintai dan sayangi sebagai peliharaan ciptaan Allah. aku kecil dan keluarga, dulu kami sama sekali gak tahu tentang anjing. makanya kami adem ayem aja pas melihara mereka. aku juga gak tahu kenapa gak boleh 🙂 tapi seiring berjalannya waktu, banyak kajian ilmu agama yang aku dengar dan pelajari. aku juga belajar tentang anjing. dan memang benar. kalo orang Islam dilarang melihara anjing karena katanya malaikat rahmat gak mau masuk ke rumah. astagfirullah… maafin aku ya Allah… dulu gak tau.. sekarang udah gak lagi melihara hewan itu. karena udah tau kalau di larang.

Islam itu indah. selain mengajarkan cinta dan kasih sayang. baik terhadap sesama manusia maupun terhadap ciptaan Allah yang lain seperti pepohonan, binatang, dll, Islam juga mengajarkan tentang adab dan kesopanan. tentang etika. yang membuat kita menjadi pribadi yang baik. banyak banget ajaran Islam yang kalau kita terapkan, akan membuat diri kita tumbuh menjadi pribadi dewasa yang sholeh dan sholehah. semoga selalu dalam bimbingan Allah, dan semoga selalu istiqomah 🙂

Islam is religions straight. he teach love and affection. not only to fellow man, but also the creation of God others, like the trees, a and so forth…

 

Iklan

Flashback Story (When I’m Born)

hyyyy,,,,

di postingan kali ini, aku mau cerita tentang born progress. proses kelahiranku, sampai pemberian namaku. sebelumnya maaf ya kalau agak panjang. karena ini adalah throwback story of my self. hehe. tiba-tiba kangen waktu masih bocah soalnya 😀

IMG20150828140022.jpg10 Oktober 1995, 21 tahun silam (hampir 22 malah) 🙂 aku dilahirkan di dunia. Di salah satu Kota di Kalimantan Selatan, Barabai. Dari Rahim seorang Ibu yang luar biasa 🙂 sesosok (?) bayi yang mungil, tidak terlalu putih, rewel dan cengeng itupun di beri nama ‘Siti Hasmah’, yang artinya aku juga kurang faham hehehe. suatu ketika aku pernah bertanya pada mama (panggilan saya pada ibu, sosok malaikat tanpa sayap yang telah menghadirkan aku ke dunia ini):

” ma, kok namaku Siti Hasmah? artinya apa?”

” yang jelas itu bagus aja artinya. kalo ditanya arti, mama juga kurang tau. waktu kamu lahir mama gak spontanitas ngasih kamu nama, karena mama bingung. masih milih nama yang bagus. tapi 5 hari belom ketemu juga, karena mama bingung. banyak pilihan. nah, pas mama lagi bingung-bingungnya, gak sengaja dengar qori’ah ngaji, namanya Siti Hasmah, waktu zaman mama dulu. makanya mama kasih kamu dengan nama yang sama seperti beliau, supaya kamu juga ngajinya pinter nak”

alhamdulillah, ucapku. hehe. kenapa? walaupun diberi nama yang sama dengan nama seorang Qari’ah yang terkenal di zaman mamaku, tapi mengetahui fakta dari penjelasan mama, jujur sama sekali gak bikin aku sebel kok sama mama. justru aku seneeeeeeeeeeeeeeeeng banget *hehe panjang banget, excited effect ~~, soalnya meski kami belum tahu banget (bahkan sampai sekarang) tentang arti namaku yang sebenernya, tapi justru di balik itu tersimpan sebuah harapan dari mama, yaitu ingin aku menjadi Qari’ah. subhanallah, harapan mama. do’a mama. disaat memberiku nama.

someday, lagi duduk santai sama bapak, biasa aku kecilnya deket banget sama bapak hehe. kemana-mana selalu ngebuntut bapak, gak dirumah. ke pasar. ke sawah. pokoknya kemanapun hehe. mungkin sebutan dulu anak bapak kali wkwkw 😀, waktu santai itu aku sempet nanya sama bapak:

” pak, kenapa waktu aku lahir bukan bapak yang kasih nama? bapak gak nyiapin nama untukku?”

” nyiapin kok sebenernya. cuman kan gimana, kamu lahirnya di Banjar, bapak di Samarinda. bapak aja gak ada, waktu kamu lahir. jadi ya keduluan mamamu yang kasih nama. terus kan langsung di tasmiyahin sama nenekmu di sana. jadi namanya bapak simpen aja. siapa tau kamu punya ade cewek nanti”

” beneran pak? emang namanya siapa?”

” Halimatus Aisyah”

” wah cantik banget namanya. mungkin kalo ada bapak, akulah yang punya nama itu”

yups, cantik banget bapak nyiapin nama untuk aku. hufttt… seandainya ada bapak di Banjar waktu aku lahir pasti aku udah jadi pemilik nama cantik itu.. *yah mau gimana, bapak kerja. mama juga tanda-tanda mau ngelahirin aku gak keliatan katanya, tiba-tiba sakit perut langsung lahiran bahkan 5 menit sebelum susternya (yang mau bantu ngelahirin) dateng *ahhhhhh, bu suster telat~~ aku keburu lahir bu~~ hehe. jadi aku adalah bayi mandiri wkwk. bayi yang waktu itu lahir sendiri. mungkin waktu itu aku gak sabar mau liat dunia hahaha.

waktu bayi, kata orang-orang (keluarga besar mama di Banjar) aku punya julukan “Siti Karaoke” *aseeeeemmmmm lu pikir aku lahir langsung nyanyi~~~. julukan itu bukan berarti aku lahir langsung bisa nyanyi. bukan loh ya. sama sekali bukan itu. haha. tapi julukan itu di kasih, karena aku waktu masih di Banjar (ketika waktu baru lahir) akunya ‘penangisan’ (bahasa Banjar) alias cengeng. udah itu aku nangisnya kenceng banget sampe tetangga kiri kanan denger semua. *ehh busettt aku kaget dengernya akhirnya aku cuman bisa ngakak wkwk~~. nenek aja sampai bingung mau nenangin. mama udah takut karena selain aku nangisnya gak berenti-berenti. di sanping rumah nenek pas itu ada rumah yang anak dari pemilik rumah itu gak waras. alias gila. dan waktu aku cengeng nangis kenceng itu pas orang gila itu lagi musim ngamuk-ngamuknya. mamaku serem dan takut. akhirnya aku dibawa kabur mama seayunannya 😀 ke tempat Uwa (sebutanku untuk kakaknya mama). aku dan mama akhirnya tinggal di rumah Uwa selama seminggu. setelah rada aman, mama mutusin bawa aku ke Samarinda (sebenernya gak Samarinda tapi Kilo tepatnya di Batuah) buat nemuin aku sama bapak, karena mama capek dengar aku siang malam gak berenti nangis *ehhh sumpah nyusahin banget yah aku wkwk~~. mama harap aku berenti nangis pas ketemu bapak. akhirnya aku dan mama pergi di anter nenek. waktu itu umurku baru 2 bulan. wkwk masih bayi udah betingkah yah aku 😀

kami naik bis. bahkan di bis itu aku gak tenang. nangisku malah tambah kenceng dan yahh akhirnya mama sama nenek gak tidur semaleman buat jagain aku *eh sumpah nyusahin banget ya wkwk~~.

