5 Hal Yang Dilakukan Di Pagi Hari

Hasil gambar untuk 10 menit pertama bangun tidur

Assalamu’alaikum ^^

Hola ^^

Bangun tidur ku terus mandi

Tidak lupa menggosok gigi

Habis mandi ku tolong ibu

Membersihkan tempat tidurku

~ Pak Kasur ~

Hari ini, neng sangat sangat excited sekali. Nggak sabar buat share tulisan ini dari tadi malem. Tulisan ini adalah sebuah rangkuman dari satu acara talkshow motivasi dan inspirasi yang narasumbernya adalah Merry Riana. Karena menurut neng, belum tentu semua orang nonton acaranya yang berjudul I’M POSSIBLE. So, neng akan share disini. Semoga bermanfaat yaaa ^^ Selamat membaca, semoga terinspirasi dan berubahlah jadi lebih baik, kalau neng bisa kalian juga pasti bisa ^^

Kenapa harus pagi ? Kenapa pagi-pagi harus happy?

Pagi adalah saat di mana kita memulai hari. Bagaimana keadaanmu hari itu, semua tergantung bagaimana kamu memulai hari di pagi hari. Karena suksesmu, tergantung bagaimana kamu memulainya di pagi hari. Kita mungkin sering bertanya, apa yang terjadi ketika hari ini, bertemu pagi, bertemu orang tua, pasangan, atau temen, pagi-pagi udah berantem, ketika berangkat kerja kena macet, sampai kantor ada bos yang wajahnya datar dan marah-marah, sampai di meja kantor kerjaan menumpuk, belum lagi ada temen yang nggak masuk kerja, kerjaan kamu akan bertambah. Kamu pasti merasakan kesel yang luar biasa. Apa yang salah hari ini?

Jawabannya sangat simpel. Yang salah bukan keadaan, tapi bagaimana kamu memulai hari ini. Karena apa yang kita mulai hari ini, akan berpengaruh terhadap apa yang kita lakukan seharian ini. Itulah mengapa, dalam 10 menit pertama yang sangat penting untuk dilakukan. 10 menit inilah yang akan menentukan apakah kita sukses kedepannya atau tidak. Karena apa yang kita mulai hari ini, akan sangat menentukan masa depan kita. Jangan pernah takut untuk berubah. Karena perubahan yang baik akan membuat hidup kita jadi lebih baik. Dan berubah dapat dimulai dengan melakukan hal-hal yang kecil di pagi hari.

5 Hal yang harus di lakukan di pagi hari, saat 10 menit pertama bangun tidur, yaitu :

  1. BERDOA DAN BERSYUKUR

Hasil gambar untuk berdoa dan bersyukur

Ketika bangun tidur, seringkali hal pertama yang dilakukan adalah buka handphone. Entah bikin status ataupun foto selfie. Pertanyaannya, baikkah itu untuk mengawali hari? jawabannya tidak.  Oleh sebab itu, ketika bangun tidur, pertama kali membuka mata, jangan melakukan apapun, tapi berdoa dan bersyukur. Caranya? Ada banyak hal yang bisa kita syukuri. Coba sejenak, pejamkan mata lalu tarik napas dan hembuskan perlahan. Bayangkan dan pikirkan. Tidak semua orang seberuntung kita. contoh kecil adalah bernapas. Betapa mudahnya kita bernapas. Lihatlah, orang-orang di luar sana yang ketika bernapas pada saat ini, susah menarik napas dan menghembuskan napas dengan tabung oksigen. Ketika kita membuka mata bisa melihat wajah orang lain. Papa, mama, adik, kakak, siapapun itu. Syukuri, bahwa kita masih hidup. kita masih bisa bernafas. ketika berangkat kekantor dan melihat betapa banyaknya tumpukan kerjaan, kemudian mengeluh. Ingatlah, betapa banyaknya orang di luar sana yang menginginkan pekerjaan seperti kita. Sementara kita, memiliki kerjaan yang seharusnya kita syukuri, malah dikeluhkan. Jangan keluhkan apa yang sedang kita jalani, tapi syukuri, karena ketika kita mengeluh, segalanya akan berubah menjadi negatif dan kita hanya akan menjadi orang yang gagal. kalau kamu tidak ingin gagal, mulailah untuk bersyukur dengan hari ini.

2. MEMILIH ENERGI YANG INGIN DIBAGIKAN

Hasil gambar untuk energi positif

Kita pasti seringkali merasa excited ketika ada hal yang ingin kita lakukan hari ini. Bahkan, sejak jauh hari sudah merencanakan apa yang digunakan pada hari H. Pakai baju apa, pakai celana/rok apa, pakai jilbab apa, bawa tas apa, dan lain sebagainya. seringkali kita meluangkan waktu untuk memilih baju, celana, sepatu, bahkan berdandan. Tapi ada hal yang kita lupa. Bahwa yang paling berpengaruh untuk hidup adalah sebuah energi. Karena energi akan membawa rejeki. Energi dan rejeki hubungannya sangat erat. Jika energinya besar, rejeki juga ikut besar. Kalau energinya kecil, rejekinya juga akan kecil. untuk itu, mulailah pagi dengan memilih sebuah energi atau emosi apa yang ingin dibagikan di sekitar kita pada hari ini. Apakah Ceria, Happy, bersyukur, lebih sabar, dan lain-lain. Kalau bukan kita yang memilih energi tersebut, maka orang lain yang akan memberi energi kepada kita, entah energi negatif atau energi positif. Hal itu sangat berpengaruh terhadap apa yang kita lakukan hari ini.

3. TIDAK MENUNDA-NUNDA

Hasil gambar untuk tidak menunda nunda bangun

Setiap hari, ketika menjelang tidur mungkin kita akan menyetel alarm yang niatnya agar memudahkan kita untuk bangun di pagi hari. Ada 3 tipe orang ketika bangun pagi:

a. sleeper, tipe orang yang tidurnya pulas. Berapun alarm yang dipasang, jam berapapun alarmnya di setel. Ketika alarm tersebut berbunyi,  nggak kedengeran.

b. Snoozer, tipe orang yang suka menunda-nunda. Ntar deh, 5 menit lagi deh. Di atur 5 menit lagi, lalu Alarm bunyi lagi, 5 menit lagi deh. Begitu seterusnya sampai udah kepepet, bangun karena telat, buru-buru karena panik.

c. Winner, tipe orang pemenang. Ketika alarm berbunyi langsung bangun. Dan percaya bahwa ini adalah Kesempatan kedua untuk mengubah hal buruk yang terjadi kemarin.

