Ketika Kejujuran Tak Lagi Dihargai

Holla ^^

Assalamualaikum 🙂

di kesempatan kali ini, neng pengen ‘ngeluarin’ uneg-uneg tentang kejujuran, yang sebenarnya udah pengen neng bahas dari awal blog ini terlahir, tapi namanya manusia 😀 kalau banyak yang dipikirin pasti aja ada yang dilupain :D, sekarang baru ingat lagi, karena neng masih berkeyakinan tema ini sangat penting untuk dibahas, tapi jangan sampai memancing kerusuhan 😀

sebenernya, neng udah lama banget tersadar alasan kenapa anak manusia dicap ‘pembohong’. yaitu karena, kejujuran tak lagi dihargai.

dalam kasus ini, sebenernya kita tidak bisa hanya men-judge si tersangka ‘pembohong’ saja, tapi instropeksi diri, barangkali kebohongan itu terjadi karena rasa takut. takut mengutarakan yang sejujurnya, takut ketika tidak dihargai. begitulah manusia, hidup di bawah tekanan rasa takut. neng pun tidak berbeda.

neng pun, juga pernah menjadi tersangka ‘ketidakjujuran’ karena alasan kejujuran tidak dihargai, karena neng takut dimarahi dan dibenci. kalau dipikir-pikir hidup neng miris ya, banyak yang ditakutin, cuma karena alasan tidak ingin menjadi manusia yang mengecewakan.

tentang kasus ini, sering terkait dengan lembaga pendidikan dan juga lembaga pekerjaan, bahkan lingkungan keluarga dan juga masyarakat. menurut neng, yang paling miris adalah di lembaga pendidikan. kenapa banyak siswa yang mencontek pada saat ujian? apakah karena mereka bodoh? tidak. bahkan jika ditelusuri, si pintar pun melakukan hal ini. semua demi apa? nilai adalah jawabannya. nilai adalah ukuran kepintaran. padahal belum tentu. nilai adalah ukuran kemampuan, yang pas-pasan nilainya kadang lebih banyak yang kemampuannya melebihi si nilai tertinggi. begitulah budaya di dunia pendidikan, tidak dilihat jika tidak mendapat nilai yang tinggi, tidak diacuhkan, ketika nilaimu rendah. tidak dikenal guru dan dosen, karena anggapan mereka kamu bodoh. padahal tidak ada yang namanya bodoh di dunia ini. yang ada adalah pemalas. tidak ada anak yang bodoh, yang ada adalah anak yang pemalas. begitulah yang sering diucapkan guru dan dosen neng, tapi pada kenyataannya tetap saja tidak mengubah sistemnya, nilai tetaplah yang menjadi ukuran. nilai adalah segalanya.

neng pernah ada dalam situasi labil. ketika MTS/SMP, neng adalah siswa dan anak yang jujur. bukan memuji diri sendiri, tapi neng memang takut kalau bohong. neng takut dimarahin. ketika MA/SMA neng pun awalnya masih jadi siswa dan anak yang jujur, terutama dalam belajar dan ujian. naik ke kelas 2 SMA, ada satuhal yang membuat neng berubah menjadi tersangka ‘curang’. neng sangat suka belajar dan waktu ujian, neng suka menguji diri sendiri. enggak aneh kan? karena neng mencari kualitas diri. malam ujian, neng belajar dengan cara neng sendiri. keesokan harinya ujian, dikelas neng. si pintar itu selalu saja sombong dan pelit. dan yang paling gak neng sangka adalah dia melakukan kecurangan dengan cara mencontek. ya, dia buat catatan kecil. hal ini seketika membuat neng syok, kesal, marah, dan patah hati. saking patah hatinya, neng buang buku paket ke tong sampah depan kelas. hingga akhirnya neng pun terdorong untuk melakukan hal yang sama, semua karena apa? lagi-lagi nilai. semenjak itu neng sadar, kejujuran tak lagi dihargai. semenjak itu neng jadi suka mencontek. neng kehilangan kualitas diri. neng kehilangan prinsip jujur yang sudah neng tanam bertahun-tahun, karena satu hal, si pintar melakukan kecurangan demi nilai. lagi-lagi nilai yang jadi provokator.

ketika masuk kuliah, awal-awal neng masih melakukan kecurangan itu. tapi suatu waktu neng dapat karma, neng dapat nilai terendah padahal neng udah curang. neng kembali sakit hati, bukan karena dosen yang kiler atau pelajaran yang gak neng pahami. tapi neng sakit hati karena neng tidak jujur. semester berikutnya, ketika ujian akhir semester, neng pernah ada di satu waktu telat datang ujian. walhasil, sama si pengawas yang neng julukin ‘singa’ disuruh duduk paling depan, karena neng telat 30 menit. si singa itu, kerjaannya mondar mandir. neng bahkan gak punya kesempatan untuk lirik sana sini, karena ada kejadian temen neng lirik sana-sini, kertas ujiannya di sobek, dan disuruh keluar. neng gak mau, akhirnya dengan bismillah neng ngerjainnya jujur. pertama kalinya neng kembali menjadi hamba yang jujur. neng gak belajar, neng hanya mengandalkan kekuatan ingatan. ingat apa yang pernah dijelaskan dosen. hasil yang neng dapatkan? pertama kalinya, neng dapat nilai tertinggi karena kejujuran. neng bangga sama diri sendiri. hingga seterusnya neng jujur selalu, alhamdulillah usaha tidak pernah mengkhianati hasil 🙂

ketika neng PPL di sekolah. neng dikenal murid karena sering ngebahas tentang kejujuran. neng gak pernah bosan nyeritain pengalaman neng tentang kecurangan disekolah. Pernah suatu ketika, neng kesal gara-gara ada yang mencontek, gak sengaja neng ngeluarin kata “kalau kamu belajar curang dari sekarang, gedenya mau jadi apa? Koruptor? Asal kalian tau, kenapa ada yang namanya koruptor? Itu berawal dari bangku sekolah, sejak Dini mereka belajar untuk curang”. Kesal tapi ya sadar kalau murid disitu gak bisa dikasih nasihat begitu ada aja yang nyeletuk “mau gimana? Abis nilai selalu jadi ukurannya”. Ya, nilai yang selalu menjadi ukurannya, ukuran kemampuan seseorang tanpa melihat sikap jujur atau tidaknya. 

Dan kenapa harus takut untuk jujur? Padahal kejujuran adalah salah satu kualitas seseorang. 

Jadi, sekarang kan kita sadar dunia memang semakin kejam, kalau jujur kita akan tenggelam. Tapi, apakah salah menjadi 1 orang yang jujur diantara 1000 orang tidak jujur? Kenapa takut? Sekarang kejujuran adalah hal yang langka, seharusnya bangga dong karena sesuatu yang langka, akan selalu dicari-cari. 