keesokan harinya (karena perjalanan yang harus ditempuh itu semaleman), kami bertiga sampai ke Batuah di kilo 23 (ke Rumah nenek juga, adenya neneknya bapakku). Nenek di Batuah seneng banget. bapak aku juga seneng banget. terus aku di peluk deh. dan tangisanku ilang deh. aku udah gak cengeng lagi. ternyata aku cengeng karena kangen bapak. gegara semenjak lahir sampai 2 bulan aku gak pernah liat sosok bapak. namanya juga anak sama bapak. feeling anak itu pasti kuat sama bapaknya, jadi dia pasti tau kalau yang nge-gendong itu bapak kandungnya atau bukan.

dan semenjak hari itu, aku udah gak pernah nangis lagi kata mama. aku nangisnya paling kalau lapar, haus, buang air besar atau buang air kecil. karena udah gak cengeng lagi nenekpun balik ke Banjar. yah. waktu itu aku gak tau sih. gak tau sedih itu gimana. gak tau cara merasakannya. karena aku masih bayi. wkwk. mungkin semenjak deket sama bapak aku merasa lengkap haha. dan akhirnya kebawa deh sampe aku gede deketnya tetep sama bapak. sayang banget sama bapak. mama juga. mereka berdua gak pernah marahin aku. kata mama aku kecilnya suka bereksperimen haha seperti main di lumpur *eh busett jorok banget aku, gak elegan ahh~~ haha.

seneng banget. punya mama dan bapak yang lengkap. sampai kurang dari 2 tahun aku punya adik. cowok. namanya Muhammad Husaini. iyaloh kami bedanya gak nyampe 2 tahun. kurang 4 bulan lah. oh ya, throwback lagi. aku kecil obsesi banget loh sama yang namanya binatang berbulu kayak kucing sama anjing. mereka itu udah kayak temen-temenku. dulu waktu kecil aku gak punya kucing. yang kupunya anjing, namanya Novhy. ntar aja yah kuceritain, gimana dia jadi hewan kesayangan ku. my lovely dog. ntar yah, ntar dipostingan khusus Throwback juga.

setiap anak yang terlahir ke dunia, fitrahnya suci. maka dari itu, berilah mereka dengan nama yang baik yang didalamnya terdapat doa dan harapan setiap orangtua. tau kan? dalam Islam Nama itu adalah doa. jadi kasih nama itu dengan nama yang baik. pelajaran ini, dengan namaku sekarang aja aku udah seneng. inspirasi banget dari orangtuaku. mereka gak langsung kasih aku nama dengan sembarang nama. tapi dipikir dulu. selain indah. artinya juga harus bagus. relate. dan mengandung doa 🙂. pelajaran ini bagi setiap orangtua. baik yang udah jadi orangtua, calon orangtua, atau yang belum pernah jadi orangtua sama sekali 🙂

for your children, give them the name of the good, the meaningful and contain prayers and give also a good educationn to guided his life 🙂

Love Yourself

Love Yourself as Much as You Want Your Soulmate to Love You

Elizabeth Daniel-

haiiiii 😀

and then, I’m Back Again 😀 semoga enggak bosen ya sama postingan-postingan aku yang…. yaa begitulah, tiada kurang dan tiada lebih selain isinya curhatan seorang mahasiswi labil yang masih belom menemukan tujuan hidup yang jelas mau jadi apa -_- tapi berusaha untuk jadi diri sendiri kok 🙂 *puter lagu kun anta*

entah kalian sadar atau enggak 😀 inspirasi aku dalam menceritakan semua curahan hatiku disini salah satunya adalah lagu. sebuah lagu yang entah itu good if you hear it atau memang berkaitan langsung sama diriku. kehidupanku. ada? ada banget, walaupun yang kebanyakan gak abis satu lagu sih 😀 hanya di lirik-lirik tertentu yang ah… ini aku banget.. 😀 makanya enggak heran kan kalo kadang judul postingan pun judul lagu.

kalo kalian gimana?

contohnya judul lagu di atas 😀 tau enggak lagunya siapa? yupsss, Justin Bieber 😀 secara personal sih aku bukan penggemar beratnya Justin Bieber, Justin Timberlake, atau Justin yang lain :D, aku suka juga sekedarnya saja. bukan yang sering mereka bilang dengan istilah ‘kepo’ seperti para fans-fans diluaran sana 😀 aku suka karena lagunya bagus, ada beberapa lagu tertentu yang memang bagus dan recomended buat di dengerin, salah satunya ini, Love Yourself.

Love Yourself sendiri, aku baru tau setahun ini 😀 kenapa? karena aku baru mulai membuka hati untuk mendengarkan lagu barat 😀 itupun juga sampe sekarang masih suka pilih-pilih 😀 tergantung liriknya dan yang terpenting nadanya sih, karena aku kan gak begitu ngerti artinya 😀 ntar apa kata orang rumah kalo aku nyanyi lagu barat tiba-tiba 😀

Dear Self, i’m sorry for all the mean things i said i love you

Love Yourself.

aku baru sadar, kalo mencintai diri sendiri itu sangat amat penting. dan yang terpenting adalah salah satu langkah awal menuju sukses. bagaimana bisa dicintai orang lain, jika dirimu saja tidak mencintai diri sendiri. kurang lebih seperti itu.

kadang. ada hal-hal tertentu yang membuat kita lalai dan lupa untuk lebih mencintai diri sendiri terlebih dahulu. salah satu faktornya adalah galau. entah itu karena patah hati, putus cinta, cinta bertepuk sebelah tangan, beranggapan tidak diperdulikan oleh orang lain, dan banyak lagi alasan-alasan galau yang lain. seringnya, galau membuat diri kita lupa untuk mencintai dan menghargai diri kita sendiri. kenapa? terkadang ada yang ketika galau jadi males makan, mager mau ngapa-ngapain, ogah ngurusin diri, yang lebih parah udah males hidup!. ada? ada lah 😀 di luar sana banyak 😀

aku sendiri pun pernah dalam fase-fase galau yang membuatku berfikiran ‘lebih baik aku tidak ada lagi di dunia ini’ 😀 itu adalah pemikiran terbodohku yang pernah menghinggapi kepala ini 😀 tapi ada hal-hal yang menyadarkanku, bahwa memaksa diri untuk mati bukanlah sebuah pilihan yang bagus. yang ada malah dosa. tapi, apapun masalahnya kita harus berani hadapin itu. ini hidup kita. apapun yang kita lakukan. terima resikonya. itulah jalan hidup.

jika kamu berupaya untuk mencintai diri sendiri tapi gak tau caranya gimana, gak ngerti harus mulai dari mana. nih, aku kasih tau caranya sumber langsung dari pinterest yaa 😀

Love yourself enough to set boundaries. your time and energy are precious. you get to choose how you use it. you teach people how to treat you by deciding what you will and won’t accept.