Tipe bangun pagi manakah kamu?

Diantara ketiga tipe diatas, tipe yang paling baik adalah tipe ketiga, dan tipe yang paling buruk, paling fatal untuk hidup kita adalah tipe yang kedua. Jangan pernah menjadi tipe yang kedua. Kalaupun saat ini kita masih jadi tipe yang kedua, belajarlah untuk menjadi tipe yang ketiga perlahan-lahan. Kadang kita suka merasa seperti ini, kok aku suka telat ya? itu semua karena kebiasaan suka menunda-nunda. Entah hal yang kecil sampai hal yang besar. Kalau kita memulai hari dengan menunda-nunda, maka seharian yang akan kita jalani juga banyak hal yang tertunda. Masih maukah hidup seperti itu? kalau tidak, yuk kita sama-sama belajar untuk berubah. Lawan rasa malas yang ada dalam diri kita. Karena sampai kapanpun, malas nggak akan bikin kita sukses. Kalau bukan hari ini kapan lagi? Hargailah dan lakukanlah sebaik mungkin apa yang ingin kita lakukan. Lakukan dengan segera, janganlah suka menunda-nunda. Suksesmu di kemudian hari, tergantung apa yang kamu lakukan ketika memulai hari ini.

4. MERAPIKAN TEMPAT TIDUR

Gambar terkait

Hal kecil, tapi memiliki efek yang besar. sesuatu yang kita lakukan berulang kali, akan menjadi kebiasaan. dan kebiasaan itu nantinya akan membentuk karakter, dan karakter itu akan menentukan hidup kita. Mulai dengan hal kecil. Merapikan tempat tidur adalah hal yang sederhana tapi memiliki makna, yaitu berhasil melakukan tugas pertama di hari ini. Jangan meremehkan hal-hal kecil. jika tidak bisa melakukan hal-hal kecil, bagaimana kita akan bisa melakukan tanggung jawab yang lebih besar suatu hari nanti?

AFIRMASI POSITIF

Hasil gambar untuk sugesti positif

Sugesti diri yang positif dengan kata kata yang baik. Karena, kata-kata adalah sebuah doa. Apa yang kita katakan terhadap diri kita akan menjadi doa. Sugesti positif akan membuat kita melakukan hal yang postif, sugesti negatif akan membawa kita menjadi orang yang berperilaku negatif. Jadi, sugestikan diri kita untuk melakukan afirmasi yang positif.

Lakukan hal seperti ini, setiap pagi di 10 menit pertama bangun tidur. Ada banyak afirmasi positif untuk diri kita, berikut adalah contohnya:

Hari ini akan menjadi hari yang baik. Hari yang penuh berkah. Hari yang menyenangkan.

Saya bahagia. saya sehat, saya siap menjalani, hari ini dengan semangat.

saya bisa, saya istimewa, dan semua yang saya butuhkan, sudah ada dalam diri saya.

Ketenangan, kejernihan pikiran, kepercayaan diri.

Hari ini, hal-hal indah akan hadir dalam hidup saya. Pintu kesempatan akan terbuka lebar. Semua yang dikerjakan akan berjalan lancar.

Hari ini saya merasakan begitu banyak cinta. Begitu bahagia, dan begitu bersyukur.

Hari ini adalah hari yang terbaik untuk hidup saya.

Hal yang besar kita jalani tentu di mulai dari hal yang kecil. Masa depan dimulai dari hari ini. Hari ini dimulai dengan bersyukur. Lakukan 10 menit pertama setelah bangun tidur, untuk bisa sukses di kemudian hari. Karena menjadi sukses, menjadi bahagia adalah hak semua orang. Kejarlah mimpi dengan usaha dan langkah nyata.

Sekian rangkumannya, semoga bermanfaat untuk kita semua, Kalian belajar neng pun juga belajar. Kadang banyak yang bilang tulisan neng menginspirasi, neng pun juga terinspirasi, tapi inspirasi saja nggak cukup, kita harus melakukan. Langkah pertama yang kita lakukan adalah berubah. Belum bisa melakukan perubahan hal yang besar, mulailah dengan hal yang kecil.

Terimakasih sudah bersedia untuk membaca ^^.

 

Iklan

Semua Butuh Proses

Assalamualaikum ^^

Hola ^^

Dalam hidup, nggak ada sesuatu yang dijalani didapatkan dengan instan. Untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa, semua butuh proses. Untuk menjadi orang terkenal, pun semua butuh proses. Untuk mendapatkan kesuksesan pun, semua butuh proses. Butuh Usaha. Butuh kerja keras. Butuh kesabaran. Dan Konsistensi. Bahkan, mie yang jargonnya instan saja, harus melalui proses di masak terlebih dahulu, agar lezat ketika disantap. Apalagi hidup kita, yang tidak ada cap instan sejak awal hadir ke dunia.

Proses adalah upaya, cara, usaha, dan jalan untuk mencapai segala sesuatu. Ada proses yang panjang, ada pula proses yang pendek. Namun, segala proses yang sudah dilalui pun tentu nggak gampang. Oleh sebab itu, baik panjang atau pendeknya sebuah proses, banyak atau sedikitnya suatu cara, besar atau kecilnya segala upaya, mulus atau tidaknya sebuah jalan, apapun sebutannya harus kita hargai. Kalau orang lain belum bisa menghargai setiap proses yang kita jalani, setiap karya yang kita hasilkan, setiap prestasi yang kita ukirkan, minimal kita sendirilah yang harus menghargai diri kita sendiri, proses yang tadi kita jalani. Karena dengan menghargai kita akan mengerti betapa tidak mudahnya sebuah perjuangan.