Jujur itu memang berat. Tapi kalau udah niat, dan tanamkan prinsip jujur dalam diri, apapun keadaannya, insyaallah bakal selamat. Percayalah, menjadi orang jujur, entah dalam perkataan ataupun perbuatan rasanya lebih membahagiakan. Kenapa harus takut dimarahi? Jika kejujuran akan membawa kita menuju kebaikan, dan kebaikan membawa kita menuju surga? 

Berani jujur itu baik, kalau kamu takut jujur, sampai kapanpun kamu tidak akan menjadi orang yang jujur. Bukankah kamu ingin menjadi orang yang sangat dipercayai oleh orang lain? Kuncinya ya harus jujur, Insyaallah tidak akan mengecewakan hati siapapun. Tapi ingat, imbangi selalu dengan pemikiran yang logis dan jangan bertindak gegabah. 

Salah satu cara membahagiakan diri sendiri adalah dengan melakukan kebaikan, dan kebaikan yang paling berharga adalah sebuah kejujuran, karena jujur itu sangat mahal harganya. Yuk sama-sama belajar lebih jadi orang jujur, jangan takut kejujuran tidak dihargai, itu hanya dimata manusia. Sementara di Mata Sang Pencipta, itu adalah salah satu kebaikan yang akan membawa ke Surga. Siapa sih yang lebih berkuasa di dunia ini?  Sang Pencipta bukan? Percaya sama janji-janjinya aja 😀

Sekian, mungkin kalian ada yang mau ngeluarin uneg-uneg perihal kejujuran?  Neng siap tampung kok hehe,, byeee ^^

Tentang Persahabatan

Memang, terkadang apa yang kita lakukan demi sahabat, amatlah melelahkan.

namun, itulah yang membuat persahabatan memiliki makna yang indah.

dalam lika-liku perjalanan selama bersahabat seringkali diwarnai dengan berbagai cobaan, namun yakinlah persahabatan sejati akan senantiasa terbentang jalan untuk mengatasi berbagai cobaan bahkan bisa tumbuh dan berkembang untuk mendewasakan kita.

sesungguhnya persahabatan tidak terjalin secara otomatis namun membutuhkan proses yang panjang dan berliku.

persahabatan juga seringkali diiringi dengan nuansa suka duka, dihibur, disakiti, didengar, diabaikan, diperhatikan, dikecewakan, dan sebagainya.

namun, semua itu tentu tak bermaksud untuk menumbuhkan kebencian, tapi itulah ritme suatu hubungan. tak selamanya indah, namun tak selamanya pula diliputi kedukaan. seiring perputaran waktu segalanya silih berganti.

dan ketahuilah, bahwa seorang sahabat juga terkadang harus memberanikan diri untuk menegur kita karena kasihnya, namun terkadang kita salah mengartikan. dalam hal ini, sikap lapang dada amatlah dibutuhkan.

proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan pupuk kesetiaan dan kesabaran.

bagi yang memiliki kepribadian yang mampu saling membahagiakanlah yang akan bertahan.

dan cobalah untuk kita renungi, bahwa memang benar adanya, bahwa semua orang membutuhkan sahabat sejati, namun tak semua orang mendapatkannya.

mempunyai satu sahabat sejati sungguh lebih berharga daripada seribu teman yang mementingkan diri sendiri.

oleh karena itu, ketika kita telah mendapatkan sahabat yang baik dan setia bersama kita dalam menjalani berbagai aktivitas kehidupan, hargai, pupuk, dan peliharalah agar persahabatan tumbuh dan berkembang sepanjang kebersamaan hingga ajal memisahkan 🙂

Bintang dan Kehidupan

Bintang adalah sesuatu yang bersinar. ia adalah sesuatu yang memiliki keindahan. namun, tentu saja ia tak dapat bersinar terang dengan sendirinya. setiap diri seseorangpun adalah bintang. ia akan bersinar bila waktunya bersinar. dan iapun juga akan redup saat waktunya redup. semua cahaya yang ada itu, entah bersinar ataupun redup, tergantung bagaimana diri yang akan membuatnya semakin bersinar atau justru semakin redup. adakalanya bintang memiliki masalah. semua berputar seperti roda, itulah realita kehidupan yang ada. tak semuanya merasa bahagia, tak semuanya merasa sejahtera. ada saat dimana mereka harus menangis, ada saat dimana mereka merasakan kepahitan. entah itu suatu kebohongan, pengkhianatan dan sebagainya yang mungkin dapat menimbulkan luka dan trauma pada hati sehingga akan membuat sinarnya semakin redup bahkan hilang sama sekali. namun, tidak sedikit orang yang bisa bersabar melewati ujian yang diberikan. semuanya berawal dari keyakinan. yakin suatu saat nanti mereka berhak untuk bahagia. tersenyum meski hati menangis. mencoba menjadi pelindung pada orang yang seharusnya dilindungi. belajar bertanggung jawab, dan yang terpenting selalu introspeksi diri. diri kita lemah walau orang lain menganggap kita kuat. diri kita banyak kekurangan walau orang lain mengatakan kita banyak kelebihan. kita tak mampu berdiri sendiri walau orang lain mengatakan kita bisa sendiri. lagi-lagi kedewasaan sikap dan kebijaksanaan yang berperan. apapun masalahnya jangan pernah membalas dendam. doakan saja mereka agar bisa lebih baik. tak ada sesuatu yang lebih mulia daripada maaf. walau terkadang susah. awalnya memang berat. namun jika kita mampu melewatinya, maka semuanya akan terasa ringan. berbagai masalah yang ada dalam kehidupan kita, janganlah sekali-kali kau keluhkan. jadikan setiap masalah itu pembelajaran. yang mungkin Sang Pencipta ingin kita menjadi lebih baik. 🙂

be Silent if You don’t like the food

Just be Silent if You don’t like the food..

benar. terkadang kita tidak menyadari atas sikap dan perbuatan yang telah kita lakukan di hadapan makanan. ya, makanan. makanan sudah pasti bukan orang, tapi ia adalah isi perut. lantas kenapa? di luar sana, tidak usah. lihat sekitarmu. atau tidak usah jauh-jauh, kenang kembali sikap buruk dirimu. meski makanan hanya sesuatu yang kita butuhkan untuk menghilangkan lapar, menambah energi, dan mencegah agar tidak terkena penyakit asam lambung (maag) dan lain sebagainya, tetapi kita juga harus menyadari betapa pentingnya sebuah ajaran etika.

