Sepenting apakah Ideal Type itu? 

Haiiiii… 

Lama tak bersua diriku ini 😀

Apa kabar semuanya 😀

Ketika kalian masih berada di usia belum menikah, mungkin sekitar belasan atau dua puluhan *macam aku* 😀 pernah enggak sih sedikit berpikir tentang tipe ideal ‘your future husband or future wife’? Jawab jujur yaa.. Dan aku yakin banget 100 % pasti, kalian pernah berpikir tentang hal itu bahkan mungkin ada yang pernah berkhayal tentang si masa depan impiannya 😀 bener gak? Hehe. 

Akupun, sudah sekitar 5 tahunan ini selalu berpikir tentang ideal type my future husband tapi… Semuanya labil, ketika lagi ngetrend apa pengennya type begitu, pokoknya labil, yg tetap cuma perasaanku ke dia aja 😀 *uppsss*

Dua malam lalu, aku ketemu kontak sahabat sd aku di line, dan kita ngobrol banyak hal, dan terakhir aku tau, dia udah nikah dan punya anak satu, malam itu di chat dia ngajuin pertanyaan gini “mah, tipe cowok idealmu itu kayak apa sih?” dan aku hanya tertawa waktu itu, temenku cuma nanya kenapa aku ketawa dan kata dia bahasan dia itu penting. Aku sempat mikir sesaat, penting apaan? Seketika temenku langsung balas pake emot nyengir gitu, dan dia bilang “pantes aja sampai sekarang kamu jomblo, abis gak pernah punya type ideal cowok yg gimana sih, kan jadinya gak tau musti nyari yang kayak gimana”. Wahh dan aku agak sedikit tersinggung ketika itu. 

Aku sempet nanya ke teman aku, kenapa harus ada yg namanya type ideal? Toh sifat, kelakuan, sikapnya jodoh kita gak ada yg tau kayak gimana orangnya. Kamu maunya yg kaya misal, pas kamu dapat yg biasa aja tuh gimana? Dan kata temenku, emang sih jodoh udah ada yg atur, tapi kita juga teteplah kudu punya type ideal, acuan, standar buat nyari calon ayah atau calon ibu buat generasi yg akan datang. Kan dengan adanya standar itu kita jadi tau, oh begini loh yang seharusnya kita dapatin, tapi tetap jangan berharap terlalu tinggi. Ohhh, sepenting itukah ideal type? 

Untuk beberapa saat, kata-katanya temen aku sempat bikin aku merenung. Tiba-tiba aku keingat sama kata-katanya mamah dedeh yang kayak gini “kalau mau cari suami liat dulu bobot, bibit, bebetnya” dan juga kata ustadz yang pernah ceramah disekitar lingkungan tempat tinggalku “jika ingin kita memiliki anak yang seperti apa, di mulailah dengan mencari dan memilih calon ayah atau calon ibunya yang seperti kita inginkan, perhatikan bobot, bibit, bebet, demi masa depan” begitulah beberapa potongan nasihat yang teringat dikepalaku. 

Aku punya impian tentang anak. Aku sangat-sangat ingin suatu hari nanti memiliki anak yang hafal al-quran, yang bukain pintu buat masuk ke surga. Cuma satu itu impianku tentang anak, gak ada yg lain. Dan lagi-lagi aku dapat nasihat dari kakakku, katanya kalo mau anak yg hafal quran cari bapaknya yang hafal quran juga. Oh tidak ini berat. Kita harus bermimpi tapi tidak diajarkan menyerah pada mimpi sejak dini kan? 

Sejak saat itulah, aku pikir menetapkan ideal type itu penting meskipun nanti gak mustahil gak dapat yang seperti diharapkan. Dan pada akhirnya aku kemakan sama pengaruh temen aku buat netapin ideal type. Dan setelah ditetapkan aku pikir seru juga. Apalagi kalo ketemu yang sok caper-caper padahal gak sesuai sama apa yg kita mau, jadi bisa ngomong gini “sorry, kamu bukan tipeku”. Seruuuu yah 😀 jadi kepengen nyoba 😀 

Nah, kalau kalian pengen tau seperti apakah type ideal seorang future yang aku inginkan, silahkan baca tulisan ini sampai akhir ya,, check out out… 

1. Hafal al-quran, minimal bacaannya Bagus, suaranya juga 😀

Entahlah di posisi pertama ini maruk atau apaan sih ya. Tapi ini selalu menjadi yang pertama tidak pernah tergeserkan oleh apapun. Kalau di tanya sudah pernah ketemu secara nyata belum sama yang tipe pertama ini?  Aku bakal jawab, kalo yg sekedar hafal tanpa Bagus di bacaan sama suaranya pernah, ketemu yg Bagus di bacaan sama suara tanpa hafal al-quran pernah. Tapi kalo Bagus di ketiganya belum pernah sampai saat ini. Tapi kalo nonton videonya pernah. Dia adalah muzzammil hasbalah dan fatih saferagic. Bagi yang tau 😀 *tinggi banget gak yah ini*

2. Sama seperti yang wanita-wanita lain harapkan

Pasti tau dong. Ini soal kejujuran, kesetiaan, keramahan, tanggungjawab, gak kasar, tegas tapi bukan pemarah, kesabaran, bijak, dewasa, pengertian, perhatian, gak penakut, bekerja keras, bisa bagi waktu, and others yah you know lah, semua wanita pasti ingin sosok yang seperti itu untuk melindunginya. Adakah yang mengelak? 