Dalam sebuah proses yang dicoba perbaiki pun, belum tentu semuanya suka, pasti duka lara juga ikut berperan di dalamnya. Selagi masih bisa berjuang, jangan pernah menyerah untuk mencoba hal yang baru. Jangan takut gagal terhadap suatu hal. Karena gagal adalah guru yang mengajarkan kita untuk berproses menjadi manusia yang lebih baik lagi. Ketika sekolah, jika salah menulis mungkin tulisan tersebut dapat di hapus. Tapi, dalam menjalani kehidupan, janganlah menghapus setiap hal yang tidak menyenangkan, biarkan saja, karena suatu saat kita akan membutuhkan kenangan tidak menyenangkan itu, untuk menjadi pembelajaran agar tidak terulang lagi di masa mendatang, sehingga menjadi manusia yang lebh baik, pun dapat kita lakukan.

Dulu dan sekarang tidaklah sama. Dulu dan sekarang pasti berbeda. Karena apa? Karena ada proses yang sudah kita lalui sebelumnya.

Dalam hidup neng, paling excited, paling happy, kalau sudah pegang microphone. Aneh gak ya? semoga enggak hihi. Sejak kelas 1 SD neng sudah dilatih terbiasa memegang microphone. Awalnya, neng gugup, nangis, malu, karena nggak PD dilihat banyak orang, nggak terbiasa menjadi pusat perhatian. Bahkan sempet kabur yang berakhir, sampe rumah langsung diceramahin, karena di anggap bikin malu. Ketika masuk di SMP, sering lihat teman seangkatan dan juga kakak kelas yang dengan senangnya memegang microphone tanpa gugup sedikitpun. Dulu, neng tuh punya mental kerupuk, dimana saat nggak ada orang atau di depan kaca lagi latihan itu PDnya kebangetan, sedangkan saat dihadapan orang banyak, neng jadi ciut, gugup dan takut. Makanya, dulu nggak pernah berhasil setiap pegang Mic.

Lambat laun, neng mulai duduk di bangku SMA. Neng ngeliat di lingkungan rumah neng, anak mudanya jarang banget bisa di andelin. Setiap yang pegang Mic selalu kakek-kakek atau nggak nenek-nenek. Neng jadi kasian, karena udah getar-getar di atas panggung. Akhirnya, muncul keinginan untuk berani pegang mic, cuman neng nggak ngerti harus mulai darimana. Sampai suatu hari di sekolah, ada kakak kelas yang udah cantik, pinter, lancar banget lagi kalo udah pegang mic, yang akhirnya neng tau kalau kakak ini adalah pembawa berita di salah satu stasiun TV lokal di Kota Neng. Pelan-pelan neng berkenalan sama kakak itu, namanya kak Ayu. Neng juga waktu itu masih malu-malu, kalau nanya pun hanya berani sekali tiap ketemu. Sampai suatu saat, kak Ayu dan neng ada di satu ruang yang sama, ternyata kak Ayu lagi ngerjain tugas. Abis ngumpulin keberanian, neng pun mulai bertanya-tanya banyak hal, yang pasti tentang rasa percaya diri terutama. Kak Ayu pun banyak memberikan pencerahan dan pengarahan buat neng, gimana tampil baik di hadapan orang banyak. Apa yang disampaikan Kak Ayu neng coba satu persatu di rumah. Intinya, Kak Ayu pernah bilang kalau kita dikasih kesempatan untuk tampil di muka umum, coba saja. Nggak ada yang salah dengan mencoba, justru dari situ kita belajar. Dan ketika tampil usahakan tampilkan yang terbaik, jika ada salah di penampilan berikutnya bisa diperbaiki. Untuk jadi profesional butuh proses. Kak Ayu juga nitip pesan, katanya aku harus selalu bersyukur sama Allah dan orang yang memberikan amanah, karena kesempatan itu belum tentu datangnya dua kali. Siapapun yang ada di depan, juga harus kita hargai. Karena, ketika kita bisa menghargai orang lain, orang pun juga akan menghargai kita.

Pesan dari Kak Ayu selalu neng inget dan praktikkan, neng juga banyak beli buku karena kata Kak Ayu banyak membaca juga salah satu komponen Percaya Diri. Akhirnya, ketika di bangku kuliah neng mulai berani untuk bicara di depan umum. Awalnya, dari bertanya baik kepada dosen atau kepada teman ketika presentasi, mulai presentasi sendiri, sidang skripsi, sampai ketika bekerja neng juga masih belajar tampil di depan umum, itulah kenapa neng memilih menjadi guru agar terbiasa berbicara di hadapan orang banyak, sampai akhirnya neng sering di kasih kesempatan menjadi Pembawa Acara baik di lingkungan rumah, maupun di sekolah. Terimakasih kesempatannya. ^^

Itulah yang disebut proses. Adanya proses menunjukkan bahwa kita sedang berkembang. Jangan pernah malu untuk bertanya. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Jangan pernah berhenti untuk selalu ingin tahu. Jangan pernah menyerah ketika kegagalan sedang menghampiri. Jika kita tidak berproses, kita tidak akan mampu mengejar orang lain, hanya diam ditempat dan sendirian sangatlah tidak nyaman. Sementara, kita punya banyak impian, dan diantaranya ada mimpi yang sangat diharapkan menjadi kenyataan. Percayalah, mimpi hanya akan menjadi mimpi jika kita hanya diam ditempat tanpa berusaha untuk mewujudkannya. Percayalah, pada setiap kesempatan yang diberikan. Gunakan waktu sebaik mungkin. Jadilah bermanfaat untuk orang lain. Karena jika sukses yang bangga bukan hanya diri kita, tapi kedua orang tua dan Daerah kita juga akan bangga. Terus semangat para pejuang muda. Jangan pernah berhenti untuk belajar, teruslah bermimpi, dan berusahalah untuk menggapai segala impianmu.

Sekian, semoga bermanfaat dan menginspirasi ^^

Jodoh di Tangan Tuhan

Assalamualaikum ^^

Hola Semuanya ^^

Beberapa waktu ini, Indonesia sedang di hebohkan dengan berita dari salah satu artis yang fenomenal di Indonesia, bahkan terkenal di luar negeri *wowwww*, pasalnya berita bahagianya sangat di tunggu-tunggu oleh semua masyarakat di Indonesia. Jujur, neng bukan fansnya, tapi kita belajar bisa melalui cerita hidup orang lain kan?