Anna Taylor

dan ini adalah langkah awal untuk mulai mencintai dirimu sendiri:

1. Fix What Needs to be Fixed

pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah tanya dirimu sendiri terlebih dahulu. apa yang membuatmu berhenti atau belum mencintai dirimu sendiri? renungkan jawabannya dan tanya kembali dirimu apa yang akan terjadi selanjutnya jika kamu mengubah atau menerima apapun jawabanmu. intinya adalah kamu harus mem-fix-kan apa yang harus kamu butuhkan untuk langkah awal mencintai dirimu sendiri.

2. You aren’t perfect

pikirkan dan renungkan. bahwa diri anda tidak sempurna. jika dirimu menunggu sampai menjadi sempurna untuk bisa lebih mencintai dirimu, maka yang akan kamu dapatkan hanyalah menunggu selamanya. karena sampai kapanpun, kamu tidak akan pernah menjadi sosok yang sempurna. so, karena kamu merasa tidak sempurna, pikirkan siapa yang akan mencintai diri anda selain anda sendiri?

3. Get to Know yourself

selanjutnya adalah cari tau siapa dirimu yang sebenarnya dan apa yang kamu inginkan/harapkan. temukan apa yang kamu yakini dan cari tau apa yang menjadi nilai-nilai tertentu dalam dirimu.

4. Forgive Yourself

ini penting. memaafkan diri sendiri. pergilah dari masa lalu. lepaskan semua perbuatan burukmu. kurangi atau hilangkan rasa malu-mu. terkadang ada suatu kejadian yang mana membuat kita berpikiran ‘aku tidak akan memaafkan diriku sendiri’. pernah berpikir seperti itu? memaafkan diri sendiri itu sebut saja dengan move on. dari dirimu yang masih jahiliah ke yang lebih baik lagi. tiga hal yang di bold di atas, harus benar-benar kamu lakukan jika memang kamu ingin berubah menjadi lebih baik. dan yang terpenting adalah selalu terbuka untuk memaafkan diri sendiri. karena dalam hidup ada proses yang disebut perubahan.

5. Practice Self Care

luangkan waktu untuk melakukan sesuatu untuk diri sendiri. misalnya melakukan perawatan diri adalah salah satu bentuk self care karena kita mencintai diri kita. satuhal yang harus diketahui adalah mencintai diri sendiri dan merawat diri adalah satu hal yang berjalan beriringan.

6. Don’t Give Up

apapun yang kamu lakukan dan rasakan, jangan pernah menyerah. terutama untuk diri dan hidupmu. walaupun kamu sedang merasa frustasi atas satu hal, jangan pernah berpikiran ‘aku harus menyerah’ tapi, lakukan dengan semangat, karena apa yang kamu lakukan sekarang, hasilnya akan kamu dapatkan di masa depan.

itulah tadi beberapa cara awal untuk mulai mencintai diri sendiri. percaya kepada diri sendiri. optimis bahwa kita pasti bisa melakukan apa yang ingin kita lakukan.

hiduplah seperti apa yang kamu inginkan. jangan terintimidasi oleh orang lain yang membuatmu tertekan. karena hidupmu adalah urusanmu sendiri. cintai dirimu dan jangan biarkan orang lain menyakitinya. karena kamu berhak untuk bahagia.

dan yakini jika kita telah banyak mencintai diri kita sendiri, kedepannya orang lain pun akan sangat mencintai kita.

jika saat ini, masih ada orang yang menyakitimu, kembali tanyakan dirimu sendiri, sudah seberapa banyak kah kau mencintai dirimu sendiri? karena tidak mustahil bahwa hidup di dunia ini adalah hukum alam.

sekian dan terimakasih.

semoga bermanfaat.

Cause if you like the way you look that much, Oh baby you should go and love yourself

And if you think that I’m still holdin’ on, to somethin’ You should go and love yourself

Justin Bieber ‘Love Yourself’

 

 

 

Beautiful Life (Bahagia, itu dari Diri Kita Bukan Orang Lain)

Hi ^^

I’m Back Again..

Sebelum mulai cerita, mungkin aku mau nyanyi dulu kali ya 😀

Bersyukur kepada Allah..

Bersujud sepanjang waktu..

Setiap langkahku, setiap nafasku..

Di iringi oleh Rahmat-Nya..

Alhamdulillah Wasyukrulillah

Bersyukur pada-Mu Ya Allah..

Kau Jadikan kami Saudara

Indah dalam Kebersamaan…

1452929988457

Yups, aku demen sama lagu yang dinyanyiin ka Rachel Amanda bareng sama Oppick, Oppick merupakan penyanyi lagu religi Indonesia favorit aku selain Sulis dan Hadad Alwi. sewaktu aku masih kecil, aku juga banyak ngoleksi mp3 Oppick, Sulis, dan Hadad Alwi. Lagu yang tadi aku nyanyiin itu judulnya ‘Alhamdulillah’ / bersyukur. Kenapa? aku ngerasa bersyukur banget sama Allah karena akhir-akhir ini aku ngerasa bahagia.

Walaupun aku gak tinggal bareng Orangtua kandung aku, tapi aku tetap bisa bahagia kok tinggal sama keluarga angkat aku, dan keluarga angkat ini gak jauh-jauh kok, masih punya hubungan sama mama gue, beliau adalah tantenya mama. Aku ngerasa bersyukur karena bahagia. Aku yakin Allah pasti memberikan kita kebahagiaan, cuman caranya berbeda-beda di setiap orang.

IMG20160116155016.jpg

aku, udah tinggal sama beliau lama banget, akrabnya sih aku sapa ‘nenek’ dari usia aku 5 tahun, waktu itu tahun 2000, aku udah di anter mama ke Samarinda, tempat tinggal nenek. Kenapa aku di anter mama? Karena, di daerah tempat gue tinggal (bukit Soeharto) dulunya belum ada sekolahan, padahal usia aku bentar lagi harus masuk sekolah. Maka dari itu, mama anter aku ke Samarinda, dan tinggal sama nenek, tujuannya biar bisa sekolah. Karena aku yang dari kecil udah suka sama yang namanya belajar, aku dulu sering main sekolah-sekolahan sama mama dan adik aku. Oya, aku belum cerita, kalo aku punya seorang adik yang usianya lebih muda 2 tahun dari aku, karena kita gedenya gak tumbuh bareng, kita gak pernah berantem atau apalah. Karena gak serumah, otomatis yang ada rasa kangen yang segunung. Saat pertama-pertama aku tinggal sama nenek, itu aku kangen banget sama keluarga dan aku sampe nangis, tapi segera di bujuk nenek, dan lama kelamaan aku pun terbiasa tinggal sama nenek. Sampai sekarang tahun 2017, dan aku udah kuliah semester 8.

Balik lagi. Tak terasa, 16 tahun sudah sejak kedatangan diriku ke Samarinda, waktu itu di usia yang sangat kecil, 5 tahun saat memutuskan untuk berpisah dari kedua orangtua dan adik yang sangat aku cintai. aku tinggal sama nenek hingga sekarang. Seseorang yang aku panggil ‘nenek’ walaupun aku tau sebenernya kalau beliau bukanlah ‘nenek kandung’ aku.