etika atau adab, sikap maupun sopan santun, tidak hanya berlaku pada manusia saja. tetapi hal itu juga berlaku bagi binatang, di mana kita harus memiliki etika ketika berkomunikasi dengan mereka, harus menyayangi dan bersikap lembut, tidak boleh kasar dan lain sebagainya, karena mereka juga makhluk Allah, sama seperti diri kita. berlaku juga untuk tumbuhan, di mana kita harus merawatnya, menyiram, memberi pupuk, tidak boleh merusak keindahannya dan lain-lain. baru-baru ini, aku nemuin berita di salah satu artikel di beberapa akun media sosial (facebook, line, instagram, twitter, yahoo, google, dll). berita itu cukup mengejutkan aku dan juga ‘geregetan’ dengan sikap masyarakat yang ‘alay/lebay’ atau apalah sebutannya. beneran aku geregetan banget. sebel, bete sama kumpulan masyarakat itu. yang bener aja coba? selfie? siapa sih yang gak suka selfie? tau kan selfie? ituloh foto yang dengan berbagai macam gaya. selfie sih boleh aja, tapi harus tau aturan dan etika dong. mereka itu (masyarakat alay) hobi banget foto selfie, ya silahkan sih gak ada yang ngelarang. gak berhak juga kan kita ngelarang? tapi bunga-bunga yang jadi background selfienya jangan di rusak dong. oke, mereka mungkin aja gak sadar udah ngerusak itu tanaman cantik, mereka tidak merasa. mungkin aja mereka gak ngaku karena merasa tidak merusak menggunakan tangan. tetapi apa mereka sadar? itu taman bunga. di mana ruang untuk jalan sendiri aja sempit apalagi jalan dengan banyak orang yang posisinya sejajar. gak kebayang kan? pastilah ada yang pengin duluan, ada yang main-main, ada yang kejar-kejaran, ada yang dorong-dorongan sampai jatuh. itu, duh bikin greget bener. bahkan sampai bunga-bunga itu posisinya gak lagi berdiri, rebah dan juga ada yang patah. parah. bener-bener rusak. tempat indah dan cantik, harus rusak cuman gara-gara masyarakat alay yang hobi foto selfie. oh God mau jadi apa dunia ini, kalau isinya masyarakat alay semua..

berita itu, bener-bener bikin aku berfikiran kalau masyarakat itu banyak yang gak beretika dan gak tahu sopan-santun. ketika di kasih tau kesalahan mereka, spontanitas pasti mereka bakal jawab “masalah buat lo? kita kan masuk sana bayar”. tolong ya, oke. kalian memang bayar tapi kalian juga harus sadar bahwa gak semua sesuatu indah itu bisa di bayar dengan uang. tambah kesel lagi pas ada berita lagi tentang ‘orang yang ngerawat’ taman bunga itu. sedih. miris. sudah lelah, merawat, menyiram, memupuk, sampai bunga-bunga itu tumbuh menjadi sangat indah dan cantik, lalu ketika saatnya tiba, pengunjung diperbolehkan masuk dan berfoto setelah membayar uang masuk. hey, kalian tau gak? yang ngerawat itu gajinya gak seimbang sama lelah mereka saat merawat bunga-bunga itu, dan kalian datang untuk merusak semuanya? bener-bener di mana adab dan sopan-santun kalian? gak pernah belajar etika?

selain hewan dan tumbuhan, kita juga harus memiliki etika terhadap sesama manusia, ini sudah sangat jelas ya, jadi aku gak akan bahas ini. dan juga etika terhadap makanan. harus itu. bagaimanapun, kita juga harus berterimakasih kepada makanan yang masuk ke dalam perut kita dan menjadi sumber energi kita. ketika kita tidak menyukai makanan yang diberikan, dibelikan, atau di masakkan, kita gak boleh serta merta menghujat atau mencaci maki di hadapan makanannya. kita harus punya etika. kita juga harus sopan.

be silent if you don’t like the food, it’s sunnah…

sudah menjadi sunnah. artinya boleh. sunnah ialah sesuatu yang jika kita lakukan akan mendapat pahala dan jika tidak dilakukan tidak apa-apa. tidak berdosa. tapi lebih baik dilakukan ya 🙂 hehe. jika kita tidak suka maka cukup diam, jangan sampai kita menghujat. tidak baik. terlebih jika dilakukan tepat dihadapan makanan yang akan kita santap. sama sekali jangan. walaupun sunnah hukumnya, alangkah baiknya jikakita melakukan apa yang telah di perintah Allah dan mengikuti apa yang telah di ajarkan oleh Nabi saw.

aku baru baca sebuah kisah inspiratif tentang makanan. aku akan share kisahnya di sini. judulnya ‘roti panggang gosong’. jadi ceritanya, ada seorang anak yang ketika ia masih kecil, ibunya sangat suka membuat sarapan dan makan malam. suatu malam, setelah ibunya bekerja keras sepanjang hari, ibunya bersiap untuk menghidangkan sebuah piring yang berisi telur, saus, dan roti panggang yang gosong di depan meja sang ayah. anak itu menunggu-nunggu reaksi ayahnya. apa yang terjadi? ayahnyapun mengambil roti panggang tersebut, lalu tersenyum pada istrinya dan menanyakan kegiatan sang anak di sekolah.

sang anak melihat ayahnya mengoleskan mentega dan selai pada roti panggang itu dan menikmati setiap gigitannya. ketika sang anak mulai beranjak dari meja makan, anaknya mendengar sang ibu yang meminta maaf pada ayahnya karena roti panggang yang gosong tersebut. ayahnya hanya berkata “sayang, jangan khawatir..aku suka roti panggang yang gosong”. sebuah kalimat yang diucapkan sang ayah yang tidak pernah dilupakan oleh sang anak.

sebelum tidur, sang anak pergi untuk memberikan ucapan selamat tidur pada ayahnya dan bertanya apakah ayahnya benar-benar menyukai roti panggang yang gosong. ayahnya pun segera memeluk erat sang anak dengan kedua lengannya yang kekar dan berkata “nak, ibumu sudah bekerja keras sepanjang hari ini dan dia benar-benar lelah. jadi sepotong roti panggang yang gosong tidak akan menyakiti siapapun, tahukah kamu apa yang menyakiti hati seseorang?.. kata-kata kasar..” lalu ayahnya melanjutkan, “kamu tahu, hidup itu penuh dengan hal-hal dan orang-orang yang tidak sempurna. ayah juga bukan orang yang terbaik dalam segala hal, kadang lupa ulang tahun ibumu, ulang tahun pernikahan, dan lain-lain sama seperti orang lainnya. yang ayah pelajari adalah menerima kesalahan orang lain dan memilih untuk merayakan perbedaan. ini adalah kunci terpenting untuk mewujudkan hubungan yang sehat dan harmonis”.