Hasil gambar untuk syahrini menikah

Rabu, 27 Februari 2019, salah satu artis yang akrab di sapa Incess yang bernama Syahrini akhirnya mengakhiri masa lajang. Ia menikah dengan seorang Pengusaha ternama berdarah Indonesia – Jepang, bernama Reino Barack yang juga diketahui sebagai mantan kekasih artis Luna Maya. Incess melaksanakan pernikahannya di Masjid Cami Tokyo, Jepang. Pernikahan incess sangat di tunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Jujur, neng adalah salah satu yang sempat menghayalkan bahwa pernikahan incess akan sangat mewah dan glamour sekali menghebohkan masyarakat Indonesia seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Namun, siapa sangka bahwa pernikahan sang Incess justru di gelar tertutup.

Pernikahan Syahrini memang sangat di tunggu. Namun, beberapa waktu ini banyak menuai kontroversi. Ada masyarakat yang pro dan kontra terhadap pernikahannya.

” Syahrini nikah sama Mantannya Luna Maya loh “

Wah, makan teman tuh “

” Syahrini kok gitu sih “

” Kasian Luna Maya ya “

Hei masyarakat Indonesia, silahkan berkomentar apapun tapi harus ingat, semua manusia punya jodohnya masing-masing, dan yang namanya jodoh nggak akan ada yang tau siapa orangnya dan kapan waktunya tiba. semuanya misteri, unik, dan jodoh memang di Tangan Tuhan, jalan yang ditempuh untuk bertemu jodoh pun bermacam-macam. Intinya nggak ada yang mustahil karena hidup kita sudah ada takdirnya dari Allah. Jalan hidup kita sudah ditentukan, manusia hanya menjalankan. Kita juga nggak bisa memilih jodoh sendiri, karena memang Takdir Allah sudah menuliskan jodoh kita di Lauhul Mahfudz bahkan sejak kita masih dalam kandungan emak.

Neng memang bukan fans Syahrini, tapi juga tidak membela Luna Maya. Neng pun tidak menyalahkan Reino Barack. Neng tidak berpihak pada siapapun. Hanya saja, Manusia harus ingat bahwa kita punya Tuhan, Allah yang sudah menentukan garis hidup kita berupa Jodoh, Maut, dan Rezeki yang semuanya sudah di atur dan tidak akan tertukar. Hanya saja menjadi orang baik atau tidak baik adalah pilihan kita sendiri.

Daripada, sibuk menjadi tim Syahreino ataupun Tim Mbak bulan, lebih baik kita ademkan hati. Ada pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita cinta mereka bertiga.

SABAR DALAM PENANTIAN PANJANG KARENA SEMUA AKAN INDAH PADA WAKTUNYA.

Sejak berita pernikahan Syahrini tersebar, selama itu pula neng kepo tentang Syahrini. Dari Syahrini, kita bisa ambil pelajaran sabar dalam menanti. Meskipun harus melalui penantian yang panjang. Ternyata Syahrini sudah memasukkan target menikah sejak tahun 2012 lalu, dan baru menikah tahun 2019 ini. Artinya butuh waktu sekitar 7 tahun untuk bertemu pujaan hatinya. Syahrini tidak pernah berhenti menargetkan Nikah di setiap tahunnya. Belum menikah di tahun ini, dia coba lagi di tahun depan, begitu seterusnya sampai waktunya tiba. Segala sesuatu yang kita lalui dengan penuh kesabaran dan keikhlasan dalam menjalaninya, suatu saat jika waktunya tiba pasti kita akan merasakan kebahagiaan yang sangat istimewa. Sabarlah dalam menjalani hidup. Syukuri segala yang kita jalani, saat duka maupun duka. Ikhlaslah terhadap takdir hidup kita, karena bagaimanapun juga nanti kita akan kembali lagi kepada Sang Pencipta. Nggak perlu resah bila belum menikah hanya karena semua temanmu sudah menikah. Nggak perlu Marah saat dilangkahi oleh adik menikah terlebih dahulu. Nggak perlu Galau setiap tahun karena belum bertemu jodoh. Teruslah menanti dengan penuh kesabaran, karena semua akan indah pada waktunya.

JODOH DI TANGAN TUHAN, KAPANPUN WAKTUNYA DAN SIAPAPUN ORANGNYA, TERIMALAH.

Nggak ada satupun manusia yang tau kapan jodohnya akan datang. Yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan diri secara lahir dan batin. Bisa jadi Tahun depan, bulan depan, minggu depan, lusa, besok, atau pun hari ini. Everyone never know. Bila saat ini ada yang sedang menjalin hubungan, belum tentu dia jodohmu. Bisa jadi kamu lagi jagain jodoh temen kamu. Jauh dekatnya, pernah kenal atau enggak, Pacar temen atau bukan. Yang namanya jodoh nggak akan tertukar. Jangan sedih, saat pacarmu menikah dengan temanmu. sedih sebentar boleh, tapi jangan sampai larut apalagi membahayakan nyawa sendiri. Kalau memang jodoh, waktunya sudah tiba, kapanpun waktunya, siapapun orangnya, terimalah. kita nggak berhak untuk marah, karena Jodoh di Tangan Tuhan, jodoh sudah di atur dan nggak akan tertukar. Sekeras apapun kamu menghindar kalau sudah jodoh akan menikah juga. Selama apapun kamu bersama, kalau nggak ada jodohnya akan berpisah juga. Sekeras apapun kamu mempertahankan, kalau jodohnya nggak panjang ya akan bercerai juga. Kalau belum berjodoh, sabar saja. kalau sudah berjodoh bersyukur saja. kalau belum berjodoh, berkarya saja. Kalau sudah berjodoh, berusahalah mempertahankan segalanya, jangan lagi lirik kiri kanan.

KALAU TIDAK BERJODOH, IKHLASKAN, SABARLAH KARENA KAMU AKAN DAPAT YANG LEBIH BAIK.