Setiap waktu. Setiap tahun. Setiap bulan. Setiap minggu. Setiap jam. Setiap menit. Bahkan setiap detik yang berlalu selalu aku habiskan dengan ‘membuntuti’ nenek kemana-mana. Habsy, Sholawat, ngaji, TPA. Begitulah keseharian aku sejak kecil hingga sekarang. Sejak kecil aku udah di tanamkan pelajaran agama sejak dini. Karena aku masih kecil, enak buat di asupin ajaran yang bener. Biar terbiasa dengan agama sampai tuanya. Dengan hasil didikan nenek itu, aku pun tumbuh secara islami, sobat. Mau ngapain aja selalu berlandaskan islami :D.

Waktu yang terus berjalan, membuat aku ngerasa gak ‘kerasaan’ aja tahun-tahun yang udah berlalu, karena emang aku gak ngelakuin banyak hal. aku pernah dengar ceramah agama, kalo kita hidup dengan ‘gak ngerasa’ dengan waktu yang udah berlalu, itu artinya kita kurang ngelakuin hal-hal baik yang membuat waktu terasa untuk di kenang. Bener, sedari kecil aku hanya menjalani waktu sekolah, sekolah, dan sekolah. Gak ada hal lain yang aku lakuin di rumah, selain ngebuntutin nenek kemana-mana. Itu, sebabnya aku ngerasa waktu cepat berlalu, tanpa ada banyak hal bermanfaat yang aku lakuin.

Sekarang aku sadar, makin kesini usia aku makin bertambah tua, walaupun rillnya dari Allah jatah usia aku hidup di dunia makin berkurang setiap harinya. Dan aku juga bertambah dewasa di usia 21 tahun ini. aku udah di awal kepala 2, udah saatnya bagi aku untuk ‘berproses’ menjadi makhluk yang lebih baik. aku harus banyak berbuat baik selama sisa umur ini. Karena aku gak tau sampai kapan Allah memberikan jatah umur pada aku untuk hidup di dunia ini.

Nah, aku cerita lagi. Ketika aku mulai masuk kuliah. aku kan tinggal di asrama, nah aku udah gak islami-islami banget lagi. Apalagi setelah ketular ‘virus’ KPOP sama temen sekamar aku. KPOP itu adalah pencinta segala hal-hal yang berbau dengan ‘Korea’ 😀 pokoknya semenjak itu, keseharian aku gak pernah lepas dari yang namanya virus ‘ngepoin’ kehidupan bias 😀 bahkan sekarang saking sukanya dengan para bias, aku pernah membuat blog  yang mereview hal-hal yang bias gue suka, tapi udah aku hapus. dulu tujuan aku buat blog khusus KPOP adalah berharap bisa berbagi informasi dengan kalian. Ketika aku mendapatkan sebuah informasi, aku gak mau menikmatinya sendirian. Makanya aku mau bagiin informasi-informasi yang aku dapetin kepada kalian dengan mereview. Itu juga gak sembarangan kok, ada sumbernya, dari wawancara yang mereka lakukan jadi, berdasar fakta yang terucap dari mulut mereka. Alasan, aku ingin berbagi adalah karena aku ingin bahagia. aku bahagia hanya dengan berbagi bersama orang lain. tapi sekarang aku pikir berbagi gak harus tentang Korea Kan? so, aku buat Blog ini, untuk berbagi lebih banyak hal, tidak hanya seputar Korea atau hal yang aku alamin secara pribadi.

Bahagia itu bentuknya banyak sobat. Dan orang lain gak akan tau style bahagia kita itu seperti apa. Hanya diri kita yang tau, karena hanya diri kita yang paling mengerti dan paham tentang kita. Untuk itu, mumpung masih muda, yuk kita cari tau, hal apa yang membuat setiap orang bahagia dalam dirinya masing-masing. Banyak kok bentuknya, ada yang bahagia dengan hobi. Ada yang bahagia dengan berbagi. Dan ada yang bahagia dengan berkeluarga. Banyak kok, kita tinggal menemukan hal-hal yang membuat kita bahagia dengan cara mencari yang cocok dengan kita sesuai keinginan hati kita.

Tentang rencana masa depan aku. Selain sukses lulus kuliah 😀 aku (masih) sangat ingin menjadi penulis dan sutradara. Maka dari itu, 4 tahun terakhir yang aku lalui ini selalu aku berusaha sisihkan waktu buat nulis. Entah nulis apapun itu. Yang terpenting bagi aku adalah membiasakan diri terlebih dahulu. Baru aku bisa menikmati feeling dalam menulis itu. Selain bahagia dengan berbagi bersama orang lain, aku juga bahagia dengan menulis. Hal yang paling sering aku tulis adalah imajinasi bersama bias, tentu bukan di blog, tapi di lembaran HVS biasa. Entah itu berupa fanfiction dengan episode-episode yang panjang atau sekedar khayalan menikah dengan bias. Ya, itulah hal-hal yang aku tulis. Selalu. tapi sekarang udah mulai berkembang semenjak aku berniat dakwah lewat tulisan :D, sudah mulai belajar menulis tentang novel dengan genre religi, semoga kesampaian yah 😀 target besar aku adalah sampai difilmkan :D.

aku punya mimpi menjadi sutradara. Setelah banyak menonton drama korea, akupun mulai menulis untuk calon naskah novel. Jujur, aku udah buat beberapa tapi rata-rata baru separo jalan. aku adalah orang yang mudah bosan. Jadi ketika aku mulai bosan,aku akan menulis hal baru. Untungnya, sebelum menulis naskah itu, aku selalu menulis ponit-point pentingnya terlebih dahulu hingga part terakhir. Sehingga, ketika suatu saat gue mau ngelanjutin lagi gue gak perlu khawatir lupa ceritanya, karena udah gue tulis point/inti cerita di setiap episodenya. cuman yah gak tau. entah kenapa Writer Block selalu tiba-tiba melanda.

Resolusi terbesar aku di tahun 2018 nanti, yang aku ingin itu tercapai pada tahun 2019-2020 ialah berhasil menerbitkan novel-novel dari beberapa naskah aku. Doain aku ya. Dan aku harap novel-novel aku bisa di filmkan, seperti penulis favorit aku, Asma Nadia. aamiin. doa dulu aja kali dicatet sama Allah.

Selagi kita masih diberi nafas, umur, dan waktu, gunakanlah waktu itu dengan sebaik-baiknya. Tentu bukan membuang-buang waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Tapi lakukanlah hal-hal baik/bermanfaat yang bisa kau lakukan. Bukan hanya untuk dirimu tapi juga manfaat untuk orang lain. Karena, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

 

IMG0172AIMG0231AIMG0219AIMG0238A

lepaskan Saja, Let’s Move On

Lepaskan saja bila kau tak bisa bertahan

Kuyakin mampu kau cari kekasih sejatimu

Dia bukan satu-satunya yang ada di dunia

Kuyakin kau bisa hidup bahagia tanpa dirinya

– Raffi Ahmad ‘Lepaskan Saja’

Hari ini, pukul 05.41 pagi, seorang sahabat dekatku mengirim lagu ini via whatsapp 😀

Lagunya sangat-sangat menghibur sekali, thankyou latifahku sayang 😘

Awalnya sih enggak galau sama sekali begitu denger lagu ini kok aku mendadak mewek 😀 tapi meweknya bukan karena broken heart tapi kayak semacam ‘menangisi kebodohanku selama ini yang udah sia-siain waktu bertahun-tahun untuk sesuatu yang gak penting lagi’ 😀.