subhanallah. hidup ini terlalu pendek untuk diisi dengan penyesalan dan kebencian. cintai mereka yang memperlakukamu dengan baik dan sayangi yang lainnya. enjoy to your life now. apa hikmah yang dapat kita ambil dari kisah di atas? hikmah itu akan selalu ada dan dapat kita jadikan ibroh (pelajaran) yang dapat kita terapkan dalam hidup kita. kisah di atas mengajarkan seperti apapun bentuk makanan yang telah dimasakkan seseorang untuk kita, jangan pernah mencela. karena jika kita menghina masakannya kita hanya akan menyinggung dan membuatnya sakit hati. dalam islam kita di larang untuk saling menyakiti. terlebih untuk sesama muslim. belajar dari kisah di atas, di mana seorang ayah yang bijak tetap memakan masakan istrinya meskipun kita tahu bahwa yang namanya makanan ‘gosong’ itu tidak ada yang enak. namun, beliau begitu menghargai apa yang telah di lakukan oleh istrinya. beliau berkata suka meskipun sebenarnya tidak enak. untuk apa? tentunya untuk menyenangkan hati seseorang. nah, sedikitnya kita sudah tahu kan, kenapa kita di larang, di suruh diam ketika kita tidak suka dengan suatu makanan tertentu. yaitu kita menjaga perasaan orang yang telah menyiapkannya untuk kita. menjaga hatinya agar tidak sakit oleh perbuatan kita. that’s sunnah. itu sudah menjadi sunnah bahwa kita tidak boleh mengumpat terhadap makanan tertentu. etika terhadap suatu makanan. dan menjaga hati seseorang. kunci hidup harmonis. terutama dalam rumah tangga. pelajaran ya, pelajaran banget. learn.

jadi ingat juga dengan diriku sendiri. dulu waktu kecil, pernah ga suka sama makanan yang dimasakkin mama, padahal mama udah capek abis dari sawah terus masak. namanya juga orang lelah harusnya waktu itu aku diam aja. aku harus tetap makan meskipun tidak enak. selain aku marah-marah sama mama, makanannya juga aku buang. gak tahu deh, waktu itu gimana perasaannya mama. jadi merasa bersalah. padahal membuang-buang makanan itu tidak boleh. gak baik. sampai sekarang masih suka makan itu gak habis. gak tahu kenapa gak pernah bisa habis. sedikit apapun aku ngambil makanan itu. bingung juga. kira-kira gimana ya perasaan orang yang udah masak itu, kalau aku makannya selalu gak abis, terutama di kantin kampus. bukannya gak enak, cuman gak tahu kenapa gak pernah bisa habis. kesal juga kadang ngeliatnya, dikit banget tapi diriku gak bisa ngabisin. iyasih, sambil ngobrol. kadang sambil diempun juga gak pernah bisa habis. bu kantin, maafin aku yah. mungkin ususku gak bisa masukin banyak-banyak makanan. hiks~~.

seru banget kalo ngebahas soal makanan mah gak ada habisnya. hehe. apalagi kalau tulisan ini diteruskan. juga gak ada habisnya. mungkin akan bersambung dengan kisah yang lain. akhirnya akan melebar ke ranah pembahasan yang tidak sesuai dengan judulnya. awal mulai menulisnya bingung mulainya dari mana. eh, ketika mau mengakhirinya juga bingung mau mengakhiri di mana. asyik. mungkin itu jawabannya. bener loh. nulis itu asyik. bagi yang hobby nulis tapi hehe. bisa bikin lupa diri dan lupa waktu serta lupa makan haha. makanya daku kurus wkwk. ketika aku menulis suatu postingan tentang apapun. aku usahain judulnya pakai bahasa inggris. tapi, banyak yang komen soal susunan inggrisku. sekarang jadi pengen berubah udahlah pakai bahasa indonesia aja kayaknya lebih aman dan lebih mudah dimengerti orang banyak. terutama orang Indonesia.

banyak banget kisah inspiratif lainnya yang bisa memberi kita pelajaran tentang hidup ini. indah banget kalau kita bisa nangkep hikmahnya. kita bisa belajar untuk lebih menjadi makhluk sosial. jangan pernah menyesali apapun yang udah terjadi. gak guna menyesali toh udah terjadi. kita harus mengulangnya dan jangan melakukan hal yang sama agar hasilnya juga berbeda *puitis amet gue wkwk~~. secakep-cakepnya orang yah, kalau dia suka menyakiti hati dan perasaan orang lain, itu menurut aku bakal biasa-biasa aja. kenapa? karena gak ada pointnya. gak ada nilainya. jadi jelek~~.

be silent, if you don’t like the food. jika kita tidak menyukai suatu makanan tertentu, jangan pernah kita mancaci karena itu hanya akan menyakiti. kita harus menunjukkan ekspresi riang dihadapan orang yang telah bersusah payah menyiapkannya untuk kita agar mereka menjadi senang. kita harus ikhlas agar mereka puas. kita harus bersikap manis agar hubungan kita selalu harmonis. harus menjaga etika agar kita semakin di cinta. 🙂

hati itu tidak bisa di sakiti. ia memang tidak terlihat karena letaknya di dalam tubuh kita. namun, terkadang ekspresi mengungkapkannya. hati itu jujur. bagaimanapun ekspresi yang kita perlihatkan. sesenang apapun ekspresi itu, tentu tidak sesuai jika hati kita ada yang sakit~~. semuanya akan terasa pahit. gak enak. seperti ada yang ngeganjal gitu. teruslah belajar. sekarang, besok, lusa dan nanti.

You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition

“You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition”…

seneng banget sama kalimat ini. indah banget. beautifull of the word. ku abadikan ini kalimat dalam hidupku. dalam hatiku. jadi salah satu passion (semangat) juga dalam menjalani keseharianku. apalagi saat sedih. ini kalimat cukup menghibur. saat aku pikir aku gak berguna, kalimat ini menyadarkanku bahwa kita meskipun gak sempurna tapi kita makhluk langka yang luar biasa…

“You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition”…

kau tidak sempurna, tapi kau edisi terbatas~~. indah banget. sejak kalimat ini muncul. aku merasa kalau kalimat ini sangat cocok ditujukan kepada wanita. apalagi kalau ia sedang sedih. galau. bimbang. karena kan fitrah wanita yang selalu ingin tampil cantik. dilirik orang. diperhatikan lawan jenis. sosok lemah yang begitu menginginkan hidup dalam kesempurnaan. bahkan selalu mencoba berbagai cara untuk menjadi sempurna terutama di mata lawan jenis. tujuannya agar bisa menarik perhatian si lawan jenis. menarik hatinya dan membuatnya jatuh cinta.