Kalau tidak berjodoh dengan pacarmu saat ini, sabar jangan marah. Mungkin kecewa sedikit. tapi ingat, jodoh sudah di atur, kita nggak bisa salahkan karena “ditikung temen”. temenmu pun juga nggak menyangka, kalau jodohnya adalah pacarmu saat ini. Ikhlas dan sabar lebih baik. Karena nantinya ketika waktumu juga tiba, kamu akan dapatkan bahagia lebih dari yang kamu harapkan dan rencanakan ketika bersama pacarmu.

MENIKAH SEKALI SEUMUR HIDUP, PILIHLAH YANG TERBAIK DI ANTARA YANG BAIK.

Ketika kita dihadapkan kepada dua pilihan. Jangan terburu-buru untuk memilih. Kita harus benar-benar menentukan mana yang terbaik diantara yang baik. Setiap manusia, pasti bercita-cita menikah setidaknya sekali seumur hidup. Walaupun ada juga yang berkali-kali, bukan berarti mereka salah pilih. Karena sebelumnya memang ada jodohnya, hanya saja nggak panjang waktunya. jodoh kan di Tangan Tuhan, jodoh juga sudah di atur, kenapa masih harus di pilih ? tentu saja jawabannya bukan hanya karena nggak mau sampai salah pilih, tapi karena kita ingin yang terbaik. Setiap manusia punya kriteria sendiri dalam memilih pasangan, apalagi pasangan seumur hidup. Sudah pasti akan mencari yang benar-benar terbaik. Yang perlu dilakukan adalah, jika kamu perempuan perbaikilah diri, pantaskanlah diri, jika ada sikap yang masih kurang baik, ubahlah barangkali itulah penyebab kamu belum dipilih untuk menjadi pasangan hidup. jika kamu laki-laki, pilihlah dengan baik jangan hanya dibutakan oleh cinta. Kita hidup memang atas dasar cinta, tapi cinta bukanlah segalanya, kalau kita menikah hanya alasan cinta saja, jika suatu hari cintamu hilang maka pupuslah segalanya. Menikahlah dengan niat meraih ridho Allah. Pilihlah dia yang mana kamu merasa jika bersamanya kamu bukan hanya bahagia, tapi semakin dekat dengan Allah SWT.

Sendiri memang nggak nyaman, tapi percayalah bahwa setiap kita pasti ada jodohnya masing-masing, jika tidak tahun ini, mungkin tahun depan, jika tidak sekarang, mungkin nanti, jika tidak di dunia, mungkin di akhirat. Jangan mengeluh soal belum dapat jodoh, mengeluh bukan solusi kamu bisa dapat jodoh cepat. Yang perlu kita lakukan adalah terus belajar, memperbaiki diri dan memantaskan diri, sampai waktu jodohmu tiba. Jangan galau hanya karena semua temanmu sudah menikah, karena menikah bukan perlombaan siapa cepat dia dapat, tapi siapa yang siap dialah yang berhak terlebih dahulu. Selain itu, karena memang sudah waktunya tiba, semua akan indah pada waktunya. Setiap waktu yang dijalani bersama pasanganmu, nikmatilah, hargailah, dan berbahagialah. Karena kita nggak akan pernah tau kapan waktu yang indah itu akan berakhir.

Hasil gambar untuk arti surah ar rum ayat 21

Sekian dulu ya, bagaimana menurut kalian?

Kebocoran ban

Assalamualaikum

Hola..

Ada-ada saja. Yang namanya musibah kita mah gak bisa duga ya datangnya kapan. Contohnya pagi ini.

Mau berangkat kerja, eh setengah perjalanan tiba2 neng ngerasa ada yang aneh sama motor neng. Kok dia goyang banget. Wah kenapa nih. Sampe 3 kali ditegur orang neng di jalan mah.

Pelan-pelan neng jalan di pinggiran, nyari bengkel. Neng sadar udah telat 10 menit masuk kantor. Aduh tepok jidat deh. Sebelum ke bengkel whatsapp anak kantor dulu ijin telat. Selesai ijin lanjut lagi nelusurin jalan.

Kurang lebih 50 meter ada bengkel. Neng mampir. Neng tuh paling gak bisa banget bedain antara ban bocor sama ban kempes jadi neng minta liatin aja ama kang bengkelnya. Ternyata setelah diliat bocor. Bocornya itu gak sebiji dua biji tapi panjang. Sejari gitu.

Akhirnya gak bisa ditambal karena bocornya panjang banget. Jadi cuma bisa diganti. Udah lama gak ganti akhirnya ganti ban dalem juga.

Terakhir ganti itu sekitar september 2018 ini kejadiannya aneh lagi dan cukup bikin bingung. Aku sendiri juga sampe sekarang masih suka bertanya-tanya kenapa.

Masalahnya adalah ban dalamnya itu kelilit. Kok bisa ya? Sampe sekarang aku masih belum tau sebabnya. Mungkin temen-temen ada yang pernah ngalamin hal serupa? Kira-kira penyebabnya apa ya? Ceritain dong ke neng biar neng paham hihi.

So kali ini segini aja yaa.. cuman curhatan doang. Maaf ya kalo ada kurang berfaedah. Kalo kangen tulisan panjang neng. Ntar ya tunggu aja postingan selanjutnya …

Bye ^^

[Life Lessons #1] Makna dari sebuah Kegagalan

Assalamualaikum readers, Holla semuanya apa kabar? Wahh aku kangen banget nih udah lama gak nulis disini, semoga kalian sehat dan bahagia selalu ya ^^

Belakangan ini, aku tertarik banget baca-baca artikel atau quotes yang berhubungan dengan pelajaran hidup (life lessons), banyak quotes yang aku baca dan aku ngerasa penting dong buat share hal ini disini, barangkali kita bisa sama-sama belajar untuk kehidupan kita yang lebih baik lagi.

Salah satu quotes yang paling aku suka adalah “jangan pernah berhenti untuk belajar, karena hidup tidak pernah berhenti untuk mengajar” tentunya ini berhubungan dong sama quotes yang paling terkenal “tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang Lahat” ya.. Kita memang harus selalu belajar dalam hidup ini, bukan hanya belajar di sekolah formal tapi juga belajar bagaimana menjalani kehidupan di dunia yang semakin kejam ini. Bahkan kita sudah disuruh belajar sejak dalam kandungan loh sampai kita meninggal nah loh hihi.