Setelah dengar 1 putaran lagu ini, setelah meweknya puas pastinya, tertawalah diriku 😀 sambil buka instagramnya si dia wkwk, tenang-tenang bukan mau mewek lagi kok, akunya malah sambil ngakak liat instagramnya.

Kata sahabatku itu, kalo memang sudah tidak sanggup mempertahankan, lepasin aja. Masih ada yang lebih baik dan lebih pantas kok.

Berkali-kali sahabatku memujuk diriku ini agar bertahan sampai wisuda, sampai bisa bicarakan empat mata, tapi sudah terlanjur malas.

Emang sih udah lama pengen menyerah, tapi gak tau apa yang bisa bikin aku menyerah.

Suatu waktu aku ingat, sudah sangat sering aku mendengar kabar tentang dirinya sejak SMA dulu, tapi aku tahan alasanku karena aku percaya dia. Terakhir aku dengar kabar dia seperti itu lagi semester 6 kemarin.

Taulah kan yak 😀 6 tahun kutanam ini rasa, pengen buka hati untuk orang lain gak bisa karena selalu bayangan dia yang muncul di hati ini. Tiba-tiba selalu ada kabar, dia dekat sama ini dan hampir akan jadian 😀 aishh aku loh duluan ketemu dia 😀😀😀

Dan setelah itu aku bertekad, sekali lagi aku dengar kabar seperti itu. Sudahlah. Lepasin aja. Toh dia bukan satu-satunya. Akhirnya kejadianlah, dan aku rasa sudah waktunya aku menyerah.

Kalo ditanya sedih atau enggak, jawabannya pasti tau lah ya, sedih.

Tapi, kalau sedihnya aku sampe baperin bisa-bisa enggak selesai skripsi adek 😀

Untung ada sahabatku, dia menghibur. Sambil ngasih tips2 move on juga.

Move on tuh gak gampang ya, yg 1 tahun aja kadang susah move on nya, apalagi yang 6 tahun kan. Tapi namanya juga usaha.

So, aku coba move on dengan tips-tips yang dikasih sama sahabatku. Ekstrim sih tipsnya, tapi bener juga kalo misalnya gak dilawan gak bakal bisa move on. Ini dia,,,

1. Jangan denger lagu galau, tapi denger lagu yang mendukung keputusanmu

Kata sahabatku, kalau niat move on tapi masih sering dengar lagu galau yang berhubungan sama dia, sama perasaan, hasil terbesarnya pasti gagal move on. So, katanya kalo emang beneran niat move on, dengerin aja lagu yang mendukung keputusanmu boleh juga lagu ceria yang gak ada sangkut pautnya sama perasaanmu. Sekarang udah ada kok lagu yang mendukung keputusanmu salah satunya lagu di awal tadi.

2. Kalau dia muncul di beranda media sosialmu, biarin aja jangan terpengaruh untuk stalk

Kata sahabatku, jangan coba-coba stalking dia meskipun dia ada like atau komentar. Biarin aja, tanamkan prinsip ‘dia bukan siapa-siapa kenapa aku harus sibuk dengan dia’. Kecuali kamu sudah lebih kuat dan rasamu sudah hilang, sudah menganggap dia teman biasa dan kamu yakin itu. Baru kamu boleh stalk. Oh iya tips ini pernah aku coba sebelumnya. Jadi emang gak ada stalk untuk waktu 4-5 tahun. Begitu nemu di beranda, dia sempat like juga, nyoba stalk eh ternyata biasa aja dan ikutan senyum ‘kamu sukses ya sekarang, kamu keren, pasti bangga nih yang jadi istrimu nanti’ dan yang ada cuma perasaan teman biasa.

3. Jangan buang barang-barang yang bersangkutan sama dia

Ininih yang aku bilang ekstrim dan gak biasa. Yang aku tau kalo mau move on kudu buang barang yang bersangkutan sama dia atau hapus semua kontaknya dia. Tapi justru yang temanku bilang sebaliknya. Katanya cuma anak kecil yang mau move on pake acara buang barang-barang atau hapus kontak. Kamu harus tunjukin seberapa dewasa kamu dan seberapa baik-baik saja dirimu. Simpen aja. Jadikan kenang-kenangan. Suatu saat bisa kamu bilang ke anak kamu ‘nak ini hadiah dari teman ibu dulu, karena kami udah gak ketemu lagi’. Gak usah hapus kontak. Apalagi kalau dia temen sekelas. Ntar kalo ada reuni baru tau rasa loh gak tau kabar apa-apa 😀.

4. Jangan lampiaskan sakit hatimu dengan mencari pasangan yang baru

Jangan tanamkan prinsip ‘orang lain harus merasakan apa yang aku rasakan’ itu bukan pilihan yang Bagus. Tapi pilihan yang terburuk. Menyakiti orang lain hanya karena kita pernah disakiti namanya dzolim. Tapi tanamkanlah prinsip ‘orang lain tidak perlu merasakan sakit yang aku rasakan tapi mereka harus merasakan kebahagiaan yang aku rasakan’. So, jangan balas sakitmu dengan mencari hati yang baru, kata sahabatku itu namanya pelampiasan.

5. Udah, Ikhlasin aja

Nah ininih yang terpenting dari semuanya. Udah, ikhlasin aja. Kalau emang kamu niat move on, lepas si dia dengan keikhlasanmu. Jangan ketidakrelaan dengan alasan ‘pas lagi sayang-sayangnya’. Dulu aku berfikir ‘aku bahagia kalau kamu bahagia’ kemudian berubah menjadi ‘aku sedih ketika kamu bahagia’ dan setelah melewati beberapa pencerahan sekarang menjadi ‘kamu bahagia atau tidak, bukan urusanku, karena dalam drama hidupku pemeran utamanya bukan kamu, tapi aku’. Itu sedikit menguatkan dan meyakinkan aku untuk ikhlas melepasnya. Kalau kita ikhlas insyaallah move on pun semakin cepat, sebaliknya kalau rada gak ikhlas gitu resiko gagal move on bakal muncul.

6. Lakukan hal yang bermanfaat

Daripada waktumu habis untuk nangisin si dia, mending lakukan kegiatan yang bikin kamu gak melulu kepikiran sama dia. Bentuknya banyak kok. Kata sahabatku yang pernah dia coba itu:

a. Nonton (jangan film yang bikin baper misalnya drama korea romantis, nontonnya film kartun atau comedy lainnya). 

b. Baca buku (buku apa aja boleh sih asal jangan novel romantis, kamu bisa mulai dengan baca buku motivasi, sadarkan dirimu terlebih dahulu). 