3. Humoris atau romantis

Duniaku itu adalah dunia yang romantis. Begitu dalam khayalanku, makanya kadang-kadang aku pintar puitis pintar ngegombal juga, ini karena dunia yang romantis. Hal yang aku tidak suka adalah dunia horror. Tapi, jujur aku lebih suka yang humoris sih. Karena bagaimanapun dia akan buat kita bahagia dengan leluconnya. Kan katanya kalo hidup sama pasangan yg humoris kamu bakal awet muda. Lah siapa yg gak mau awet muda 😀 tapi kalo aku sih berharapnya ketemu sama orang humoris di luar ketika dihadapan banyak orang, romantis ketika hanya berdua. Karena menurut aku kemesraan itu tidak perlu diumbar, kan bikin iri orang lain melalui kemesraan bikin dosa. 

4. Sayang dan Cinta sama keluarga

Dari dulu-dulu banget aku selalu kagum sama cowok yg sayang dan Cinta sama keluarganya. Dan menurut persepsi aku cowok yang bisa dipercaya itu ketika dia bisa mencintai orangtuanya dengan tulus, terutama sama ibu. Menunjukkan Cinta bakti dan tanggung jawabnya. Sesibuk apapun dia di luar, orangtua dan keluarga adalah prioritasnya. Menurut aku, diliat dari sudut manapun dia sangat keren. Ketika dia bisa mencintai keluarganya terutama ibu, maka dia juga pasti sangat mencintai, menjaga, dan menghormatimu. Dan satu lagi, aku juga kagum sama dia yang tau bagaimana cara menghormati seorang wanita. 

5. Sayang dan Cinta anak-anak

Aku adalah tipe orang yang sangat-sangat suka sekali sama yang namanya anak-anak terutama dari yg usianya 0-5 tahun. Lucu kalo disuruh bergaya. Tapi dibanding anak-anak cewek, aku lebih suka cowok sih. Tapi kalaupun ada yang cewek juga aku tetap sayang, yang penting dia anak-anak. Dalam hal ini, aku merasa harus yang mempunyai kesukaan yg sama. Untuk itulah aku ingin satu hal ini sama. Aku sangat senang ketika melihat laki-laki yang pintar bermain dan bisa menjaga anak kecil dengan baik. Karena untuk kedepannya kan aku butuh seorang kepercayaan yang bisa kupercaya ketika kutitipkan anak? 

6. Tidak brewok atau kumisan

Terakhir. Maaf ya. Bukannya gimana aku liatnya geli plus takut gitu pengen deket-deket. Kalo ketemu yang brewokan atau kumisan rasanya tangan ini gatal sekali ingin mencukurnya 😀 aku takut banget kalo ketemu yang brewokan atau kumisan. Dikampus aja kalo ketemu aku udah ngibrit duluan, kalo udah terlanjur duduk sampingan aku hanya bisa tetap duduk sambil malingin muka. Bukan sombong tapi geli plus takut, itu gimana sih 😀 jadi untuk di area wajah aku menginginkan orang yg bersih, tanpa brewok ataupun kumis. Kalo suatu hari suamiku ada brewok atau kumisnya siap2 aja ilang pas tengah malam. 

7. Bonus 1: bisa ngurus rumah

Haha. Ini adalah part bonus dan agak menggelikan tapi jujur dalam hati ini salah satu yang aku inginkan juga. Ya, bisa ngurus rumah. Terutama masak 😀 aku pernah bermimpi dapetin koki kayaknya keren 😀 dan lagi kenapa ngurus rumah, kan manatau kita sakit atau ada kesibukan apa gitu, gak bisa dong sepenuhnya mempercayakan sama pembantu, pasti ada privasi juga yg hanya boleh diketahui oleh kita dan pasangan kita saja. 

8. Bonus 2: bisa main piano dan gitar

Nah ini dia bonus yg juga aneh. Bisa main musik.  Ya ini ada hubungannya dengan keromantisan, jadi bukan hanya yang pandai merayu doang tapi yang memang bertalenta. Piano dan gitar adalah dua alat musik kesukaan aku. Dan aku pernah bermimpi dimainkan salah satu dari kedua alat ini oleh pasangan kita, yang hanya disaksikan oleh kita sendiri. 

9. Bonus 3: pintar

Aku selalu terpesona sama seseorang yang sangat pandai. Selalu speechless dan bisa belajar banyak darinya. 

Yah itulah tadi ideal type aku yang aneh aneh. Gak ada yg sulit kan? Paling yg sulit yang nomer 1😀 tapi, terlepas dari ideal type aku masih bisa menerima yg apa adanya kok, kecuali yg tentang brewok sama kumisan, aku takut plus geli gitu. Soalnya kalo ada didekatnya berasa ada didekat penjahat gitu, maaf ya, bukan sombong kok 😀.

Nah, kalo kalian aku punya dua pertanyaan bagi yang sudah menikah. 

1. Seperti apakah ideal type anda? 

2. Apakah kalian mendapat pasangan seperti ideal type anda? 

Dan yang belum menikah, cukup jawab pertanyaan nomer 1, barangkali kita punya kesamaan ideal type 😀😀.

Makasih yang udah baca, selamat menunaikan ibadah puasa, dan selamat menjalankan aktivitas masing-masing 😘😘😘😘

19 komentar di “Sepenting apakah Ideal Type itu? 

  1. pepatah china mengatakan :
    gadis umur 18 bertanya. seberapa tampankah dia?
    gadis umur 28 bertanya. seberapa kaya kah dia?
    gadis umur 38 bertanya. ada dimanakah dia?

    Suka

Tinggalkan komentar