Menurut aku belajar itu asyik sih, terutama belajar tentang kehidupan karena semakin kita belajar kita akan semakin sadar bahwa ilmu yang kita miliki belum ada apa-apanya, semakin kita belajar semakin kita mengetahui banyak hal dan semakin juga kita merasa bodoh, karena apa… Karena ilmu dari Allah itu luas dan gak ada habisnya.

———————————————————————-

“IT’S GOOD TO FAIL”

Hah? Kok bisa? Mungkin ada beberapa orang yang berfikir bagaimana mungkin kegagalan adalah suatu hal yang baik?

Oke, jadi begini. Dalam hidup ini, apalagi kita sebagai manusia biasa tidak mungkin hidup yang kita jalani berjalan mulus, tanpa hambatan dan tanpa rintangan. Tidak mungkin kita selalu benar, pasti ada saja kesalahan yang kita lakukan. Tidak mungkin kita bisa selalu sempurna, pasti ada cacat yang kita hadapi. Tidak mungkin kita selalu berhasil, pasti ada kegagalan yang datang menghampiri kita.

Jika kita gagal, itu wajar. Jika kita gagal, jangan malu, jangan menyalahkan orang lain, jangan menyalahkan diri sendiri, apalagi takdir. Karena sejatinya, nggak ada orang yang mau gagal semua orang pasti ingin sukses dan berhasil, betul? Begitu juga dengan diriku.

Pertama kali gagal, sedih dan kecewa itu hal yang wajar. Tapi kita tidak boleh berlarut-larut dalam kegagalan. Ketika kita merasa gagal, jangan mudah patah semangat apalagi menyerah pada percobaan pertama. Gagal sekali, coba lagi, gagal lagi coba lagi, begitu seterusnya, jangan pernah bosan untuk mencoba, karena mencoba adalah suatu usaha dan ketika kita berusaha bekerja keras maka tidak mustahil ada waktu untuk kita bisa berhasil.

Jika kita melakukan sesuatu kemudian kita langsung berhasil, kemungkinan memang ada rasa senang tapi, kurang berkesan. Karena yang berkesan adalah apa yang kita raih tidak mudah kita dapatkan, harus sakit dulu, harus lelah dulu, harus gagal dulu, sampai keadaan mungkin kita hampir menyerah tapi jangan pernah berfikir untuk menyerah lebih awal, karena kita tidak pernah tau takdir kita ke depannya. Barangkali, percobaan selanjutnya kita berhasil, gak ada yang tau bagaimana selanjutnya. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha, selalu berusaha dengan usaha yang terbaik.

Artinya, untuk mencapai sebuah kesuksesan butuh usaha, butuh perjuangan. Melewati rintangan, tantangan, hambatan, atau kegagalan sekalipun. Nikmatin aja, mengeluh boleh tapi jangan terlalu. Nggak ada sesuatu yang instan di muka bumi ini, bahkan mie instan aja walaupun namanya instan pun tetap juga di proses dulu, di masak dulu, baru bisa disajikan, baru bisa di santap. Begitu juga dengan kesuksesan ada suatu proses yang bernama kegagalan.

Gagal bukan berarti kamu harus menyerah. Gagal juga bukan sesuatu yang memalukan. Gagal artinya kamu harus belajar lagi, berusaha lagi, lebih giat, sampai tiba waktunya kamu berhasil dan Kamu akan puas dengan hasil yang kamu capai tentunya setelah menikmati sebuah kegagalan.

Ada banyak hal yang sebenarnya bisa kita pelajari dari sebuah kegagalan. Kita belajar jadi manusia lebih sabar, belajar jadi manusia lebih dewasa, lebih bisa ber-deal dengan keadaan, yang pasti ketika suatu waktu kamu mencapai goal atau mimpi yang besar kamu pasti akan merasa bahwa gagal bukanlah hal yang buruk.

Tetap semangat mencoba setiap kesempatan yang ada, jangan mudah menyerah dengan percobaan yang ada, berani gagal jangan takut gagal, bangun dan bangkitlah rajut kembali mimpimu dan raihlah kesuksesan dengan caramu sendiri.

Semoga tulisan ini bisa sedikit menyadarkan para readers yang masih suka banyak mengeluh dan selalu merasa bahwa gagal adalah hal yang buruk.

Makna Bahagia, sesederhana itu

Assalamualaikum hay hay semuanyaaa ^^ *hebohhh*

Pada pagi hari yang cerah ini, alhamdulillah tumben gak turun ujan hihi, sambil tiarapan syantik di kasur emak wkwk sambil asyik scroll up-down akun-akun instagram, mencari topik dan perbincangan baru yang lagi viral, lalu beralih nonton video-video motivasi di youtube, tiba-tiba neng keinget sama kata ‘bahagia’, neng lupa deh udah pernah nulis tentang bahagia apa belom, soalnya males buka-buka udah panjang daftar postingan yang pernah neng buat, hihi. Jangan diikutin yah wkwk. *kemudian kabur takut kena lempar tomat*

Kalo ngomongin bahagia, neng rasa ini gak ada abisnya sih. Apalagi kadar ukuran dan penyebab bahagia setiap orang berbeda-beda. Punya cara dan jalan masing-masing untuk bahagia. Ada yang dengan hal sederhana udah bahagia. Ada juga yang dengan hal mewah baru bisa dikatakan bahagia.

Terkadang pun apa yang kita jalanin pasti beda dengan penilaian orang-orang yang hanya melihat dari kejauhan. Orang menilai kita bahagia, nyatanya bukan itu yang kita rasakan. Mungkin dari luar kita terlihat bahagia, tapi di dalam belum tentu. Karena yang tau bagaimana dan seperti apa bahagia untuk diri kita adalah kita sendiri, bukan orang lain. Sekali lagi, bahagia adalah diri kita yang merasakan bukan orang lain yang menilai.

Ada juga apa yang membuat kita bahagia ternyata bagi orang lain hal itu gak membahagiakan sama sekali. Begitupun sebaliknya. Makanya jangan heran deh, kalo banyak manusia di zaman serba canggih dan modern ini yang masih suka iri bahkan kesal sama kebahagiaan yang dimiliki orang lain. Syukur kalo keirian dan kekesalan mereka bisa memotivasi diri mereka sendiri. Untung kalo keirian (?) dan kekesalan mereka gak sampe mendorong mereka untuk melakukan tindak kriminal. Coba kalo sampe ngelakuin tindak kriminal betapa berabenya tuh bakal jadi kasus panjang karena permasalahan sepele.