“You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition”…

satu kalimat indah yang hadir untuk menghibur kita para wanita. kalimat itu mengatakan bahwa, meskipun kita tidak sempurna atau mungkin jauh dari kata sempurna, tapi kita adalah makhluk terbatas. maksudnya makhluk yang langka. di mana saat seorang wanita sedang bersedih, karena ia tak secantik wanita lain. yang memiliki tubuh yang bagus bak model, mata besar, hidung mancung, kulit putih, tinggi yang semampai, rambut panjang, dan lain sebagainya. gak perlu bersedih kawan. kita dikatakan langka kenapa? harus tau juga alasannya. mungkin karena kita, sebagai muslimah rajin sholat, taat, sholehah, hafal Qur’an, gak sembarangan jalan di luar rumah, selalu menjadi pribadi yang menundukkan pandangan. maksudnya gak sembarangan dalam melihat dan melirik. terutama melirik lawan jenis. sebab itulah kita dikatakan langka. karena mereka (lawan jenis) mungkin susah menemukan sosok yang bercirikan atau berkarakteristik seperti kita. wanita sholehah. aamiin. sehingga kita dikatakan sosok yang langka. sosok yang selalu dicari. dan dirindukan. meskipun kita tidak sempurna.

don’t be sad, Ukhti..

You’re Not Perfect, but You’re Limited Edition”…

jangan sedih. jelas kan dengan menjadi sosok wanita sholehah. kita sudah sangat dirindukan. diidamkan siapa saja lelaki sholeh yang ingin beristrikan wanita sholehah 🙂 indah sekali rasanya. ini sedikit kisah pengalaman juga sih hehe. flashback story on my islamic high school. hehe. ketika aku pernah mencoba segala macam cara untuk tampil cantik. berdandan dan lain sebagainya. untuk tampil memukau terutama di hadapan seseorang yang sangat aku suka~~. ingin sekali aku dilirik. walau sekali aja. tapi nyatanya apa? bukan perhatian yang aku dapatkan. tapi rasa ilfiil karena penampilanku tersebut. penampilan terburuk menurutku selama aku tampil dihadapan orang banyak. bukannya membuatku terlihat lebih cantik. tapi justru tambah jelek. karena cantiknya di buat-buat. oleh make up. bahkan make up itu juga gak rapi. yang ada justru tampak menor. haha mungkin saat itu aku terlihat seperti hantu. makanya mereka kabur semua dan ilfiil sama aku. yang membuatku sedih untuk waktu yang cukup lama~~.

setelah sadar akan hal itu, keesokan harinya. aku pergi tanpa make up sama sekali. bahkan bedak tipis pun tidak. tapi salah juga. yang ada buat aku terlihat pucat, dekil dan gelap. bukannya alami. natural. akhirnya aku merenung sendiri. jalan sendiri. sedih banget rasanya. niatnya mau menarik perhatian seorang ikhwan yang kusuka. tapi nyatanya dia ngelirik aja enggak. jadi ngerasa sejelek itu juga aku. akupun jalan sendiri, waktu itu menuju masjid dengan suasana hati yang masih dalam keadaan gundah gulana. karena sedih.

aku memutuskan untuh sholat dhuha. ambil air wudhu biar tenang. supaya dikasih ketenangan sedikit. biar rasa sedih itu sedikit berkurang nantinya. akhirnya aku sholat sebanyak 4 rakaat. lalu aku berdo’a sambil nangis juga sih. meratapi diriku yang tak cantik seperti akhwat yang lain. lama banget mungkin aku sekitaran sejam ada di masjid. sejak sebelum istirahat sampai jam pelajaran kedua masuk lagi. karena waktu itu aku masih sekolah. kelas satu aliyah. akupun melepaskan pakaian sholat (mukenah) melipatnya, dan menaruhnya kembali di tempatnya semula. lalu aku menghadap kaca. ceritanya mau benerin jilbab. naluri wanita gak mau keluar kalo semuanya gak rapi dulu 🙂 aku ubah jilbabku menjadi lebih besar. terlihat seperti wanita muslimah yang menutup aurat dengan benar. pas selesai make jilbab seperti itu. gak tau kenapa aku terpana sendiri. semacam. wah aku cantik juga ternyata seperti ini. gak usah dandan berlebihan. cukup jilbab besar dan bedak tipis. aku udah terlihat cantik. dan mulai saat itu aku pasang niat, kalau aku dandan lagi. aku mau yang natural aja. dan itu terlihat cantik hanya untuk diriku dan Allah. aku gak mau lagi terlihat cantik dengan tujuan yang lain. aku mau istiqomah. alhamdulillah aku berhasil istiqomah waktu itu 🙂 puas banget ya rasanya, saat sesuatu yang kita lakukan berhasil dengan dasar niat baik dan benar.

innamal a’malu binniyat…

segala sesuatu itu harus berdasarkan niat. niat lurus. niat baik dan benar. indah rasanya. saat tampil cantik untuk diri sendiri. merasa gak ada beban. hehe. memang benar segala sesuatunya kalau kita lakukan dengan landasan niat yang benar akan indah hasilnya. luar biasa. dan bangga. namun, kita tentu gak boleh jadi makhluk yang cepet puas. karena kalau kita udah puas. namanya juga manusia, pasti berhenti sampai di situ saja. jangan yah 🙂 kita masih muda. jalan kita masih panjang. waktu kita masih banyak. dan kita juga gak tau kapan Allah akan memanggil kita. maka dari itu gunakanlah waktu sebaik-baik yang kamu bisa. jadikan dia berharga. seperti uang yang sangat kita butuhkan dalam keseharian untuk kita hidup. sewaktu-waktu, kita gak bisa menebak kapan itu. waktu itu akan berubah menjadi seperti pedang. yang bisa membunuh kita. dan membuat kita celaka. sahabat, waktu yang sudah kita lalui, kita jalani, semuanya gak akan kembali, gak akan terulang lagi. semua terjadi hanya sekali. maka dari itu kita hanya bisa merenung waktu yang sudah kita buang percuma. dan tidak melakukan hal percuma untuk kedua kalinya. karena waktu kita sangat berharga.

time is money. mungkin itu kalimat yang tepat. waktu yang sudah kita lewati. semenyesal apapun kita, gak akan bisa mengulang kembali waktu itu. apalagi membelinya dengan uang. kita gak akan pernah bisa. karena waktu dari Allah. milik Allah. dan Allah bebas menghentikannya kapan saja. makanya kita harus menjaga waktu seperti halnya kita menjaga uang, jangan sampai waktu itu berubah menjadi pedang yang membunuh kita dengan perbuatan kita sendiri.

banyak kisah yang berbasis pengalaman diri sendiri. tentu tidak hanya diri saya pribadi, kalian semua. baik laki-laki ataupun perempuan. semuanya pasti punya masa lalu. punya kisah. punya cerita. punya story. punya history. punya pengalaman. yang kedepannya suatu saat/suatu hari nanti, someday. bisa kita jadikan sorot balik (flashback) untuk kita jadikan contoh di kehidupan masa depan. menceritakan segala yang telah kita lalui kepada anak dan cucu kita nanti. mengambil hikmah dari hal tidak benar yang telah kita lakukan. dan mengambil pengalaman dari hal benar yang kita lakukan. kita tentu ingin tumbuh menjadi pribadi yang baik. semakin baik. lebih baik. kedepannya. oleh sebab itu, pengalaman adalah guru terbaik untuk mengajarkan kita dan membimbing diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. istiqomah. dan membanggakan. tidak hanya membanggakan diri sendiri, tetapi juga orangtua dan keluarga.

