[Life Lessons #1] Makna dari sebuah Kegagalan

Assalamualaikum readers, Holla semuanya apa kabar? Wahh aku kangen banget nih udah lama gak nulis disini, semoga kalian sehat dan bahagia selalu ya ^^

Belakangan ini, aku tertarik banget baca-baca artikel atau quotes yang berhubungan dengan pelajaran hidup (life lessons), banyak quotes yang aku baca dan aku ngerasa penting dong buat share hal ini disini, barangkali kita bisa sama-sama belajar untuk kehidupan kita yang lebih baik lagi.

Salah satu quotes yang paling aku suka adalah “jangan pernah berhenti untuk belajar, karena hidup tidak pernah berhenti untuk mengajar” tentunya ini berhubungan dong sama quotes yang paling terkenal “tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang Lahat” ya.. Kita memang harus selalu belajar dalam hidup ini, bukan hanya belajar di sekolah formal tapi juga belajar bagaimana menjalani kehidupan di dunia yang semakin kejam ini. Bahkan kita sudah disuruh belajar sejak dalam kandungan loh sampai kita meninggal nah loh hihi.

Menurut aku belajar itu asyik sih, terutama belajar tentang kehidupan karena semakin kita belajar kita akan semakin sadar bahwa ilmu yang kita miliki belum ada apa-apanya, semakin kita belajar semakin kita mengetahui banyak hal dan semakin juga kita merasa bodoh, karena apa… Karena ilmu dari Allah itu luas dan gak ada habisnya.

———————————————————————-

“IT’S GOOD TO FAIL”

Hah? Kok bisa? Mungkin ada beberapa orang yang berfikir bagaimana mungkin kegagalan adalah suatu hal yang baik?

Oke, jadi begini. Dalam hidup ini, apalagi kita sebagai manusia biasa tidak mungkin hidup yang kita jalani berjalan mulus, tanpa hambatan dan tanpa rintangan. Tidak mungkin kita selalu benar, pasti ada saja kesalahan yang kita lakukan. Tidak mungkin kita bisa selalu sempurna, pasti ada cacat yang kita hadapi. Tidak mungkin kita selalu berhasil, pasti ada kegagalan yang datang menghampiri kita.

Jika kita gagal, itu wajar. Jika kita gagal, jangan malu, jangan menyalahkan orang lain, jangan menyalahkan diri sendiri, apalagi takdir. Karena sejatinya, nggak ada orang yang mau gagal semua orang pasti ingin sukses dan berhasil, betul? Begitu juga dengan diriku.

Pertama kali gagal, sedih dan kecewa itu hal yang wajar. Tapi kita tidak boleh berlarut-larut dalam kegagalan. Ketika kita merasa gagal, jangan mudah patah semangat apalagi menyerah pada percobaan pertama. Gagal sekali, coba lagi, gagal lagi coba lagi, begitu seterusnya, jangan pernah bosan untuk mencoba, karena mencoba adalah suatu usaha dan ketika kita berusaha bekerja keras maka tidak mustahil ada waktu untuk kita bisa berhasil.

Jika kita melakukan sesuatu kemudian kita langsung berhasil, kemungkinan memang ada rasa senang tapi, kurang berkesan. Karena yang berkesan adalah apa yang kita raih tidak mudah kita dapatkan, harus sakit dulu, harus lelah dulu, harus gagal dulu, sampai keadaan mungkin kita hampir menyerah tapi jangan pernah berfikir untuk menyerah lebih awal, karena kita tidak pernah tau takdir kita ke depannya. Barangkali, percobaan selanjutnya kita berhasil, gak ada yang tau bagaimana selanjutnya. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha, selalu berusaha dengan usaha yang terbaik.

Artinya, untuk mencapai sebuah kesuksesan butuh usaha, butuh perjuangan. Melewati rintangan, tantangan, hambatan, atau kegagalan sekalipun. Nikmatin aja, mengeluh boleh tapi jangan terlalu. Nggak ada sesuatu yang instan di muka bumi ini, bahkan mie instan aja walaupun namanya instan pun tetap juga di proses dulu, di masak dulu, baru bisa disajikan, baru bisa di santap. Begitu juga dengan kesuksesan ada suatu proses yang bernama kegagalan.

Gagal bukan berarti kamu harus menyerah. Gagal juga bukan sesuatu yang memalukan. Gagal artinya kamu harus belajar lagi, berusaha lagi, lebih giat, sampai tiba waktunya kamu berhasil dan Kamu akan puas dengan hasil yang kamu capai tentunya setelah menikmati sebuah kegagalan.

Ada banyak hal yang sebenarnya bisa kita pelajari dari sebuah kegagalan. Kita belajar jadi manusia lebih sabar, belajar jadi manusia lebih dewasa, lebih bisa ber-deal dengan keadaan, yang pasti ketika suatu waktu kamu mencapai goal atau mimpi yang besar kamu pasti akan merasa bahwa gagal bukanlah hal yang buruk.

Tetap semangat mencoba setiap kesempatan yang ada, jangan mudah menyerah dengan percobaan yang ada, berani gagal jangan takut gagal, bangun dan bangkitlah rajut kembali mimpimu dan raihlah kesuksesan dengan caramu sendiri.

Semoga tulisan ini bisa sedikit menyadarkan para readers yang masih suka banyak mengeluh dan selalu merasa bahwa gagal adalah hal yang buruk.

Iklan