“Eh liat deh si A, kerjaan Bagus, duitnya banyak, pasti bahagia banget ya hidupnya”

Segera ditepis. Belom tentu seperti itu yang dirasakan. Karena penilaian dengan apa yang dilihat dan dirasakan itu sangat berbeda sekali.

Belom lagi, di zaman serba canggih dan modern ini. Media sosial bertebaran, mulai dari facebook, instagram, dkk. Bahagia dikit, cekrek, edit, aplod. Seneng dikit, cekrek, edit, aplod. Sedih dikit, cekrek, edit, aplod. Sekalian aja lagi ditoilet juga di aplod. Pamer. Ya, pamer lagi bahagia. Yakin beneran bahagia? Bisa jadi cuma pura-pura bahagia mau nunjukin ke semua orang di dunia kalo hidup dia bahagia banget. Orang sih, sekali dua kali ngelike mungkin ngerasa masih wajar, tapi kalo udah berkali-kali, orang-orang pasti bakal bosen dan cuek, bahkan sampai ada yang komentar pedes. Siapa yang salah disini? Kembalikan pertanyaannya, siapa yang mulai duluan? Memang aplod apapun di medsos itu hak kita, tapi kita harus ingat bahwa medsos bukan hanya milik kita sendiri. Ada orang lain yang juga melihat apa yang kita aplod.

Boleh sih aplod apa yang bikin kita seneng dan bahagia, asal jangan terlalu sering. Gak perlu aplod hal yang bikin sedihnya atau sakitnya. Sedih banget kalo kita aplod lagi sedih tapi banyak yang ngelike, artinya banyak orang yang suka ngeliat kita menderita. See? Pada gak mau kan seperti itu? So, aplod sewajarnya aja mulai sekarang. Orang lain boleh tau kebahagiaan kita, tapi jangan sampai tau kesedihan kita. Tapi bukan berarti harus pura-pura bahagia ya, itu mah beda. Hihi.

Kalo neng pribadi, bahagia itu gak harus mewah. Gak harus jalan ke mall, gak harus belanja barang branded dan mahal, kecuaii kalo ditraktir tanpa babibu langsung pilih yang paling mahal. Wkwk. Gak mesti naik mobil mewah, gak mesti makan pizza dan humberger. Dan gak mesti banyak duit juga.

Bahagia, sesederhana itu.

Jalan kaki sambil nikmatin alam semesta, menghirup udara segar sambil merhatiin kendaraan yang lalu lalang? Bahagia.

Berbagi pengalaman melalui cerita baik berupa curhatan langsung, nyanyi, bikin video pendek, atau tulisan sekalipun? Bahagia.

Bosan makan ikan atau ayam atau daging, males makan telur yang ada ikan asin, tapi dimasak asam manis? Bahagia.

Nolongin orang-orang di jalan, bantuin orang tua dirumah, melakukan hal yang disuka tanpa diperintah siapapun? Bahagia.

Bisa tidur dimanapun, kapanpun, dan bagaimanapun, tanpa gangguan jenis apapun? Bahagia.

Apalagi kalo tiba-tiba si doi datang kerumah bawa orang tua dan keluarga besarnya, beuh bahagia pake banget wkwk. *uppsss*

Bahagia, sesederhana itu. Itulah yang neng rasain.

Bukan kemewahan atau kekayaan yang menjamin kita bahagia. Kemewahan dan kekayaan hanya jaminan hidup kita berkecukupan, belum tentu bahagia. Karena fakta yang paling nyata adalah, bahagia itu sederhana, sesederhana sebuah senyuman manis dibibir, dan kelegaan yang ada di dalam hati.

Bagiku bahagia itu adalah, berbagi cerita. Berbagi kasih dan sayang, Berbagi kebahagiaan dan kesedihan bersama orang sekitar. Berbagi canda dan tawa, berbagi rasa dan pengalaman. Dan masih banyak lagi. Alhamdulillah kalau bisa berbagi rezeki biar rezeki kita tambah melimpah dan hajat lekas terkabul. Apalagi jika melihat orang-orang yang kita sayang dan kita cintai tersenyum bahagia, itulah makna bahagia yang sebenernya.

Itu pendapat saya, bagaimana dengan anda?

Selamat menjalankan segala aktivitasnya pada hari ini ^^

Suka atau Tidak, yang penting Amanah

Assalamualaikum semuanya ^^ apa kabar?? Lama kita tidak bersua hehe.

Hari ini, aku cuman mau nyampein sedikit opini aja sih, hihi. Seperti judulnya, suka atau tidak. Kalo suka monggo di lanjut baca, kalo enggak dilewatin ajah daripada kesel sendiri bacanya wkwk aku kan gak mau tanggung jawab wkwk.

Oh iya, mengenai judul aku asal aja sih ngasihnya soalnya pas kebeneran lagi dengerin lagunya wali band yang judulnya suka atau tidak, pas juga kemarin abis pemilu gubernur dan wakil gubernur daerah kami, Kalimantan Timur. So, karena aku ngerasa timingnya pas, ya udin aku tambahin aja biar lebih ngena hihi. Oh iya, kalo di daerah kalian gimana? Ada gak yang barengan pemilu gubernur dan wakil gubernur juga? Bisa deh disebutin daerah nya masing-masing di kolom komentar, tapi jangan rebutan okehhhh?? ^^

Kalo udah ngomongin pemimpin, semua manusia yang ada di dunia ini pasti kepengen pake banget punya pemimpin yang baik terutama peka sama keadaan lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Sebenernya semua masyarakat pun, berhak mencalonkan diri menjadi calon pemimpin, tapi balik lagi kepada kemampuan diri, karena yang diurus itu bukan sekedar keluarganya, tapi juga banyak orang yang menaruh harapan tinggi kepada siapapun pemimpinnya, akupun begitu. Bagaimana dengan kalian?