hidup ini indah. bila kita banyak merenung dan berfikir. aku teringat salah satu kata-kata Allah dalam salah satu surat Cinta-Nya. maaf lupa juga surah dan ayat ke berapa. yang aku ingat hanya kata-katanya saja. indah. dan memberi kekuatan. saat orang lain berfikir kita bodoh atau apapun itu. ketika kita hanya bisa merenung dan berfikir. karena yang tampak dihadapan mereka kita hanya mematung. padahal nyatanya kita merenung dan berfikir. merenung tentang kehidupan yang telah kita lalui, lihat dan saksikan. tentunya lebih indah dan lebih bermakna ketimbang bergosip ria bersama teman-teman sejawat. menceritakan aib dan keburukan orang lain.

sungguh beruntung bagi kaum yang berfikir…”

arti dari ayat diatas memberi kekuatan. benar ya. ketika kita sedih. Wudhu, Sholat dan Al-Qur’an adalah obat yang paling mujarab dan ampuh untuk membuat kita tenang setelah mengingat Allah kembali. sungguh luar biasa. itu yang saya rasakan. bahkan ketika dalam keadaan berfikir. disini maksudnya merenung. tentang kehidupan. kenapa kita diciptakan. untuk apa kita diciptakan. apa yang telah kita lakukan. sebaiknya apa yang harus kita lakukan. dan lain sebagainya, banyak fikiran yang membuat kita semakin waktu, semakin hari, semakin rindu pada Yang Maha Cinta, Allah SWT. indah banget rasanya. beautifully…

Indah itu. saat cinta kita terbalas. indah itu saat cinta kita diterima. indah itu saat kita menemukan makna hidup. indah itu saat rasa Cinta dan Sayang mampu mengalahkan segalanya. siapa yang memberi rasa itu? kita sudah tahu. Allah SWT. maka dari itu, sebagai rasa syukur karena hingga detik ini kita masih diberi waktu. diberi nafas. untuk hidup kita gunakan sebaik mungkin. untuk melakukan hal yang baik dan bermanfaat. tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain 🙂 indah bukan kalau kita bisa bermanfaat untuk sesama makhluk ciptaan Tuhan? 🙂 rasa itu pasti berbeda dengan yang kita rasakan saat kita tidak bisa menjadi makhluk yang bermanfaat di muka bumi ini…

time is money. then keep was he like you keep the money. life is so beautiful. a lot of experience can we make a lesson to be a better one…

Be Missed My Lovely Dog, Novhy

 

be missed my lovely dog, Novhy…

My lovely…

My little friend…

How are u?

What you happened?

My lovely…

My little friend..

My beloved twin..

Are u happiness now?

Are u seeing me?

Do you know what I’m doing now?

Yes, I missing you..

My lovely..

My little friend..

My dog..

Novhy..

yups, sekarang lagi kangen. kangen sama temen masa kecil. satu-satunya temen yang aku anggap kembaran (karena waktu kecil aku pengen banget punya kembaran). tapi sayangnya aku gak terlahir kembar. bahkan sekarangpun jadi terobsesi juga punya anak kembar. haha. temenku yang penurut. baik. dan selalu mengikutiku kemanapun aku pergi~~

kenangan banget. sumpah. temenku itu aku masih inget warnanya coklat kekuningan. aku pelihara (waktu itu minta sama tante, istri adeknya bapak). untung sodaranya banyak, jadi boleh kuminta satu. hehe. sebelumnya aku pernah bilang kan, kalo aku terobsesi sama binatang berbulu halus. seperti kucing, kelinci ataupun anjing. guk guk. hehe. aku pelihara Novhy, dari dia umur satu bulan. masih unyu kan. masih kecil banget. jahat juga aku pisahin dia dari ibunya. tapi yah mau gimana aku suka banget sama dia~~

singkat cerita, dengan sedikit ‘merengek’ akhirnya aku diijinkan ‘bawa pulang’ Novhy. tapi janjinya aku harus rawat Novhy. siap bos. hehe. dan sejak saat itu, Novhy resmi jadi milikku dan kuberi dia nama Novhy. ini udah lama banget waktu aku berumur 3 tahunan sih. masih belum sekolah. hehe. masih kecil. masih gak tau kalo melihara anjing, khusus orang Islam itu dilarang karena dapat menyebabkan najis. yah orangtua aku juga gak ada ngelarang. karena mereka juga gak tau. pengetahuan agama mereka kurang soalnya. dan aku juga hanya berpikir, novhy itu imut, lucu. aku cuman mau melihara. mau jadiin temen aja. karena aku kecilnya gak punya temen~~ *merana banget masa kecil aku, temen aja gak punya~~ haha.

aku seneng banget waktu itu. dapet temen baru. aku bener-bener rawat dia. rajin aku kasih makan, di minumin susu, main bareng, tidur bareng, sampe aku pernah tidur di novhy *maafff teman~~. hari berganti minggu, minggu berganti bulan, dan bulanpun berganti tahun. di tahun berikutnya novhy udah dewasa. badannya juga gede banget. dia gendutttt. hehe. lucu aku ngeliatnya. sampe aku peluk-peluk dia. kuajak tidur bareng. bahkan karena keseringan dirumah daripada ditanah, novhy tumbuh menjadi anjing yang elegan. haha. jadi dia itu gak mau kalau disuruh tidur di tanah. dia sukanya tidur di kasur, ditempat yang nyaman. di tempat yang bersih. wah. sombong juga lu novh.. haha. kalah yang punya 😀

aku pelihara novhy, dari hari ke hari dia semakin tumbuh dan tumbuh. besar, penurut dan lincah. bahkan dia juga selalu ikut kemanapun kami pergi. lucunya itu ya kayagini. aku selalu jadi buntutnya bapakku. sementara novhy selalu jadi buntutku. lucu aja. coba deh bayangin gimana jadinya kami bertiga jalan bareng. saling buntut-membuntut. ekor-mengekor. lucu kan haha.

sampai suatu ketika. aku dan bapak jualan rambutan di pinggir jalan. aku ikut cuman mau liat mobil waktu itu. hehe namanya juga masih kecil pasti suka liat mobil yang jalan-jalan. aku juga kaget pas liat novhy tiba-tiba nyamperin kakiku. dia ngelus-ngelus kakiku. maju-mundur. hehe geli. aku pikir novhy minta di elus, akhirnya aku kasih tanganku. ceritanya mau ngelus dia. eh malah tanganku yang dijilatin sama dia. aku kaget akhirnya aku laporin sama bapak. bapak bilang mungkin dia mau ngomong sesuatu sama kamu. lah aku heran, gimana caranya anjing ngomong. yang sering kudengar cuma kata-kata guk guk guk. aku gak pernah dengar dia ngucapin kata yang lain selain itu.

