Review Dr. Oz Indonesia – Khasiat Kulit Buah

hi ^^

i’m back again with review informasi tentang kesehatan ๐Ÿ™‚

seperti yang sudah diketahui bahwa salah satu acara tv favorit aku adalah Dr. Oz Indonesia. dan disana aku banyak dapet informasi seputar kesehatan, yang menurut aku ini akan sangat bermanfaat, oleh karena itu aku memutuskan untuk membaginya kepada kalian yang mungkin melewatkan acara ini. semoga bermanfaat.

Di episode kali ini, di awali dari Dr. Reisa Broto Asmoro yang membahas tentang manfaat kulit buah-buahan. Dr. Reisa sudah menyiapkan buah Jeruk, apel, pisang, dan kiwi. Yang Selama ini yang kita tau dan kita perhatikan, banyak orang yang makan buah-buahan tersebut dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Terkecuali buah apel, tidak sedikit orang yang juga makan tanpa mengupas kulitnya. Salah satunya aku ๐Ÿ˜€ sebenernya itu karena males ngupas sih, abis kulit apel kan tipis gitu :D.

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa mengupas kulit buah adalah cara terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan dengan alasan kebersihan. Membersihkan kulitnya pun bermacam-macam cara. Cara terbaik adalah dengan mencucinya menggunakan sabun khusus buah, lalu dibilas dengan menggunakan air yang sudah matang. Baru setelahnya boleh dikonsumsi.

Dr. Reisa menjelaskan bahwa ternyata di dalam kulit-kulit buah-buahan tersebut banyak sekali mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan yang bahkan melebihi dari daging buah itu sendiri. Tidak percaya? Saya juga pertamanya enggak percaya ๐Ÿ˜€ mari kita simak penjelasan Dr. Reisa mengenai manfaat dari kulit buah yang bisa dikonsumsi. Terdapat 4 jenis buah-buahan yang dapat dikonsumsi bersama buahnya.

  1. Apel

Kulit Apel mengandung senyawa pektin yang membantu mengontrol kolesterol dan gula darah. Kulit apel juga kaya akan anti-oksidan, seperti Quarcetin. Dalam penjelasan Dr. Reisa, banyak studi yang sudah mengatakan bahwa quarcetin dapat membantu melawan sel kanker dan baik untuk memperbaiki ingatan (biar gak cepat lupa). Selain itu, kulit apel juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat dalam kulit apel adalah 4,4 gram per-butir dan 2,1 gram ada di dalam kulitnya. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi apel dengan kulitnya sekaligus. ย *oohh, pantes aja para pelajar di luar sana banyak yang sarapan dengan buah apel, ternyata salah satu manfaatnya adalah baik untuk ingatan, pantes mereka yang diluar sana cerdas, sarapannya yang bergizi begini, apalah dayaku yang kalo sarapan pakenya mie sama nasi :D*

  1. Pisang

Pisang mengandung potasium yang berfungsi untuk metabolisme tubuh, seperti otak, otot, dan saraf. Pisang mengandung potasium ย yang baik untuk menghilangkan pegal-pegal dan serotonin yang membantu perasaan bahagia. Serotonin berfungsi untuk mengatur kerja usus (nafsu makan), serta untuk regulasi suasana hati (penstabilan mood). Kulit pisang kaya akan kandungan unsur gizi yang cukup lengkap, antara lain: karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, dan beberapa vitamin seperti B dan C, serta air. *pantes aja kadang kalo lagi lelah atau kehabisan energy gitu, makan pisang energy kembali ada, dan lagi-lagi pisang adalah salah satu sarapan rutin yang dikonsumsi oleh pelajar-pelajar luar, mungkin karena inilah mereka gak ngantuk pas belajar, lah aku makannya mie kalo sarapan, pantes aja ngantuk pelajaranpun jarang masuk ke otak ๐Ÿ˜€

Dr. Reisa juga menjelaskan, mengonsumsi kulit pisang bisa dengan mengolahnya terlebih dahulu, misalnya menjadi jus. Caranya, bersihkan kulit pisang lalu langsung blender sampai halus.

  1. Kiwi

Mengonsumsi buah kiwi dengan kulitnya, kita akan mendapatkan serat 3 kali lipat daripada mengonsumsi daging buahnya saja. Buah kiwi sendiri mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk, papaya, dll. Adapun manfaat dari kulit buah kiwi adalah:

  1. Mengandung anti-oksidan 3 kali lebih tinggi daripada buahnya.
  2. Penawar keracunan makanan
  3. Sebagai bahan makanan anti penuaan
  4. Jeruk

Buah jeruk memiliki banyak vitamin, seperti Vitamin C, E, A, dan dalam kulitnya terdapat tambahan vitamin B. adapun manfaat mengonsumsi kulit jeruk yakni:

  1. Anti kolesterol
  2. Mengatasi perut mulas
  3. Menyehatkan pencernaan.

Salah satu cara untuk mengonsumsi kulit jeruk adalah dengan menyerut kulit jeruk bagian luar, kemudian mencampurkannya dengan berbagai bahan makanan favorit kita.