Kampanye visi misi. Ya, mau jadi pemimpin entah dilingkungan terkecil sekalipun, visi misi pasti diperlukan, karena visi misi adalah janji maka kita berhak untuk menagihnya. Hanya saja, sangat disayangkan, terkadang mereka (baca: calon pemimpin) terlalu berambisi untuk membuat banyak sekali misi. Aku sempet bertanya-tanya, ‘banyak misi yang dibuat, apa mereka sanggup melakukan semuanya selama masa kepemimpinan mereka? Apa mereka bisa memenuhi satu persatu janji kepada masyarakatnya? Bagaimana jika sakit? Bagaimana jika meninggal? Bagaimana jika semua masyarakatnya demo? Apa mereka pikir dengan banyaknya misi masyarakat akan dengan mudahnya percaya?’ Kira-kira sebelum membuat misi yang sangat banyak, apa mereka berpikir tentang gimana melaksanakannya gak ya? Bagaimana menurut pendapat kalian? Apakah kita sependapat?

Aneka macam sumbangan. Pun, ketika masih calon, semua sumbangan dalam bentuk yang beraneka ragam dikirim dan dibagi-bagikan kepada masyarakat, lalu tim sukses mereka meminta untuk memenangkan sang pemberi sumbangan. See? Apakah benar ini bukan sogokan secara halus? Meski otakku bilang enggak, entah hati kecilku selalu bilang iya. Akupun juga ragu terkadang, apa boleh diterima sumbangannya sedangkan mereka menyampaikan maksud dan tujuannya? Sekali lagi, kepalaku mengangguk, tapi hati kecilku tidak.

Dari dulu, aku adalah orang yang ketika melakukan sebuah pilihan banyak pertimbangan-pertimbangan yang ada dalam pikiranku, makanya aku bukan tipe orang yang cepat mengambil keputusan. Contohnya dalam memilih pemimpin, banyak yang aku pertimbangkan, seperti berikut.

Pengalaman. Bagiku, wajah tampan atau cantik bukan segalanya. Karena ketika kita berhasil dalam hal apapun, belum pernah sekalipun aku denger orang memuji kecantikan atau ketampanan, semua pasti memuji kemampuan, dan kemampuan itu pasti didapat dari banyaknya pengalaman yang sudah dilalui sebelumnya. Bagaimana dengan kalian?

Kekayaan. Entah, dari dulu aku suka sama pemimpin yang kaya dari asalnya. Karena dalam pikiran aku kalo udah kaya kecil kemungkinan korupsi kan? Apalagi kalo kaya 7 turunan. Tapi kalo biasa aja, ada kemungkinan besar bakal tergiur sama korupsi apalagi zaman sekarang semua serba mahal, uang pun jadi Tuhan. Bagaimana dengan kalian? Don’t judge me, semua bebas berpendapat ^^

Kebapakan atau keibuan. Biasanya aku liat hal ini dari wajahnya yang teduh dan enak dipandang, gak mesti muda atau tua. Dan orang yang banyak senyum dan juga tenang menurut aku cocok buat jadi pemimpin. Karena apa? Terkadang banyak dari kita yang segan sama sosok pemimpin yang tenang. Nyaman dengan pemimpin yang berwajah teduh dan berhati baik. Karena terkadang gak semua yang wajahnya teduh itu baik, jadi kita harus lihat latar belakang keluarganya juga. Bagaimana menurut kalian?

Sosok pendamping hidupnya. Aku kalo kepoin sosok calon pemimpin, aku pasti kepoin juga siapa yang jadi pendamping hidupnya. Apalagi kalau calonnya para bapak-bapak, udah pasti kita harus bener-bener tau siapa istrinya jangan sampai karena cinta, istrinya bilang korupsi ajalah akhirnya diikuti, gak menutup kemungkinan toh dengan mahalnya segala macam harga pada saat ini? Bukan suudzon, tapi meneliti. Karena aku pengen sosok pemimpin yang bener-bener baik, jujur dan layak. Bagaimana dengan kalian?

Kenal baik. Nah, ini penting nih. Karena gimana kita tau kalo dia beneran calon pemimpin ideal kalo kita sendiri gak kenal baik? Kan gak mungkin kita datang ke kantor mereka ngajak kenalan. Kalo aku sih salah satu cara biasanya aku rajin googling tentang sosok pemimpin2 yang ada di Indonesia, tentang keluarganya, tentang riwayat pimpinanannya, tentang riwayat kasusnya juga. Karena kadang meskipun udah pernah kena kasus gak menutup kemungkinan dia gak ngulangin, karena yang sebelumnya apa yang didapat dengan cara enggak halal udah tumbuh dalam diri kita so, dia yang manggilin untuk kembali mengulang kasus yang sama. Makanya penting kenalin dulu calonnya, jangan asal pilih yang gak kenal. Bagaimana dengan kalian?

Terlepas dari itu semua, kembali kepada suka atau tidak sih sebenarnya. Aku yakin, pasti banyak dari kalian yang memilih bukan dari hati, tapi karena gak enak sama si pemberi sumbangan hihi. Ngaku deh. Kalo aku, lebih suka milih dari hati, terlepas ada sumbangan atau enggak yang pasti kalo dari hati milihnya, menang atau enggaknya pilihan kita, pasti kita gak bakal emosi apalagi sampai nekat bikin demo diperempatan jalan.

Yang penting bukan suka atau enggaknya, tapi menjalankan amanah masyarakatnya. Gak mesti banyak misi kalo gak sanggup jalanin semuanya, entar kepercayaan masyarakat hilang jadilah punya gelar si pemberi janji manis atau pemberi harapan palsu. Lebih baik sedikit misi yang penting selesai sampai akhir masa kepemimpinannya.

Siapapun yang menang nanti, aku harap mereka menunaikan semua visi misi nya, memenuhi semua janjinya, menyelesaikan tugas dengan baik hingga akhir masa kepemimpinannya, tidak tergiur korupsi dan hak rakyat untuk kepentingan pribadi, dan jangan meninggalkan banyak masalah untuk calon pemimpin yang selanjutnya. Amanahlah, karena kepercayaan itu mahal harganya, ia tidak bisa dibeli dengan uang, sebanyak apapun kita memilikinya.

Bagaimana menurut kalian?