C. Hang out (menjalin hubungan baik dengan teman-teman atau keluarga yang sempat terabaikan, boleh sekedar refresing, olahraga, nge-mall, atau ke pengajian biar tobat). 

d. Makan sesuatu yang bikin hatimu senang (kadang ada beberapa makanan tertentu yang bikin kita senang, contohnya cokelat dan ice cream, tapi sewajarnya aja ya karena kebanyakan ngonsumsi gula tidak baik untuk kesehatan) 

e. Bermain dengan anak kecil atau binatang peliharaan (ini nih sebenarnya buat pengalihan pikiran, tapi kalau lagi bareng anak kecil atau binatang peliharaan jangan sampai ketika kamu marah atau kesal atau badmood mereka yang jadi korban) 

Atau bisa juga kamu lakukan atau buat kegiatan tertentu yang menurut kamu bermanfaat. Misalnya nulis atau bikin video Do It Yourself 😀 *ini sih aku banget*

Itu tadi beberapa tips dari sahabatku yang sedang aku coba jalankan. Bukan satu persatu, tapi sekaligus. Kalo satu-satu move on nya gak kelar kata latifah 😀😀😀. Bener juga sih.

Terakhir, Dan sedikit aku juga suka semacam komentarin lirik lagu 😀 jadi aku akan coba game iseng ini untuk kesekian kalinya 😀 itung-itung hiburan. Aku pake lirik lagu di atas aja 😀😀😀

Kau Tak selamanya tangisi kepedihanmu, hingga kau harus lewati semua waktumu, terdiam meratapi kepedihanmu

Iya Sih bener juga 😀 untuk apa berlama-lama nangisin dan meratapi rasa sakit sampai gak inget waktu. Gak ada manfaatnya selain menguras tenaga. Ujung-ujungnya bikin sakit badan. Masih banyak hal yang bisa kamu lakuin dan bikin manfaat untuk orang lain. Orang yang kamu tangisin bahkan gak tau kalo kamu nangisin dia, sedikitpun mereka tidak perduli. Jadi kenapa kamu harus repot-repot menangis?

Selalu Kutemui wajahmu yang tak bersinar, seolah kau tak mampu hidup kembali, cobalah kau lawan rasa itu. 

Jangan Tunjukin wajah kusutmu dihadapan orang banyak, salah satunya si dia. Apalagi melakukan hal-hal konyol seperti tak ingin hidup lagi.  Kamu harus menunjukkan bahwa kamu baik-baik saja. Lawan aja rasamu yang tidak ingin berpisah dari si dia. Belajar mengikhlaskan dia yang tidak seharusnya. Ingat kamu berhak untuk bertemu seorang yang lebih baik.

Lepaskan Saja bila kau tak bisa bertahan

Ambil Keputusan sekarang juga. Bila menurutmu masih sanggup dan pantas untuk dipertahankan, maka pertahankanlah. Bila sudah tidak sanggup lagi, maka lepaskanlah. Ingat masih banyak yang lebih baik.

Ku yakin mampu kau cari kekasih sejatimu

Jangan berusaha untuk mencari. Tapi berusahalah menjadi orang yang memang pantas untuk dicari.

Dia bukan satu-satunya yang ada di dunia

Bangun Dan sadarkanlah dirimu dari mimpi yang panjang. Dia bukan satu-satunya di dunia ini. Masih banyak yang seperti dia bahkan jauh lebih baik daripada dia, salah satunya adalah jodohmu. Ingat, barangkali dia tidak baik untukmu, tapi baik untuk orang lain. Dan untuk dirimu, pasti bakal dapat yang lebih baik. Buka matamu dan lihatlah dunia dengan hatimu. Maka akan kamu temukan orang-orang yang lebih baik daripada dia.

Kuyakin kau bisa hidup bahagia tanpanya

Ketika Kamu sudah sadar, bahwa dia bukan satu-satunya. Selama kamu belum mendapatkan pasangan, coba dan rasakanlah. Sendiri terkadang lebih bahagia daripada punya pasangan yang statusnya belum pasti. Ada banyak cara yang bisa bikin kamu terbiasa dan bahagia tanpa dirinya. Ingat kamu pantas dicintai oleh orang yang mencintaimu.

Sekian,,, maaf yaa kalo kepanjangan karena emang curhatan sih 😀 dan lagi maaf kalo bagian terakhirnya gak penting, itu hanya sekedar untuk memotivasi dan menguatkan diri saya untuk bangun dari mimpi panjang yang tidak begitu penting, tapi cukup memberikan pelajaran untuk hidup kedepannya.

Hai kamu, terimakasih ya 😀 semoga kita masing-masing dapat pasangan yang baik.

Soundtrack Hidup, Juni 2017, untuk dosen tercinta

Kamu memang jahat telah menduakanku.

Kamu memang jahat telah mengkhianatiku.

Kamu memang jahat tak adil untukku

Kamu memang jahat tak perdulikanku

Teganya engkau wahai kekasihku

ILIR 7 ‘Kekasih Gelap’

Haiiii i’m back again 😀

Tiba-tiba aku jadi rajin posting 😀 setelah sekian lama gak update-update 😀

Soundtrack dalam film adalah lagu pengiring yang dalam sebuah film atau drama, apapun keadaannya, biasanya sesuai dengan momentnya. Bagiku, adalah lagu pengiring yang mewakili perasaan. Begitu pula aku menganggap beberapa lagu menjadi soundtrack dalam hidupku.  Terkadang gak mesti juga sih sesuai sama perasaan, malah lebih sering faktor karena aku suka lagunya dan walhasil diulang-ulang sampai beberapa kali 😀

Potongan lagu di awal, contohnya adalah lagu yang entah kenapa sering aku play dalam beberapa hari ini 😀 kan ceritanya aku lagi nyusun skripsi, trus mau bimbingan, dosennya gak ada nyanyilah awalan lirik di atas “kamu memang jahat”, terus beberapa hari kemudian, temen aku udah acc penelitian, lah aku belom nyanyi lagi “kamu memang jahat tak adil untukku, kamu memang jahat tak perdulikanku” tapi nyanyinya udah di rumah kok, gak depan dosen, bisa-bisa aku gak di acc 😀😀😀 *peace*

Dosen pembimbingku adalah dosen yang detail, hafal buku, dan lumayan ditakutin juga sama mahasiswa.  Sebagai penggemar tantangan, tentu saja aku merasa tertantang dan semakin besar keinginanku untuk dibimbing sama ibu dosenku tersayang. 
Dosen pembimbing 1 ku, adalah salah satu dosen favoritku, dan panutanku. Walaupun waktu pelajaran beliau dulu aku rada-rada takut. Ibunya tegas dan ya membuat kagum. Sosok yang lebih percaya sama buku daripada internet, yang segala-galanya harus dibuktikan, kebayang kan gimana beratnya skripsiku, harus murni sumbernya dari buku, no internet.

Mungkin aku jatuh cinta kali sama kemampuan ibunya 😀 ibu ini dah yang bikin aku merubah impian, dari desainer jadi guru 😀 beliau banyak membimbing, lewat kata-katanya yang tegas, memahamkanku akan sosok seorang guru yang sesungguhnya 😊 gak kerasa aku jadi sering curhat tentang keadaan dan sikap murid2 ketika PPL karena memang ibu adalah dosen pembimbing kelompokku. Ibu Kasih saran, tapi gak ngasih solusi secara langsung. Ibu selalu menuntut untuk mencari solusi berdasarkan teori (saran) yang ada. Karena menurut ibunya, gak ada yang lebih mengerti siswa selain guru kelasnya sendiri 😀 benar juga 😀.