setelah dia jilatin tanganku, dia menggonggong tuh di depanku sambil duduk. guk guk guk. berkali-kali. aku juga jadi mikir yang sama kayak bapak. oh mungkin dia lagi ngasih tau sesuatu ke aku. cuman ya namanya juga aku. manusia yang gak paham sama bahasa binatang jadi aku cuman bisa guk guk balik deh ke novhy. seolah-olah mainan. sahut-sahutan sama novhy. ribut banget pokoknya. tapi setelah itu aku gak ngerti. karena novhy gonggongnya makin kenceng dan makin cepet. bahkan dia gak cuman duduk aja tapi sambil lari bolak-balik. aku sempet tanya dia mau apa. dia cuman guk guk sambil lari. terus aku liatin dia. aku diemin. eh ternyata dia balik lagi dan melakukan hal yang seperti tadi lagi. berkali-kali pokoknya. sampe aku capek mainan sama dia.

entah apa, mungkin novhy lelah guk guk sambil marathon wkwk. maksudnya bolak balik hehe. waktu itu aku juga lelah. jadi aku milih baring sambil meluk guling. karena aku gak bisa tidur kalo gak ada guling. hehe. aku pun sempet intip novhy yang jalannya pelan. aku juga sempet liat dia loncat-loncat. main sendiri. diam. tanpa berkata-kata. gak guk guk gitu. dia cuman main. dan diem. duduk. rebahan. duduk lagi. jalan-jalan bolak balik lagi. sambil ngibas-ngibasin ekornya yang mungil. maksudnya pendek hehe. aku cuman senyum aja liat novhy waktu itu. seneng aja liat novhy mainan sendiri. sedih juga. karena aku lelah. aku ngantuk. dan aku mau tidur.

pas udah mau merem. aku masih sempet liat novhy. terakhir aku liat dia jalan pelan sambil duduk terus nyebrang. gak jauh lah dari pondok tempat aku jualan. waktu itu emang lagi hening sih. jalanan lagi sepi. mungkin itu juga alasan novhy milih nyebrang pelan-pelan. eh, tanpa di duga dan disangka-sangka ada sebuah mobil. aku lupa mobil apa. gak liat jelas. karena aku udah mau merem aja. udah gak kuat nahan ngantuk. dia jalannya laju banget. om supirnya itu asem. mentang-mentang jalannya sepi. sendirian aja. seenaknya aja ngebut-ngebut. gimana coba nasip orang kalo ada orang atau nenek-nenek yang nyebrang tiba-tiba dia lewat? gak kebayang kan? yang ada ilang nyawa orang. woyyy om gak liat apa novhy lagi nyebrang??????

tiba-tiba terdengar BRUKKKKKKKKKKKKKKKK!!! sumpah kaget aku sama bapak. langsung bangun. langsung seger mataku. udah gak ngantuk lagi. aku heran. aku pikir mobilnya tadi masuk jurang. ehhh ternyata malah berenti pas ditengah-tengah jalan. karena rasa penasaran yang cukup tinggi, akhirnya aku datengin tuh mobil. aku penasaran omnya nabrak apaan. aku juga sempet ngeliat sekitar. nyari novhy. aku pikir dia udah masuk hutan. ya udah aku putusin buat liat ke depan mobil omnya. penasaran mau liat apa yang ditabrak.

sumpah kaget banget aku pas ngeliat. aku gak bisa ngomong apa-apa lagi. lemes rasanya pas ngeliat. aku cuman bisa teduduk sambil nangis. sambil ngomelin omnya juga. hiks, saat itu aku liat novhy udah dalam posisi terbaring bermandikan darah. novhy langsung meninggal ditempat. dia ninggalin aku untuk selamanya. dia mati tepat di depanku. pas banget dipelukanku. karena sebelumnya pas aku nyusulin novhy masih gerak. pas dia udah gak gerak lagi. aku liat tetesan airmata novhy. ternyata novhy nangis. liat itu aku jadi nangis juga. nyaring banget. anjing kesayanganku. temen kecilku. temen yang udah aku anggap kembaran itu. sekarang dia udah pergi selamanya. hiks… sedih rasanya. aku gak punya temen lagi. saat itu aku cuman bisa ngomelin omnya yang udah nabrak novhy.

habis omnya minta maaf sama bapakku. dia bantuin kami ngubur novhy. hiks. sedih liat novhy dimasukkin dalem tanah. gak terima rasanya. karena baru main sama novhy. malah ditinggal pergi selamanya. setelah itu bapakku bilang. mungkin tadi yang novhy jilatin tanganku, mungkin dia mau ngucapin selamat tinggal. cuman karena dia gak bisa ngomong. dia cuman bisa gonggong. emang sih. dia juga agak gelisah ku liat. yah, bapak bilang ikhlasin aja. biar novhynya juga tenang dan bahagia di alam sana. doain aja novhynya kata bapak. akupun nurutin kata-kata bapak.

semenjak novhy meninggal. aku jadi murung. sedih banget. siapa sih yang gak sedih kalo kesayangannya meninggal? gak ada kan? semua pasti sedih kan? begitu juga aku. bahkan, padahal aku punya adik cowok. yang nyata bisa diajak main dan ngobrol. yang tentunya aku lebih paham bahasanya daripada bahasa novhy. tapi ya mau gimana. rasa sayang mengalahkan segalanya. aku cuman bisa sedih. nangis. dan meratapi novhy. itu terjadi selama seminggu. dan aku juga kasian liat anak-anaknya novhy. waktu itu novhy baru aja ngelahirin. jumlahnya 3 ekor. warnanya mirip novhy semua. jadi makin sedih liat warna mereka yang sangat mirip. umur mereka juga baru seminggu. kasian. baru seminggu mereka udah piatu.

dan sejak kejadian itu, aku udah gak mau pelihara anjing lagi. aku takut kejadian yang sama terulang lagi. akhirnya anak-anaknya novhy aku kasih semua ke tetanggaku. biar diurus sama mereka 🙂. maaf ya nov… aku trauma. aku masih shock liat kamu meninggal di pangkuanku.. aku harap kamu bahagia dan kita bisa ketemu di akhirat nanti.. aamiin 🙂 sumpah kangen banget sama novhy.