sekian, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Advertisements

Review DR. OZ Indonesia โ€“ Letak Jerawat Berkaitan dengan Kesehatan

Sumber: (youtube) Trans TV Official

haiii i’m back…

kali ini lagi kepengen ngomongin yang berkaitan dengan kesehatan. so, berhubung suka nonton Dr. Oz Indonesia, jadi aku review aja sekalian ๐Ÿ˜€

yuk langsung aja yah di simak >>>

Pada episode Dr. Oz Indonesia kali ini, yang tayang pada tanggal 1 April 2016 ini, Dr. Ryan bersama Dr. membahas seputar Jerawat. Salah satu permasalahan kulit, yang kalau bisa enggak ada jerawat aja deh :D, apalagi kalau anak-anak muda macam aku, kayaknya gak cuman aku sih, pasti kalian juga, kalau udah jerawat muncul pasti betein banget, iyakan? Hayo ngaku ๐Ÿ˜€ apalagi kalau munculnya di tempat yang enggak bisa disembunyiin jerawatnya. Kalo yang lebay sih ya mungkin bakal milih gak keluar daripada keluar dengan wajah berjerawat ๐Ÿ˜€ nah, di episode kali ini, akan di bahas deh, kenapa jerawat itu letaknya beda-beda, enggak tetap di satu tempat dan juga sangat berkaitan dengan kesehatan. Penasaran?? Kalau gitu langsung aja Scrooll-down yaโ€ฆ.

Kalau ngomongin jerawat, pasti yang timbul adalah pertanyaan โ€œapa penyebab utama jerawat muncul?โ€ nah, gitu kan? Seperti itulah pertanyaan yang diajukan oleh Dr. Ryan kepada para audiens di studio. Dan jawaban yang diberikan audiens pun kompak menjawab stress, dan Dr. Ryan juga menyebutkan makanan berminyak. Sementara, Dr. menambahkan penyebab utama jerawat adalah kuman yang bernama P-Acne. Dr. Ryan juga mengatakan bahwa, kuman tersebut bisa berasal dari mana saja, salah satunya tangan, dan juga penggunaan kosmetik yang tidak dijaga kebersihannya, kemudian juga karena produksi minyak berlebihan. Dan ditambahkan oleh Dr. karena debu dan lain sebagainya juga. Dan adanya posisi munculnya jerawat juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit di dalam tubuh. Karena jerawat, bukan hanya muncul di wajah, namun juga ada yang di daerah lain. Penasaran? Yuk lanjut scroll-down..

Letak munculnya jerawat:

  1. Dr. Ryan mengatakan bahwa jerawat yang muncul di pipi menandakan adanya intoleransi, dimana tubuh tidak dapat mentoleransi beberapa sumber makanan yang mengandung protein tinggi, berbahan susu, keju, serta yoghurt.
  2. Jerawat yang muncul di dagu menandakan adanya gangguan pencernaan seseorang. Dr, mengatakan solusinya adalah perbanyak minum air mineral (putih), apalagi kalau orang yang memiliki sembelit, dapat muncul juga jerawat di daerah dagu.
  3. Dr. Ryan mengatakan bahwa Dahi identik dengan stress. Adanya jerawat di dahi menandakan seseorang sedang mengalami stress dan sering begadang, alcohol, merokok, bahkan sesuatu yang berkaitan dengan gangguan pencernaan. sehingga memicu ketidakseimbangan hormon.
  4. Dr, mengatakan, jerawat yang muncul di hidung, berkaitan dengan tekanan darah yang tidak stabil, terlalu tinggi atau terlalu rendah sehingga menyebabkan peredaran darah ke hidung tidak lancar. Selain itu, jerawat di hidung juga menandakan adanya kolesterol tinggi, yang disertai dengan kekurangan vitamin B, terutama B1, juga dapat menyebabkan gangguan peredaran darah di hidung.
  5. Antara kedua alis/samping kedua mata. Menandakan adanya gangguan fungsi hati, yang dapat disebabkan karena mengonsumsi obat dalam jangka waktu yang lama, serta makanan yang banyak mengandung lemak tinggi.
  6. Dr, mengatakan jerawat yang muncul di punggung berkaitan erat dengan hormonal, menandakan adanya gangguan hormonal. Solusinya agar hormone tetap stabil adalah dengan menjaga asupan zync (zat besi) dan vitamin b6 juga.

Itulah tadi lokasi timbulnya jerawat yang beragam. Dr. Ryan menambahkan lokasi timbulnya jerawat, menandakan adanya perubahan perilaku yang sudah dilakukan sejak lama dan perilaku tersebut cenderung kurang sehat dan tepat. Dan hampir ada 1 hal, yakni mengonsumsi gula berlebih juga dapat mengakibatkan jerawat. Lalu, solusinya adalah kenali terlebih dahulu penyebabnya baru dapat lebih tepat untuk mengatasi jerawat tersebut, serta menjaga kebersihan tangan.

nah, sekian review pertama aku dari acara Dr. Oz, ntar bakal ada review yang lain lagi, tentunya masih dalam acara Dr. Oz, karena menurut aku ini bermanfaat, maka aku putuskan untuk membaginya. semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€