Lambat laun, kami mulai dekat, aku jadi mulai berani dekat-dekat dan diskusi sama ibunya. Oya, ibu selalu bikin jantungan. Kenapa?  Kalo aku lagi ngomong, hobi banget dipotong sama ibu, yang dampaknya bikin aku lupa apa yang mau aku omongin, kamu memang jahat teplay again 😀😀.

Begitu tiba waktunya seleksi judul, ku sengaja mendekati ibunya 😀 sambil ku mohon:

Me: ‘bu saya menawarkan diri jadi anak ibu loh, ibu gak mau jadi pembimbing saya? 

Ibu: kalo pembimbingnya saya, saya coret-coret loh. 

Me: iya bu gapapa saya rela di coret, yang penting coretannya ACC bu 😀

Ibu : (ketawa ngakak) 

Me: boleh request lagi gak bu? 

Ibu : apa? 

Me : saya request pembimbing ibu sama bu etty ya bu. 

Ibu : mana bisa

Me: kenapa bu?  Ibu musuhan?  (Berani amat aku 😀)

Ibu : bukan. Posisi ibu sama bu etty sama-sama pembimbing 1.

Me: ya udah deh bu,  pak darwis aja. 

Ibu: sama, pembimbing 1 juga. 

Me: ya udah deh bu, terserah ibu aja. Yang penting saya di bimbing ibu. 

Ibu: entahlah nanti. 

Me: aih bu jangan entah, tapi iya 😀 (maksa) 

Ibu : nanti, ibu pikirkan. 

Me: yes, saya pulang dulu ya bu, jangan lupa pembimbing saya harus ibu 😀

Ibu : iya (akhirnya ibu bilang iya, pulanglah aku dengan senang hati) 

Padahal katanya gak boleh request dosen pembimbing, harus terima apa adanya. Tapi berhubung aku masih di awal jadi mungkin dibiarin aja 😀 walhasil, aku beneran dibimbing sama ibunya 😀😀

Suka deh, biarpun kadang suka bikin jantungan 😀

Terima aja, intinya aku gak akan menyesali apa yang sudah aku pilih, karena aku sudah memilih dosen yang tepat sesuai dengan karakter aku yang pemalas, aku pilih dosen yang tegas, dan yang mengejutkan adalah ketika aku males bimbingan ketemu ibu di kampus aku seketika langsung ngibrit sembunyi di mana, tapi begitu ibunya yang ngeliat aku, malah disamperin sama ibunya (ini kejadian 2 minggu lalu) terus ditanya “kapan mau bimbingan, kok gak muncul-muncul” dengan 1000 alasan aku menghindar, walhasil 3 hari kemudian aku bimbingan, ada 3 catatan dari ibu yang bikin aku sakit mata sakit kepala karena gak bisa baca tulisannya.

Soundtrack hidupku pun beralih jadi:

Sayang coba kau ratapi, sakitnya hati ini kau buat aku begini

Coba sekali-kali kau rasakan, coba sekali-kali kau renungkan, sakitnya hati ini kau korbankan, cobalah kau fikirkan

Apa salahku sayang, apa dosaku sayang

ILIR 7 – Apa Salahku Sayang

Kadang Aku merasa begini :

Cinta yang kau beri tak sepenub hati hingga ku merasa kau tak disini

Sayang Coba kau ratapi,  sakitnya hati kau buat begini

ILIR 7 – Apa salahku sayang

Tuh kan jadi suudzon, ibu pang masa iya ada bimbingan, tapi bimbingannya ditinggal, begitu diambil cuman ada lipatan yang ditandain suruh revisi dan catatan yang enggak bisa aku baca 😀

Bu,, kapan-kapan kita bimbingannya ketemu aja ya jangan ditinggal 😀 saya beneran gak ngerti deh koreksian ibu kemaren bacaannya apa 😀😀

Dah, itu deh soundtrack hidup yng mewakili di Bulan juni, terkhusus ibu dosen pembimbing tercinta 😀😀😀

Bye bye 😀

Kalo kalian yang punya pengalaman nyusun skripsi, tesis, dll mungkin ada cerita yang gimana gitu mengenai dosen pembimbing, bisa di share di kolom komentar 😀😀

Arti Sebuah Nama

Haii, i’m back again 😀

Postingan kali ini, aku mau bahas tentang nama. Arti sebuah nama. 

Nama adalah doa yang diberikan oleh kedua orangtua kepada kita. Bila baik namanya, insyaallah baik juga sikap kita, begitu juga sebaliknya. So, jika nanti menjadi orangtua, Kasih nama anak harap yang baik-baik saja ya 🙂

Tentang nama. Arti sebuah nama. 

Namaku sendiri, aku gak tau artinya apa. Aku tanya mama, bapak, dan nenekku merek juga gak tau artinya apa. Tapi sedikit cerita dari mamaku, katanya dulu sebelum aku lahir mamaku sering dengar qoriah ngaji namanya sama persis dengan namaku. Pas aku tanya kenapa di Kasih nama yg sama, mamaku bilang doanya semoga bisa ngaji sebagus yang punya nama itu juga. Aamiin mak, udah jadi kenyataan insyaallah 😀 kekuatan dibalik sebuah nama adalah doa dan harapan kedua orangtua. 

Pernah saking penasarannya, aku iseng-iseng searching di google. Gak ada yg sama persis, adanya mirip, kurang satu huruf dari namaku. Ada juga yang jumlah hurufnya sama, tapi huruf depannya beda 😀 semakin lah penasaran diriku. 

Trus aku cari lagi, dan ketemu lagi kayak gini. 

Sayangnya zodiak aku bukan cancer. 

Arti nama secara positifnya, jujur aja aku banget. 

Kalo arti nama secara negatifnya yang sesuai sama sifat aku adalah khawatir. Karena kadang entah kenapa aku hobi ngekhawatirin orang-orang terdekat. 

Kemudian aku cari lagi dan ketemu dari wikipedia. 

Wehhh beliau dokter, punya buku judulnya My Name is Hasmah. Jujur ya, dulu aku sempat berpikiran pengen bikin buku dengan judul itu jauh sebelum aku ketemu beliau di wikipedia, akibat rasa penasaran kenapa guru2 di sekolahku sering kebalik manggil namaku 😀😀😀.

Jadi, namaku itu jarang banget yang nyebutnya bener, pasti kalo gak kebalik, kurang satu huruf di depan atau di belakang, yang lebih parahnya di buang huruf depan dan belakangnya, kan jadi kayak nama penyakit. Aku sendiri suka kok kalo ada yang panggil hanya dengan ‘asma’ karena ia adalah Putri dari Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq, salah satu Istri Rasulullah saw.  Siapa dong yang tidak suka? Kalo ada yang pernah panggil aku hanya dengan nama itu kadang aku mendadak jadi anggun 😀 berasa princess gitu 😀😀

Tentang Nama juga. Panggilan sayang khususnya. 

Panggilan sayang khusus ini (kata mereka)  gak pernah bener dari namaku 😀 ada beberapa panggilan dari aku kecil sampai (masih tetap kecil)  seumur ini 😀

9. Citty

Entah, kenapa waktu aku kecil banget nama panggilan aku ini. Yang pada akhirnya nama ini aku berikan untuk kucing pertamaku 😘😘 mungkin karena dulu aku nyebut nama sendiri gak nyampe lidahnya 😀 jadi agak bebelit gitu. Tapi, seiring aku lancar bicara nama panggilan ini mulai hilang. 