begitulah. ketika kita memiliki binatang peliharaan. yang merupakan hewan kesayangan. yang kita cintai. yang kita sayangi. kita rawat dan selalu kita jaga. bahkan, rasa cinta dan sayang itu mampu mengalahkan segalanya. rasanya gak mau ngelepas pergi. siapa sih yang bisa begitu aja dengan mudahnya melepaskan sesuatu yang dia cintai dan sayangi? bahkan udah dirawat, dibesarin. ibarat dirawat dari kecil sampe tua sama-sama. gak ada kan yang bisa dengan mudah dan cepet ngelepasin pergi? itu gak mudah dilakuin. move on itu gak gampang. nah, terkadang hikmah dari rasa sayang itu kita rasakan sekali. rasanya tenang banget kalo udah menyayangi ciptaan Allah. seperti anjing tadi. meskipun dia menimbulkan najis, haram, dan mencegah malaikat rahmat dalam menaburkan rahmatnya, tapi dia tetep ciptaan Allah 🙂 yang juga punya hak untuk kita cintai dan sayangi sebagai peliharaan ciptaan Allah. aku kecil dan keluarga, dulu kami sama sekali gak tahu tentang anjing. makanya kami adem ayem aja pas melihara mereka. aku juga gak tahu kenapa gak boleh 🙂 tapi seiring berjalannya waktu, banyak kajian ilmu agama yang aku dengar dan pelajari. aku juga belajar tentang anjing. dan memang benar. kalo orang Islam dilarang melihara anjing karena katanya malaikat rahmat gak mau masuk ke rumah. astagfirullah… maafin aku ya Allah… dulu gak tau.. sekarang udah gak lagi melihara hewan itu. karena udah tau kalau di larang.

Islam itu indah. selain mengajarkan cinta dan kasih sayang. baik terhadap sesama manusia maupun terhadap ciptaan Allah yang lain seperti pepohonan, binatang, dll, Islam juga mengajarkan tentang adab dan kesopanan. tentang etika. yang membuat kita menjadi pribadi yang baik. banyak banget ajaran Islam yang kalau kita terapkan, akan membuat diri kita tumbuh menjadi pribadi dewasa yang sholeh dan sholehah. semoga selalu dalam bimbingan Allah, dan semoga selalu istiqomah 🙂

Islam is religions straight. he teach love and affection. not only to fellow man, but also the creation of God others, like the trees, a and so forth…

 

Time Together (Setiap Moment Memiliki Makna)

B612-2015-10-26-13-27-33

hi ^^

setiap moment memiliki makna.

pasti. itu sudah pasti. bukan kebetulan, tapi memang sudah seperti itu.

bagi kalian yang sering ngumpul atau hang-out bareng teman-temen ataupun keluarga di luaran sana, entah untuk ketemuan doang, minum coffee, jalan bareng, nonton, nge-date bareng pacar, family time, selfie bareng, dsb. merupakan suatu moment yang suatu hari nanti akan sangat kita rindukan saat kita telah cukup berumur dan sudah tidak bersama dengan mereka lagi. karena itu, inilah alasan kenapa kita harus mengabadikan moment-moment tersebut, entah moment bahagia ataupun duka. karena setiap moment yang telah kita lalui dan jalani pasti memiliki makna.

makna terbesar saat hadirnya moment-moment tersebut ialah kebahagiaan. lebih tepatnya bahagia ketika bersama-sama. bahagia itu bukan orang lain. tapi diri kita sendiri. namun, bisa berbagi kepada sesama merupakan suatu kebahagiaan yang tak dapat tuk tergantikan. yang bisa membuat kita bahagia hanya diri kita sendiri, karena hanya kita yang tahu dan mengerti apa yang benar-benar membuat kita bahagia secara alami.

setiap moment memiliki makna.

makna terindah saat moment-moment tersebut dibuat ialah kebersamaan. karena yang namanya ‘kebersamaan’ itu sama halnya dengan ‘kesempatan’ yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya selagi mereka masih di sisi kita. kebersamaan itu indah. kenapa indah? kita bersama bukan hanya karena kita satu karakter dan satu watak, tapi yang namanya kebersamaan itu ialah berkumpulnya beberapa watak dan karakter yang berbeda-beda. karena perbedaan itulah yang membuat kita merasa cocok satu sama lain, bahkan saling melengkapi satu sama lain. karena perbedaan itu indah. ia diciptakan untuk menyempurnakan. persepsi saya, sempurna itu karena berbeda bukan setipe.

saat kita menciptakan suatu moment alangkah baiknya jika kita mengabadikannya. caranya? misalnya berfoto. karena foto adalah kenangan yang dapat kita lihat kembali saat kita tua nanti. *tentunya bukan foto selfi-nya yang dibanyakin yah, tapi foto saat berkumpul bersama hehe, karena kita semua gak akan tahu kapan waktu untuk kita akan berhenti dan kitapun berhenti untuk bernapas~~*^^

di atas udah liat sebuah foto kan? jangan nebak saya yang mana deh -_- hehe bukan mau ‘pamer’ tempat atau jenis makanannya sih hehe cuman mau nunjukkin sebuah moment kebersamaan kita yang bagi saya cukup bermakna. saat kita berkumpul bersama seperti itu, bukan apapun jenis makanannya yang penting sebenernya, ya walaupun kita juga perlu untuk makan sih cuman di atas ‘makan’ itu tadi kebersamaan adalah hal yang paling terpenting. kebersamaan tak akan bisa tergantikan oleh waktu. suatu waktu kita bisa berkumpul dengan orang-orang kelompok A, misalnya. beberapa tahun kemudian kita berkumpul juga dengan orang-orang kelompok B, dan beberapa tahun kemudian lagi kita berkumpul pula dengan orang-orang kelompok C. begitu seterusnya silih berganti. hidup kita setiap hari selalu menjadi hari yang baru, moment baru dan kenangan baru. di mana hari-hari yang telah berlalu tidak akan pernah terulang kembali. kita tidak pernah tahu, setelah kita berkumpul dengan orang-orang kelompok C dan seterusnya, apakah orang-orang dari kelompok A dan B masih hidup atau tidak? jika masih hidup kita masih berkesempatan untuk kembali mengulang kebersamaan seperti waktu yang telah berlalu. dan jika tidak maka kita hanya bisa mengingat kenangan bersama mereka. ingat ya, waktu akan terus berjalan. tidak akan pernah mundur kebelakang. ia akan terus maju kedepan. sampai tiba saatnya ia harus berhenti berputar. waktu memang tidak dapat kita ulang, tapi kebersamaan yang telah kita buat saat lalu, dapat kita buat lagi kini jika kita ingin, ya.. jika ingin…

so, sayangilah orang-orang yang saat ini masih setia berdiri di sampingmu, terus mendukungmu tanpa pernah mengenal kata lelah dan menyerah, yang membantumu dengan nafkah dan melindungimu dengan gagah. selagi mereka masih di sisi kita, buatlah moment yang indah, menarik dan penuh kenangan. ada banyak hal di dunia ini yang dapat kita jadikan sebuah moment. dan pastinya setiap moment memiliki makna… ^^