8. Sitoy

Untung enggak dikasih spasi yah 😀😀 ini kerjaan om aku,, dia bilang lebih imut kalo namaku ada huruf y nya di belakang. Perasaan bukan imut tapi agak lebay dikit gitu. Maklum aja sihh,, omku tukang ubah nama orang. 

7. Sitha

Ini adalah nama panggilan yang diambil dari singkatan namaku. Nama panggilan yang dikasih sama sahabat pertamaku. Jadi kangen dia 😀😀😀

6. Special wali kelas – “permaisuriku-sultanku”

Yang ini banyak kenangannya walaupun cuma 4 hari 😀 tapi sungguh membahagiakan dan Sangat sangat bikin baper. Pertengahan tahun 2015 silam adalah terakhir kali aku jadi panitia ospek 😀 waktu itu aku dikasih peran wali kelas. Pertamanya sih enggak tapi ternyata wali kelasnya kurang 4 orang. 2 cewe dan 2 cowo, masing2 berpasangan. Waktu itu aku minta pasangin sama temen aku, siapapun dia yang penting orangnya asik 😀 dan seingat aku, aku requestnya jangan yang ganteng 😀 bahaya 😀 ntar yang ngerebutin bukan cuma aku tapi peserta ospeknya juga 😀 dan hasilnya 😄 aku dipasangin sama si ganteng 😀 satu tingkat di bawah aku sih, dari jurusan bahasa inggris, olahraga favoritenya berenang, kadang suka main panahan katanya 😀 orangnya pintar gambar, turunan kutai dayak, sering banget juara dimana2, dia model, gayanya keren banget lah, badan2 model tau kan gimana bagusnya 😀 salah dia dong suka pamerin badannya di instagram 😀😀 kemarin jadi duta apa ya aku lupa 😀 sebelumnya dia dari amerika 😀 pokoknya perfect. Dia pintar juga, orangnya ramah, asik, suka bercanda, ceria juga. Parahnya kami seumuran, lahir ditahun dan Bulan yang sama ya tuaan aku 20 hari 😀 kata dia ultah aku sama kayak bapaknya 😀 aku adalah tipe orang yg susah banget deket sama cowok, lebih tepatnya aku yang gak mau dekat2 cowok gegara dirumah di racuni dengan kata2 ini “jangan sembarangan dekat2 cowok, bahaya” setelah dikenalin ke dia, dalam hitungan menit kami langsung akrab persis kayak temen yang udah kenal bertahun-tahun. Banyak cerita tentang orang ini, ntar aku ceritain di postingan khusus ya 😀 panjang soalnya cerita 4 hari kami 😀 panggilannya kan di wajibkan tuh yang cowok sultan yang cewek permaisuri. Jadi kalo kami dihadapan para peserta ospek panggilnya sultan permaisuri. Kalo di medsos waktu itu bbm panggilnya ‘ayah Zai’ – ‘ibu ratu’ kalo dia bareng anak-anak akunya gak ada dia panggil ‘permaisuriku’ kalo aku di depan anak-anak dia gak ada aku panggil ‘sultanku’ trus diciye2in sama anak2. Bagian so sweatnya banyak 😀 salah satunya,  Pernah di suatu moment, kan disuruh kumpul kami kepisah rupanya sultanku tak melihatku, terus ditengah2 lingkaran kami ngumpul sambil nyari2 gitu dia bilang ‘permaisuriku mana, dimana dirimu ibu ratu’ dan itu sukses bikin aku malu, diiringin ciye2 dari kawan2. Setelah pisah aku beli boneka kucing, karena kami sama2 suka kucing. Dan aku Kasih nama “Zai” selalu di bawa kemana2 temen curhat gitu 😀😀😀

5. Benkbenk

Ini adalah nama panggilan sayang antar 2 orang yang bersahabat. Aku dan zizit. Kami kalo ketemu, jarang banget saling manggil nama. Pasti aku ke dia benk. Dia ke aku pun benk. Di kontak malah ketulis Mbenk 😀 aku sayang kamu zizit, kita berjuang bersama ya 😀 dia ini adalah sahabatku yang paling mudah terpengaruh sama lingkungan buruk kalo gak dijagain. Ngebentuk karakter dia jadi lebih baik dan lebih tegaspun memakan waktu 2 tahun. Tapi sayang, rasa kepercayaanku pernah hilang sekali karena dia pernah kepengaruh dan melakukan hal yang tidak aku inginkan sama sekali untuk dilihat, entah itu di dunia nyata ataupun dunia Maya 😢😢😢 dan baru satu setengah tahun ini aku dan dia memperbaiki kembali hubungan persahabatan kami, mencoba untuk kembali percaya tapi tidak sama seperti sebelumnya. 

4. Amach

Ini dulu zaman-zaman aku sekolah 😀 aku maunya dipanggil ini. Jadi aku komporin orang-orang buat manggil dengan ini dan akhirnya kebawa sampai sekarang pun. 

3. Shazma

Ini adalah panggilan dari beberapa teman lelaki dari kampus. Catat ya, di kampus. Satunya kalo ketemu di kampus hebohnya masyaallah. Kalo ketemu aku selalu gini “shazma,,, ayok kita smule yok duet” selalu itu yang disebut. Yang satunya lagi. Temen yang aku gak kenal. Tapi sekelompok di kkn. Kalo ada maunya, pas kita lagi berdua, dipanggilnya dengan ini. Shazma sendiri adalah potongan dari nama pena aku “Shazmakadeer” yang aku jadiin nama di instagram dan facebook, mungkin dari situ banyak yang tau shazma ketimbang hasmah 😀😀😀.

2. Nyomud

Nyomud adalah singkatan dari nyonya muda 😀 entah kenapa aku paling bahagia di panggil ini 😀 nyomud adalah nama panggilan yang aku dapetin dari kkm 😀 dari semua anggota perempuan 😀. Alasan mereka manggil aku begitu adalah, aku kalo mandi bentar kalo dandan lama persis kayak nyonya nyonya di sana. Terus apa kata aku diturutin juga sama mereka. Trus katanya karena aku multitalenta, itu adalah keahlian seorang nyonya kata mereka 😀 ditambah lagi, katanya mereka kadang kata-kataku suka bener,, kalo kata muda itu sendiri, karena aku yang paling muda diantara para anggota perempuan 😀 terus aku tiba-tiba jadi pengen ntar kalo udah nikah dipanggilnya ‘nyomud’ wkwk 😀

1. Hamsah

And Then, inilah panggilan terakhir yang lagi populer di aku kayaknya, enggak di kelas, enggak di kampus, enggak di medsos, enggak di kkn. Hurufnya kebalik please. Terus aku pernah lupa walhasil aku nulis namaku pake ini, gegara kebiasaan 😀

Yaa itulah 9 panggilan sayang untuk aku dari orang2 tertentu yaa,, ada yang tersayang dan ada juga yang enggak, berurut dari yang udah jarang sampe yang masih sering. 

Kalo kalian, ada sesuatu enggak dari nama kalian yang gak bisa dilupain? Boleh donk di share di komentar 😀😀😀

Makasih,,